Apakah Yesus lakislaki berambut panjang.

terserahlah

apakah YESUS adalah laki2 yang berambut panjangg ??

dijawab mahh bagus
pada korslet … nda uruss

@bandeng,

Saya tambah sedikit :

1 Kor 11: “14 Bukankah alam sendiri menyatakan kepadamu, bahwa adalah kehinaan bagi laki-laki, jika ia berambut panjang,”

Fakta :

Kaum Nasrani selalu melukiskan Yesus berambut panjang, entah itu dikalender ataupun disampul buku2 kristen maupun di lukisan dinding gereja2, saya tidak tahu kenapa mereka melukiskan pribadi yg mereka sembah sebagai Tuhan, tapi melukiskan pribadi itu secara demikian ?
Kelihatannya kontradiksi sekali dgn ayat dia atas.

Perhatikan yang saya bold. Kaum Nasrani tidak memiliki urusan dengan Yesus, apalagi menyembah Yesus sebagai Tuhan.

Kalau Anda mendapat informasi seperti itu, berarti Anda telah mendapat informasi yang salah. Salam.

Bro, saya sudah peringatkan, orang Kristen bukan orang Nasrani, di alkitab, hanya disebut satu kali, itupun berbau penghinaan…

Orang Yahudi sering menghubungkan nama pemberontak dengan desanya. Karena Yesus diuanggap pemberontak maka para pengikut Yesus disebut berdasarkan nama desanya. Jadi tidak heran para pengikut Yesus disebut Nasrani (bhs Arab) atau Nazariyyan sesuai dengan asal desa Yesus, Nazareth (bhs Arab: An-Nasirah).

Dalam bahasa Yunani, para pengikut Yesus dikenali sebagai Christianoi yakni secara literal bermaksud: “kristus-kristus kecil yang mengikut Kristus besar” atau singkatnya parapengikut Kristus.

Dalam bahasa Arab, para pengikut Yesus disebut Masehiyyah yg kata itu transliterasi dari kata Ibrani, Mashiyah dan Aram, Mashaha yang maksudnyasama dengan kata Kristus dalam bahasa Yunani, ‘yang diurapi’. Jadi para pengikut Yesus dikalangan bangsa Arab sebelum Islam disebut Masehiyyah dan tidak pernah Nasrani bahkan sampai sekarang tetap disebut dengan nama demikian!

Salam.

@ mod,

Saya sarankan, sementara kita senang mendapat banyak pertanyaan dari netter2 non Kristen, mohon kalu pertanyaan2 yg ngga bermutu apalagi bertujuan untuk mengolok2, jangan dicantumkan.

Ok, berarti kita tanyakan dulu maksud pertanyaan ini pada TS.

@bandeng:
apa tujuan Anda membuat pertanyaan seperti ini? Saya pikir ini tidak ada kaitan secara substansial dengan iman Kristen.

Salam

Apakah Yesus Kristus laki-laki berambut panjang?

Bisa iya, bisa tidak, tidak ada literatur apapun yang mencatat tentang hal ini.

Jika demikian mengapa digambarkan sebagai laki-laki berambut panjang?

Gambaran tentang Yesus Kristus sangat padat dengan muatan Theologis, artinya malah bersesuaian dengan 1Kor 11:14, yaitu mengingatkan umat yang memandang gambar tersebut bahwa Yesus Kristus telah memikul kehinaan dan kelemahan umatNya semasa hidupNya bahkan sampai di kayu salib.

Yes 53:2-5
2. Sebagai taruk ia tumbuh di hadapan TUHAN dan sebagai tunas dari tanah kering. Ia tidak tampan dan semaraknyapun tidak ada sehingga kita memandang dia, dan rupapun tidak, sehingga kita menginginkannya.
3. Ia dihina dan dihindari orang, seorang yang penuh kesengsaraan dan yang biasa menderita kesakitan; ia sangat dihina, sehingga orang menutup mukanya terhadap dia dan bagi kitapun dia tidak masuk hitungan.
4. Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya, padahal kita mengira dia kena tulah, dipukul dan ditindas Allah.
5. Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.

Hal ini dinyatakan oleh Yesus Kristus sendiri dalam Mat 8:17.
Demikianlah. :slight_smile:

Best Regard,
Daniel FS

Terimakasih atas infonya.

Utk menghindari salah faham, selanjutnya saya sebut kristiani atau kristen saja, ok.

Saya telah membaca ayat berikut, KPR 24 : “5 Telah nyata kepada kami, bahwa orang ini adalah penyakit sampar, seorang yang menimbulkan kekacauan di antara semua orang Yahudi di seluruh dunia yang beradab, dan bahwa ia adalah seorang tokoh dari sekte orang Nasrani.”
Jika dibaca secara keseluruhan, sebutan “nasrani” itu ditujukan pada Paulus sebagai tokoh dari sekte tsb, siapakah yg menyebut demikian, di ayat 1 telah dijelaskan.

Jawaban Paulus, ditulis di ayat : “14 Tetapi aku mengakui kepadamu, bahwa aku berbakti kepada Allah nenek moyang kami dengan menganut Jalan Tuhan, yaitu Jalan yang mereka sebut sekte. Aku percaya kepada segala sesuatu yang ada tertulis dalam hukum Taurat dan dalam kitab nabi-nabi”

Paulus menyebut Jalan Tuhan, tetapi musuhnya menyebut sekte orang Nasrani (mungkin yg mereka maksud adl Yesus yg dikenal sbg orb Nazareth), jadi kalau dijabarkan mungkin menjadi sekte Yesus (orang Nasrani).

Kembali ke topik, mengapa kristiani melukiskan Yesus berambut panjang (terdapat di poster2, kalender2, buku2, gereja2, patung2 dsb) padahal adalah “kehinaan bagi pria berambut panjang” ?

Menyimak komentar @Daniel FS,

Apakah yg dimaksud memang sengaja dilukiskan seperti itu, bahwa Yesus dilukiskan dgn kehinaan, kemudian dgn senag hati membawa kehinaan itu ke-mana2 (spt kalung salib) ?

Kenapa Yesus tidak digambarkan secara positif ? misalnya sebagai seorang yg sederhana tapi berwibawa, sebagai orang yg lembut tapi kuat dst.

Jika Alkitab adalah Injil dalam huruf, maka Ikon Yesus Kristus adalah Injil dalam gambar dan warna.

Gambaran Yesus Kristus dalam suatu gambar tidak hanya mengandung 1 makna Theologis, melainkan banyak sekali makna Theologisnya.

Misalnya warna jubah Yesus Kristus, merah dan biru, artinya adalah Yesus Kristus memiliki 2 Natur, yaitu manusia yang disiapkan untuk menebus dosa (merah-warna darah) dan Ilahi (biru-warna langit)

Demikian juga kewibawaan, kelembutan, ketegasan Yesus Kristus juga termaktub dalam gambaran mengenai DiriNya.

Maknanya bukan dengan senang hati membawa “kehinaan” itu, melainkan mengingatkan umat akan “kehinaan” yang sudah dijalani oleh Yesus Kristus sehingga umat dapat meneladaniNya dalam kesabaran dalam menanggung penderitaan dan penghinaan.

Yoh. 13:15
15. sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu.

Best Regard,
Daniel FS

Kalau begitu, apa yg digambarkan secara demikian tidak menunjukkan yg sebenarnya ya ?, dalam artian yg sebenarnya Yesus tidak berambut panjang.

Warna jubah yg Yesus gunakan juga, pasti berbeda dgn yg anda gambarkan, sebab saya blm menemukan di Alkitab, Yesus menggunakan jubah berwarna apa, kecuali sewaktu mau di eksekusi, Yesus dikenakan jubah berwarna ungu (warna symbol tertentu, ada juga yg menyebut warna janda atau merujuk pd harga diri ).

Sudah dijawab kan pada posting #6. Bisa ya bisa tidak. Tidak ada catatan literatur mengenai hal itu, lagipula kita tidak pernah tahu ukuran “panjang” yang dimaksud pada zaman itu seberapa? apakah sebahu sudah dianggap panjang? Ataukah sampai setengah punggung baru dianggap panjang?

Warna jubah yg YESUS gunakan juga, pasti berbeda dgn yg anda gambarkan, sebab saya blm menemukan di Alkitab, YESUS menggunakan jubah berwarna apa, kecuali sewaktu mau di eksekusi, YESUS dikenakan jubah berwarna ungu (warna symbol tertentu, ada juga yg menyebut warna janda atau merujuk pd harga diri ).

Memang, dalam gambar pun sering memakai warna yang berbeda-beda kan? beda warna beda arti Theologis, Ungu adalah warna Raja.

Best Regard,
Daniel FS

wahh … jadi topic baru thaa[quote author=Kahlil_Gibson link=topic=31647.msg340835#msg340835 date=1293073580]

buat mengetahui ciri2 yesus, khan sudah ada yang nanya … soal nama yesus, wajah yesus
yang kedua kenapa paulus ujug2 ngomong sprti dikorintus itu ( dasarnya= apakah itu kebanaran/ajaran atau bukan ),…

tapi kalo dianggap mengolok2 … saya mau pinjam kata2 yesus …
" karena dianggap anak allah, maka saya adalah allah " ( mohon ralat kalau salah )
… salam

jadi tidak ada yang bisa memastikan rambut yesus panjang atau pendek …??
waktu saat lahir shee jelas pendek , jika panjang bisa menggemparkan satu kampung
kita ngambil satu masa (episode ) saja …
pada saat disalib, seberapa panjangkah ( pendekkah ) rambut yesus …

Sudah dijawab kan pada posting #6. Bisa ya bisa tidak. Tidak ada catatan literatur mengenai hal itu, lagipula kita tidak pernah tahu ukuran “panjang” yang dimaksud pada zaman itu seberapa? apakah sebahu sudah dianggap panjang? Ataukah sampai setengah punggung baru dianggap panjang?

kalo belum ada yang bisa menjawab dengan pasti

1 Kor 11: “14 Bukankah [b]alam[/b] sendiri menyatakan kepadamu, bahwa adalah kehinaan bagi laki-laki, jika ia berambut panjang,”
kenapa hina kalo berambut panjang ? alam ( dunia/tradisi/adat ) yang mana, yang menetapkan bahwa rambut panjang adalah hina ...... seelahkan jangan lupa dalilnya ..........

namanya aja DUNIA MAYA, ya ga bakalan ngerti…
coba kalo kita bertemu…udah, dar-dar-dar deh
Semoga Allah memberimu petunjuk…

waduh masalah rambut aja dipermasalahkan… g jelas neh

ane aja gak pernah mempermasalahkan wajah nabi agama lain…
ya gak tuh

heh, asal kamu tahu aja MUHAAMMAD nabi akhir zaman itu jelas ciri2 fisiknya,bahkan di alkitab aja terang gitu,ciri2nya ada tonjolan di bagian leher blkng beliau yaitu spt buah anggur,di injil ada tuhhhh…dasar anjing PENDUSTA!!!

ayatnya mana mas

KOWE AGAMA OPO JANE??NEK ISLAM ALHAMDULILLAH, NEK KAFIR YO OJO TAKON AKU MAU SHALAT MAGHRIB DULU…

mantap… bahasa yg sopan yah … ;D

ciri orang yg alim dan saleh…

ibu tinah yg sedang hamil ngomong:…
" amit-amit anak gw nantinya bgitu…!" :onion-head27:

@ Tamboenz

Hayah… keduluan lagi …
Ini bahasa santun ala Medinah kayanya

Tapi ketika ditanya ama Sdr. Freetz, “ayatnya mana?” jawabnya :

KOWE AGAMA OPO JANE??NEK ISLAM ALHAMDULILLAH, NEK KAFIR YO OJO TAKON AKU MAU SHALAT MAGHRIB DULU....

@ SF

Udah mas, kalo mau sholat, sholat aja… ga usah maki-maki orang,
biar pahalanya nambah ta mas?