Apakah setan/iblis berkuasa untuk melukai tubuh jasmani kita?

Maaf gan, ane penasaran, pengen bertanya aja…
Sebenernya iblis itu bisa gak sih bikin kita terluka secara jasmani?
Jadi kalo di pilem2 kan banyak tuh muncul setan semacam pocong dan kawan2, yang terus ngejar2 tokoh utama, dan akhirnya si tokoh utama terluka2 gitu akibat dari setan ini…hehehe
Kalo udah ada trit serupa mohon maaf ya, mohon dibimbing ke jalan yang benar, Tuhan memberkati

kalo di film2 cuma cerita fiktif yg dibuat2 serem
utk yg nyatanya bisa baca kitab Ayub,
Iblis memang bisa menyebabkan manusia sakit apabila tdk ada perlindungan dari Tuhan,
bisa juga mengunakan petir atau org 2 jahat utk membunuh manusia spt anak2 & pegawai Ayub,
jadi tdk spt di film2 Iblis/setan itu mengejar2 manusia

sebelumnya terima kasih atas jawaban dari agan :smiley:
saya punya sebuah hipotesis:

  1. setan bisa bermanifestasi dan mempunyai tubuh jasmani(cth:ular) sehingga bisa menimbulkan luka2 jasmani → dalam kasus ini, saya tidak mengerti apakah benar setan bisa bermanifestasi menjadi “daging”
  2. setan hanya sebatas roh dan bisa menimbulkan luka jasmani → dalam hal ini, bisakah roh yang tidak nampak melukai tubuh jasmani

maaf kalo ada salah2 kata, butuh pencerahan dari agan2 sekalian, hehe

Bukan bermanifestasi tapi meminjam raga mahluk hidup
contohnya ada org yg dirasuk setan/dimasuki setan, ular di taman Eden.

Tidak ada rujukannya dlm Alkitab,
paling bisa merasuki org itu sendiri dan melukai dirinya > ini ada contohnya dlm Alkitab

Setan bisa menggunakan media tertentu untuk melukai tubuh jasmani kita. Contohnya saja santet.

Oh ya, sedikit share ya.Teman dari Pendeta di gereja saya ini (Penginjil). Penginjil ini pernah bertemu dengan seorang yang memiliki ilmu hitam tingkat tinggi. Nah, Penginjil ini punya karunia untuk melihat roh. Dan dia bilang kepada orang yang punya ilmu hitam itu supaya tobat. Dan akhirnya orang itu minta kartu nama dari Penginjil ini. Dan malamnya orang yang punya ilmu hitam itu bermaksud menyantet Penginjil ini. Tapi gagal terus dan malah dirinya seperti terasa terbakar. Setelah itu akhirnya orang yang punya ilmu hitam itu ingin bertemu dengan si Penginjil ini (membuat janji untuk bertemu dengan Penginjil). Akhirnya dia tanya sama Penginjil ini. Ilmu loe darimana? Terus Penginjil itu menyodorkan Alkitab. Akhirnya orang yang punya ilmu hitam itu dibimbing oleh Penginjil ini dan akhirnya bertobat dan meninggalkan ilmu hitamnya.

Jadi, kalau kita sungguh-sunguh didalam Tuhan, pastinya setan tidak bisa melukai kita. Baik secara jasmani maupun yang berkaitan dengan alam roh.

Demikian, semoga bermanfaat. GBU.

Nah, menurut bro Doa_ku gimana tentang santet? Memang kalo kita sungguh2 didalam Tuhan kan kita pasti aman, tapi ini kita coba kupas dari sisi orang yang tidak sungguh2…sebagaimana kita tahu bahwa santet itu bukan hal yang asing lagi, apa roh iblis berkuasa menaruh paku/hal2 lain di dalam tubuh kita?

Coba yaBro … LIHAT apa yg IBLIS miliki dan tawarkan …
Matius 4 :
8 Dan Iblis membawa-Nya pula ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepada-Nya semua kerajaan dunia dengan kemegahannya, 9 dan berkata kepada-Nya: “Semua itu akan kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku.”
Nah apa yg Iblis punya dan miliki dalam Kerajaan Dunia itu ? Santet?, Voodo? … itu mah KECIL !

Kekuatan besar di alam semesta ini bermuara hanya ada2 kubu yaitu:Tuhan dan Setan.Kalau Alkitab katakan bahwa keselamatan/surga itu HANYA ada di dalam Yesus (Tuhan) berarti dapat disimpulkan bahwa semua kekuatan diluar Yesus/Tuhan itu adalah satu kubu yaitu Setan.
Kepada setiap anak Tuhan Alkitab katakan bahwa tubuh kita adalah bait Tuhan yg Roh Kudus diam didalamnya.
Jadi kl kita sdh jadi anak Tuhan dan RohNya ada dlm kita,kekuatan manapun diluar Tuhan tidak akan mampu merusak,melukai tanpa diijinkan oleh Tuhan(spt kasusnya pada Ayub).
Naah… yg bukan anak Tuhan,tentu karena ada di kubu yg satunya yaitu Setan ,apapun agama/kepercayaannya karena yg “jaga” masih teman sendiri tentu bisa dong kalau mau gangguin.Tergantung pangkatnya mana lbh tinggi.Kl lbh yunior yg nyantet ya ga bakal mempan,tp kl yg ganggu lbh senior yaaaaa…tembus .Wkwkwk…!
CMIIW.

Lumayan, boleh juga jawabannya ! :afro: ;D

Di dlm tuhan Yesus ada perlindungan atas segala kuasa Iblis,
tapi bagi org2 yg tdk sungguh2, rohnya ada dibawah kuasa/bisa diperintah Iblis.
Santet itu menurut kesaksian Daud Tony yg bawa adalah roh org ybs sendiri,
jadi roh ybs dipanggil utk membawa paku atau apapun ke tubuhnya sendiri.
Jadi harus sungguh2 percaya Tuhan Yesus shg roh kita tdk dibawah perintah kuasa apapun

Di alkitab diceritakan Iblis bisa membanting2 tubuh orang yang dirasuki. Ada juga tenaga dalam dimana orang bisa memukul dari jarak jauh. Walaupun tidak langsung kena pukulan dari tangan pemukul tapi yang dipukul bisa jatuh.

Jadi kalau ane bilang, rupanya iblis itu bisa menyakiti dan melukai manusia.

Legion maksudnya ya?Kan kerasukannya sebelum kenal Yesus bro?Atau kl bukan Legion yg mn?bisa tunjukin ayatnya mungkin sy kelewatan baca.

Biasanya diperagakan 1 org jagoan yg pny ilmu tenaga dlm sedang diserang rame2 ,trus para penyerang tsb bisa terpental gitu kan?Kl ya, mereka yg terpental itu kan sdg menyerang sang jagoan.Kl org lagi diem gak ngapa2 masak bisa sih?Sy koq krg yakin.

Setuju bro,tapi kpd orang yg diluar Tuhan.Atau kristen tapi blm sungguh2 menjalankan FT,dalam arti disaat saat tertentu masih menjalani ritual,adat yg tidak sejalan dg Firman Tuhan.Singkatnya msh ada ilah lain dlm hidupnya.Atau memang Tuhan ijinkan barulah bisa.
Diluar itu sy msh percaya kl setan tidak bisa ganggu kita kl tidak diijinkan Tuhan.

Yup kalau orang sungguh2 dalam Tuhan tidak akan bisa dilukai Iblis kalau tidak seijin Tuhan seperti terjadi pada Ayub.

hehehehehehehehe…

super hilarious nih…
karena beberapa sebab sbb:

  1. Kok pada tahu sih?
    a. Apakah pernah dilukai oleh lblis?
    b. Kalo emang dilukai tanpa sebab yg jelas → gimana bisa verifikasi bahwa itu iblis?
    c. Apakah pernah ngobrol dgn iblis?

atau jangan-jangan…

  1. Yg tahu banget itu memang sedang MENYAMAR SEBAGAI MALAIKAT TERANG ??

ehehe…

ati-ati… entar penyamarannya kebongkar lho…
hehehe…

Terima kasih sebelumnya untuk agan2 yang udah memberikan tanggapan :smiley:

saya cukup tertarik dengan tanggapan agan… tetapi agak2 kurang jelas juga sih… kira2 apakah benar roh manusia bisa di “summon” oleh dukun dan dibalikin lagi gitu, apakah ada referensi yang bisa mendukung pernyataan agan ini gak ya? hehehe

bagaimana kalau kasusnya si iblis gak ngerasukin kita, bisa gak kita tersakiti, sebagai contoh ya santet itu, ataupun orang yang “melihara” ilmu2 hitam? soalnya kan kalo dalam kasus dirasuki iblis, bukankah si iblis itu udah “punya” badan jasmani, sehingga secara logika ya wajar aja kalo jasmani melukai jasmani, seperti membanting, dsb.

kayaknya bro cadangdata punya unek2 yang mau dikeluarin negh :coolsmiley:
bisa coba memberikan tanggapannya bro? hehehe

wah… tadinya sih engga pengen komen mas… tapi berhubung ditodong oleh TS…
saya ikut nimbrung dikit ah…

Jawab: saya engga tahu mas…

tapi yang jelas…kalo kita engga bisa menyentuh mereka secara fisik…
rasanya mereka juga engga bisa menyentuh kita secara fisik…

mungkin karena perbedaan massa jenis atau densitas materi-nya atau gimana gitu kali yah…

tapi…
barangkali… mungkin lho mas… saya gak tahu juga…
efek psikologis… eh… lebih tepat psikosomatis lah yang take over ketika seseorang udah terkooptasi mindset-nya bahwa gini-gitu… atau misalnya jadi takut beneran kepada iblis itu…

sehingga perasaan / psikologi itu bisa termanifestasi menjadi respons fisiologis,
yang mekanisme-nya itupun masih belum diketahui…
dan seperti kebiasaan dari jaman dulu → sesuatu yg belum diketahui (undiscovered science) biasanya dikasih judul Superstitious / Paranormal fenomena / supranatural fenomena…

demikian imho…
jadi engga salah juga sih…
dan mungkin memang ada benarnya…
bahwa kalau kita yakin IBLIS itu TIDAK MUNGKIN BISA MELUKAI kita
dan bahkan kalo manusia ketemu iblis, harusnya si iblis yang terbirit-birit…
maka bisa jadi demikianlah kenyataannya…

udah panjang ah… shalom alaikhem bro…

Itu pengalaman yg dikisahkan oleh Daud Tony mantan dukun
Itu dilakukan saat org ybs tsb tidur, jangan heran kl ada org2 yg ketakutan saat tidur krn didatangai oleh setan
oleh sebab itu kita harus minta perlindungan Tuhan khususnya ketika kita tidur

Kalo secara teori saya setuju dengan agan, ini memang menjadi pikiran saya saat saya membuat trit ini gan :wink:

pernyataan yang menarik gan, ini kalo diliat dari sisi iptek ya gan, susah juga bahasanya, hehehe :ashamed0004:
tapi bagaimana agan menghadapi fakta bahwa banyak orang yang kena santet, orang yang kena santet kan pastinya gak tahu kalo sedang disantet, tahu2 udah kena santet, hahhaa :char11:
kan kita sebagai orang indo banyak ngehadapin tuh yang namanya santet. yang gila tuh yang orang sunat ke dukun, tititnya di pake in cincin, trus pas cincinnya dicabut udah kesunat ajah tititnya tuh, hahaha :ashamed0002:

mantab gan, ane cuman sekedar tahu aja sih mengenai Daud Tony, hehehe
bagaimana ya kira2 kalo orangnya sedang bangun, kan kalo malem2 banyak yang doyan begadang kayak ane :ashamed0004:
sayang ya di alkitab kagak ada santet2an, kalo ada mungkin bisa lebih clear jawabannya ;D

bisa lah, kalo kesurupan, pas jatoh kejedot ujung meja :slight_smile:

kalo kesurupannya lama, 3-4hari , ngga makan-makan, kadang-kadang bukan roti , sendal diemut-emut,

pas sadar, maag kambuh, muntah-muntah(karena diceritain ngemut sendal jepit) :slight_smile: