Army of God, benarkah???

Sebuah gereja di Surabaya dengan pongahnya mendeklarasikan jemaatnya sebagai ARMY OF GOD!!! Sebenarnya apa arti sesungguhnya istilah itu? Army of God adalah Laskar Kristus! Pembela Yesus! Sekarang kita tidak usah bilang Akhir Zaman dimana orang2 Kristen nanti akan disiksa dan disesah, bahkan mungkin dibunuh pelan2. Kita bicara saat ini saja. Berapa banyak jemaat gereja ini yang lari terbirit2 waktu hujan turun di acara KKR mereka? Berapa banyak yang ogah disuruh penginjilan di daerah2 slump area/kumuh.
Kalau begitu layakkah mereka menempeli mobilnya dengan “Army of God” dengan bangganya? Kalau saya bilang, itu namanya manusia MUNAFIK!

@lion
Army of God. Menurut saya, ini masalah beranikah seseorang “menyatakan diri kepada dunia” atau tidak. Karena pada dasarnya semua jemaat Tuhan harus menjadi “army of God”, kalau tidak maka dia akan ditolak oleh Tuhan.
Apakah implikasi atau penerapan dan akhibat dari seseorang menjadi army of God?
Maka seseorang harus bisa melakukan ayat ini baru bisa dikatakan army of God:
Efesus 6

Dan perjuangan “army of God” adalah:
12 karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.

Jadi, saya kira apabila kita melihat secara negatif hal itu, saya kira kurang tepat. Mungkin mereka belum benar2 menjadi army of God, tetapi kemauan kesana dan semoga pernyataan itu direalisasikan dalam kehidupan, harus dilihat sebagai hal yang positif.
Memangnya adakah diantara kita manusia yang tidak munafik?? Semua kita sama bro. Kalau kita lihat kita menyatakan diri sebagai anak Tuhan saja, apakah kita tidak munafik? Karena kita tidak bisa seratus persen menggambarkan anak Tuhan bukan??

Jadi saya gak setuju kalau anda nyatakan sebagai kepongahan. Jaman ini jaman menunjukan diri kalau untuk kemuliaan Tuhan tujuannya maka apa salahnya? Saya gak melihat ada yang salah dengan itu. Malah sebagian orang “malu” menyatakan ini bukan karena “dia merasa berdosa”, tapi malu dikatakan “fanatik”. Nah anda pilih mana? Malu mengakui Yesus dihadapan manusia atau dikatakan pongah dan munafik untuk menunjukan kebaikan dan kemuliaan Tuhan??

mungkin gereja tersebut mendapatkan inspirasi dari Tuhan, sebaiknya jangan menghakimi dulu. ada jemaat yang ke gereja dengan macam2 motivasi, ada orang yang ke gereja karena niatnya benar, ada yang ke gereja karena ikut2an, ada yang ke gereja agar tidak diinjili (kadang diomeli) terus dan lain2. apapun niat mereka, puji Tuhan, firman Tuhan sudah mereka dengarkan, tinggal kita doakan agar mereka lebih baik lagi dalam Tuhan.

setujuuu! :afro:

Kalau dalam Yudaisme kelihatannya memang cocok pakai istilah “Army of God” : LASKAR ELOHIM; dan ini sesuai dengan kondisi Israel yang berperang dengan Filistin (Palestina-Hamas) dan menghadapi permusuhan dari bangsa-bangsa Arab, Irak (Babel) & Iran (Persia).

@endang
Saya kira kita semua harus menjadi “army of God”, kalau tidak, bagaimana kita akan melawan iblis dan semua tentaranya? Bagaimana kita bisa belajar terus taat? Bagaimana kita bisa berdoa?

Saya sangat terkejut ketika ada seorang kristen berpandangan bahwa kata “army of God” adalah sebuah bentuk extreemisme atau fundametalis garis keras, karena efesus 6 menjelaskan fungsi “army of God” demikian jelas dan vulgar, dari sisi manakah, hal ini bisa dihubungkan dengan hal hal tersebut maupun dengan “perang fisik antar manusia”?? Saya setitikpun gak melihat hal itu.
Lebih parah lagi kalau ada pemimpin yang mengarahkan “army of God” sebagai sebuah kekuatan para militer… Lebih gila dan lebih parah itu…
Tentan palestina dan israel, hal ini berhubungan dengan kehendak Tuhan termasuk atas akhir jaman. Jadi, kalau menurut saya, “army of God” harus memberikan dukungan atas apa yang terjadi disana, “dalam doa”. Karena kalau toh Tuhan menunjuk manusia untuk melakukan perang fisik disana, maka “biarlah apa yang baik dalam pandangan Tuhan terjadi dalam hidup kita”, bukan keinginan kita untuk melakukan pembelaan secara fisik.

Kayaknya gereja ini penganut paham ekstremis ke kanan2an. Jadi slogan mereka saya yakin diarahkan memang jadi “tentara” Allah dalam arti perjuangan secara fisik. Mereka bilang, ini untuk memperiapkan jemaat menghadapi masa2 Antikris. Wow, Antikris baru muncul aja udah ter-kencing2 lu!! Boro2 jadi tentara!

@lion
Hahahaha… Jangan katakan itu bro, yakub adalah penakut dan anak mama lho, yusuf adalah anak mama lho, daud itu bodynya kerempeng pada waktu dipanggil, petrus itu pemberani lho… Dst… Tapi begitu kehendak Tuhan dilaksanakan, mereka semua menjadi orang yang “terbalik” dari karakter sebelumnya…

Come on lah, apa yang anda anggap extreem kanan itu, adakah anda bisa membuktikan adanya “pelatihan para militer” digereja itu?? Latihan silat aja lah gak usah militer, ada gak??
Kalau gak ada maka anda tergolong orang yang mengedepankan “fanatisme denominasi” diatas kebenaran apa yang dinyatakan orang lain dong??
Jadi kalau misalkan saya saat ini mengatakan, “saya siap berperang dipihak Allah”, apakah saya adalah extreemis dan teroris atau fundamentalis atau calon teroris??? Hahahaha… Maaf, dengan pengetahuan alkitab sedalam anda, saya kira apa yang anda nyatakan itu adalah sebuah pernyataan yang sangat “terburu buru” dan boleh dikatakan sembrono dalam mengomentari pekerjaan yang ditujukan bagi kemuliaan nama Tuhan.

Kalau Yesus katakan “Aku datang bukan membawa damai tetapi membawa pedang”, apakah anda melihat dan bisa memberikan bukti bahwa Yesus adalah seorang “panglima perang fisik”??

Army of God itu sama atau beda dengan Salvation Army ?

Army of God itu acara KKR rutin pemuda (kalau tidak salah) salah satu gereja besar di surabaya. banyak jemaat gereja itu yang kaca mobil bagian belakang ditempel stiker “Army of God”, kalau lagi di Surabaya sering liat itu

gmn dengan salvation army??
sudah aja sejak dulu itu bro…
apa bro Lion of Judah I menganggap itu jg sbg munafik??

sy pikir army of god disini sekedar ekspresi semangat kita berjuang bagi Kristus
sy sendiri bukan anggota grj yg pake slogan army of god tsb, bahkan sy tdk tahu grj apa itu

Bro jonathan, anda belum pernah liat gimana pendetanya mengarahkan 90% jemaatnya yg muda2 (dibawah 25 thn) dalam “berjuang di jalur Kristus”. Mungkin, kalau diperbolehkan, anak2 muda itu juga didisiplinkan dengan paramiliter. Tapi pendetanya masiih takut2, jangan2 nanti dituduh mencetak ekstremis/teroris Kristen. Bisa2 ditutup tuh gereja.

Kalau mau ekstrem2an, seharusnya kita yg sudah diijamin keselamatannya oleh darah Kristus, kita bisa lebih berani mati dari muslim2 itu lho! Makanya, peristiwa akhir zaman nanti bakalan seru. Yang bener2 nggak takut sama Antikris akan bener2 mempertaruhkan nyawanya, tapi yg setengah2 pasti akan milih murtad.

@lion
Anda kira muslim yang mati itu karena mereka bener2 berani?? Tidak bro… Orang yang bener2 berani itu adalah orang2 yang benar2 sadar dengan apa yang dilakukannya dan bukan hasil “cuci otak” pihak tertentu… Kita lihatlah mereka2 itu, mereka berani karena didalam mereka sudah bercokol iblis yang menguasai mereka.

Sedangkan kita, kita mau cari dasar darimana untuk punya legalitas melakukan seperti mereka? Gak ada. Jadi gak ada alasan melakukan semua itu, maka keberanian dalam kristus bukan keberanian “bunuh diri” tetapi justru keberanian hidup dalam kondisi apapun. Jadi anda juga jangan salah, apakah kebieranian menghadapi antikris akan mmembuat kita nantinya jadi teroris karena melawan penguasa dunia yang antikris?? Saya tidak melihat itu, saya justru melihat, keberanian itu adalah keberanian -menjadi korban- oleh karena nama Yesus, bukan perlawanan fisik. Dan jangan salah, kita mendapat itu dari Tuhan, bukan keberanian kita sendiri… Tidak ada orang yang berani dalam hal ini, hanya Tuhan yang menguatkan saja. Tidak lebih. Jadi demikian pula “army of God”, mereka seharusnya dididik untuk hal ini, dan saya yakin itulah yang memang ditanamkan disana bukan yang lain. Kalau masalah “kefanatikan kepada Tuhan”, maka anda sebagai seorang protestan tentu tahu bahwa memang demikianlah protestan terbentuk bukan? Martin luther keluar dari katholik bukan untuk “kompromi” tapi untuk “fanatik”, fanatik terhadap Firman, fanatik terhadap Yesus, fanatik terhadap YHWH, tetapi tidak fanatik terhadap kemanusiaan dan agama. Jadi seharusnya anda melihat “army or God” dalam kacamata itu juga dong… Atau anda tidak fanatik Kristus dan Firman?? So, apakah anda melangkah menuju extreemisme teroris??

saya setuju dengan anda, mereka tidak tau apa yg mereka katakan…
hanya “faktor wow” dan ekslusifisme saja…

menjadi saksi kristus bukan semacam itu… berbuat seperti bunda teresa… itu saksi kristus yg sejati!
atau setidak2nya berbuat baik ditempat/lingkungan kecil kita saja… itu saksi kristus.

itulah murid kristus, ga perlu pake istilah “army”… lebay… malu2in saja…

Hahaha… Lebay! Betul betul betul… :afro:
Jadi prajurit Allah tapi kagak bisa nunjukin kasih Kristus! Percuma! :tongue:
Seorang prajurit di masa damai akan menunjukkan kasihnya. Contoh: kalau ada bencana alam, disamping tim SAR, siapa yg pertamakali diminta untuk bantu mereka? Tentara bukan? Tapi lihat, mana “pasukan Army of God” waktu beberapa bencana melanda Indonesia selama tahun 2011 ini?"
Jangankan nampakin batang hidungnya, nyumbangpun ogah2an!

Jadi ingat ‘Laskar Kristus’ yang ‘perang’ dengan ‘Laskar Jihad’ di Ambon dulu. Heeeeeeeeeh cape

Hahahaha… Saya kira masih lebih baik mereka daripada yang secara jelas melakukan kekerasan jasmani terhadap oranglain dengan mengatasnamakan nama Yesus. Ataupun mereka yang mengaku nama kristus didepan umum saja malu… mereka juga gak sempurna, tetapi at least mereka mencoba berani menyatakan nama Yesus dengan lantang. Saya tidak merasa ada yang perlu dimalukan dari apa yang mereka lakukan… Toh yang menkritik juga, untuk menunjukan kekristenannya saja sudah malu… Hahahaha… (Meskipun saya bukanlah bagian integral dari mereka, tetapi secara positif saya lebih menghargai mereka yang “berani menyatakan diri anak Tuhan”, meskipun mungkin masih munafik dari pada yang sama sekali malu dan dan bahkan berusaha bersembunyi dibalik wajah toleransi dan menghargai"… Hehehe

apa yang di liat Tuhan kan ga sama kaya apa yang di liat manusia…
lebay atau ga nya… bakal lari kencing2 atau ga nya pas antikris bener2 dateng tar juga kalo orang2nya sungguh2 Tuhan bakal kasih kesanggupan buat kita yang bersungguh-sungguh… :happy0025: :happy0025:

dari pada agan merhatiin yg kaya gitu, trus malah jadi bikin diri agan berani menilai sesama manusia… mending ga usah di liat-liat lagi gan…
liat Tuhan Yesusnya ajah… hohoho

yah… namanya juga berpendapat… berpendapat ttg cara melihat Tuhan Yesus gitu lho… :smiley:

Mending diarahkan seperti Jesuit/Opus Dei, lebih produktif untuk perkembangan dunia.

Penggunaan istilah “Army of God” sebenarnya seperti sensasi psikologis untuk memberikan makna hidup dan menampung semangat muda. Tetapi, lebih bagus lagi kalau semangat itu bukan sekedar dipuaskan di tengah kebaktian semata, melainkan di banyak kegiatan sosial.