Apakah Yesus pernah mengalami perasaan putus asa ?

Apakah ada perasaan yang lebih berat daripada putus asa ? Saya rasa kesedihan, kehilangan, ditipu, dan kemarahan serasa tidak sebanding dengan seberapa destruktif nya rasa putus asa. Pernahkah anda mendengar ada banyak remaja yang bunuh diri karena putus cinta ? Saya rasa itu karena mereka sudah meletakkan seluruh harapan hidupnya kepada sang pacar, sehingga waktu sang pacar meninggalkan dia, dunia serasa lenyap, tidak ada lagi harapan, pingin aja cepet2x ke surga :D. Nah… apakah Yesus juga pernah mengalami rasa putus asa ini ? Saya penasaran apakah rasa ini datang ketika dia ditinggalkan Bapa waktu disalibkan ? Jika iya, kan enak dong Dia langsung meninggal waktu itu, turun ke neraka lalu menghadap Bapa. Lah kita kan masih panjang sisa hidupnya :slight_smile: Jika bukan waktu itu, kapan sekiranya Yesus pernah mengalami putus asa ? Terimakasih atas jawaban2x sebelumnya :slight_smile:

Ga da yang jawab ;(

Pengen buru2 aja dijawabnya…

Yesus pernah mengalami putus asa, keputus asaan itu sangat dalam, yaitu saat dia disalib.
“Eli2 lama sabakthani” itulah ungkapan ke-putus asa-an Yesus

Walaupun banyak yang tidak setuju dengan pendapat saya ini. karena meyakini Tuhan gak mungkin putus asa. padahal Yesus juga 100% manusia, dan putus asa bukanlah dosa, akan menjadi dosa jika putus asa itu diiringi dengan kehilangan kepercayaan, bunuh diri, dsb.

bagi saya Tuhan Yesus selama menjadi manusia pernah mengalami masa dimana Dia merasakan Putus Asa
yaitu dimana Dia saat berada di Taman Getsemani sebelum ditangkap untuk disalibkan

Dia bersujud berdoa kepada BapaNya betapa Dia mengalami suatu hal yg sangat berat yang akan menimpa Dia yaitu akan Disalibkan dan meninggal demi menebus dosa seluruh umat Manusia…Dosa yg sama sekali tidak pernah Dia Lakukan…

Sesaat itu Dia hampir memilih mengikuti KehendakNya sendiri utk berpaling,tetapi karena Dia Berdoa sampai beberapa kali utk menghilangkan Pikiran dan Perasaan yang Dia rasakan saat itu kepada BapaNya utk bisa menguatkan Dia menuruti Kehendak BapaNya yg Disurga.

Mat 26:39 Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: "Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.

Jika anda sebagai manusia merasakan apa yg dirasakan Yesus saya yakin anda tidak akan mampu merasakannya dan buru2 kabur atau bisa minta mati seketika, atau sesuai dengan cerita anda diatas

itulah bedanya kita manusia biasa dengan Dia.

Yup karena itu putus aja bukanlah dosa, namun jika kita menyerah kepada keputus asaan itu lalu mengambil tindakan yang salah (berdosa) seperti bunuh diri, mengusir anak (yang bandel hingga membuatnya putus asa), lari dari kenyataan, barulah berdosa, maka itu berarti kita tidak lolos dari percobaan.

Makanya jangan sekali2 minta dicobai Tuhan, karena percobaan Tuhan bisa sangat berat.
“janganlah masukan kami ke dalam percobaan, tetapi bebaskanlah kami dari yang jahat”

Apakah itu bukan perasaan sedih dan ketakutan yang mendalam ? Putus asa itu semacam hilang harapan, tidak bisa melihat masa depan.

Apakah pernyataan “Eli2 lama sabakthani” bukan sebagai pernyataan kesedihan yang mendalam ? Saya kurang mengerti juga si hehe…

Yesus tidak pernah putus asa, mengapa? karena saya yang manusia aja gak bakal putus asa, ketimbang Tuhan itu sendiri?

Kadang permasalahan yang terjadi dimana menyita semua emosi kita, bahwa semua dunia kita tertuju dan tergantung pada apa yang kita anggap penting tersebut yang membuat kita putus asa…

butuh waktu untuk recover, take it easy aja…
esok hari mungkin ada jawaban, sama sperti Yesus juga menekankan Kata: “harapan (hope)” sebagai panduan hidup kita.

Makasih bro… makasih makasih… Masa ga pernah putus asa ? :smiley: Tapi benar bahwa jika mata kita tertuju pada apa yang dianggap dunia penting kita akan mudah putus asa.

Rasa putus asa pastinya diawali perasaan sedih dan ketakutan yang mendalam bro…
coba klo anda putus asa pasti sedih dan takut toh…dan pikiran anda ga jernih yg menyebabkan semacam hilang harapan,hilang pedoman sehingga bisa membuat salah pilihan…
itulah putus asa…

bedanya Putus asa yg dialami Yesus berujung dengan tindakan yang benar yaitu berdoa dan memilih kehendak Bapanya…

apapun itu membuat kita mengikuti keputus asaan kita, tidak akan membuat semuanya lebih baik…

Hmmm…Pernah gak ya???wa juga bingung sebenernya hahahahah ;D ;D

Klo ane bilang pernah,ente belum tentu percaya,apalagi klo ane bilang gak pernah…ente pasti sudah punya jawaban untuk menyangkalnya…

jadio ambil Hal yang berbedanya ajadah…

Putus Asa_,setelah itu apa??
Hanyut dalam keputusasaan?
Atau bangkit dari keputusasaan??

Nah klo Yesus pernah putus asa,coba lihat apa yang dilakukannya??
Apakah dia hanyut dalam keputusasaan??
Atau bangkit dari keputusasaan…

Klo wa bilang sih,Yesus Justru malah lebih hebat lagi…Bukan Hanya Bangkit dari Keputusasaan,tapi juga Bangkit dari Kematian…

Yang Mana jelas Kematian lebih Suram dari keputusasaaan…

So Jika Yesus saja mampu bangkit dari keputusasaan,apakah kita juga bisa??
bisa,itu tergantung,niat,doa dan harapan…

Saat kita putus asa,sepahit2nya putus asa kita,coba resapi yang dialami yesus…Kira2 Kurang Pahit apa tuh kenyataan yg diterimanya??

Benar, terimakasih…

Tapi kayaknya keputus asaan lebih seram dari kematian bro, coba liat itu org putus asa kan lebih milih mati wakkakaka… Penjelasan lainnya okelah bro :afro:

Mat 27:46 Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: “Eli, Eli, lama sabakhtani?” Artinya: Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?

Bila anda merasa ditinggalkan Tuhan karena penderitaan anda, bukankan itu berarti anda putus asa? kalau bukan putus asa, mengapa Yesus meneriakkan kata2 itu? Renungkan itu…

Keputusasan bukan dosa, tetapi meyerah dalam nya, lalu melakukan hal2 yang melanggar perintah Tuhan adalah dosa.

Kalau menurut saya itu bukan putus asa tetapi kesedihan yang mendalam, sebab dia tahu Bahwa Allah tidak meninggalkan Dia selamanya, Dia hanya diemban tugas yang sangat berat, dan Dia tahu tujuan dari semua itu adalah suatu kemuliaan yang besar. Jadi menurut saya itu bukan putus asa, sebab putus asa itu tidak ada harapan akan masa depan yg lebih baik.

What putus asa lebih berat dari kematian???

Wah wah…kontroversi banget…

Ente lebih memilih Mana??
Mati atau putus asa??

Putus Asa ada Harapan bangkit,ada harapan solusinya dari permasalahannya…
Lah Mati…Harapannya apa lagi coba???solusinya apa???selain dikubur?dibakar.,ditenggelamin,atau diapain aja dah terserah tergantung keyakinan masing2…
Paling harapannya…ya semoga saat hari penghakiman…ane masuk surga…paling juga gitu…

lah klo ternyata tidak gimana??

Lagi pula Ujungnya kehidupan itu Ya kematian…BUkan Keputusasaan…hahahahahaha

Orang yg memilih mati hanya karena putus asa itu,Konyol,Dosa berat,Dan Alay banget!!!

Aduh aduh…keselek jadinya :ashamed0004:

Tapi kenyataannya gitu bro… Anda bilang “Putus Asa ada Harapan bangkit,ada harapan solusinya dari permasalahannya…” itu adalah perkataan orang yang tidak putus asa beneran.

“Ente lebih memilih Mana??
Mati atau putus asa??” Kalau saya putus asa saya lebih memilih mati yang pasti.

“Orang yg memilih mati hanya karena putus asa itu,Konyol,Dosa berat,Dan Alay banget!!!” Orang yg mencari perhatian dengan alasan putus asa lalu mau bunuh diri itu alay, tapi jangan tutup mata , banyak di dunia ini orang yang memang benar2x putus asa terutama jika mereka tidak mengenal Tuhan, bunuh diri karena putus asa sudah jadi fenomena baru dan bukan hal yg sepele melainkan hal yg serius. Dulu beberapa puluh tahun lalu prinsip bunuh diri itu orang yang pengecut, tapi kita tidak tahu sebesar apa kekuatan seseorang ketika mereka tidak punya Tuhan , kita juga tidak tahu bagaimana lingkungan mereka, keluarga mereka. Bersyukurlah kita jika kita dibesarkan oleh keluarga yang harmonis, terpenting lagi jika kita punya Allah dan kita sadar akan itu. Akhir jaman semakin banyak orang yg tersesat dan putus asa. Pernah baca berita di internet ga ? Ada cewe di Jepang atau Korea kalo ga salah, cantik, kaya, kurang apa ? Diputus sama pacarnya terjun dari apartemennya bro. Ortu nya sibuk kerja, jadi dia kayaknya ga dapat perhatian. Nah datanglah si cowo yg mungkin memebri dia perhatian dan harapan, eh… ujung2x kok diputus. Dia upload foto2x dia sebelum terjun dari apartemen nya di instagram. kalo kita pikir dari sudut pandang kita sendiri, cewe cakep kaya dia masa susah cari cowo pengganti ? Cantik dan kaya, semestinya byk cowo yg naksir kan ? tapi namanya org putus asa, tidak bisa melihat itu semua. Bunih diri karena putus asa adalah hal yg serius, fenomena baru di akhir jaman ini…
yah… begitulah… sedikit wejangan dari saya hahhahh XD , cuma kasi info aja bro… Agak melenceng dari topik ga ini ya ?

yah mungkin kita punya pandangan yg berbeda bro…tentang ini…so gk bisa dipaksain juga…hahahha…takutnya ente jadi putus asa entar…(kiding)

Khusus yang ane bold…ane sih gak terlalu sering baca artikel2 atau berita di internet…soalnya gk 100% benar…

sepertinya ente sudah pernah bangkit dari putus asa…soalnya pernyataan ente mencerminkan itu.

Soal dia cantik dan kaya…tapi kok susah cari cowok??

uda tau sebabnya lum??jangan mengukur dari faktor materi dan fisiknya duank dunk…

Buktinya orang yang tak punya tangan aja bisa menikah ,
Contohnya uda pernah hadir tuh di acara Hitam Putih…

Artinya apa??cowok2 yg mungkin ada rasa ama dia ILFIL dengan tingkahnya…atau bisa jadi hanya sekedar memanfaatkan hartanya aja…

Ya jelas dia gak mau dunk…makanya susah dapatnya…

Terus keganjilan selanjutnya adalah, Masak ada persiapan bunuh diri ampek di Upload ke media sosial gitu?

But yaitulah fakta2 dunia yang fana ini,selalu ada fenomenanya.

ini link nya… http://forum.kompas.com/teras/323244-gadis-cantik-bunuh-diri-dengan-step-step-di-instagram-karena-putus-cinta.html
http://www.kaskus.co.id/thread/5322a0a4148b46a1778b45a1/patah-hatigadis-cantik-ini-broadcast-di-instagramlalu-bunuh-dirigambar-dia-tewas/

Bersyukur karena saya kenal Tuhan, itu aja… dan mungkin byk org di sekeliling saya yg tanpa sadar sering mendoakan saya juga.

“Buktinya orang yang tak punya tangan aja bisa menikah ,
Contohnya uda pernah hadir tuh di acara Hitam Putih…” ah ga ada hubungannya ah omongan lama2x wkwkwk… ya itu kan karena dia ga putus asa, kan gitu pemikirannya. Semua kan berasal dari hati dan pikiran. jadi ga ngaruh org buntung kek org cakep kek org mukanya 2 kek, yg penting kan mmg semua berasal dari cara berpikir (dimana perasaan putus asa itu berasal).

Baiklah bro… makasih atas masukkannya… Saya paham yg anda maksud :slight_smile: yg penting tetap semangat ya, GBU ! :slight_smile: