Apakah Tuhan Menguji saya ?

Curhat saya kepada sahabat FK,
Sebelum tidur malam saya selalu berdoa kepada Tuhan, tapi setelah saya selesai berdoa saya tidak bisa tidur, bahkan sampai insomnia, itu terjadi berulang-ulang.

lalu beberapa kali saya coba untuk tidak berdoa sebelum tidur, saya bisa tidur dengan pulas.

saya mohon pencerahan nya bagi sahabat Kristen saya.
Saya percaya Tuhan, saya percaya Yesus,
lalu apakah ini cobaan dari Tuhan, atau
Iblis sedang mencoba menjauhkan ku dari Tuhan… ?

Terimakasih Sebelumnya.

Saya pernah dengar seorang Dokter mengatakan bahwa banyak orang, termasuk dia sendiri, tidak bisa tidur kalau membaca buku sebelum tidur. Tidak sama dengan berdoa, tetapi banyak orang Kristen juga suka membaca Alkitabnya sebelum tidur…

Dokter itu mengatakan bahwa dia telah mengganti kebiasaannya, menjadi tidak lagi membaca buku di tempat tidurnya, tetapi membaca buku dengan duduk di tempat lainnya, dan tidak masuk ke kamar tidur sebelum dia sebenarnya mau tidur.

Dokter itu menerangkan bahwa kita harus membedakan tempat, waktu dan keadaan di mana kita beraktivitas dari tempat, waktu dan keadaan di mana kita tidur. Kalau waktu di tempat tidur orang mulai menentangkan tidurnya dengan aktivitas, seperti membaca buku, maka otaknya menginterpretasi orang mau tetap terbangun, dan akan menjaga agar orang tidak tertidur…

Walaupun begitu, saya sendiri mengalami masalah yang berlawan: suka membaca Alkitab di tempat tidur tetapi sering jatuh tertidur, jadi sekarang mendalam Firman Tuhan melalui komputer sebelum pergi tidur… Mungkin juga Iblis sedang mencoba menjauhkan kita dari Tuhan…

Horas ma tu nalaho modom :slight_smile:

@SandyEL : apakah Tuhan menguji saya?

Well, kita sama-sama tau kalo Tuhan itu menguji siapa saja, Yesus Kristus juga diuji kok, dan bisa dengan cara apa saja, biasanya sih berhubungan dengan kelemahan dalam diri kita. Tentunya yg diuji itu bukanlah kekuatan fisik atau kepintaran kita tetapi iman kita dengan tujuan menguatkannya sampai level yg setinggi-tingginya tergantung lulus tidaknya kita saat diuji (jadi kayak ujian nasional ya).

Kembali ke masalah yg masbro alami, yg tau persis apakah sedang diuji atau tidak adalah masbro sendiri karena persepsi setiap orang yg membaca posting masbro bisa berbeda-beda. Mungkin ada yg sependapat dengan masbro karena ada faktor “berdoa dan tidak berdoanya” dan ada juga yg berpendapat ini adalah semacam gejala insomnia biasa, cukup dikonsultasikan ke dokter maka masalahnya selesai. Selagi membaca posting masbro, ane jadi teringat kisah nabi samuel kecil yg terbangun dari tidurnya karena mendengar suara Tuhan. Apakah Tuhan sedang ingin berperkara dengan masbro sehubungan dengan masalah ini, cuma Dialah yg tau.

Sekedar saran dari ane, selain masalah berdoa dan tidak berdoa, coba cari persamaan aktivitas yg masbro lakukan dan alami seharian ketika malamnya masbro bisa tidur dan saat masbro tidak bisa tidur. Misal, tiga hari berturu-turut masbro tidak bisa tidur, persamaan aktivitas yg dilakukan sebelumnya adalah fitness malam hari atau mungkin masbro ada minum obat-obatan/jamu/supleman setiap berapa hari sekali. Kalo sudah, coba hentikan aktivitas tersebut dan liat hasilnya, berefek ga.

kalau saya sebelum tidur kan maen laptop tuh, tapi tetap aj bisa tidur kalo ga berdoa, parah banget ga tu ? :’(
giliran udah berdoa, astaga parah ga bisa tidur. mata tertutup tapi rasanya ga tidur, pikiran melayang kemana-mana.
kalo dibilang sih masih sadar.

semoga beneran bro Tuhan ingin berperkara dengan saya,
Makasih saran nya bro, saya memang terkadang minum obat anti alergi, tp saya rasa itu tidak masalah, kalo saya ga berdoa walaupun mengkonsumsi obat tetap aj saya bisa tidur nyenyak,
maaf ne bukan saya bermaksud menjelek2kan Tuhan kita,
tapi itu yang sedang saya alami saat ini, dan saya tidak bermaksud jauh dari Tuhan :happy0025: