APAKAH UMAT KRISTEN PASTI MASUK SORGA TANPA HARUS KE NERAKA DULU??

SALAM KENAL DAN SALAM SEJAHTERA TUK SAUDARAKU SEMUA…
TUK SAUDARAKU KRISTIANI KU MAU NANYA NE, APAKAH NANTI SEMUA UMAT KRITEN MASUK SORGA TANPA HARUS KE NERAKA???

Salam kenal juga untuk ESA…
Pertanyaan Esa sangat sederhana, simple tapi sangat menantang.
OK Kita bahas satu-satu:
Pertanyaan ESA:

Kita bahas dulu definisi “SEMUA UMAT KRISTEN”
Mari samakan persepsi dulu (ini hanya dari apa yang saya ingat saja, kalau ada yang kuran mohon teman-teman lain tambahkan).

Kalau kita bilang “Umat Kristen”, maka pengertian Alkitab adalah mereka yang percaya:

  1. Mereka adalah orang berdosa dan harus menerima hukuman atas dosa-dosa mereka.

  2. Tidak ada seorang pun di dunia ini yang sanggup membayar dosa mereka sendiri. Mana ada manusia yang sanggup menyamai standar Tuhan yang maha kudus? Maha sempurna?

  3. Tuhan sangat mengasihi manusia dan hanya Tuhan yang sanggup melepaskan manusia dari dosa.

  4. Tuhan maha Adil, jadi tidak mungkin Tuhan begitu saja menghilangkan dosa beserta konsekuensinya.

  5. Tuhan mengirimkan AnakNya (Yesus) ke dunia ini dan mengambil rupa sebagai manusia untuk menebus dosa manusia dengan cara menanggung dosa manusia di kayu salib walaupun tidak bersalah.

  6. Dengan mengambil rupa seorang manusia, Yesus merasakan apa yang manusia rasakan. Mengalami hukuman yang seharusnya manusia rasakan (bukan salibnya saja, tetapi kematian dan masuk ke alam maut)

  7. Dengan statusnya sebagai Tuhan, Yesus tidak berdosa sehingga kematian tidak berkuasa atas diriNya, walaupun masuk ke alam maut (selama 3 hari 3 malam) Yesus tidak mengalami penghukuman karena tidak bersalah, justru mengalahkan kematian dan bangkit kembali pada hari ke tiga (yaitu pada hari Minggu. Itulah sebabnya kita beribadah pada hari Minggu untuk memperingati hari kebangkitannya, bukan hari Sabtu seperti orang Yahudi).

  8. Dengan mengalahkan dosa dan kematian Yesus membuka jalan kepada semua manusia untuk bisa selamat, artinya masuk Sorga.

  9. Supaya selamat manusia cukup percaya (beriman) kepada hal-hal di atas saja, dan mengakuinya dengan mulut mereka.

  10. Pada saat mereka percaya maka Tuhan mengaruniakan kepadanya roh yang baru oleh karena itu disebut sebagai pengalaman Lahir Baru. Pada saat inilah mereka disebut sebagai orang Kristen.

  11. Tuhan juga memberikan kepada manusia Materai Roh Kudus, yaitu Roh Tuhan sendiri kedalam hati manusia sebagai tanda bahwa orang tersebut sudah menjadi milik Tuhan.

  12. Roh Kudus juga memiliki tugas memberi kekuatan, penghiburan, pencerahan, pengajaran kepada orang Kristen selama hidupnya.

  13. Orang Kristen juga kemudian diangkat (diadopsi) menjadi anak Allah. Artinya sebagai anak, ia berhak mendapat bagian dalam keluarga Allah yaitu hak untuk datang kepada Allah sebagai anak dan Bapa. Kristen sangat identik dengan family relationship (hubungan keluarga)

  14. Orang percaya juga harus menunjukkan kepada dirinya sendiri, kepada orang lain, kepada iblis dan setan-setannya dan kepada Tuhan sebuah tanda bahwa ia sudah bukan lagi orang yang sama tetapi sudah menjadi orang yang baru yaitu lewat baptisan.

  15. Sebagai anak selayaknya dalam setiap keluarga, juga punya tugas dan harus bertumbuh menjadi dewasa.

  16. Yesus memberikan tugas kepada semua orang yang percaya kepadaNya untuk memberitakan kabar baik ini (kabar baik=Gospel=Injil) kepada semua orang supaya semua orang yang mendengarnya bisa mengerti dan percaya bahwa ada jalan menuju Sorga yaitu lewat Yesus.

  17. Yesus juga mengajarkan bahwa semua orang yang percaya kepadanya pasti juga mengikuti semua perintah-perintahnya.

  18. Perintah dan ajaran dalam Kristen jika dirangkum cuma ada dua: Kasihilah Tuhan Allahmu dan Kasihilah sesamamu. Semua perintah, peraturan, hukum-hukum dan lain-lain yang ada dalam Alkitab berdasarkan pada dua hukum ini saja. Kita bisa saja berbuat baik kepada orang lain, tetapi dengan pamrih dan tanpa kasih yang tulus tidak ada gunanya.

  19. Orang Kristen sejati tidak berbuat dan bersikap baik supaya masuk sorga, tetapi karena Kasih.

  20. … hmmmm apa lagi ya… kira-kira yang penting itu dulu deh…

Nah itu pengertian Umat Kristen menurut Alkitab.

Balik ke pertanyaan Esa, apakah SEMUA orang Kristen masuk sorga tanpa harus ke neraka, maka jawabannya adalah YA!

Dengan catatan orang Kristen yang dimaksud adalah orang Kristen yang benar-benar sudah percaya dan mengalami hal-hal yang saya sebutkan di atas.
Pada kenyataanya banyak orang yang MERASA Kristen tetapi sesungguhnya belum pernah mengalami hal-hal tersebut… terutama point 9 dan 10. Yang seperti ini jelas kalau mereka tidak bertobat maka mereka akan dihukum.

PS: Kristen artinya pengikut Kristus.

Semoga membantu
Cheers…

apakah hanya dengan mengakui saja merupakan jaminan masuk sorga???
ataukah umat kristiani yang menjalankan perintah dan menjauhi larangan Tuhan yang masuk sorga??

mohon di jelaskan?
maaf saya masih awam soal kristen, smoga saudaraku bisa membantu saya

trims sebelumnya

Yup ESA betul.

Kitab suci Kristen mengatakan bahwa perbuatan baik manusia (artinya termasuk menjalankan perintah dan menjauhi larangan Tuhan) itu seperti kain kotor di hadapan Tuhan.
Alkitab juga mengatakan tidak ada sedikitpun andil dari manusia untuk bisa masuk Sorga… semata-mata hanya karena belas kasihan Tuhan…
Jadi nanti di Sorga gak ada tuh yang bisa menyombongkan diri dan berkata… “Lihat nih… gue hebat bisa masuk Sorga…”

TAPI:
Orang yang sudah diselamatkan (percaya dan mengakui karya penyelamatan Tuhan Yesus) pasti akan melakukan perintah dan menjauhi larangan Tuhan. Hal ini dilakukan bukan karena ingin masuk Sorga, tetapi sebagai ucapan syukur karena mendapat jaminan masuk Sorga.
Berbuat baik itu “AKIBAT”, bukan “SEBAB”.

Lihat juga post saya di thread ESA yang satu lagi SUDAHKAH MENJADI PENGIKUT YESUS YANG SETIA - Diskusi Umum Kristen - ForumKristen.com

Jesus Loves You!

dear ESA,

kalo boleh saya nambahin ya, dari pertanyaan kamu: APAKAH UMAT KRISTEN PASTI MASUK SORGA TANPA HARUS KE NERAKA DULU??? saya akan menjawab seperti ini:

di dalam keristenan hanya ada 2 hal yang PASTI setelah kematian jasmani, yaitu:

  1. KEMATIAN YANG KEKAL
  2. KEHIDUPAN YANG KEKAL

setelah manusia meninggal, maka akan dilihat nantinya apakah namanya tertulis di Kitab Kehidupan atau tidak, inilah saatnya pemisahan yang di dalam Alkitab tertera bahwa kumpulan domba akan dipisahkan dari kumpulan kambing…
jika namanya tertera di Kitab Kehidupan, maka orang tersebut memang sudah di’materai’kan untuk mendapatkan KEHIDUPAN yang KEKAL (bisa dibilang masuk SURGA) dan sebaliknya jika tidak didapati namanya di dalam Kitab Kehidupan maka orang tersebut akan mendapatkan KEMATIAN yang KEKAL (bisa dibilang NERAKA) dan disanalah terdapat ratap dan kertak gigi yang tidak berhenti dan berkepanjangan…

di dalam agama di luar kristen mengenal tahapan seseorang masuk ke dalam AKHIRAT. nah di dalam AKHIRAT ini seseorang itu akan dihakimi, mulai dari saat kematiannya (siksa kubur) dan saat menuju ke AKHIRAT dimana seseorang akan mendapatkan hukuman sesuai dengan perbuatan jahat yang dilakukan, setelah itu melewati jalan yang lebarnya seperti seutas rambut… jika ada yang berhasil melewati jalan tersebut maka akan masuk surga…

jika ditanyakan bagaimanakan kehidupan setelah kematian di dunia, maka aku jawab: jika tidak mendapat KEHIDUPAN KEKAL bersama ALLAH ya berarti mendapat KEMATIAN KEKAL bersama Iblis… pilihan ada di tangan kita sendiri… itulah freewill yang diberikan ALLAH… satu2nya jalan hanya ada dalam pribadi ALLAH dalam Yesus Kristus…
(Anna Huwat Toriqu Wal Hakku Wal Hayat) Isa AS says…

semoga menjadi berkat yah…
Jesus Loves You !!!

ngapain mampir ke neraka dulu om…??? mo ngopi dulu kaleee…

Methuselah Factor
Yup ESA betul.

Kitab suci Kristen mengatakan bahwa perbuatan baik manusia (artinya termasuk menjalankan perintah dan menjauhi larangan Tuhan) itu seperti kain kotor di hadapan Tuhan.
Alkitab juga mengatakan tidak ada sedikitpun andil dari manusia untuk bisa masuk Sorga… semata-mata hanya karena belas kasihan Tuhan…
Jadi nanti di Sorga gak ada tuh yang bisa menyombongkan diri dan berkata… “Lihat nih… gue hebat bisa masuk Sorga…”

-yang termasuk kategori orang belas kasihan TUHAN orang yang gimana???

TAPI:
Orang yang sudah diselamatkan (percaya dan mengakui karya penyelamatan Tuhan Yesus) pasti akan melakukan perintah dan menjauhi larangan Tuhan. Hal ini dilakukan bukan karena ingin masuk Sorga, tetapi sebagai ucapan syukur karena mendapat jaminan masuk Sorga.
Berbuat baik itu “AKIBAT”, bukan “SEBAB”.

APAKAH TIDA KEBALIK SAUDARAKU
Sebab kita melakukan kehendak TUHAN lalu kita bisa masuk sorga??

-Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. (MATIUS 7:21)

coba deh SA, melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga seperti apa?..
:slight_smile:

[b][font=Arial Narrow]Mat. 17:5[/b] [i]Dan tiba-tiba sedang ia berkata-kata turunlah awan yang terang menaungi mereka dan dari dalam awan itu terdengar suara yang berkata: "Inilah Anak yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan, [b]dengarkanlah Dia."

=ESA link=topic=700.msg7841#msg7841 date=1204708304]
apakah hanya dengan mengakui saja merupakan jaminan masuk sorga???

mengakui belum tentu percaya.(sia-sia)
percaya belum tentu mengakui…(sia-sia)
mengaku dan percaya belum tentu mengandalkan…
tetapi mengandalkan adalah bukti…
dari pengakuan dan kepercayaan. :afro:
(disini akan melahirkan buah ROH)

pengandalan yg sesungguhnya terhadap DIA…
itu pasti bertolak karena IMAN. :angel:

ataukah umat kristiani yang menjalankan perintah dan menjauhi larangan Tuhan yang masuk sorga??

(jika pertanyaan diatas bertolak dari IMAN kepada YESUS KRISTUS,tepat sekali. :afro:)

Maksud pertanyaannya gimana? Saya kurang jelas. Dari pada salah jawab mending diklarifikasi dulu pertanyaannya.

Jika yang dimaksud ESA adalah:
Siapakah orang-orang yang masuk kategori mendapat belas kasihan TUHAN? Jawabannya adalah semua umat manusia di bumi ini.

Jika yang dimaksud ESA adalah:
Kategori orang-orang yang masuk Sorga? Jawabannya adalah semua umat manusia di bumi ini yang mengaku dan percaya kepada Tuhan Yesus Kristus.

Ayat selanjutnya harus dibaca juga ESA:
Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"
Mat 7:22-23

Dari ayat ini jelas mereka adalah orang-orang yang TIDAK PERNAH dikenal oleh Tuhan. Artinya mereka belum pernah lahir baru. Mereka cuma MERASA menjadi anak-anak Allah. Karena merasa anak-anak Tuhan mereka coba-coba meniru perbuatan anak-anak Allah sejati, dan mengira mereka melakukan kehendak Bapa di Sorga.

Judul perikopnya juga jelas “Hal pengajaran yang sesat”, dan dimulai dengan peringatan untuk waspada terhadap nabi-nabi PALSU. Perikop ini tidak berbicara mengenai anak-anak Tuhan yang sejati (Mat 7:15-23).

gak smuanya org kristen itu akan masuk ke Kerajaan Surga,bisa aja mreka masuk ke neraka juga…tp klo buat mampir k neraka dolo baru msk Kerajaan Surga,kyknya gak dehh…

org kristen bisa masuk neraka jg karena…skrg2 ne spt yg kita tau byk bgt yg ngaku klo dirinya itu adlh agama kristen dan pengikut Tuhan…tapi dari dlm dirinya sendiri dia gak nunjukin klo Tuhan tuhh ad d dlm dia dan berkuasa d hidup dia,maksud nya adlh…byk ank2 Tuhan yg skrg2 ne tuhh cuma luar biasa d greja nya doang tp selepas tu dia kembali jd manusia yg mengikuti seluruh keinginan duniawinya…

byk org yg d dlm greja bisa berperilaku baik dan bertutur kata baik tp di luar nya,dia gak bisa menjaga mulutnya utk bertutur kata yg baik dan perbuatannya itu gak bisa menjadikan batu penjuru buat org laen…
tp pastinya ank2 FK gak gtu dong…hehe…
PEACEE… :happy0025:

pembahasan topik ini sgt mantap… :afro: :afro:

jessie gak takut mati… :char11:
kapan aja dipangggil TUHAN/meninggal dah siap… :wink:
coz HIDUP KEKAL adalah milik umat tebusan YESUS KRISTUS. :afro:

wow… baru baca neh :ashamed0004: ternyata byk sekali threads yg membangkitkan iman kita disini

Yup, setuju ama Om Josephkosin… :afro:

Yohanes 6
6:40 Sebab inilah kehendak Bapa-Ku, yaitu supaya setiap orang, yang melihat Anak dan yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal, dan supaya Aku membangkitkannya pada akhir zaman."

kehendak BAPA : Kita percaya pada ANAKNYA
bagaimana tanda kita percaya kepada anakNYA???

Yohanes 14
14:15 "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.

Yohanes 14
14:21 Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Aku pun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya."

Yohanes 14
14:23 Jawab Yesus: "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.

Yohanes 14
14:24 Barangsiapa tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firman-Ku; dan firman yang kamu dengar itu bukanlah dari pada-Ku, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku.

Yohanes 21
21:15 Sesudah sarapan Yesus berkata kepada Simon Petrus: “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih dari pada mereka ini?” Jawab Petrus kepada-Nya: “Benar Tuhan, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku.”

Kesimpulan :
org bisa masuk surga jika melakukan kehendak BAPA
kehendak BApa adalah :
-selamatkan jiwa
-hidup sesuai injil ("menuruti firman-Ku ")
-percaya bahwa YESUS adalah TUHAN
-dibabtis
-bertobat
-lahir baru
-dipenuhi dengan Roh Kudus
-“Gembalakanlah domba-domba-Ku.”

kayaknya dah jelas deh
soalnya ayat Firman dah lengkap tuh

mau nambahin aja…
pertama mungkin mau mendefinisikan dulu istilah orang Kristen…orang Kristen itu bukan orang yg di KTPnya agamanya Kristen trus tiap minggu ke gereja…malah gw bisa bilang Kristen itu bukan agama, tapi gaya hidup, yaitu gaya hidup seperti Kristus, ikut Kristus…
utk bisa masuk surga (selamat), Alkitab bilang:
Rom 10:9 Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.
Rom 10:10 Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.
cukup dengan percaya dan mengaku, terima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi, kita bisa selamat…itu yg dibilang dengan lahir baru…
tapi itu baru langkah awal aja…di Efesus 2 ada perikop ttg kerjakan keselamatanmu…jadi kita masih perlu juga untuk mempertahankan keselamatan itu, yaitu dengan hidup benar sesuai yg Tuhan mau aja…

jadi intinya mungkin bukan masalah agama…gak peduli orang itu mau agama apa, asal dia terima Yesus dan hidup dengan gaya hidup Kristus itu ya dia bisa selamat…

Sorry gw baru baca trit ini.
Gak semua orang beragama kristen masuk sorga.

ada dua jalan dalam hidup ini.

  1. Jalan Tuhan → lahir baru (bertobat total) → bertumbuh → berbuah → menang → Firdaus–> Sorga Kekal.
  2. Jalan Perbuatan → mati → alam maut → neraka kekal

entar aku jelasin satu satu. tunggu respon anda

kristen mana dulu . .klo cuman KTP doank , ya di ragukan …

Kesimpulan tengah2:

Engga semua orang Kristen masuk surga
Tetapi yang masuk surga pasti orang Kristen :angry:

Tetapi yang masuk surga pasti orang Kristen

maap tp aq kok kurang sreg yo ma istilah orang Kristen di atas…kyknya lebih tepat orang yg bnr2 percaya kpd Yesus…Yesus aja gk blg kalo yg selamat itu pasti orang Kristen kan??krn mang blmn ada istilahnya y?wkwkwkwkw