Arti salam Maria dari umat Kristen Katholik dan Salam umat Kristen lainnya

Pandangan umum :
Umat Kristen lainnya juga mengakui salam dari malaikat kepada Maria di Lukas 1:28, 42 & kecuali Yak5:16 itu bukan salam doa melalui Maria melainkan saling mendoakan sesama jemaat !

Yak15:16
Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.

a.Kalau Pendeta atau Pastur mendoakan jemaatnya, tentu jemaatnya juga berdoa untuk pendetanya atau pasturnya jangan masing2 menyimpang dari kebenaran.

demikian juga pengertian :

b. Pendeta atau Pastur juga saling mengaku dosanya dengan jemaatnya dan jemaatnya juga saling mengaku dosanya dengan pendeta/pasturnya.

Maka alhasilnya luar biasa :

Gereja akan diberkati oleh Tuhan, itulah kuasa Tuhan amat besar untuk GerejaNya.

Tentang salam dan akibat ?
Roma16:
3 Sampaikan salam kepada Priskila dan Akwila, teman-teman sekerjaku dalam Kristus Yesus.
13. Salam kepada Rufus, orang pilihan dalam Tuhan, dan salam kepada ibunya, yang bagiku adalah juga ibu.
14. Salam kepada Asinkritus, Flegon, Hermes, Patrobas, Hermas dan saudara-saudara yang bersama-sama dengan mereka.
15. Salam kepada Filologus, dan Yulia, Nereus dan saudaranya perempuan, dan Olimpas, dan juga kepada segala orang kudus yang bersama-sama dengan mereka.

akibat salam dan saling mendoakan serta saling mengaku dosa diYak15:16b yang sangat besar kuasanya ! .

Roma16:20. Semoga Allah, sumber damai sejahtera, segera akan menghancurkan Iblis di bawah kakimu. Kasih karunia Yesus, Tuhan kita, menyertai kamu !

Ya lenyaplah kuasa iblis tidak bisa menghancurkan anak2 / jemaat2 / hamba2-Nya yang mau setia sampai achir hayat !

Yakni kesembuhan badaniah maupun Rohaniah !

Mat12:50 Sebab siapa pun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku.’’

Jadi Salam dari Malaikat kepada Maria sama derajatnya Salam Rasul kepada jemaatnya.

Ternyata Maria memuji Anaknya ( YESUS ) sebagai Juruselamatnya !

Lukas1:
46. Dan Maria berkata, “ Jiwaku mengagungkan YAHWEH,
47. dan rohku bersukaria karena Elohim ( Allah Anak ) Juruselamat-Maria.

Jangan Maria,
Apalagi, Daud-pun sebagai kakek-kakek-kekeknya Maria tentu YESUS sebagai cicit-cicit-cicitnya raja Daud yang mengaku YESUS sebagai Tuhannya ! :angel: :mad0261: :cheesy:

Benarkah pendapat member2 disini ?

Terimaaksih atas tanggapan anda yang tulus sesuai FT.

GJBU

Baik gelaskaca maupun tegasfirman, keduanya benar,

Mengapa Salam Maria mendapat tempat khusus di Gereja Katolik?

Karena ketika mendengar Salam Maria, Elisabeth pun dipenuhi oleh ROH KUDUS.

Didalam Alkitab (hanya Alkitab), ada beberapa peristiwa yang mengakibatkan seseorang dipenuhi oleh ROH KUDUS:

  1. Maria: Memberikan salam
  2. Tuhan Yesus: Menghembusi (Meniup)
  3. Petrus: Memberikan khotbah
  4. Para Rasul: Menumpangkan tangan

Pemahan tegasfirman maupun gelaskaca, sama-sama berdasarkan Alkitab, dan baik adanya :slight_smile:

Salam

Kalau begitu bukan 4 saja yg dipenuhi Roh Kudus melainkan banyak sekali dong dipenuhi Roh Kudus dan memang demikian kok FT :

Kira2 ada berapa ya ? ratusan atau ribuan ?

  1. KPR4:2 Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.

  2. KPR4:31 Dan ketika mereka sedang berdoa, goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan Roh Kudus, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani.

  3. Stefanus juga.

  4. dll, dll.

Kalau enai Salam, baik Maria disalami, Raja Daud disalami rakyatnya maupun jemaat2 disalami oleh Rasul-2 tentunya mereka yang disalami masih hidup nafasnya ! kalau mereka mati, bagaimana bisa disalaminya ? kalau dijawab olehnya, bagaimana kita yang hidup ? ya kita lari tunggang langgang !

semua pendapat anda benar, hanya satu yang tidak sepakat yaitu; kenapa jangan maria?

minta didoakan kepada pastur boleh, pendeta boleh, siapapun boleh, tapi asalkan jangan maria…
saya kira permasalahannya ada pada status maria… di protestan maria adalah orang mati, sedangkan di katolik, maria diyakini sebagai orang benar, dan orang kudus yang kini telah hidup disurga. sehingga tentu saja besar kuasa doanya…

Kenaapa jangan didoakan oleh maria ? mudah jawabnya, karena Maria sudah meninggal.

Kalau diperbolehkan, tentu umat Yesus akan berdoa selain Maria, juga boleh melalui Petrus, Paulus, Yohanes, Matius dll apalagi SANTO RAJA DAUD kakeknya Sang Maria yang berwibawa dan mengaku cicitnya sebagai TUHANnya ? wah entar patungnya berjejeran Sang SANTO-SANTO itu !

ya, itu poinya… tapi larangan di alkitab adalah meminta kepada orang mati…
Maria meninggal, kata meninggal dunia adalah lebih tepat.

ia bukan orang mati… ia hanya beralih dari dunia ini… ia hidup selamanya, karena ia orang beriman.

berdoa melalui santo-santa memang boleh, tidak cuma maria masbro… santo agustinus, doakanlah kami…
kalau di malam paskah ada litani para kudus, kami berdoa bersama banyaaak sekali santo santa… namun Maria memanglah yang terbesar diantara Manusia, diantara sesama hamba Allah… (jadi jangan bandingin dengan Tuhan)

kakek nenek buyut maria tidak pernah dipilih oleh Tuhan untuk melahirkanNya… jadi rahmat besar itu spesifik dan khusus bagi Maria saja.

Saya memakai kacamata minus untuk melihat jauh, bukan untuk membaca.
Saya memakai kacamata hitam (sunglass) saat mengemudi, bukan untuk di dalam ruangan.
Saya tidak memakai kacamata kuda, karena kacamata kuda hanya cocok untuk kuda.

:smiley:

Yang diberikan kemampuan ya 4, sebenarnya 3, karena YESUS itu TUHAN, tidak diberikan, tetapi memang ROH KUDUS adalah ROH-Nya

Kira2 ada berapa ya ? ratusan atau ribuan ?
  1. KPR4:2 Maka penuhlah mereka dengan ROH KUDUS, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.

Kis 2:4 Maka penuhlah mereka dengan ROH KUDUS, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya.
Kis 2:14 Maka bangkitlah Petrus berdiri dengan kesebelas rasul itu, dan dengan suara nyaring ia berkata kepada mereka: "Hai kamu orang Yahudi dan kamu semua yang tinggal di Yerusalem, ketahuilah dan camkanlah perkataanku ini.

Keduabelas Rasul sudah diberikan ROH KUDUS oleh TUHAN YESUS

2. KPR4:31 Dan ketika mereka sedang berdoa, goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan [b]mereka semua penuh dengan ROH KUDUS,[/b] lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani.
Kis 4:1 Ketika Petrus dan Yohanes sedang berbicara kepada orang banyak, mereka tiba-tiba didatangi imam-imam dan kepala pengawal Bait Allah serta orang-orang Saduki. Kis 4:4 Tetapi di antara orang yang mendengar ajaran itu banyak yang menjadi percaya, sehingga jumlah mereka menjadi kira-kira lima ribu orang laki-laki. Kis 4:21 Mereka semakin keras mengancam rasul-rasul itu, tetapi akhirnya melepaskan mereka juga, sebab sidang tidak melihat jalan untuk menghukum mereka karena takut akan orang banyak yang memuliakan nama Allah berhubung dengan apa yang telah terjadi. Kis 4:23 Sesudah dilepaskan pergilah Petrus dan Yohanes kepada teman-teman mereka, lalu mereka menceriterakan segala sesuatu yang dikatakan imam-imam kepala dan tua-tua kepada mereka. 31 Dan ketika mereka sedang berdoa, goyanglah tempat mereka berkumpul itu dan mereka semua penuh dengan ROH KUDUS, lalu mereka memberitakan firman Allah dengan berani.

Tetap aja itu keduabelas Rasul

3. Stefanus juga.
Kis 6:2-5 Berhubung dengan itu kedua belas rasul itu memanggil semua murid berkumpul dan berkata: "Kami tidak merasa puas, karena kami melalaikan Firman Allah untuk melayani meja. Karena itu, saudara-saudara, pilihlah tujuh orang dari antaramu, yang terkenal baik, dan yang penuh Roh dan hikmat, supaya kami mengangkat mereka untuk tugas itu, dan supaya kami sendiri dapat memusatkan pikiran dalam doa dan pelayanan Firman." Usul itu diterima baik oleh seluruh jemaat, lalu mereka memilih Stefanus, seorang yang penuh iman dan ROH KUDUS, dan Filipus, Prokhorus, Nikanor, Timon, Parmenas dan Nikolaus, seorang penganut agama Yahudi dari Antiokhia.

Para murid sudah mendapatkan ROH KUDUS melalui penumpangan tangan keduabelas Rasul

4. dll, dll.
Mau ngambil dari luar Alkitab?
[b]Kalau enai Salam[/b], baik Maria disalami, Raja Daud disalami rakyatnya maupun jemaat2 disalami oleh Rasul-2 tentunya mereka yang disalami masih hidup nafasnya ! kalau mereka mati, bagaimana bisa disalaminya ? [b]kalau dijawab olehnya[/b], bagaimana kita yang hidup ? ya kita lari tunggang langgang !
Alkitab hanya memberikan kesaksian bahwa peristiwa seseorang menerima ROH KUDUS ketika mendengar SALAM HANYALAH ketika Elisabeth mendengar SALAMnya MARIA!

Kamu mau ngambil dari luar Alkitab?

Bukankah diluar Alkitab sesat?

Solascriptura?

Giliran bicara Maria, mulailah Solascriptura dan sola-solaan dilupakan! :2funny:

langsung saja bro doanya ke bapa di surga di dalam Tuhan Yesus, jadi ga usah pake perantara, dijamin pasti sampai, tetapi klo berdoa kepada maria, sudah pasti tidak sampai. karena maria sudah mati. tidak ada ayat di alkitab yang mengatakan bahwa maria ada di surga sekarang. dari pada ga pasti, melalui Tuhan Yesus aja (yoh 3:16)

Luar biasa, ini sudah tahap lanjut lagi.
Jika manusia biasa yang penuh dosa, cukup percaya kepada Jesus sudha berani tepuk dada pasti selamat, sekarang justru berani berkata Maria tidak ada di surga sekarang ?

Hebat, Luther telah berhasil dengan misinya.

:afro: :afro: :afro:

maaf bro luther sendiri ngga ngajarin seperti itu… cuma luther memang jadi pemicunya dengan sola2nya yang ajaib itu… :smiley:

sudah edan protie2 picisan ini… semoga semakin bertumbuh dalam kualitas teologisnya para umat protestan… bukan cuma haleluya! dan koleksi sederet mitos katolik… :smiley:

Saya ‘kagum’ sekali dengan mereka, bro. Terlebih lagi pada para pendeta pencipta doktrin aneh aneh seperti itu. Sungguh nekad dan berani, menggiring umatnya yang lugu-lugu kearah antah berantah.

:afro: :afro:

hemmm… ketika semua orang berhak menjadi pengajar… ketika semua orang yang tanpa standarisasi boleh membuat doktrin, si doktrin yang kemudian diberi nick name atau nama udara: “Alkitab Berkata” :smiley:

miris, ketika umat kristen telah membahas dan mempelajari kristologi selama ribuan tahun… berkembang dengan hati-hatinya… tiba2 pengajar karbitan modal kursus kitabsuci 2 bulan, berani menyatakan ajaran yang sama sekali keluar dari patern… hanya karena kreatifitas bebas yang minim refrensi, ditambah lagi mental “over pede” dan bumbu2 diferensiasi yang spektakuler… luther pasti sedih di alam sana… :smiley:

bro…
ciyus elo ini beneran ngajar di kursusan theologi??

engga ngaca dulu bro…

kasian amat murid-murid elo…

gurunya aja model gini…
ngajar TK aja belum pantes bro…
ehehe…

Sekolah minggu, kaleee

:tongue:

“Houston, come in, this is Luther, mission is complete. Over and out!” :2funny:

lho…
emangnya Martin luther SUDAH PASTI ada di SURGA??
siapa yg bilang???

gimana verifikasinya?
siapa yg email-email-an dgn martin luther?

paling cuma menebak-nebak doang & menduga-duga bahwa kayanya kalo engga salah martin luther masuk sorga…
tapi kalo salah???
ya tauk deh… ehehe…

Kayaknya tidak ada yang mengatakan Martin Luther di sorga. Yang ada, di posting sebelumnya, mengatakan bahwa Luther di alam sana. itu belum tentu sorga, kan?