Apakah umat Kristen harus dibaptis ROH KUDUS ? Tolong yang sudah masuk

Shalom,

Apakah umat Tuhan wajib dibaptis ROH KUDUS ?

Bagi yang sudah dibaptis Roh Kudus, Apa ciri2 mengalami baptisan ROH KUDUS ?

Ada yang beranggapan bahwa setiap umat Kristen yang percaya kepada Yesus sebagai anak Allah sudah memiliki ROH KUDUS, Padahal murid2 Yesus yang telah percaya masih disuruh menanti ROH KUDUS.

Kisah para Rasul 1 : 8 Tetapi kamu akan menerima kuasa kalau ROH KUDUS turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.

Lukas 3 16 … Ia akan membaptis kamu dengan ROH KUDUS dan dengan api.

Apakah kita wajib menerima baptisan ROH KUDUS ?

Dari KPR jelas bahwa kita WAJIB punya Roh Kudus, saya kurang paham apakah dibaptis itu berarti memiliki ROH KUDUS atau hanya sekedar dibaptis ROH, yang saya tau kita wajib punya ROH KUDUS. Tanpa itu kita tidak punya kuasa untuk menjadi saksi Kristus.

Salam… :slight_smile:

Habakuk 2:3
Sebab penglihatan itu masih menanti saatnya, tetapi ia bersegera menuju kesudahannya dengan tidak menipu; apabila berlambat-lambat, nantikanlah itu, sebab itu sungguh-sungguh akan datang dan tidak akan bertangguh.

Rencana Tuhan itu berjalan dalam garis waktu, sehingga saat kita melihat sesuatu peristiwa dan saat kita membaca teks Kitab Suci, kita harus tahu tentang garis waktu tersebut sehingga kita tidak kebingungan.

ROH KUDUS belum dicurahkan saat para rasul menantikan saatnya tiba seperti yang anda katakan. Tetapi hari ini ROH KUDUS sudah dicurahkan kepada setiap anak-anak Allah. Ini adalah memahami waktu dalam Alkitab. Sama seperti blunder tentang Yesus 100% manusai dan 100% Allah, banyak orang mengangap Yesus itu seperti itu sejak dari dahulu sampai sekarang, padahal tidak, Firman itu 100% Allah sebelum Yesus datang. Pada saat Yesus datang sebagai manusia, ia adalah 100% manusia, dengan meninggalkan keilahianNya. Dan saat ia dibangkitkan dan ditempatkan ditempatNya, Ia menerima kembali kemuliaanNya sebelum segala sesuatunya ada, barulah Yesus kita sebut 100% manusia dan 100% Allah. Hari ini Yesus adalah Allah dan juga masih manusia. Saat membaca Alkitab Perjanjian Lama, jangan menyangka Yesus saat itu ada sebagaimana Yesus yang kita kenal saat ini. Demikian sama seperti memahami ROH KUDUS dalam Perjanjinan Lama, dan Perjanjian Baru.

Kisah 10:44-46
Ketika Petrus sedang berkata demikian, turunlah ROH KUDUS ke atas semua orang yang mendengarkan pemberitaan itu. Dan semua orang percaya dari golongan bersunat yang menyertai Petrus, tercengang-cengang, karena melihat, bahwa karunia ROH KUDUS dicurahkan ke atas bangsa-bangsa lain juga, sebab mereka mendengar orang-orang itu berkata-kata dalam bahasa roh dan memuliakan Allah.

Markus 1:8, menyebutkan bahwa babtisan ROH KUDUS dilakukan oleh Yesus sendiri, karena itu dalam ayat diatas tidak dijumpai sebuah prosesi keagamaan berupa penumpangan tangan agar seseorang dibabtis dalam ROH KUDUS seperti dalam ayat-ayat lainnya (Kisah 8:17-18). Jadi seseorang dibabtis oleh ROH KUDUS itu tidak tampak secara fisik dan tidak harus dalam sebuah prosesi seperti babtisan air. Setiap umat Kristiani dari aliran manapun yang sungguh-sungguh percaya, Yesus akan membabtis mereka dengan ROH KUDUS sendiri. Dengan hal ini maka babtisan ROH KUDUS bukan hanya milik denominasi pentakosta saja.

Didalam ayat diatas juga disebutkan tentang karunia ROH KUDUS yang menjadi tanda bagi mereka seseorang telah dibabtis didalam ROH KUDUS. Sehingga gereja percaya setiap orang beriman yang telah dibabtis oleh ROH KUDUS, maka akan nampak karunia-karunia ROH KUDUS dalam dirinya. Tentang karunia ROH KUDUS, berikut ayatnya.

1 Korintus 12:8-11
Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan. Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan. Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu. Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya.

Jadi bukan hanya berbahasa roh saja, karunia ROH KUDUS itu. Saat seseorang telah dibabtiskan oleh ROH KUDUS salah satu atau beberapa karunia ROH KUDUS akan nampak dalam kehidupannya dan itu yang terjadi pada denominiasi diluar pentakosta.

Anda wajib menerima babtisan Roh Kudus, sebab tanpa babtisan Roh, anda tidak menerima kegenapan janji keselamatan yang disediakan Allah didalam Kristus. Bagaimana menerimanya? Mintalah dengan iman jika anda merasa tidak melihat karunia Roh Kudus dalam hidup anda, maka Bapa akan memberikan Roh Kudus tersebut.

salah satu cirinya … bahasa lidah (bahasa roh)
ttp ini bukan ciri satu2nya …

Jadi anda sudah ya ?
berarti kalau belum bisa berbahasa roh maka kita belum dibaptis ROH KUDUS ya.
terus bagaimana kalau orang Kristen meninggal belum dibaptis ROH KUDUS ?

Berarti anda sudah ya ?
mengapa ada denominasi yg mengajarkan ada yg tidak sama sekali ?

berarti anda belum donk ya ?

Memagnya ciri orang yang sudah dibaptis Roh Kudus itu apa? Baca postingan saya bro bushman…kalau ditanya apakah saya sudah punya Roh Kudus, saya jawab sudah, tapi kalau saya ditanya apakah sudah dibaptis oleh Roh Kudus saya tidak bisa jawab karena saya kurang paham dibaptis dalam Roh.

Saya tidak mau terlalu jauh memprediksi apa itu dibaptis dalam Roh, menurut saya kalau sudah memiliki Roh Kudus ya berarti sudah dibaptis Roh, saya tidak tau apakah dibaptis dalam Roh itu harus ada ritual seperti dibaptis dalam air atau apalah.

Ini sama saja dengan mempertanyakan apakah anda punya roh kemiskinan, anda punya ga?

Salam… :slight_smile:

Anda tidak menyimak tulisan saya, silahkan dibaca kembali.

Seorang yang belum dibabtis oleh Roh Kudus, ia bukan milik Kristus. Karena seperti babtisan air, demikian babtisan Roh Kudus adalah tanda meterai sebagai milik kepunyaanNya.

Jika anda menyempitkan hal itu pada bahasa roh saja, silahkan baca Apakah umat Kristen harus dibaptis ROH KUDUS ? Tolong yang sudah masuk - Diskusi Umum Kristen - ForumKristen.com

Baptis = basuh , roh Kudus = roh Allah.
Jadi sederhananya adl : dibaptis roh Kudus = Roh Allah tinggal tetap dlm pribadi kita/roh Allah bertahta menguasai hidup kita secara total= saat kita dinyatakan oleh Allah sendiri bhw kita hari itu selamat/ menang = saat dimana kita digaransi Allah unt tidak akan dihapus dr kitab kehidupan = saat dimana kita digaransi bhw kematian kedua ( api neraka ) tdk berkuasa atas kita.

Apakah umat Tuhan wajib dibaptis ROH KUDUS ?
Kalau roh Allah tdk menyatu secara permanen dg roh org ybs mk org ybs bukan umat Tuhan, Anugerah adl menembus barrier unt pada saatNya roh Allah bersatu dg roh org ybs. Jadi baptis roh kudus bukan sesuatu peristiwa yg bisa dilakukan oleh seseorang atas kehendaknya atau oleh bantuan org lain, ttp murni yang dilakukan Allah sendiri.
Bagi yang sudah dibaptis ROH KUDUS, Apa ciri2 mengalami baptisan ROH KUDUS ?
Di Zmn akhir ini , tdk lagi diberikan tanda2 luar biasa oleh Allah kpd milikNya yg menang itu spt: Secara demonstratif mendoakan seseorang yg sakit fisik yg parah dan secara tiba2 langsung sembuh, atau secara demonstratif hal2 spektakuler lainnya.

Why13:11 Dan aku melihat seekor binatang lain keluar dari dalam bumi dan bertanduk dua sama seperti anak domba dan ia berbicara seperti seekor naga.
13:12 Dan seluruh kuasa binatang yang pertama itu dijalankannya di depan matanya. Ia menyebabkan seluruh bumi dan semua penghuninya menyembah binatang pertama, yang luka parahnya telah sembuh.
13:13 Dan ia mengadakan tanda-tanda yang dahsyat, bahkan ia menurunkan api dari langit ke bumi di depan mata semua orang.
13:14 Ia menyesatkan mereka yang diam di bumi dengan tanda-tanda, yang telah diberikan kepadanya untuk dilakukannya di depan mata binatang itu. Dan ia menyuruh mereka yang diam di bumi, supaya mereka mendirikan patung untuk menghormati binatang yang luka oleh pedang, namun yang tetap hidup itu.
13:15 Dan kepadanya diberikan kuasa untuk memberikan nyawa kepada patung binatang itu, sehingga patung binatang itu berbicara juga, dan bertindak begitu rupa, sehingga semua orang, yang tidak menyembah patung binatang itu, dibunuh.

Apabila Allah pada zmn akhir ini juga mengadakan tanda2 heran secara demonstratif lewat umatNya, maka Allah akan menjadi Allah yg sangat jahat karena membuat umat manusia menjadi bingung krn pada saat yg sama ada dua tanda2 heran yg terjadi dari Iblis dan dr Allah, tp syukur kepada Allah bhw Allah tdk membuat tanda2 heran secara demonstratif lagi sbb di ay 13:8 dikatakan miliknya tdk akan disesatkan, juga di Mt 24:4 dst juga menyatakannya.

Mt24:4 Jawab Yesus kepada mereka: "Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu

Zmn anugerah ini, berkatnya melimpah atas kita sehingga zmn ini akan nampak jelas : mana kambing mana domba, mana lalang mana gandum.

Ada yang beranggapan bahwa setiap umat Kristen yang percaya kepada Yesus sebagai anak Allah sudah memiliki ROH KUDUS, Padahal murid2 Yesus yang telah percaya masih disuruh menanti ROH KUDUS.
Percaya disini adl percaya menurut ukuran Allah / hatinya percaya, dan ini tdk sama dg merasa percaya/mulutnya percaya, shg mereka diminta unt menguji dirinya apakah mrk mendapatkan konfirmasi2 bhw mrk hatinya percaya= roh kudus menyatu dg rohnya.
Kisah para Rasul 1 : 8 Tetapi kamu akan menerima kuasa kalau ROH KUDUS turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.

Lukas 3 16 … Ia akan membaptis kamu dengan ROH KUDUS dan dengan api.


Itu konfirmasi bhw mrk telah dipenuhi dg roh Allah.
menyampaikan Injil adl Injil yg murni / tdk ada agenda tersembunyi.
Hidupnya sepenuhnya sebagai kesaksian bhw kemuliaan itu hanya untuk Allah saja, bkn unt dirinya, atau dg kata lain Allah harus semakin besar dan dirinya harus semakin kecil. Gby

Kitab suci mengatakan bahwa dalam setiap orang percaya sudah ada Roh Kudusnya. Dan ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan ROH KUDUS…terkecuali orangnya bukan orang percaya maka tetap tidak ada ROH KUDUS…

Lihat Yoh. 7:38-39 ; Ef. 1:13; Gal 4:6; Roma 8:9b dan 1Yoh. 4:13.

Yang bisa membaptis kita dengan ROH KUDUS hanyalah Yesus, Oleh karen itu dibaptis dengan ROH KUDUS sukar utk dijadikan ukuran apakah seseorang itu sudah menerima ROH KUDUS.

Hal lain yang perlu dicatat adalah bahwa status baptisan Roh bukanlah sebagai wajib syarat mutlak utk menerima keselamatan, buktinya penjahat yang bertobat dikayu salib tidak pernah dibaptis dengan ROH KUDUS selamat tinggal difirdaus bersama Yesus…

Jadi baptisan ROH KUDUS bukan wajib menerima keselamatan…tetapi pertobatan dan percaya kepada Yesus saja.

kudu dan harus … spy hidup dipenuhi Roh kudus

Apakah umat Kristen harus dibaptis Roh Kudus ?

Saya tidak mau mengatakan harus, sebab kalau saya katakan harus, pasti nanti ada yang menyangkal.
Orang jahat yang disalibkan bersama Yesus, mengapa tanpa dibaptis air dan Roh, hanya bermodal percaya, dia oleh Yesus diselamatkan.

Saya menganjurkan agar semua yang diperintahkan oleh Yesus, yang ada di Alkitab, sedapat mungkin dipenuhi.
Jangan mencari kemudahan lalu berspekulasi, dan satu per satu perintah Yesus digugurkan, dianggapnya tidak perlu.

Yohanes Pembaptis berkata: Aku membaptis dengan air, nanti yang akan datang, yaitu Yesus akan membaptis dengan Roh dan Api.

Artinya: Baptisan air dapat dilakukan oleh Yohanes, dan kita semua sebagai manusia biasa.
Sedangkan baptisan Roh hanya Yesus yang bisa melakukan.

Yoh.3: 5.
Jawab Yesus: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah”.

Disini jelas bahwa kedua baptisan itu amat sangat perlu.

Manusia jaman sekarang cenderung mengabaikan baptisan Roh itu, mereka mengira kalau sudah percaya, otomatis Roh Kudus sudah ada padanya.
Padahal kita tahu, setanpun percaya bahwa Yesus adalah Tuhan.

anda dari Katolik ada juga baptisan Roh Kudus ? bukannya hanya di karismatik ?

Apakah Kornelius saat dibabtis Roh Kudus melalui prosesi keagamaan? Babtisan air dilakukan oleh manusia, tetapi babtisan Roh Kudus dilakukan oleh Tuhan sendiri, dan akan nyata dalam karya Roh Kudus dalam dirinya, sesuai dengan kehendak Roh Kudus sendiri bilamana dianggap perlu.

Didalam gereja pentakosta babtisan Roh Kudus melalui prosesi keagamaan sebab memang lahirnya gerakan itu karena kesadaraan akan peran Roh Kudus setelah hari Pentakosta, sehingga seperti agama-agama pada umumnya, sebuah peristiwa akan dilakukan lewat prosesi keagamaan. Tetapi walau itu sebuah prosesi keagamaan, seperti juga banyak di gereja Katholik dan Protestan, Allah tetap bekerja dan menyatakan karyaNya dalam peristiwa keagamaan tersebut. Karena ia mengasihi manusia dan memaklumi kita.

Di katolik ada 7 Sacrament.

Tiga Sacrament yang utama adalah:

I. Sacrament Baptism.
Baptis dengan air…

II. Sacrament Confirmation.
Baptisan Roh Kudus. Be sealed with the Gift of the Holy Spirit.

III. Sacrament Eucharist.
Makan daging dan minum darah Yesus didalam perayaan Eucharisti.

Jadi dgn mengikuti Upacara Sacrament Confirmation akan dimeteraikan oleh Roh Kudus ? pastikah ?
Apakah ada juga yg berkarunia lidah, bernubuat, berkata2 dgn bahasa asing, mendpt penglihatan2, saat Sakramen ini ?

Dari awal dari katolik sudah ada orang-orang yang mendapatkan karunia-karunia bernubuat, penyembuhan, mengusir setan dsb. , bahkan ada yang mendapat karunia ikut menderita seperti Yesus yang berupa stigmata,yaitu luka di telapak tangannya dan selalu mengeluarkan darah, hanya mereka tidak menonjolkan diri seperti sekarang, dipamer-pamerkan dengan penuh kesombongan.
Pada jaman modern ini, orang dengan modal PERCAYA, merasa sudah mempunyai Roh Kudus.
Lalu mulai pamer berbahasa lidah, bernubuat, menyembuhkan, mengusir setan dsb.

Sacrament Confirmasi yang artinya dimeteraikan dengan Roh Kudus, di katolik dilakukan oleh Uskup, jadi dapat diyakinkan PASTI, sebab Baptisan Roh Kudus itu hanya bisa dilakukan oleh Yesus sendiri.
Dan sebelum Yesus naik ke sorga, Dia memberikan kuasa dan wewenang kepada murid-muridNya, untuk dapat melakukan Baptisan Roh Kudus ini.

Yoh.20:21-23.
Sama seperti Bapa mengutus Aku, demikian juga sekarang Aku mengutus kamu.
Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: “Terimalah Roh Kudus.
Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada.”

Coba lihat di Alkitab, kalau ada Roh Kudus turun diatas orang-orang yang percaya, pasti selalu ada murid yang sudah diberi kuasa sama Yesus.
Tanpa murid-murid yang sudah diberi kuasa, Roh Kudus tidak akan turun atas mereka yang percaya.

Dari kitab Kisah para rasul kita dapat mengetahui bahwa Allah bekerja menurut kedaulatan-Nya sendiri, dan tidak menurut aturan2 asas pelajaran manusia.

Kelahiran kembali dan menerima ROH KUDUS ada dua pengalaman yang berbeda dan tidak sama.

Seseorang dapat diselamatkan tanpa dibaptis oleh ROH KUDUS.

Ada kala seseorang langsung dibaptis oleh ROH KUDUS pada waktu ia percaya (dilahirkan kembali).

Seringkalai ROH KUDUS disambut sesudah seseorang diselamatkan.

Hati kita tidak layak dan kurang bersih utk menerima ROH KUDUS itulah sebabnya saya menekankan kita harus menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat agar disucikan oleh darah-Nya, baru bisa kita siap menerima ROH KUDUS dengan kuasa-Nya dan rencana-Nya .

Dari semuanya itu jelas bahwa orang2 harus diselamatkan serta menyambut Yesus Kristus menjadi Juruselamatnya, barulah ia dapat menerima ROH KUDUS, itu syarat dasar.

Mengapa banyak orang Kristen dikiranya sudah menerima ROH KUDUS padahal menerima roh yang lain mereka kira sudah menerimanya keselamatan, mengapa demikian? karena mereka bukan menyambut Yesus Kristus melainkan ibunya Yesus sebagai Juruselamat sehingga mereka tidak mendapatkan atau menerima ROH KUDUS atau Roh Tuhan, melainkan roh yang lain…

Apakah saat pendeta anda menutup ibadah dengan doa berkat, berkat itu otomatis turun kepada para jemaat?
Pastikah?

Apakah saat pendeta anda memberkati sepasang pengantin, berkat itu benar-benar turun kepada mereka?
Pastikah?