Apakah Yesus dibaptis selam?

Sebagian orang yang berpegang teguh baptisan selam mengatakan bahwa frase ‘keluar dari air’ didalam Matius 3:16 menunujukkan bahwa Yesus pasti dibaptis selam.

Tetapi orang yang berpegang teguh yang bukan baptisan selam menolak belum tentu frase ‘keluar dari air’ sebelumnya Yesus diselam!

Mana sih yang benar menurut alkitab?

Alkitab bicara spt ini tt Baptisan Yesus:
Matius 3:16 Sesudah dibaptis, Yesus segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,

Markus 1:10 Pada saat Ia keluar dari air, Ia melihat langit terkoyak, dan Roh seperti burung merpati turun ke atas-Nya.

Yang memiliki alasan baptisan selam berdasarkan mat 3:16, umumnya hanya dari kalangan “theolog” made in Indonesia saja. Itu gara-gara LAI sedikit meleset dalam menerjemahkan.

Sebenarnya, yang benar adalah begini:
Mat 3:16 And Jesus, when he was baptized, went up straightway out of the water: and, lo, the heavens were opened unto him, and he saw the Spirit of God descending like a dove, and lighting upon him:

Yang benar adalah : sesudah dibaptis, Yesus berjalan lurus menjauhi sungai. Jadi, kejadiannya bukan Yesus muncul dari dasar sungai yang dapat diartikan tadinya Yesus tenggelam. :slight_smile:

GBU

Baptized nya sendiri artinya diselamkan

907 bapti,zw baptizo {bap-tid’-zo}
Meaning: 1) to dip repeatedly, to immerse, to submerge (of vessels sunk) 2) to cleanse by dipping or submerging, to wash, to make clean with water, to wash one’s self, bathe 3) to overwhelm

  • Secara lexicon:
    Dalam Septuagint, Yaitu Alkitab Perjanjian Lama berbahasa Yunani, yang diterjemahkan abad ke-2 sebelum Masehi, embun yang turun rintik-rintik juga disebut sebagai “Baptis” (Daniel 4:33).

  • Secara lexicon (strong dictionary):
    G911 βάπτω baptō bap’-to
    A primary verb; to whelm, that is, cover wholly with a fluid; in the New Testament only in a qualified or specific sense, that is, (literally) to moisten (a part of one’s person), or (by implication) to stain (as with dye): - dip.

Melembabkan / membasahi hanya sebagian, atau ‘to stain’ (percik) adalah juga baptisan

  • Baptisan dalam arti ritual:
    Dalam Ibrani pasal 9, berbagai ritual purification dalam kemah suci, di mana caranya meliputi : celup, percik, siram air, disebut sebagai pelbagai macam Baptisan

  • Baptisan dalam arti ritual:
    Dalam Yoh 3:25 disebutkan bahwa baptisan adalah ritual penyucian = purification = pentahiran
    Baptisan bukan identik dengan ritual penyelaman.

GBU

Bahasa Inggris km kayak apa sih mengartikan kata itu?
went up straightway out of the water = segera keluar dari air
bukan berjalan lurus menjauhi sungai… jangan ditambah2i artinya klo ga ngerti dan jangan dipaksakan pengertian kamu itu.

Frasa “keluar dari air” bukan dalam arti habis menyelam, tapi “naik” dari tempat pembaptisan.

Mengenai baptisan “selam”, benar Yesus dibaptis dengan cara membenamkan seluruh tubuh dalam air. Memang di dalam Alkitab tidak secara spesifik diuraikan bagaimana prosedur baptisan itu, tetapi berdasarkan kajian historis kultural, upacara baptisan berakar dari upacara mikvah dalam Yudaisme yang dilakukan dengan cara membenamkan seluruh tubuh ke dalam air. Hanya saja perlu diketahui bahwa upacara baptisan selam yang asli bukanlah yang seperti dipraktikkan sebagian gereja aliran Protestan (Baptis, Pentakosta, Adventis, Karismatik, dll), yang membaptis dengan cara menenggelamkan kandidat baptis ke dalam air pada posisi terlentang. Yang asli adalah kandidat itu jongkok membenamkan diri masuk air atau menundukkan badan masuk terbenam ke dalam air.


Pandangan siapa??? Jangan suka menfitnah dan memulai provokasi.

Gereja yang membabtis dengan percik, bendera atau apapun juga mereka tahu Yesus itu babtis dicelupkan kedalam air, dan asal kata baptizo berasal dari kata bapto yang artinya dicelupkan. Baptis artinya dibersihkan, dicuci, seperti orang mencuci pakaian dicelupkan kesungai, tetapi kita tidak menerima perintah secara jasmani sehingga menuhankan sebuah prosesi keagamaan. Karena baptisan air itu hanyalah perlambang saja.

1 Petrus 3:21 Juga kamu sekarang diselamatkan oleh kiasannya, yaitu baptisan — maksudnya bukan untuk membersihkan kenajisan jasmani, melainkan untuk memohonkan hati nurani yang baik kepada Allah — oleh kebangkitan Yesus Kristus,

Baptisan bukan hanya dengan air, ada baptisan ROH KUDUS dan juga baptisan api. Lalu kata Paulus kepada mereka: “Kalau begitu dengan baptisan manakah kamu telah dibaptis?” Jawab mereka: “Dengan baptisan Yohanes.” selanjutnya dituliskan: Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam nama Tuhan Yesus. Dan ketika Paulus menumpangkan tangan di atas mereka, turunlah ROH KUDUS ke atas mereka, dan mulailah mereka berkata-kata dalam bahasa roh dan bernubuat.

Bagaimana caranya seorang dibabtis, biarlah masing-masing gereja memutuskan sendiri dan jika anda bukan penatua gereja atau seorang yang bertanggung jawab untuk urusan sinode atau lebih luas lagi dalam sebuah denominasi, sebaiknya anda jangan sok-sok mencampuri urusan gereja lain! Biarlah mereka yang dibabtis dengan percik, bendera atau bakan diguruh air terserah masing-masing. Penting bukan prosesinya tetapi iman, kita diselamatkan bukan karena melakukan sebuah perbuatan atau upacara, tetapi karena iman. Bahkan tanpa dibatis seperti pria disamping Yesus saat disalibkan, diselamatkan juga.

Mas tidak terbiasa dengan bahasa Inggris, hanya mengenal definisi water = zat kimia H2O :slight_smile:

Cambridge Advanced Learners Dictionary:

water memang salah satu artinya adalah:

  • a clear liquid, without colour or taste, which falls from the sky as rain and is necessary for animal and plant life

Tetapi, water juga punya arti lain :

  • the area of sea near to and belonging to a particular country
  • an area of water, such as the sea, a lake or a swimming pool

Contoh: Yeremia 17:8 ( King James dan BIS)

Jer 17:8 For he shall be as a tree planted by the waters, and that spreadeth out her roots by the river, and shall not see when heat cometh, but her leaf shall be green; and shall not be careful in the year of drought, neither shall cease from yielding fruit.

(8) Ia bagaikan pohon di tepi sungai yang mengalir; akarnya merambat sampai ke air. Ia tak takut musim kemarau, daun-daunnya selalu hijau. Sekalipun negeri dilanda kekeringan, ia tak gelisah sebab ia selalu menghasilkan buah.

Dalam bahasa Inggris kata water dan river saling menggantikan satu sama lain. Dan dalam terjemahan bahasa Indonesia saling menggantikan antara river dan water.

kembali kepada Mat 3:16

  • Dari konteks kita tahu bahwa Yesus berjalan lurus menjauhi : an area of water = sungai Yordan.
    Kata “Went = gone = go” artinya kegiatan berjalan berpindah tempat. Berpindah ke mana ? ya berjalan menanjak menjauhi sungai Yordan.
    Alkitab tidak mencatat bahwa : Jesus rise-up tetapi went=go.

  • Tentu saja ini tidak bisa diterjemahkan sebagai gerakan muncul dari dalam air (dalam arti sebelumnya tenggelam)

GBU

Back to bible please…
Baptisan dalam Perjanjian Lama, yang dilakukan oleh Musa, caranya bermacam-macam meliputi: percik, disiram air, celup. Ini bisa kita lihat dalam Ibrani pasal 9 yang me-refer pada ritual baptisan dalam kemah suci.

GBU

Pandangan ini tidak sepenuhnya benar. Sejujurnya tidak ada informasi bagaimana Yesus dibaptis. :slight_smile:

GBU

pantes saja kabur artinya…dan lebih parah lagi kamu kan tinggal copy paste aja…
menurut saya jelas atas apa yg dikatakan dan dijelaskan saudara Krispus itu… ya tinggal mau gimana terserah masing2 saja.

Emang menggunakan Perjanjian Baru apa salah?semua ayat yg telah disuguhkan itu berasal dari PB, trus km bilang malah back to bible…apa bible mu hanya PL saja? jangan suka mengaburkan…

Kan mas bilang begitu, karena kurang paham kosa kata bahasa Inggris, dan gw sudah berikan yang lebih luas berdasarkan referensi yang benar.

Justru apa yang dikatakan mas Krispus adalah ngarang-ngarang sendiri. :char11:
Cocoklah mas jadi sutradara, mas Krispus adalah pengarah gaya :smiley:

GBU

Di PB ada kisah baptisan ditenggelamkan ke dalam air ?
Kan kagak ada :slight_smile:

Coba ditampilkan di sini satu-satu, dan kita bahasa hingga ke bahasa yunaninya biar jelas :smiley:

GBU

Ya kalo ga mengerti jadinya begitu…mengatakan gada informasi yg jelas bagaimana Yesus dibabtis…wong jelas ayatnya ko dah gitu yg dibabtis (Yesus sendiri) juga disebutkan secara gamblang disitu, malahan km merujuk perjanjian lama yaitu yg telah dilakukan oleh Musa.

Ya memang saya perhatikan jawaban km ngaco semua…suka nambah2in…di topik apapun komentarmu begitu2 aja. Sesungguhnya km itu yg layak jadi sutradara, pengarah gaya bahkan pemainnya.

berarti km ga membaca dari awal sehingga km minta ditampilin lg satu2…cek…cek… makanya klo mau komen baca dulu jangan ujuk2 ngomen…

Bagaiman mungkin kata: berjalan lurus menjauhi water=an area of water=sungai Jordan diplintir menjadi : nyembul dari dasar sungai ?

Kalau protes terhadap baptisan yang dilakukan Musa, ya silahkan protes pada rasul Paulus yang mereferensikan ke situ pada Perjanjian Baru. Atau tulis surat ke International Bible Society agar ayat itu dihapus saja karena tidak sesuai dengan selera :smiley:

GBU

Kan mas ini yang baru masuk diskusi. Parahnya lagi gak tahu bahasa Inggris, dikasih tahu (menggunakan referensi yang benar) malah ngeyel.
Gw minta ditampilin satu-satu ayat yang membuktikan bahwa Yesus dibaptis selam karena mas bilang"semua ayat" . Padahal yang kita bahas baru satu ayat yaitu Mat 3:16 sehingga mungkin ada ayat lain, ya kalau ada coba tampilkan di sini dan dibahas.

Sepertinya, tidak siap menerima kenyataan :slight_smile:

GBU