Apakah Yesus berhak memasukkan manusia ke surga ?

Mat 20:20-23 ibu anak2 zebedus serta anak2nya meminta kepada Yesus, agar kedua anaknya bisa duduk disebelah kanan dan kiri Yesus di surga. Jawab Yesus di mat 20:23 … tetapi hal duduk di sebelah kananku atau disebelah kiriku, aku tdk berhak memberikannya. Itu akan diberikan kepada orang2 bagi siapa Bapaku telah menyediakannya.

Mengapa Yesus sebagai Tuhan terkesan lemah ? Bahkan menentukan siapa yang boleh duduk disebelah kanan dan kirinya saja tidak bisa ? Kalaupun tetap dianggap Tuhan, Yesus kekuasaannya lebih kecil dari Bapa. Atau kekuasaannya sama, tetapi ada pembagian tugas, masalah duduk di surga Bapa yang menentukan ?

Bagaimana pengertian yang benar dari ayat tersebut ?

Terimakasih.

Utk mmahami pkataan itu, ada baiknya kita mmahami sbanyaknya konteks Alkitab serupa.

Mat 19:28
Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya pada waktu penciptaan kembali, apabila Anak Manusia bersemayam di takhta kemuliaan-Nya, kamu, yang telah mengikut Aku, akan duduk juga di atas dua belas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel.

Apakah Primadi non-Kristen?

Jd gini…
Pd dasarnya semua rasul (kecuali Yudas) telah ditetapkan tempatnya di samping kanan dan kiri Tuhan Yesus dalam KerajaanNya.

Kapan ditetapkannya?
Sebelum Yesus Kristus datang ke dunia,
Jd Allah telah menetapkan bhw para rasul itu akan bersemayam di tahkta utk menghakimi Israel.

Lalu Ibunya Yakobus dan Yohanes datang dan meminta supaya anak-anaknya mdapat tempat terhormat (yg memang pd dasarnya sudah dbrikan kpd mreka).

Motivasi mreka mminta itu adl utk adu kekuasaan diantara sesama rasul (pd saat itu).

Jd Tuhan Yesus menghentikan motif ksombongan itu dg memadamkan permintaan ini.

Caranya adalah dg mngatakan bhw posisi itu telah ditentukan sebelumnya, jd tidak bisa diperebutkan.

Maksud dari ‘tidak berhak’ adalah Tuhan Yesus tidak akan mengubah apa yg telah Allah putuskan, yaitu apa yg Bapa, Firman dan Roh Allah putuskan.

Ibarat kata,
Seorang Ketua DPR tidak akan mbatalkan kputusan Sidang DPR.

“kamu, yang telah mengikut Aku, akan duduk juga di atas dua belas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel.”

Apakah yang dihakimi hanya 12 suku israel ? untuk non israel siapa yang menghakimi ? Apakah yang mengikuti Yesus pada saat itu 12 orang (Mat 19:28), sehingga masing2 mendapat satu kursi ?

Terimakasih.

Disebutkan menghakimi 12 suku Israel, bukan berarti yang lain tidak dihakimi.
Kalau gw berkata : “Gw melihat mas primadi di kampus”, tidak bermakna mas pribadi adalah satu-satunya orang yang saya lihat di kampus.

GBU

Iman Kristen mengajarkan bahwa saat Dia Turun Kedunia ada beberapa bagian Kuasa Ke Ilahian-Nya ditanggalkan , a.l :

  1. Hakiki ke Maha Kudus an-Nya
  2. Hakiki ke Maha Tahu an-Nya
  3. Hakiki ke Maha Kuasa an-Nya

Bahkan saat setelah melekatkan kembali Telinga seorang Pengawal Bait Allah yg ditebas oleh Petrus … maka SAAT itu Yesus dalam Kondisi manusia se UTUHnya tanpa ada satupun Unsur Ke Ilahian-Nya (mujizat2Nya). Hal ini sudah Ketentuan Bapa bahwa Kristus (manusia Suci yg diurapi itu) harus menjadi manusia terpilih yg dijadikan terdakwa Pengganti bagi " Upah Dosa itu MAUT" di kayu Salib ! Menjadi KUTUK karena menanggung semua Dosa Orang2 Percaya yg akan ditebus-Nya !
Perhatikan ayat ini Bro …
Ibrani 2 :
9 Tetapi Dia (Yesus), yang untuk waktu yang singkat dibuat sedikit lebih rendah dari pada malaikat-malaikat, yaitu Yesus, kita lihat, yang oleh karena penderitaan maut (di Kayu Salib), dimahkotai dengan kemuliaan dan hormat, supaya oleh kasih karunia Allah Ia (Yesus) mengalami maut bagi semua manusia (Orang2 Percaya).
Bukan hanya lebih rendah dari Bapa dalam Status Anak, bahkan lebih rendah dari malaikat2 … yg achirnya malahan diperintahkan utk menyembah dan melayani Anak !

Ibrani 1:
3 Ia adalah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah dan menopang segala yang ada dengan firman-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah Ia selesai mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan Yang Mahabesar, di tempat yang tinggi,
4 jauh lebih tinggi dari pada malaikat-malaikat, sama seperti nama yang dikaruniakan kepada-Nya jauh lebih indah dari pada nama mereka.
6 Dan ketika Ia membawa pula Anak-Nya yang sulung ke dunia, Ia berkata: “Semua malaikat Allah harus menyembah Dia.

Bersambung …

Rasul Paulus , sbg satu2nya Rasul yg mendapatkan Revelation Knowledge (Pengetahuan Injil secara pe WAHYU an kepenuhan Roh Kudus) dibanding Rasul2 lainnya yg mendapatkan secara Fisik/Jasmani oleh 5 Indra mereka , banyak hal2 rohani yg mereka tidak bisa simpulkan.
Dalam Kitab Para rasul ada 10 Khotbah , dimana 5 Khotbah oleh Petrus dan 5 Khotbah lagi oleh Rasul Paulus !
Galatia 1 :
1 Dari Paulus, seorang rasul, bukan karena manusia, juga bukan oleh seorang manusia, melainkan oleh Yesus Kristus dan Allah, Bapa, yang telah membangkitkan Dia dari antara orang mati,
11 Sebab aku menegaskan kepadamu, saudara-saudaraku, bahwa Injil yang kuberitakan itu bukanlah injil manusia.
12 Karena aku bukan menerimanya dari manusia, dan bukan manusia yang mengajarkannya kepadaku, tetapi aku menerimanya oleh penyataan Yesus Kristus.
Rasul Paulus memberikan Pengajaran apa dampak bagi Orang2 Percaya setelah menerima Penebusan oleh Kristus Yesus.
Paulus mengajarkan 7 Aku … yg akan dirasakan dan diterima dari karya Salib Kristus

Kata Rasul Paulus : In Christ, in Jesus, In Whom
What You have is Mine anda What I have is Yours
With Christ is Identification = DISAMAKAN

1.Aku telah di SALIB kan bersama Kristus :
Galatia 2 :
19 Sebab aku telah mati oleh hukum Taurat untuk hukum Taurat, supaya aku hidup untuk Allah. Aku telah disalibkan dengan Kristus;
20 namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.
2 Korintus 5 :
17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.
Roma 6 :
6 Karena kita tahu, bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa.
7 Sebab siapa yang telah mati, ia telah bebas dari dosa.
A. Aku mau BERUBAH
B. Tidak mau jadi Hamba Dosa lagi
C. Aku mau menyalibkan manusia lamaku bersama Kristus
Manusia BARU didalam Kristus :
Artinya adalah Kematian Jasmani dari Dosa, Kutuk dan Penyakit

2.Aku telah mati bersama dengan Kristus :
a.Mati Rohani, terputus dengan Allah
b.Mati Jasmani (disalibkan) dari Tubuh Terkutuk warisan Adam
c.Turun kedalam Penjara Maut

Yohanes 19 : 30 Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: “Sudah selesai.” Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya.
2 Korintus 5 : 1 Karena kami tahu, bahwa jika kemah tempat kediaman kita di bumi ini dibongkar, Allah telah menyediakan suatu tempat kediaman di sorga bagi kita, suatu tempat kediaman yang kekal, yang tidak dibuat oleh tangan manusia. Kemah = Tubuh
1 Petrus 2 : 24 Ia sendiri telah memikul dosa kita di dalam tubuh-Nya di kayu salib, supaya kita, yang telah mati terhadap dosa, hidup untuk kebenaran. Oleh bilur-bilur-Nya kamu telah sembuh.
Roma 6 : 8 Jadi jika kita telah mati dengan Kristus, kita percaya, bahwa kita akan hidup juga dengan Dia.

Sambungan …
3.Aku telah dikuburkan bersama dengan Kristus
Roma 6 : 4 Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.
Kolose 2 : 12 karena dengan Dia kamu dikuburkan dalam baptisan, dan di dalam Dia kamu turut dibangkitkan juga oleh kepercayaanmu kepada kerja kuasa Allah, yang telah membangkitkan Dia dari orang mati.
Bapa sendiri yg mencambuk dan meremukkan Dia
Yesaya 53 : 10 a. 10 Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah,……
Mazmur 88 :
5 (88-6) Aku harus tinggal di antara orang-orang mati, seperti orang-orang yang mati dibunuh, terbaring dalam kubur, yang tidak Kauingat lagi, sebab mereka terputus dari kuasa-Mu.
6 (88-7) Telah Kautaruh aku dalam liang kubur yang paling bawah, dalam kegelapan, dalam tempat yang dalam.
7 (88-8) Aku tertekan oleh panas murka-Mu, dan segala pecahan ombak-Mu Kautindihkan kepadaku. Sela
8 (88-9) Telah Kaujauhkan kenalan-kenalanku dari padaku, telah Kaubuat aku menjadi kekejian bagi mereka. Aku tertahan dan tidak dapat keluar;
9 (88-10) mataku merana karena sengsara. Aku telah berseru kepada-Mu, ya TUHAN, sepanjang hari, telah mengulurkan tanganku kepada-Mu.
10 (88-11) Apakah Kaulakukan keajaiban bagi orang-orang mati? Masakan arwah bangkit untuk bersyukur kepada-Mu? Sela

4.Aku telah dihidupkan bersama dengan Kristus.
Kolose 2 : 13
Efesus 2:5
Ibrani 1:5
KPR 13 : 33
Mazmur 2 : 7 Kuper anak kan …. Lahir Baru, Hidup Rohani
KPR 16 : 31
Bilangan 23: 19 Janji Tuhan
Kolose 1: 18 … The First Born from the Death (Yg Sulung)
Roma 8 : 29 …. CONFORMED … dibuat SAMA seperti Kristus
Roma 10 : 9-19 JUBAH “RIGHTEOUS”
KEBENARAN : adalah kemampuan untuk berdiri dihadapan Bapa tanpa merasa BERSALAH seperti belum pernah melakukan Dosa apapun juga !
1 Yoh 1 : 9 Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

5.Aku didalam Kristus telah mengalahkan Iblis .
Kolose 2: 15
Ibrani 2:14
Adam memberikan Kuasa dari Allah kepasda Iblis saat ia mengikuti Iblis makan Buah Terlarang.
Wahyu 1: 17-18
Efesus 2 : 16 Dalam Nama Yesus, semua Orang Percaya mampu mengusir Iblis. Jangan BENCI pada Pendosanya , melainkan Tolong Orangnya !

6.Aku telah dibangkitkan bersama Kristus.
KPR 2 : 31
Efesus 2: 6

7.Aku telah di DUDUK kan bersama Kristus .
“Made us sit Together” disebelah Kanan Bapa !
Yesaya 54 : 13 & 17
Efesus 1 : 3
Kolose 3 : 3 Yg bisa melihat kita hanya Bapa !
Matius 26: 18 - Lukas 10: 13
KPR 2: 34-35 IDEM Ibrani 1: 3
Ibrani 10 : 13 -- Efesus 1 : 20-23
2 Timotius 2 : 11-12
Roma 5 : 17
Filipi 3 : 4-11

Silahkan dibuka semua ayat2 diatas yg menopang 7 Aku itu … Bro ! :coolsmiley: :happy0062:

12 rasul mhakimi 12 suku Israel.
Yg bukan Israel akan dihakimi sendiri oleh Tuhan Yesus.

Apakah Yesus berhak memasukkan manusia ke surga ?

BAGI YANG PERCAYA KEPADANYA :

DIA ADALAH JALAN MENUJU KE RUMAH BAPA DI SORGA. TANPA MELALUI YESUS TIDAK SEORANGPUN BISA SAMPAI KE RUMAH BAPA.

Yoh 14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

inilah jaminan dari TUHAN YESUS KRISTUS, tidak ada seorang manusiapun yang dapat memberikan jaminan untuk keselamatan kekal.

Apakah Yesus berhak memasukkan manusia ke surga ?
Yesus sdh melakukannya ketika dikayu salib.

Lukas 23:43
Kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.”

Apakah SURGA = FIRDAUS ?

Jawabannya:

Jawabannya:
YA

Alasannya:
Luk 23:46 - Lalu Yesus berseru dengan suara nyaring: “Ya Bapa, ke dalam tangan-Mu Kuserahkan nyawa-Ku(*).” Dan sesudah berkata demikian Ia menyerahkan nyawa-Nya.

(*) versi KJV = spirit; versi bahasa Yunani = pneuma → Diterjemahkan Roh.
Dalam hal ini, pada saat kematiannya, Roh Yesus akan pergi ke tangan Bapa.
Dimanakan Bapa? Di surga. Jadi Yesus (Roh-Nya) setelah mati akan berada di surga. Juga penjahat di sebelah kanan-Nya bersama-sama dengan Dia.
Hal ini menguatkan jawaban dari pertanyaan pertama bahwa Yesus berhak memasukkan manusia ke surga.

Apakah makna… “Pada HARI INI juga engkau akan ber sama2 Aku di Firdaus !”
Padahal kita tahu bahwa saat Kebangkitan-Nya dan Maria Magdalena akan menyentuh kaki-Nya … Ia berkata :“Jangan kau sentuh Aku, karena Aku belum kembali kepada Bapa!”
Dan kita juga tahu yg namanya hari Kenaikan-Nya ke Sorga (yg disaksikan oleh banyak orang sampai2 sekitar 500 orang menyaksikan-Nya) terjadi setelah memakan waktu yg cukup lama … karena ada peristiwa2 :

  1. Muncul di Ruang Tertutup tanpa Rasul Thomas
  2. Idem dengan Rasul Thomas
  3. Muncul diperjalanan ke Emaus
  4. Muncul di Danau Galilea membakar Ikan di Pantai
  5. Baru saat di Bukit disaksikan banyak orang … tibalah saat-Nya naik ke Sorga …
    Jadi apa makna pada Hari Ini juga di Firdaus sedangkan Pengangkatan-Nya ke Sorga … bukan pada hari Kematian Jasmani-Nya di Golgota !
    Bagaimana anda menjelaskan PERBEDAAN hari itu ?
  6. Masih ingat Perkataan-Nya … “Bila Aku kembali kepada Bapa maka Aku akan meminta Roh Kudus datang dan mengajarkan kepadamu hal2 yg belum aku jelaskan se jelas2nya !”
    Tahu kapan Roh Kudus turun ? Itu adalah pada Hari Pentakosta … hari ke 50 setelah hari Roti tanpa ragi (Hari Paskahnya Orang Yahudi, Hari sesudah 1 hari Kematian Jasmani-Nya di Golgota !)).
Dimanakan Bapa? Di surga. Jadi Yesus (Roh-Nya) setelah mati akan berada di surga. Juga penjahat di sebelah kanan-Nya bersama-sama dengan Dia.
Silahkan dijelaskan soal [u][b]Hari Ini Juga[/b][/u] , Bro !
Hal ini menguatkan jawaban dari pertanyaan pertama bahwa Yesus berhak memasukkan manusia ke surga.
Malahan [b]Tulisan Rasul Petrus dan Injil Matius[/b] jauh lebih BERMAKNA soal [b]HAK dan Kuasa-Nya di Dunia dan di Sorga [/b]dalam memasukkan manusia ke Sorga....:

1 Petrus 3 :
18 Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh,
19 dan di dalam Roh itu juga Ia pergi memberitakan Injil (Berita Keselamatan- Berita Pembebasan dari Penjara Maut … lalu Bangkit ber sama2 dengan Kristus …) kepada roh-roh yang di dalam penjara,

Matius 27 :
50 Yesus berseru pula dengan suara nyaring lalu menyerahkan nyawa-Nya.
51 Dan lihatlah, tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah dan terjadilah gempa bumi, dan bukit-bukit batu terbelah,
52 dan kuburan-kuburan terbuka dan banyak orang kudus yang telah meninggal bangkit.
53 Dan sesudah kebangkitan Yesus, merekapun keluar dari kubur, lalu masuk ke kota kudus dan menampakkan diri kepada banyak orang

Hmmm… saya akan mencoba menjawab sesuai pengertian saya yahh. ^^

TUHAN YESUS adalah yang sulung… kita adalah yang kemudian… berarti kita harus mengikuti yang sulung… inilah pokok perhatian pertama…

TUHAN YESUS sebagai yang sulung… telah meniadakan segala kehendakNYA dan dengan kasih menjalankan segala kehendak BAPANYA… sehingga YESUS berada di dalam BAPA dan BAPA di dalam YESUS…jadi siapapun yang melihat dan menjalankan perintah TUHAN YESUS berarti telah melihat dan menjalankan perintah BAPA… ini pokok yang ke dua…

Untuk itu apapun yang dijalankan/dilakukan oleh TUHAN YESUS itu semua adalah kehendak BAPA… termasuk mengadili dan memasukkan manusia ke surga… itu adalah kehendak BAPA…

Kita sebagai manusia juga harus mengikuti apa yang TUHAN YESUS lakukan… yaitu… meniadakan kehendak diri sendiri dan melakukan semua kehendak TUHAN YESUS… sehingga kita bisa bersatu dengan TUHAN YESUS…dimana kita ada didalam DIA dan DIA di dalam kita… dengan demikian dalam menghakimi manusia di bumi juga harus sesuai kehendak BAPA… bukan kehendak diri kita sendiri…

Yang menjadi masalah adalah… sudahkah kita mengosongkan kehendak diri sendiri dan menggantikannya dengan kehendak TUHAN YESUS…???

Mengenai kekuasaann… bukankah sudah dituliskan bahwa “BAPA itu lebih besar dari pada AKU”?

Semoga bermanfaat…
TUHAN YESUS memberkati…

Bangsa non Israel akan dihakimi oleh pengikut Kristus dari bangsanya masing2. Misalnya, orang Indonesia akan dihakimi pengikut Kristus dari bangsa Indonesia. :slight_smile:

Hakim yg ditentukan Bapa cuma SATU … Buat Domba , beerlaku Penghakiman Kristus di Perjamuan Kawin Anak Domba dan Hakimnya adalah Mempelai Pria itu, yaitu Yesus.
Buat Kambing , Penghakiman mereka pada Pengadilan tahta Putih setelah KIAMAT cuma buat nentukan Kaplingnya di Neraka dimana !Dan Hakimnya juga SAMA yaitu Yesus !

Mohon disertakan ayat2 mana saja yang anda kutip? (maria magdalena, janji akan roh penghibur, dsb)
Makasih…

apakah ada ayat akitab yang mendukungnya ??

gimana caranya ?

apakah penghakiman ini kepada yang masih hidup atau kepada yang sudah meninggal ?

kapan penghakiman berlangsung ??

dimana penghakiman tersebut ??

apakah ada ayat yang mendukung ??

kenapa kamu sangsi ??

Yoh 14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.