Apakah planet2 selain bumi juga diciptakan oleh Tuhan kita ?

Syalom & Salam kenal,

Saya ada pertanyaan yg masih membuat penasaran.
Tetapi mohon maaf kalau sebelumnya topik ini pernah dibahas di FK, maklum saya masih bayi di FK…

  1. Apakah planet2 selain bumi juga diciptakan oleh Tuhan kita ?
    Soalnya saya baca kisah penciptaan (Kejadian 1) tidak disebutkan planet lain selain bumi…
  2. Apakah Tuhan itu pada awalnya diciptakan (dari tidak ada menjadi ada) atau memang sudah ada dan akan selalu ada ?

Mohon kepada saudara2 seiman, barangkali ada yg bisa memberi penjelasan…

Aleickhim Shalom & salam kenal

Saya ada pertanyaan yg masih membuat penasaran. Tetapi mohon maaf kalau sebelumnya topik ini pernah dibahas di FK, maklum saya masih bayi di FK..
semua member pernah bayi kok di FK, kecuali @Adi :D soalnya dia yg punya FK
1. Apakah planet2 selain bumi juga diciptakan oleh Tuhan kita ? Soalnya saya baca kisah penciptaan (Kejadian 1) tidak disebutkan planet lain selain bumi..
kalo bukan ciptaan Tuhan trus ciptaan siapa donk? ah si bro ini bisa aja deh ;D

Ulangan 4:19 dan juga supaya jangan engkau mengarahkan matamu ke langit, sehingga apabila engkau melihat matahari, bulan dan bintang, segenap tentara langit, engkau disesatkan untuk sujud menyembah dan beribadah kepada sekaliannya itu, yang justru diberikan TUHAN, Allahmu, kepada segala bangsa di seluruh kolong langit sebagai bagian mereka,

2. Apakah Tuhan itu pada awalnya diciptakan (dari tidak ada menjadi ada) atau memang sudah ada dan akan selalu ada ?
Tuhan itu keluar dari BAPA, Tuhan itu Firman Bapa. Bapa itulah satu-satunya Allah yang benar, Bapa adalah SUMBER segala sesuatu.

Shalom.

yang jelas … kitab kejadian itu menceritakan tentang penciptaan yang berurusan dengan bumi… untuk itu penciptaan alam semesta tidak diikutkan… ^^

Ilmiah :
Bintang yang terlihat dari bumi kita, kelihatannya kecil sebetulnya bintang tersebut ukurannya besar dan besarnya rata-rata melebihi matahari kita.
Jadi bintang adalah indentik dengan matahari.
Andaikata kita berada diwilayah bintang maka kita akan melihat matahari kita juga seperti bintang.
Setiap bintang (matahari) dikelilingi oleh sejumlah planet-planet dan ada yang besar dan kecil.

Jumlah bintang di Galaksi Bima Sakti dari Hasil studi 2003 oleh astronom Universitas Nasional Australia menghasilkan angka 70 sextillion

0 = 6 : Million (Juta)
0 = 9 : Milliard
0 = 12 : Billion
0 = 18 : Trillion (Triliun)
0 = 24 : Quadrillion
0 = 30 : Quintillion
0 = 36 : Sextillion

Semuanya itu Jagad Raya (Alam Semesta) adalah ciptaan Allah.

Kejadian 1:16 Maka Allah menjadikan kedua benda penerang yang besar itu, yakni yang lebih besar untuk menguasai siang dan yang lebih kecil untuk menguasai malam, dan menjadikan juga bintang-bintang.

Yohanes
1:1 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah.
1:2 Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah.
1:3 Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.

kok belum nyambung dgn pertanyaannya mas?

Jadinya Tuhan itu ADA TERUS atau pada suatu titik tertentu: Wusss… ada Tuhan… ?

enggak ditanya tentang benar / gak benar lho mas…
yg ditanya Diciptakan atau enggak…

saya juga pengen tahu nih…
nyimak dulu ah…

kan sudah saya bilang

keluar dari Bapa.

yg ditanyakan TS adalah yg menciptakan.
yg berkehendak adalah Bapa, yg menciptakan itu adalah Firman Bapa. yg “menghidupkan” ciptaan Firman adalah Roh Kudus

Salam

iya mas… itu rasanya kita semua sepakat deh…

tapi… kalo gak salah… yg dimaksud oleh TS adalah:

  1. Bapa itu sendiri DICIPTAKAN atau wussss muncul sendiri?
  2. Ataukah Bapa itu diciptakan oleh Bapa sendiri?

atau gimana sih mas…

Sebenarnya ALKITAB telah menulis dengan lengakap, bahwa Allah menciptakan segala sesuatu , artinya
semua semuanya yag ada dibumi dan langit.

juga sudah saya jawab.

Allah adalah SUMBER segala sesuatu, Allah tidak diciptakan, Allah yg menciptakan

Salam

thanks mas…
kalo gitu, menurut mas, kira-kira Allah asalnya dari mana ya?
apakah ADA TERUS? atau sejak kapan Allah mulai ADA?
atau dgn kata lain… Allah adalah SUMBER → SUMBER itu ASALNYA dari mana?

apa ada ayat-nya mas?
menarik juga yah…

Roma 11:36
Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!

pertanyaan anda mirip dengan yg ditanyakan TS di topik ini Yesus adalah ciptaan awal YHWH - NonTrinitarian - ForumKristen.com

silahkan langsung saja ke TKP

Salam

beda bro…
kalo disana kan…

  • Yesus dianggap bukan Tuhan…
  • maka diusulkan bahwa Yesus itu di-ciptakan oleh Tuhan…

kalo pertanyaan tadi:
Tuhan itu sendiri ASALNYA dari mana? (bisa termasuk Yesus, ROhkudus juga lah…)

gimana menurut ente…

menurut saya :

anda tidak menyimak Topik tsb.

Salam

Tuhan itu tidak dicipta tp pencipta. Kalau mas nanya TUhan itu asalnya dari mana ya salah pertanyaannya.
karena dari kekekalan, Dia adalah Alfa dan Omega. jadi tidak pernah suatu waktu Dia menjadi ada karena selalu ada sebelumnya sebelum waktu, dan tidak pernah tidak ada karena Dia adalah sumber segala sumber. Pikiran manusia tidak akan mengerti hal tersebut karena pikiran manusia tidak sempurna.
Kalau mas nanya asalnya di mana, berarti yang mas tanya bukan Tuhan tetapi tuhan-tuhan yang lain.

Gbu

jika anda bikin sebuah roti maka setiap molekul didalam roti adalah buatan anda.

bumi pun demikian, Tuhan menciptakan alam semesta dan bumi adalah bagiannya.

oo…
kalau demikian, artinya kita TIDAK BOLEH MEMPERTANYAKAN Tuhan yg itu ya?

yg bilang ga boleh siapa om?

lah itu sampeyan sendiri yg bilang…
kalau mempertanyakan asal tuhan, maka yg dipertanyakan BUKAN TUhan yg itu, tapi tuha lain…

aritnya TIDAK AKAN PERNAH BISA dan BOLEH mempertanyakan Asal Tuhan yg itu kan ya?
karena langsung di-pleset-kan ke Tuhan yg lain-lain terus…

atau gimana sih mas?
kok mutar muter gitu sih?

mas ga mudeng… yg saya bilang adalah pertanyannya salah, karena ga mungkin ada jawabannya… Tuhan itu Pencipta jadi tidak mungkin dicipta. Jadi kalau dicipta pasti tuhan-tuhan yang lain. Kalau Tuhan dicipta berarti dia bukan Tuhan.
analogi-nya spt pertanyaan berikut, mengapa lingkaran koq bentuknya bukan bujursangkar?

Gbu