apakah roh mempunyai bentuk/raga ??

menurut PB Allah itu Roh adanya,

jadi ketika ingin muncul secara visual diprlukan suatu Raga.

Contoh ketika Allah (anak) mau turun kedunia maka diperlukan raga, alias tubuh Yesus.
maka raga Yesus diadakan melalui rahim Maria.
ketika roh kudus mau visualisasi raga yang di pakai adalah burung merpati
ketika Allah (bapa??)mau menampakan diri dalam PL raga yang dipakai adalah semak yang terbakar, tiang awan.
semua tampak mendukung bahwa Roh tidak berbentuk, jadi seperti air atau udara yang bentuknya menuruti tempatnya (raganya)

Namun ada hal yang agak menyimpang dalam pL yaitu tatkala Penciptaan manusia !!
Yaitu manusia diciptakan segambar menurut rupa allah

Lalu kemungkinannya adalah: jika benar manusia diciptakan menurut rupa allah maka Apakah yang dimaksud Rupa Adam atau rupa hawa ???
kemungkinan lain adalah bahwa Cerita adam dan hawa hanya cerita symbolik saja. bukan kejadian sebenarnya. karena banyak cerita alkitab yang ditafsirkan tidak seperti apa yang tertulis melinkan apa yang tersirat

Bagaimana pendapat anda ??

waduhhh salah tafsir tuhhh… ^^

Ketika TUHAN YESUS turun ke bumi sebenarnya ga perlu raga2 an… menjadi manusia adalah perintah dari BAPA untuk menyelamatkan manusia…

Ketika ROH KUDUS turun berbentuk burung merpati itu hanya kelihatannya… dan itupun tidak semua orang bisa melihat… karena yang turun adalah ROH hanya orang yang dibukakan saja yang bisa melihatnya…

bila ingin tau kira2 gambaran ALLAH BAPA dan TUHAN YESUS liat di ayat ini… jadi mereka memiliki rupa…

P. Lama: Daniel: 7
7:13 Aku terus melihat dalam penglihatan malam itu, tampak datang dengan awan-awan dari langit seorang seperti anak manusia; datanglah ia kepada Yang Lanjut Usianya itu, dan ia dibawa ke hadapan-Nya.

bossss… mending baca seluruh alkitab dulu biar lebih afdol… ^^

Diciptakan serupa dan segambar dengan Yesus Kristus

Apakah yesus kristus waktu itu sudah punya raga ??

GBU

Syalom !
Roh ada bentuknya.Seperti yang anda sebut dalam penciptaan.
Banyak contoh di alkitab yang menunjukkan , mis : kasus Elia dan bujangnya yang ketakutan saat di kepung musuh. Tetapi setelah matanya di celikkan ,baru dia bisa melihat banyak tentara malaikat yang menyertainya.Beryukurlah kita sekarang ini tak bisa melihat mahluk roh. Kalau kita bisa melihat jutru merepotkan. Bayangkan saat anda menyetir, tiba tiba anda bisa lihat setan menyeberang, anda banting stir malah nabrak.Anda bisa lihat wajah setan yangberkeliaran disekitar kita, maka anda jadi stres tak bisa tidur,bisa gila ,mati konyol
Banyak orang bisa melihat setan/ malakikat dalam kondisi tertentu.
Lihat saat tuhan Yesus Menampakkan diri setelah kebankitan, ada bentuknya.
Kita tak pernah lihat karena kita tidak mampu melihat setan, malaikat bahkan Tuhan.
Kita belum mampu melihat Tuhan muka denga muka selam kita ini masih ada DOSA, kita bisa binasa, makanya Tuhan menampakkan diri dalam api dalam semak saja.
Nanti pada saat kita sudah menggunakan tubuh kemuliaan yang tak dapat binasa baru kita bisa bertemu muka dengan muka dengan ALLAH.
GBU

[email protected]

HEHEHEH…terus terang kalau baca tipe post seperti ini …?? sebetulnya pendapat yang keluar dari benak saya adalah…

ANDA [email protected]…pemikirannya sama dengan kebiasaan sodare sepupu di tetangga sebeleh…
yaitu sering berhalusinasi dan jika sudah membaca alkitab sering menjadi sangsi dan tidak percaya dng isi dan bunyi ayat di alkitab…hehehe…parah…jika anda sudah mengaku sbg orang kristen…?? tapi pancinagan mau berdiskusi anda menyangkal diri anda sendiri mengenai Kebenaran Alkitab…So…?? HA LSEPERTI INI SAYA ANGGAP BUKAN lagi sbg konteks KEBEBASAN SESEORANG untuk mengeluarakan pandangan …namun malah terkesan menyepelekan Alkitab…alias menuju kesesatan pada keimannan anda sendiri ( tapi kalau anda kristen loh…?//!! )…Tapi jika anda emang seorang nonK dan menyaru seagai Orang Kristen di FK ini…?? Wehh…srigala berbulu dombe namenye broo…!!
Bahaye…!!!

Direnungkan saja ya…ga perlu diresponi…

Salam GBU

nanti pasti nyampe, kalau Allah itu seperti manusia, karena yesus bilang : siapa melihat aku, berarti melihat Allah.

emangnya Allah itu seperti orang Yahudi ?

Waktu itu sudah atau belum tidaklah penting, yang penting hasil akhirnya adalah serupa dengan Yesus Kristus bukan …

Serupa dengan Allah : dlm ke kudusannya :coolsmiley:

Lalu kemungkinannya adalah: jika benar manusia diciptakan menurut rupa allah maka Apakah yang dimaksud Rupa Adam atau rupa hawa ??? kemungkinan lain adalah bahwa Cerita adam dan hawa hanya cerita symbolik saja. bukan kejadian sebenarnya. karena banyak cerita alkitab yang ditafsirkan tidak seperti apa yang tertulis melinkan apa yang tersirat

Bagaimana pendapat anda ??

stlh manusia jatuh dlm dosa … diciptakan menurut rupa adam…dlm hal dosanya :smiley:

Karena BAHAYA maka perlu saya respon sbb
Pertama dan penting !!! Saya bukan MUS…>> dan tuduhan bro akan memBAHAYAKAN saya karena kalau momod percaya tuduhan anda tanpa bukti saya bisa kena BAN :slight_smile:

Denom saya katolik, dan bro tentu (belum tentu ) Tahu kalau Alkitab Katolik lebih lengkap dari pada alkitab non K ,lalu apakah saya boleh menuduh anda telah menyepelekan sebagian isi alkitab lalu membuangnya ???
atau lalu anda menuduh penulis alkitab K telah menambahkan hal yang sesat dalam kitab sucinya ?/
itu saja dulu

GBU

[email protected]

Dari statement yang saya sampaikan.sudah pasti anda akan berpikir dan mengoreksi sendiri diri anda dan buah pikiran anda dalam post tsb …( atau berpikir. ulang )…kenapa sampai saya mengeluarakan pandangan seperti itu kepada anda…??..terus terang saya ingin sekali menguji …apakah anda betul-betul dari Kristen… ?? ( saya tidak mempermasalahkan denomnya ). KARENA APA…??? karena statetment ( yang bernada pertanyaan )…yang sudah anda buat tsb itu lho…!! YNG seperti ini : ( saya copas saja ya )

“”"“Namun ada hal yang agak menyimpang dalam pL yaitu tatkala Penciptaan manusia !! Yaitu manusia diciptakan segambar menurut rupa allah “””"""""

Nahh…kata-kata yang di bold dan saya merahkan itu…?? bagi saya pribadi…( sebagai seorang Kristen ), menganggap anda tidak berpikir dulu bahwa sebagai orang Kristen sebetulnya harus pantang mengeluarkan buah pikiran yang secara implisit menyangkal Firman Tuhan dalam Alkitab ( walaupun Alkitab anda dari Gereja Katolik ) dan dalam konteks anda ingin bertanya atau memencing jawaban dari buah pikiran rekan shering di fk ini.

Karena jika seorang kristen sudah merasa sangsi…?? terhadap PL, yA GIMANA LAGI YANG BUKAN KRISTEN…??
HEHEHEHE…ya ditertawakanlah oleh dunia bukan…??

Sebetulnya menurut saya lebih bijaksana kalau anda bertanya seperti ini…"apakah makna segambar dan serupa dng Allah itu dalam Penciptaan manusia yang diceritakan di PL itu…??..kayanya lebih elegan bukan…??

Kiranya komplain saya kepada anda itu hanya maksudnya seperti itu loh broo…?? Namun jika anda berasumsi lain terhadap apa yang saya katakan tsb, ya…seperti yang ada respon tsb…hehehe

Salam GBU

]Bro purba ada berbagai gaya cara penyampaian Firman Tuhan dan mungkin termasuk seni atau gaya bahasa
dan Silahkan menilainya masing masing .
sebagai contoh : gaya yang bro purba adalah gaya penyampaian gaya hakim atau jaksa dulu waktu saya masih newbie saya langsung di nilai salah dan sekarang anda menuduh/bahwa saya Mus’’’’’ atau bukan Kristen.
Apakah saya, untuk memuaskan Gaya anda, saya harus memperlihatkan surat permandian saya sebagai orang katholik ???sebagai barang bukti persidangan ??
Mungkin , apa yang anda katakan *elegant" itu kurang cocok untuk diterapkan dengan gaya saya dalam menyampaikan kebenaran Firman Tuhan

Saya memaklumi gaya anda dan saya tidak marah ,
Akan tetapi saya merasakan adanya “BAHAYA” jika seandainya Moderator ter provokasi tulisan gaya anda dan mempercayai kemampuan peng hakiman anda yang mengatakann bahwa saya bukan Kristen
Bahaya itu jika kemudian saya di"Lempar ke board : Pertannyaan dari non Kristen , bukankah itu hampir sama dengan membungkam saya untuk klarifikasi kepada fk,er lainnya??

GBU
NB: sekali. lagi tidak ada rasa marah,cuma mungkin anda rasakan kurang elegant saja :slight_smile: :slight_smile:

Karena anda copas maka tulisan saya menjadi lain artinya dan kelihatannya seperti mengatakan alkitab menyimpang atau sesat. tetapi kalau anda baca secara keseluruhan anda akan mengerti bahawa yang saya maksudkan menyimpang itu adalah menyimpang dari Kesimpulan bahwa "“Roh tidak mempunyai bentuk”

Saya memahami kepiawaian jaksa memilih barang bukti untuk memberatkan terdakwa, tapi itu memang gaya dan profesinya

GBU

Kristus adalah “gambar” Allah, sebenarnya Adam (manusia) dari semula di tentukan untuk se"gambar" “Kristus”.
Gambar (image) dan rupa (likeness) bukanlah merujuk pada bentuk dan wajah.

Menurut saya roh tidak berbentuk seperti manusia, tapi bisa mengambil bentuk apa saja.

Salam

ketika Allah (bapa??)mau menampakan diri dalam PL raga yang dipakai adalah semak yang terbakar.

“Lalu Malaikat TUHAN menampakkan diri kepadanya di dalam nyala api yang keluar dari semak duri. Lalu ia melihat, dan tampaklah: semak duri itu menyala, tetapi tidak dimakan api.” Keluaran 3:2, TB.

Salam

Bisa bro simon jabarkan lebih lanjut maksud dari “Image” atau "like ness "itu seperti apa ?

GBU

Image and likeness dalam pengertian saya mengacu pada “keserupaan/seperti” sifat2. Sifat2 pengasih, pengampun, berkuasa, adalh sifat2 manusia yg berasal dari Tuhan, hanya saja Tuhan bersifat MAHA.

Ada pendapat yg mengatakan bahwa “image” mengacu pada bentuk, tapi apakah Tuhan memiliki bentuk dan indera seperti manusia?

salam

apakah sifat manusia yang serakah, kejam , pencemburu adalah termasuk image dan likeness juga ?

GBU

Sifat2 yg jahat bukanlah dari Bapa, semenjak kejatuhan Adam maka ilalang tumbuh di tengah2 gandum.
Tentang sifat2 pecemburu, kejam, tidak setia, berhala, iri dengki, …dsb…mungkin perlu di kaji lebih lanjut, bukankah Tuhan juga pecemburu?, bukankah Tuhan juga membunuh? Bagi manusia itu adalah dosa (membunuh), tapi bagi Tuhan itu adalah kuasa. Hukum Allah beda dgn hukum manusia.

Gambar dan keserupaan Bapa terlihat pada Yesus Kristus, yg merupakan “gambaran” dari Allah Bapa (bukan Allah Bapa sendiri).

Itu pengertian saya bro…

Salam

Jadi sifat sifat ( jahat apa saja yang masih boleh di bilang gambatan Allah ?)
misal sifat pencemburu yang “konon” dimiliki Allah bapa , bukankah sifat cemburu itu juga yang menyebabkan kain membunuh Habel ??
alkitab tidak menceritakan da hasutan iblis ,bukankah itu berarti sifat cemburu kain itu "sudah dari sono-nya "? GBU