Apakah Tuhan sudah memilih siapa yang akan diselamatkanNya?

Shalom,

Berhubung sudah disuruh bikin trit baru sama momod, saya coba membuat trit yang membahas lebih spesifik tentang keselamatan. Apakah itu sudah ditentukan Allah dari semula(di predestinasikan), ataukah kehendak manusia itu sendiri untuk mencari Allah (freewill)

Silahkan bagi kawan-kawan untuk memberikan pendapatnya, bukan mencari siapa paling benar dan siapa yang salah, namun semata-mata untuk memberikan perspektif yang lebih luas. dan yang terpenting adalah semakin meningkatkan iman percaya kita kepada Tuhan Yesus Kristus.

dasar alkitab bahwa keselamatan manusia sudah ditentukan oleh Allah adalah:
Rom 9:6-29
“Akan tetapi firman Allah tidak mungkin gagal. Sebab tidak semua orang yang berasal dari Israel adalah orang Israel, dan juga tidak semua yang terhitung keturunan Abraham adalah anak Abraham, tetapi: ‘Yang berasal dari Ishak yang akan disebut keturunanmu.’ Artinya: bukan anak-anak menurut daging adalah anak-anak Allah, tetapi anak-anak perjanjian yang disebut keturunan yang benar. Sebab firman ini mengandung janji: ‘Pada waktu seperti inilah Aku akan datang dan Sara akan mempunyai seorang anak laki-laki.’ Tetapi bukan hanya itu saja. Lebih terang lagi ialah Ribka yang mengandung dari satu orang, yaitu dari Ishak, bapa leluhur kita. Sebab waktu anak-anak itu belum dilahirkan dan belum melakukan yang baik atau yang jahat, - supaya rencana Allah tentang pemilihanNya diteguhkan, bukan berdasarkan perbuatan, tetapi berdasarkan panggilanNya - dikatakan kepada Ribka: ‘Anak yang tua akan menjadi hamba anak yang muda,’ seperti ada tertulis: ‘Aku mengasihi Yakub, tetapi membenci Esau.’ Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Apakah Allah tidak adil? Mustahil! Sebab Ia berfirman kepada Musa: ‘Aku akan menaruh belas kasihan kepada siapa Aku mau menaruh belas kasihan dan Aku akan bermurah hati kepada siapa Aku mau bermurah hati.’ Jadi hal itu tidak tergantung pada kehendak orang atau usaha orang, tetapi kepada kemurahan hati Allah. Sebab Kitab Suci berkata kepada Firaun: ‘Itulah sebabnya Aku membangkitkan engkau, yaitu supaya Aku memperlihat-kan kuasaKu di dalam engkau, dan supaya namaKu dimasyhurkan di seluruh bumi.’ Jadi Ia menaruh belas kasihan kepada siapa yang dikehendakiNya dan Ia menegarkan hati siapa yang dikehendakiNya. Sekarang kamu akan berkata kepadaku: ‘Jika demikian, apa lagi yang masih disalahkanNya? Sebab siapa yang menentang kehendakNya?’ Siapakah kamu, hai manusia, maka kamu membantah Allah? Dapatkah yang dibentuk berkata kepada yang membentuknya: ‘Mengapakah eng-kau membentuk aku demikian?’ Apakah tukang periuk tidak mempu-nyai hak atas tanah liatnya, untuk membuat dari gumpal yang sama suatu benda untuk dipakai guna tujuan yang mulia dan suatu benda lain untuk dipakai guna tujuan yang biasa? Jadi, kalau untuk menunjukkan murkaNya dan menyatakan kuasaNya, Allah menaruh kesabaran yang besar terhadap benda-benda kemurkaanNya, yang telah disiapkan untuk kebinasaan - justru untuk menyatakan kekayaan kemuliaanNya atas benda-benda belas kasihanNya yang telah dipersiapkanNya untuk kemu-liaan, yaitu kita, yang telah dipanggilNya bukan hanya dari antara orang Yahudi, tetapi juga dari antara bangsa-bangsa lain, seperti yang difir-mankanNya juga dalam kitab nabi Hosea: ‘Yang bukan umatKu akan Kusebut: umatKu dan yang bukan kekasih: kekasih.’ Dan di tempat, di mana akan dikatakan kepada mereka: ‘Kamu ini bukanlah umatKu,’ di sana akan dikatakan kepada mereka: ‘Anak-anak Allah yang hidup.’ Dan Yesaya berseru tentang Israel: ‘Sekalipun jumlah anak Israel seperti pasir di laut, namun hanya sisanya akan diselamatkan. Sebab apa yang telah difirmankanNya, akan dilakukan Tuhan di atas bumi, sempurna dan segera.’ Dan seperti yang dikatakan Yesaya sebelumnya: ‘Sean-dainya Tuhan semesta alam tidak meninggalkan pada kita keturunan, kita sudah menjadi seperti Sodom dan sama seperti Gomora.’”

sedangkan Yoh 3:16 menuliskan "karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini sehingga Ia telah mengaruniakan anakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

let’s discuss :slight_smile:
Gbu

Untuk apa Yesus datang ke dunia? kalau keselamatan sdh ditetapkan

Kalau Allah sdh menentukan siapa yg akan diselamatkan & siapa yg tdk diselamatkan,
utk apa Allah berinkarnasi dan datang ke dunia dalam rupa manusia yaitu Yesus?
Bukankah semuanya terlihat sbg sandiwara yg penuh kepalsuan?
Padahal sejak semula, Allah sdh menetukan siapa yg akna selamat dan siapa yg akan binasa/tdk selamat?
untuk apa Tuhan Yesus mengatakan : Yohanes 3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
Bukankah pilihan Allah utk org2 ttt sangat bertentangan dgn Firman Tuhan sendiri bahwa Dia tdk membeda2kan org, tdk memandang muka?
Allah adalah Allah yg maha-kasih, maha-adil shg Dia tdk akan membeda2kan org dgn memiilih siapa2 yg selamat dan memilih siapa2 yg tdk selamat.
Firman Tuhan juga katakan bahwa Dia masih menunggu spy semua org diselamatkan:
II Petrus 3:9 Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.
GBU all.

Yes 14:24-27 -

“TUHAN semesta alam telah bersumpah, firman-Nya: ‘Sesungguhnya seperti yang Kumaksud, demikianlah akan terjadi, dan seperti yang Kurancang, demikianlah akan terlak-sana: Aku akan membinasakan orang Asyur dalam negeriKu dan menginjak-injak mereka di atas gunungKu; kuk yang diletakkan mereka atas umatKu akan terbuang dan demikian juga beban yang ditimpakan mereka atas bahunya.’ Itulah rancangan yang telah dibuat mengenai seluruh bumi, dan itulah tangan yang teracung terhadap segala bangsa. TUHAN semesta alam telah merancang, siapakah yang dapat menggagalkannya? TanganNya telah teracung, siapakah yang dapat membuatnya ditarik kem-bali?”.

Kenapa Tuhan membinasakan asyur? kalau pendapat anda Tuhan Maha Kasih mestinya tidak loh.tapi ini adalah wujud dari ketetapanNya dan keadilanNya

Yoh 3:16
“karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini sehingga Ia telah mengaruniakan anakNya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepadaNya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.”
Kata setiap orang yang percaya, merujuk pada orang-orang yang memang digerakkan oleh Roh Kudus untuk mengaku Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juruselamat. bukan “supaya setiap orang di muka bumi ini tidak binasa”. tidak semua orang sanggup mengaku Yesus Kristus adalah Tuhan.

Kalau Mengatakan bahwa Allah Bapa telah merencanakan keselamatan untuk semua orang, bahwa Allah Anak mati dengan maksud yang jelas / tegas untuk menyelamatkan seluruh umat manusia, dan bahwa Allah Roh Kudus sekarang berusaha memenangkan dunia bagi Kristus; padahal, sesuai dengan pengamatan umum, adalah jelas bahwa sebagian besar sesama kita mati dalam dosa, dan masuk ke dalam kekekalan tanpa harapan: sama dengan mengatakan bahwa Allah Bapa dikecewakan, Allah Anak tidak dipuaskan, dan Allah Roh Kudus dikalahkan - Arthur W Pink

sudah pernah dibahas sampe ratusan halaman.

masakan mau diulang lagi dari awal ???

Semua org yg mengganggu umat Tuhan maka mereka akan dibinasakan oleh Tuhan.
Karena Tuhan menganggap setiap org percaya adalah Biji Mata-Nya "MENJADI BIJI MATA TUHAN" - Pendalaman Alkitab - ForumKristen.com

Rasanya terlalu mengada2 kalau mengatakan bahwa ayat dlm Yoh.3:16 itu hanya berlaku utk kelompok terbatas/keselamtan yg terbatas.
Dimana ke-maha-adilan Tuhan?utk apa Dia datang ke dunia?bknkah semuanya sdh ditetapkan?apakah Tuhan cuma mau bersandiwara? :slight_smile:

anda tdk mengerti apa yg dikatakan Yoh.3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
Apakah dunia ini hanya berarti sekelompok org ttt?dangkal amat pengertiannya?
Anda tdk mengerti apa yg dikatakan dlm II Petrus 3:9 Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.

Jangan berpijak pd doktrin ttt shg anda tdk bisa menangkap kebenaran Alkitab seluruhnya.
Ingat bahwa doktrin itu hanya buatan manusia.
Bukankah anda tdk berani berkomentar thd apa yg terjadi pd Adam & Hawa yg diberikan kehendak bebas dlm memilih apakah mau selamat atau binasa?itu krn doktrin yg anda pegang bertentangan dgn fakta di Taman Eden itu.
GBU

TS gak sempet baca dan penasaran di Topik Yudas :slight_smile:

Bagaimana kalau ke dua nya berjalan bersamaan ?

Pertanyaan yg simple utk TS:

Apakah kejatuhan Adam & Hawa sdh ditetapkan Allah?
Padahal jelas2 Allah mengatakan dlm Kitab Kejadian
2:16 Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: “Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas,
2:17 tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, janganlah kaumakan buahnya, sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati.”

Sejak awal Allah tdk pernah menetapkan manusia utk jatuh ke dlm dosa, Allah memberikan kebebasan penuh utk memilih.
GBU

Tdk mungkin,
krn Allah tdk pernah memaksa seseorg utk percaya
Allah juga tdk memandang muka/tdk pilih kasih, Dia maha-adil
Allah hanya menyediakan jalan keselamatan itu melalui Yesus
Jadi setiap org yg mau selamat harus percaya Yesus.
GBU

Apakah Tuhan sudah memilih siapa yang akan diselamatkan? jawabnya Ya.
Untuk direnungkan:
Mengapa hanya bgs Isrl saja yang ikut Musa menuju Kanaan( mengapa bgs Mesir tdk ada yang ikut)?.
Representasi siapa mrk2 ini?.
Mengapa hanya anak sulung bgs Mesir yang dibunuh ( tulah ke 10 Musa) ?, apa artinya ini?.

Yoh 3:16, dibaca pelan2 mohon terang roh Allah, shg ditemukan clue nya.
supaya setiap orang yang percaya kepadaNya.Gby

Kalau anda berpikir begitu, berarti gugur donk pemahaman anda bahwa Tuhan menghendaki semua orang selamat. kan yang “mengganggu” umatNya, juga ciptaanNya?

Karena Keadilan dan kasihNya, Ia rela datang ke Dunia untuk menyelamatkan umatNya. Ke maha kasih-Nya terlihat dai Ia yang adalah Allah, mau mengosongkan diriNya dan menjadi serupa dengan manusia. KeadilanNya terlihat bahwa setiap penebusan memerlukan korban. Tidak ada korban yang dapat menghapus dosa manusia kecuali darah Anak Domba Allah.
quote author=pa_ul link=topic=43873.msg696140#msg696140 date=1340184842]
anda tdk mengerti apa yg dikatakan Yoh.3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
Apakah dunia ini hanya berarti sekelompok org ttt?dangkal amat pengertiannya?
Anda tdk mengerti apa yg dikatakan dlm II Petrus 3:9 Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.

Jangan berpijak pd doktrin ttt shg anda tdk bisa menangkap kebenaran Alkitab seluruhnya.
Ingat bahwa doktrin itu hanya buatan manusia.
Bukankah anda tdk berani berkomentar thd apa yg terjadi pd Adam & Hawa yg diberikan kehendak bebas dlm memilih apakah mau selamat atau binasa?itu krn doktrin yg anda pegang bertentangan dgn fakta di Taman Eden itu.
GBU
[/quote]
Saya tidak berangkat dari sekedar dokrtrin bro. namun ayat dalam alkitab memang menunjuk bahwa kira dipilih dari semula, dan ada orang yang tidak dipilih. Pemilihan salib oleh Allah untuk menebus dosa kita, sampai kapanpun kita tidak akan mengerti. bahkan oleh dunia disebut kebodohan. namun itulah yang disebut dengan anugerah.
Hmm, bukan saya tidak berani bro, tapi memang saya belum mengetahui jawabannya. dan bagi saya, mendalami kasih Allah yang menyelamatkan kita dari dosa, lebih bernilai daripada mereka-reka pikiran Allah yang kudus dalam peristiwa kejatuhan manusia(tanpa mengurangi pentingnya kejadian kejatuhan manusia dalam dosa)

quote author=pa_ul link=topic=43873.msg696140#msg696140 date=1340184842]
Tdk mungkin,
krn Allah tdk pernah memaksa seseorg utk percaya
Allah juga tdk memandang muka/tdk pilih kasih, Dia maha-adil
Allah hanya menyediakan jalan keselamatan itu melalui YESUS
Jadi setiap org yg mau selamat harus percaya YESUS.
GBU
[/quote]
Setuju tentang Allah tidak memandang muka. that’s why kenapa kita yang hina dan najis ini bisa sampai dipilih olehNya. itu anugrah. kalo Tuhan memandang muka, saya nyerah…

wah anda gak ngerti ayat ini?
. . . . . siapa yang menjamah kamu, berarti menjamah biji mata-Nya --: ZAKHARIA 2:8
kamu di ayat itu kan org2 yg sdh Tuhan.

Utk yg dibawahnya :Tlg Quotenya yg bener spy gak bingung :slight_smile:
GBU
btw yg ini kok TS gak jawab? :slight_smile:

Wah anda ini gimana sih?
Ada org lain selain B.Israel yg ikut keluar Mesir tuh, itu mereka yg percaya Allahnya Israel, coba baca lagi:
Keluaran 12:37 Kemudian berangkatlah orang Israel dari Raamses ke Sukot, kira-kira enam ratus ribu orang laki-laki berjalan kaki, tidak termasuk anak-anak.
12:38 Juga banyak orang dari berbagai-bagai bangsa turut dengan mereka; lagi sangat banyak ternak kambing domba dan lembu sapi.
Jadi keselamatan itu krn percaya, bkn karena ditetapkan :slight_smile:
GBU

Ini pernah muncul dalam diskusi kita pada topik lainnya, saat itu yang menjadi pokok diskusi adalah mengenai:
Ef1:4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.
1:5 Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya,
Dimana sdr Paul mengatakan bhw tdk ada itu “Umat pilihan Allah”, yang telah dipilih sejak sebelum dunia dijadikan.

Sedang saya mengatakan berdasarkan Ef 1:4 tsb , memang ada umat pilihannya.
Saya mengupas mulai:
Rm9:11 Sebab waktu anak-anak itu belum dilahirkan dan belum melakukan yang baik atau yang jahat, – supaya rencana Allah tentang pemilihan-Nya diteguhkan, bukan berdasarkan perbuatan, tetapi berdasarkan panggilan-Nya –
9:12 dikatakan kepada Ribka: “Anak yang tua akan menjadi hamba anak yang muda,”
9:13 seperti ada tertulis: “Aku mengasihi Yakub, tetapi membenci Esau.”
Dimana setiap manusia yang dilahirkan oleh seorang ibu,haruslah memenuhi ketentuan dalam Rm9:11-13 tsb.
(direpresentasikan oleh Esau , atau Yakub).
Karena Esau2 , dan Yakub2 itu banyak maka, Allah memakai bangsa sbg representasinya, yaitu Israel ( bangsa pilihanNya), Mesir ( bukan bangsa pilihanNYa= manusia niscaya binasa ).

Selama ada garis demarkasi yang jelas antara kedua bangsa itu, itu artinya ada yang disebut " bangsa pilihanNya “, dan bangsa bukan milikNya.
Waktu itu sdr Paul mengangkat adanya bangsa lain ( bukan Mesir ), yg ikut Musa keluar dr tanah Mesir Kel12:38 , maksud sdr Paul unt menjelaskan bhw” tidak benar ada bangsa pilihan", atau dg kata lain bila garis demarkasi tsb kabur mk : betullah argumentasi sdr Paul ttg tdk adanya bgs pilihan.

Saya jelaskan selama yang ikut itu bkn bgs Mesir mk garis demarkasi itu tdk pernah kabur.
Sebab bgs lain itu( selain Isrl, dan Mesir), tdk memberikan informasi yg berkaitan dg pokok diskusi kita, kita bisa membayangkan bhw bgs lain itu ada pula yang tetap tinggal di Mesir, apakah bgs lain itu kena tulah? dll.
Tentu di Alkitab tdk menjelaskan itu.
Alkitab mencatat firmanNya untuk menjelaskan kpd kita " Bagaimana Selamat krn Kasih Karunia itu terjadi ".Gby

konteks ayat itu adalah umat israel. yang merupakan bangsa pilihan allah. meskipun mereka adalah bangsa yang tegar tengkuk. namun kasih Allah terus menyertai mereka. freewill mereka selalu melawan Allah, namun karena mereka adalah bangsa yang dipilih oleh Allah

maap bro, tadi buru-buru soale :afro:

Mesti diselami dl bro. klo dah dapet jawabannya, pasti saya jawab.hehe

apa ada rekan-rekan lain yang mau memberikan perspektif tentang pertanyaan bro paul mengenai kejatuhan adam dan hawa ke dalam dosa?monggo. sambil saya cari-cari juga jawabannya.hehe.

TUHAN MEMILIH/ MENENTUKAN ORANG ORANG TERTENTU UNTUK DISELAMATKAN/TIDAK DISELAMATKAN

DAN MEMBIARKAN YANG LAINNYA DALAM FREEWILL

GBU

maksudnya dalam freewill apa nih sis? karena orang-orang yang dipilih Allah pun tetap diberi freewill loh.

p.s:klo bisa jangan huruf gede semua donk sis. kesannya kaya marah-marah :ashamed0004:

orang yang sudah diplih alah untuk selamat/tidak selamat sudah tidak lagi memiliki FREEWILL melainkan (GODwill?)

GBU
ps :maaf bukan marah dan bukan sis

GBU lagi

Wah, maap, abis dari namanya ane kira sis.brarti bro ya.hehe

Mungkin kalo saya bisa nyimpulinnya gini bro. adalah God’s will klo kita diselamatkan. klo bukan Ia yang memanggil ktia, ga mungkin kita akan sampai kepadaNya. namun kita tetap diberikan freewill didalam God’s will tersebut. mungkin ada yang berkata, wah enak ya jadi orang kristen. maw ngapain aja di idupnya, tetep selamat. kita ga boleh menggunakan freewill itu untuk menentang Allah. kita taat bukan agar kita masuk sorga. namun kita taat sebagai respon keselamatan.

Tuhan tetap mengaruniakan freewill kepada kita di dalam HIS will, namun kita harus menggunakannya sebagai wujud syukur kita kepadaNya. darahNya begitu mahal untuk menebus dosa kita.

Dalam pengertian bahwa kita adalah orang-orang binasa yang dipili untuk diselamatkan olehNya, kita tidak boleh merasa jumawa. namun kita harus semakin merasa rendah hati dan bersyukur di hadapanNya

salam.