Apakah yang dimaksud dengan doa pelepasan?

Saya pernah mendengar seorang hamba Tuhan berkhotbah. Beliau mengatakan bahwa seseorang yang menerima Kristus dalam hidupnya secara otomatis sudah dibebaskan dari segala kuasa yang mengikatnya, yaitu kuasa kegelapan, sehingga dia tidak perlu dilepaskan. Apakah benar demikian?

Gelar tikar, nunggu para master menjawab. :rolleye0014:

ya betull sekali… hanya masalahnya… apakah arti menerima KRISTUS dalam hidup…??? karena tiap orang memiliki persepsi yang berbeda… ^^

[quote="lbmagi post:3, topic:177554"] ya betull sekali................ hanya masalahnya.............. apakah arti menerima KRISTUS dalam hidup............??? karena tiap orang memiliki persepsi yang berbeda............... ^^ [/quote]

Yang jelas kita menerima Kristus Yesus Tuhan yang sama ko bisa memilki persepsi yang berbeda? maksudnya gimana?

Benar sekali bro.

Kalau kita mengerti apa yang tertulis di Alkitab tentang karya keselamatan oleh Allah Tritunggal, tentu kita mengerti dan menolak yang mengatakan doa pelepasan.

Didalam karya keselamatan, seluruh pekerjaan telah di lakukan oleh Allah Tritungga, dan ini merupakan bagian Allah.

Manusia yang berdosa, tidak mempunyai kemampuan datang pada Tuhan, sehingga Allah Bapa yang menarik orang itu ke Tuhan Yesus.

Darah Kristus menyucikan dosa orang itu, membenarkan orang itu, mendamaikan orang itu dengan Allah, menjadi pengantara antara Allah dan orang itu.

Allah Roh Kudus melahir barukan orang itu, Yeh 36 : 26, 27

36:26 Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.

36:27 Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.

Titus 3 : 5
3:5 pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus,

1 Pet 1 : 23
1:23 Karena kamu telah dilahirkan kembali bukan dari benih yang fana, tetapi dari benih yang tidak fana, oleh firman Allah, yang hidup dan yang kekal.

Orang itu menjadi ciptaan baru dan manusia baru.

Seluruh pekerjaan telah selesai di lakukan Allah Tritunggal.

Manusia tidak mampu melakukan apa yang di lakukan oleh Allah.

Apabila kita telah di lahir barukan oleh Roh Kudus, kita tidak membutuhkan manusia untuk melepaskan kita dari apapun, karena tidak ada manusia yang dapat melakukan apa yang di kerjakan oleh Allah di dalam karya keselamatan.

Manusia baru telah kudus oleh Allah, sehingga tidak memerlukan pelepasan apapun lagi.

Apakah setan masih berani tinggal di dalam diri kita, kalau ada Allah Roh Kudus yang diam bersama kita ???

BENAR karena memang demikian yang dinyatakan Firman Tuhan. Masalahnya adalah masih sedikit pengikut Kristus yang benar2 mengandalkan Kristus dalam hidupnya “Hidup adalah Kristus”. Tuhan Yesus Memberkati.

Jika demikian, mengapa masih ada orang orang Kristen yang masih memerlukan pelepas Sis ?

Hehehe, saya sewaktu baru bertobat, ikut persekutuan2 dimanapun, terus di suruh pelepasan beberapa kali, karena tidak mengerti dan takut , baru lepas dari kuasa gelap, jadi ikut saja , dimana saja, dan beberapa kali.

Setelah belajar dari reform, barulah terbuka pikiran kita, dan merasa malu juga.

Mereka yang merasa memerlukan pelepasan, biasanya yang belum mengerti tentang karya keselamatan yang di kerjakan oleh Allah Tritunggal di Alkitab.

Kalau sudah mengerti, tentu tidak akan mencampuri pekerjaan Allah, banyak orang merasa Tuhan perlu di tolong.

Sebenarnya kalau melihat karya Allah di Alkitab, apanya yang belum beres ?

Sudah menjadi ciptaan baru, manusia baru, hati baru, roh baru, ROH KUDUS diam bersama kita, sudah lengkap dan kudus.

Ef 1 : 4
1:4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.

Yang membuat kita kudus adalah darah KRISTUS yang mahal, dan yang menjadi kudus adalah status kita atau being kita.

Sedangkan doing kita atau perbuatan kita , setelah bertobat, masih banyak yang harus di benahi, sifat2 lama kita yang tidak sesuai dengan kehendak Allah, harus kita pisahkan dari hidup kita yang sekarang, itu yang di namakan PENGUDUSAN.

II Petrus 1
1:3 Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib.

Roma 6
6:19 Aku mengatakan hal ini secara manusia karena kelemahan kamu.
Sebab sama seperti kamu telah menyerahkan anggota-anggota tubuhmu menjadi hamba kecemaran dan kedurhakaan yang membawa kamu kepada kedurhakaan, demikian hal kamu sekarang harus menyerahkan anggota-anggota tubuhmu menjadi hamba kebenaran yang membawa kamu kepada pengudusan.

Kudus dalam bahasa Yunani, artinya pisahkan, dikuduskan = dipisahkan , dari dunia yang berdosa ini.

Proses pengudusan adalah proses dimana setelah bertobat, kita mulai memisahkan sifat2 lama kita, dan menjadi makin menyerupai KRISTUS.

Perjuangan itu telah di perlengkapi oleh kuasa Ilahi dan pemeliharaan Allah pada orang percaya, tekun , sabar dan taat yang harus kita jalani, sampai Tuhan memanggil kita.

Paulus di Roma 7 telah mengingatkan kita akan perjuangan kita melawan diri kita , karena kedagingan kita masih terus merongrong kita, walau gagal, yang penting motivasi hati kita terus berusaha menuju ke sempurnaan yang di ingin oleh Allah.

Didalam Status kita saling tarik menarik adalah, sudah di tebus, SUDAH, tetapi BELUM SEMPURNA, TARIKAN ANTARA ALREADY AND NOT YET.

Status /being sudah KUDUS, doing/ perbuatan , BELUM SEMPURNA.

Semoga berguna.

betul bro Lyod,
ketika seseorang menerima Kristus artinya dia sudah menang atas semua belenggunya (karena anugrah Yesus) tapi masalahnya ybs tidak mengambil langkah kemenangannya, dengan memberi makan rohnya sendiri.
jadi harus ada tindakan iman, dengan bertumbuh secara rohani.
ketika kita bertumbuh otomatis kuasa2 lain akan sendirinya lepas.

yang sering terjadi di lapangan adalah ybs tidak menanggapi dengan benar, tetap dengan hidup yang lama, kebiasaan yang lama…akhirnya jatuh lagi, hingga memerlukan bantuan karunia pelepasan.

karunia pelepasan adalah bekerja dengan instan, jadi pelepasan itu diperlukan ketika kita benar2 sudah tidak mampu hingga meleset dari timing table ya Tuhan berkaitan dengan rencana Tuhan dalam hidup kita.

GBU

Hehehe, saya sewaktu baru bertobat, ikut persekutuan2 dimanapun, terus di suruh pelepasan beberapa kali, karena tidak mengerti dan takut , baru lepas dari kuasa gelap, jadi ikut saja , dimana saja, dan beberapa kali.

Setelah belajar dari reform, barulah terbuka pikiran kita, dan merasa malu juga.

Mereka yang merasa memerlukan pelepasan, biasanya yang belum mengerti tentang karya keselamatan yang di kerjakan oleh Allah Tritunggal di Alkitab.

Berarti Sis awalnya menerima Kristus setelah hasil dari doa pelepasan…dan kemudian dari kalangan Reform menganggap bahwa tidak perlu lagi ada doa pelepasan ketika kita menerima Kristus dengan sendirinya kita dilepaskan. Begitukan maksudnya? Mengapa dalam (Matius 8:28-32) Tuhan Yesus sendiri masih menghadapi dua orang yang kerasukan setan ini masih memerlukan pengusiran agar roh jahat ini keluar dari kedua orang itu? “Jika Engkau mengusir kami, suruhlah kami pindah ke dalam kawanan babi itu,”…Jikalau Yesus adalah Tuhan itu sendir memerlukan peperangan roh,mengapa dalam Reform…tidak diajarannya peperangan roh….sudah secara otomatis roh itu bisa keluar, apa bisa demikian Sis?.

Ya kebanyakan saya melihat… katanya menerima TUHAN YESUS namun tingkah laku tidak ada perubahan (masih berbohong, melecehkan, merendahkan, menyakiti orang)… apakah yang seperti itu benar2 disebut menerima TUHAN YESUS…???

1 Like

Doa pelepasan diperlukan untuk seseorang yang percaya namun masih terikat janji dengan kuasa kegelapan, belajar ilmu hitam, menanam/menyimpan jimat ditubuh, kasus lain masih terikat dendam, kepahitan dll, GBU!

loyd, … dari dulu kalangan calvin tidak mengenal pelepasan. Jadi tidak heran , anda di cekoki ajaran demikian.

sadarkah anda pada waktu Tuhan YESUS mengusir setan, penebusan Tuhan YESUS belum di genapi, setan masih berkuasa, sedangkan setelah penggenapan Tuhan YESUS di kayu salib, kuasa setan sudah di lucuti.

Dan anda sadar ngak dulu saya jalani doa pelepasan karena tidak mengerti, dan setelah belajar Firman Tuhan, baru sadar, doa pelepasan tidak perlu, karena bukankah melalui lahir baru status kita telah KUDUS.

Tuhan telah menggenapi seluruh karya keselamatan dengan sempurna.

Jadi bukan karana doa pelepasan saya di lepaskan, tetapi pada saat saya bertobat , memohon ampun pada Tuhan, dan menerima Tuhan YESUS sebagai Juru selamat saya, disitu telah selesai seluruhnya.

Jadi saya tekankan sekali lagi, bukan karena doa pelepasan, saya tidak setuju.

karena kalau kita mengatakan karena doa pelepasan, berarti kita telah meremehkan penebusan Tuhan YESUS di kayu salib, karena manusia mampu mengkuduskan oleh doa pelepasan.

Padahal DARAH KRISTUS lah yang mengkuduskan kita sebagai anak Allah.

Tetapi kalau anda percaya bahwa anda dengan doa pelepasan, barulah setan dapat keluar dari diri anda, padahal sudah ada Alalh ROH KUDUS diam bersama kita, SILAKAN SAJA.

Ini hanya mengikuti apa yang di katakan Alkitab, Yeh 36 : 26, 27

tahukah anda, bahkan ayat yg jelas jelas tertulis dialkitab, dapat diputar balik oleh kalangan mereka ini

jadi jangan langsung percaya perkataan mereka.

Bro Loyd, tidak semua orang kemasukan roh jahat, jadi untuk apa doa pelepasan, hanya orang yang kemasukkan roh jahat yang harus di usir melalui pengusiran roh jahat, bukan pelepasan.

Atau mungkin istilah kalian saja yang tidak di mengerti oleh saya, doa pelepasan yang saya ketahui adalah tidak cukup hanya mengaku berdosa dan memohon pengampunan, tetapi harus ada pendeta yang mempunyai kuasa melepaskan orang yang bertobat.

Kalau demikian halnya, silakan saja , saya hanya memerlukan pertolongan Tuhan, mempertobatkan saya yang berdosa ini.

sadarkah anda pada waktu Tuhan YESUS mengusir setan, penebusan Tuhan YESUS belum di genapi, setan masih berkuasa, sedangkan setelah penggenapan Tuhan YESUS di kayu salib, kuasa setan sudah di lucuti.

Memang benar kuasa setan sudah dilucuti…Namun Didalam 1 Yohanes 5:19 juga mengatakan dunia berada di bawah kuasa si jahat. Dan janji Tuhan akan melemparkan Iblis ke dalam jurang maut, dan menutup jurang maut sebelum kedatangan untuk mendirkan kerajaan 1000 Tahun…Ini Lihata (Wahyu 20:3)…Berarti ketika kita belum menerima Yesus, iblis masih berkuasa atas setiap orang yang belum menerima-Nya…oleh karena itu diperlukan doa pelepasan, namun bagi mereka yang sudah dewasa rohani tidak diperlukan…hanya diperuntuk bagi mereka yang masih bermain-main dengan roh jahat…Jadi sangat diperlukan doa pelepasan bagi mereka yang terikat dengan kuasa-kuasa kedagingan, dunia dan Iblis…

Dan anda sadar ngak dulu saya jalani doa pelepasan karena tidak mengerti, dan setelah belajar Firman Tuhan, baru sadar, doa pelepasan tidak perlu, karena bukankah melalui lahir baru status kita telah KUDUS.

Ini setelah anda dilepas baru anda sadar…namun kalau tidak dilepas tidak ada seorangpun yang dapat melepaskan ikatan iblis….seperti ceritera dalam Matius 8:28-32 mereka memerlukan Tuhan Yesus untuk melepaskan ikatan iblis itu, sadar tidak sadar anda telah dilepaskan dengan cara doa pelepasan….
Apakah Sis tahu apa itu lahir baru…Kelahiran baru adalah suatu proses perjalanan rohani, jadi ketika sis didoakan pelepasan dari ikatan iblis baru sis mengalami terlepas dan merasakan kelegahan dalam bathin di mana seseorang mengalami perjalan hidupnya tidak menurut daging menjadi hidup menurut roh….

Tuhan telah menggenapi seluruh karya keselamatan dengan sempurna. Jadi bukan karna doa pelepasan saya di lepaskan, tetapi pada saat saya bertobat , memohon ampun pada Tuhan, dan menerima Tuhan YESUS sebagai Juru selamat saya, disitu telah selesai seluruhnya. Jadi saya teklan sekali lagi, bukan karena doa pelepasan, saya tidak setuju.

Sis boleh tidak setuju namun awal terjadi dari proses doa pelepasan…

karena kalau kita mengatakan karena doa pelepasan, berarti kita telah meremehkan penebusan Tuhan YESUS di kayu salib, karena manusia mampu mengkuduskan oleh doa pelepasan.

dimana ayatnya mengatakan kita meremehkan penebusan TUhan…Sedangkan Tuhan dalam pelayanan-Nya Dia melepaskan orang yang diikat Iblis dan mengusir setan-setan (luk.2:34) dan masuh banyak ayat yang lain…

Padahal DARAH KRISTUS lah yang mengkuduskan kita sebagai anak Allah. Tetapi kalau anda percaya bahwa anda dengan doa pelepasan, barulah setan dapat keluar dari diri anda, padahal sudah ada Alalh ROH KUDUS diam bersama kita, SILAKAN SAJA
.

Setiap orang yang masih terikat oleh kuasa gelap walapun ia sudah menerima Yesus, dia tidak dapat melepaskan dirinya dari ikatan rantai iblis itu, kecuali ada yang melepaskannyakarena roh yang sudah dilepaskan juga bisa kembali lagi kepada dia, hal itu bisa saja terjadi (Matius. 12:43-45a)

Ini hanya mengikuti apa yang di katakan Alkitab, Yeh 36 : 26, 27
Ayat ini Tuhan akan memberikan Roh –Nya kepada dia, oleh karena tidak lagi ada lagi keterikatan dengan kuasa kegelapan lagi….

Benar Sis…yang dimaksud dengan doa pelepasan beda dengan mengaku berdosa dan memohon pengampunan?
Doa pelepasan yang dimaksud adalah doa yang ditujukan untuk melepaskan seseorang dari kuasa kegelapan, kuasa dunia dan kuasa kedagingan…ada 3 kuasa yang selalu mengikat orang-orang tersebut…
biasa juga disebut peperangan roh…Amin…

Broo Loyd,
Doa pelepasan adalah doa yang yag ditujukan kepada TUhan untuk melepaskan seseorang dari cangkraman iblis.
Doa dan firman Tuhan adalah dua senjata yang paling berkuasa yang kita miliki dalam hidup ini…Kedua senjata ini menghubungkan kita dengan Tuhan dan Tuhan mengizinkan kuasa-Nya mengalir kepada kita dalam setiap situasi…