apakah Yesus dibangkitkan secara fisik?

Dalam 1 Kor 15:42-50
Paulus membicarakan kebangkitan badani. Mengingat bahwa ia
telah bertemu dengan Yesus yang bangkit, saya kira
penggambarannya tentang kebangkitan kepada orang Korintus
dipengaruhi oleh pengalamannya mengenai kebangkitan Yesus.
Ia berpendapat tubuh yang bangkit akan bersifat rohani,
bukannya psychikos yang oleh banyak orang diterjemahkan
menjadi fisik. Entah terjemahan itu baik atau tidak, yang
jelas tidak ada keraguan bahwa Paulus tetap berpendapat apa
yang ditaburkan dalam kubur akan dibangkitkan dengan sifat
yang sangat berlainan. Perubahan tubuh itu sangat besar,
sampai ia berani mengatakan “daging dan darah tidak mendapat
bagian dalam Kerajaan Allah” (1 Kor 15:50). Paulus berpikir
tentang kebangkitan badani, namun perubahan yang dilukiskan
dengan kata-katanya seakan berarti memindahkan tubuh yang
bangkit dari dunia fisik ke dunia rohani. Sama halnya dengan
kisah-kisah dalam Injil. Sementara dengan jelas
menggambarkan penampakan Yesus yang bangkit sebagai
penampakan badani, namun mereka mengenakan sifat-sifat bukan
sifat dari badan fisik. Misalnya bisa masuk lewat pintu yang
tertutup; dengan begitu cepat bisa pindah dari satu tempat
ke tempat lain; muncul secara tiba-tiba dan lain-lain.

Ada satu kutipan Perjanjian Baru yang bagus sehubungan
dengan soal kebangkitan ini. Luk 24:41-42 mengisahkan Yesus
makan. Bisakah Yesus yang bangkit, makan? Menarik bahwa
sebelum ayat-ayat ini, Luk 24:39, berbicara soal daging dan
tulang Yesus yang bangkit, sementara Paulus menyatakan bahwa
tubuh yang bangkit itu bukanlah tubuh dari darah dan daging
tetapi tubuh rohani. Seandainya kedua pandangan itu boleh
dibedakan, mana pandangan yang benar? Paulus bertemu Yesus
yang bangkit, Lukas tidak. Untuk menekankan kejasmanian
Yesus yang bangkit, apakah Lukas mendramatisir materialitas
Yesus? Sebagaimana banyak ahli, saya lebih condong pada
pendapat Paulus. Kisah Luk yang sangat hidup itu memang
bermaksud untuk menekankan kejasmanian yang sungguh-sungguh.
Sejauh saya dapat mengerti, sifat-sifat badan yang bangkit
masih merupakan persoalan yang terbuka; dan rasanya itu
berlaku dalam ajaran Gereja Katolik. Karena saya beranggapan
bahwa Gereja telah mengajar dengan tanpa salah mengenai
kebangkitan, maka saya kira mengenai rincian khususnya serta
sifat-sifat Yesus yang bangkit maupun sifat fisiknya tak
perlu dibuktikan lagi. Karena itu saya menganjurkan agar
istilah ‘fisik’ dihindari dan menggunakan istilah ‘badani.’
Yang terakhir ini rasanya lebih sesuai dengan persoalan yang
sebenarnya.

Semua itu terjadi karena adanya desakan untuk mengungkapkan
dua faktor dalam kebangkitan, yaitu kontinuitas atau
kesinambungan dan transformasi atau perubahan. Yang
dimaksudkan dengan kesinambungan ialah bahwa tubuh Yesus
yang dikubur sungguh-sungguh telah dibangkitkan. Sedang
perubahan adalah bahwa tubuh yang bangkit itu hampir tidak
bisa dilukiskan, berbeda dengan tubuh fisik yang pernah
hidup di bumi ini. Karena itu kalau orang berbicara tentang
‘kebangkitan badan’ tidak bisa dianggap bahwa itu juga
mengandaikan pemahaman fisik, atau malah sesuatu yang bisa
disiarkan lewat televisi, sehingga umum dapat menikmatinya.
Dalam membicarakan hal kebangkitan badan Paulus sangat
halus; maka hendaknya kita juga demikian.

Markus 24: (30) Waktu Ia duduk makan dengan mereka, Ia mengambil roti, mengucap berkat, lalu memecah-mecahkannya dan memberikannya kepada mereka.

Markus 24: (39) Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku: Aku sendirilah ini; rabalah Aku dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada pada-Ku."

Yesus saat itu muncul yg mana kita tahu disitu dia telah disalib namun dia berkata bhwa dia masih mempunyai Daging dan tulang… mrk tdk nampak keanehan wujud Yesus (slps kebangkitan) melainkan sama spt wujud mrk juga…

waduh keduluan murtadin nih… padahal di otak udah rencana mao bikin thread senada :slight_smile:

Ya… yang mana yang benar ? :slight_smile:

Karena itu kalau orang berbicara tentang 'kebangkitan badan' tidak bisa dianggap bahwa itu juga mengandaikan pemahaman fisik,
apakah bisa memungkinkan istilah "tubuh" roh ?
atau malah sesuatu yang bisa disiarkan lewat televisi, sehingga umum dapat menikmatinya.
Kekristenan percaya literal : semua mata memandang kedatangan YESUS yang kedua loh. Satu satunya kemungkinan, ya lewat media - laaah... :)

salam.

saya ingin bertanya juga, sebelum kebangkitan yesus, ada kebangkitan2 manusia yg telah ‘dianggap’ mati secara fisik, baik di PL maupun di PB.

menurut kalian (kristen) apakah kebangkitannya sama ?

Bangkit dengan TUBUH yang SAMA, karena makan ikan goreng dan TUBUH-NYA disentuh dan diraba serta TUHAN YESUS sendiri menyatakan DIA bukan hantu yang tanpa tubuh :slight_smile:

apakah saat naik juga dgn tubuh yang sama ? (ikan gorengnya kebawa naek dooonkk… ;D)

Lalu nanti, turun dgn tubuh yang sama ? (tangan bolong, tubuh babak-belur ?) :char11:
(hiks… kesian yah… Yesus nggak sembuh sembuh)

makasi Yopi atas respondnya.

salam,

1:4 Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang* – demikian kata-Nya – /“telah kamu dengar dari pada-Ku.
1:5 Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus.”
1:6 Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: “Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?”
1:7 Jawab-Nya: “Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya.
1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”
1:9 Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka.
1:10 Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka,
1:11 dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga."

:smiley:

@Yopi,

atuh mah kalu ayat itu saya juga pernah baca…:slight_smile:

Pertanyaan saya maksudnya itu berkisar - apakah Kekristenan mengertikan literally ? atokah ada “analisa analisa” dalam mengertikan bahwa itu bukan literally ?

Karena kalo literally, maka maksud pertanyaan saya : “apa Kekristenan yakin pasti benar…, nanti saat YESUS turun - tangan Dia masih bolong ?” :slight_smile:

salam.

Gak ada, karena sudah ada penjelasan cukup jelas dalam Alkitab bro :slight_smile:

I Korintus 15:52 dalam sekejap mata, pada waktu bunyi nafiri yang terakhir. Sebab nafiri akan berbunyi dan orang-orang mati akan dibangkitkan dalam keadaan yang tidak dapat binasa dan kita semua akan diubah.

Bagi mereka yang masih hidup sewaktu Yesus datang kembali maka tubuh mereka tentunya mengalami pengubahan langsung menjadi tubuh rohaniah seperti tubuh kebangkitan Yesus.

I Korintus 15:44 Yang ditaburkan adalah tubuh alamiah, yang dibangkitkan adalah tubuh rohaniah. Jika ada tubuh alamiah, maka ada pula tubuh rohaniah.

Bagi mereka yang sudah mati sewaktu dibangkitkan akan diberikan tubuh rohaniah seperti tubuh kebangkitan Yesus.

Salam

Haiyaa…
Yesus dibangkitkan dalam bentuk fisik, dan naik ke Solga juga dalam bentuk fisik, dan begitu untuk selamanya.
Kalena Yesus yang menjadi manusia adalah betul-betul manusia sungguhan !

Tapi fisiknya bukan materi dari dunia melainkan tubuh rohaniah yang cocok untuk hidup di Surga.

Gimana anda bgtu pasti bhwa bukan fisik materi dr dunia?

Perihal ini sepertinya sudah ada sampai puluhan page di

===

Tambahan sedikit

Inkarnasi menyebabkan komposisi dari ALLAH TRITUNGGAL berbeda dari Sebelum Inkarnasi dan setelah Inkarnasi.

Karena Yesus tidak pernah ‘menaggalkan’ kemanusiaanNya.

===

Salam,

Betul cuuu… :afro:
Yesus ditetapkan menjadi imam Allah yang maha tinggi untuk selama-lamanya.
Itu altinya Yesus menjadi manusia yang mewakili umat manusia di hadapan Bapa untuk selama-lamanya.

Jika Yesus belhenti menjadi manusia, altinya Yesus belhenti menjadi imam. Dan itu tidak mungkin.
Itu sebabnya Yesus dibangkitkan dalam tubuh fisik kebangkitan manusia, dan akan tlus begitu sampai selama-lamanya juga cuu…

Alkitab mengatakan bahwa tubuh kebangkitan akan sama dengan tubuh Kristus yang bangkit dimana Ia bisa menembus dinding beton dan tiba tiba naik keangkasa dll.

Tubuh fisik materi tidak mungkin melakukan hal tsb diatas.

sebelum yesus dibangkitkan, ada beberapa kebangkitan yg terjadi, bahkan jauh sebelum yesus ada di bumi (menjadi manusia) kebangkitan sudah ada, dijaman yesus juga ada beberapa kebangkitan, termasuk Lazarus yg langsung dibangkitkan oleh yesus.

pertanyaan : apakah tubuh kebangkitan mereka sama dgn tubuh kebangkitan yesus ?

Beda dong cuu…
Meleka itu dibangkitkan untuk hidup kembali diBumi lalu mati lagi.
Tetapi Yesus adalah yang peltama mengalami kebangkitan daging yang tidak akan mati untuk selama-lamanya.

Lazarus dihidupkan kembali bukan dibangkitkan didalam tubuh rohani,Lazarus hidup kembali didalam tubuh materinya.

Kolose 1:18 Ialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Ialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Ia yang lebih utama dalam segala sesuatu.

1 Kor 15: 22 Karena sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus. 23 Tetapi tiap-tiap orang menurut urutannya: Kristus sebagai buah sulung; sesudah itu mereka yang menjadi milik-Nya pada waktu kedatangan-Nya
40 Ada tubuh sorgawi dan ada tubuh duniawi, tetapi kemuliaan tubuh sorgawi lain dari pada kemuliaan tubuh duniawi

Jadi yesus tidak dibangkitkan secara fisik ya ?

Btw kenapa mereka (spt Lazarus dll) dibangkitkan, kalau kemudian menjadi mati kembali ?