Asal Berbuat baik dan tidak merugikan orang lain

Kemarin saya bincang2 dengan teman. Tiba2 dia menanyakan, kenapa kita harus pusing2 memikirkan surga dan neraka, pahala dan dosa, beriman dan menjalankan ibadah, dll.
Dia bilang, asal kita berbuat baik dan tidak merugikan orang lain, bukankan itu sdh cukup?
Termasuk pergi ke panti pijat dan main perempuan, asalkan tdk merugikan orang lain, menurut dia tdk masalah.
Mohon pencerahannya bgmn menjawab pertanyaan yg spt ini.
Terimakasih

Itu kan menurut dia. Menurut Tuhan? Kalau dia tidak percaya Tuhan, pembicaraan akan melebar ke mana-mana tapinya.

itu menurut kacamata manusia, berbuat baik tidak menjamin anda masuk surga, semua agama itu baik trus apakah semua agama menjamin anda masuk surga ?

tidak ada satupun Tuhan dalam agama apapun yang menjamin anda masuk surga kecuali Si Empunya Surga itu sendiri, dan hanya Tuhan dalam kristen yang menjamin, dan mengaku bahwa Dia adalah Tuhan pencipta alam semesta.
itu fakta dan tidak ditemukan dalam agama lain.

Percaya dan ikut Yesus VS berbuat baik, mana yang akan masuk surga ?

GBU

Berpedomanlah kepada kedua hukum kasih yang jesus berikan itu sajalah.

GBU

Sebenarnya untuk meringkaskan pedoman dalam melakukan aktivitas dalam hidup ini bisa kita lakukan dengan memegang hubungan ini…

ALLAH = KASIH = segala sesuatu yang BAIK

Jadi Segala sesuatu yang BAIK itu berasal dari ALLAH… jika anda tidak mau memusingkan diri dengan berbagai doktrin yang sangat rumit… peganglah satu hal… berbuatlah segala sesuatu yang baik… nah yang menjadi masalah adalah berbuat segala sesuatu yang baik itu tidak hanya yang tidak merugikan orang lain atau melakukan perbuatan baik untuk orang lain… tapi dasar dari perbuatan baik itulah yang menjadi persoalan… dasarnya adalah KEBENARAN… dasar untuk berbuat baik adalah dari hati nurani anda… bukan dari kesombongan, atau perhitungan/menginginkan imbal balik atau hal2 lain yang bersifat ego… bila anda sudah memiliki belas kasih atau hati yang BENAR… maka apapun yang anda perbuat adalah kehendak TUHAN… karena di dalam hati nurani, di dalam belas kasih, di dalam KEBENARAN, di dalam segala sesuatu yang BAIK … disitu ada TUHAN… mulailah dari ini, maka TUHAN akan menunjukkan jalan…

terima kasih buat semua jawabannya, saya akan berusaha menjelaskan kpd teman saya tersebut. Kalau ada masukan lain, dengan senang hati saya terbuka utk mendengarkan dan merenungkannya. Mudah2an saya diberikan bijaksana utk bisa menerangkan hal ini.

Berbuat baik sampai berdarah darah kalo tanpa kasih…preeetttt itu namanya
Sedangkan kita tidak akan punya kasih kalo tidak kenal dan terima Yesus. Sebab Yesuslah Kasih Allah yang dinyatakan…Jadi berbuat kasih tanpa percaya Yesus???kasih darimana itu???

Maka dari itu terima Yesus —> Maka hati kita penuh Damai sejahtera dan sukacita ------>Dengan begitu kita merasakan kasih dan punya kasih ----------> barulah kita berbuat baik(ini ostomastis) --------> masuk surga ???so pasti lha wong pada saat kita penuh damai sejahtera itu saja sudah aroma surga :afro:

Bukan memandang rendah niatan anda, bro. Hanya saja patut anda renungkan bahwa orang seperti teman anda berpendapat begitu didasari dari penolakannya terhadap keberadaan YHWH dalam hidupnya. Apa yang diucapkannya itu hanya “gejala” seperti demam kalau anda infeksi. Berusaha mengatasi pendapatnya tanpa menyerang inti yang mendasarinya adalah sama seperti berusaha menurunkan demam anda tanpa mengobati infeksinya.

Coba anda cari tahu kenapa dia menolak keberadaan YHWH dalam hidupnya, dan anda bicarakan hal itu dengannya tanpa peduli “berbuat baik saja” cukup atau tidak.

mungkin yg perlu ditanyakan adalah apakah kita sebagai orang Kristen perlu berbuat baik(biarpun perbuatan baik tidak menjamin kita masuk surga nantinya)??bukankah Yesus memerintahkan kita untuk mengasihi sesama(inipun termasuk berbuat baik kan)??makanya ada juga diajarkan klo iman tanpa perbuatan adalah mati.lalu ada juga ayat2 ini di Alkitab

Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang [b]melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga[/b]. (Mat 7:21)

Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? (Mat 7:22)

Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!" (Mat 7:23)

"Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu. (Mat 7:24)

rasanya bahaya juga klo orang Kristen ogah berbuat baik terhadap sesama hanya krn merasa tanpa perbuatan baik pun keselamatannya sudah dijamin oleh Tuhan Yesus,bukannya nanti malah jd batu sandungan utk orang yg tidak beriman??mending mana

1.orang Kristen yg suka berbuat baik & berusaha menjauhkan diri dari dosa(biarpun kedua hal tsb tidak menjamin klo mati masuk surga),atau
2.orang Kristen yg ogah berbuat baik(cuek) atau malah berbuat jahat mulu(krn merasa keselamatannya sudah dijamin/pasti ditebus Tuhan Yesus biarpun dia berbuat dosa)

klo menurut ane sih mendingan yg pertama ya

Bro. kalau itu tidak perlu dipertanyakan lagi karena sudah jelas. Kalau kita mengaku diri sebagai Kristen, kita harus berbuat baik sebagai:

  1. “surat terbuka” bagi orang lain (yang belum menerima Yesus tentunya)
  2. “mengembalikan sebagian keciiiiiiillllllllll” dari kebaikan YHWH karena kita tidak mungkin membalas kebaikanNya secara langsung (jadi kita kembalikan dengan berbuat baik pada orang lain di sekitar kita).
  3. sesuai perintah agar kita mengasihi bukan saja orang yang mengasihi kita tapi juga musuh kita.

Maaf ya sob dari tulisan anda tersebut saya duga anda tidak bisa memberi jawab dan meyakinkan teman anda tsb mengenai Berita Kebenaran dan berita Sukacita dari Tuhan Yesus Kristus.
Ada tertulis : “Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi” (Kol 3:2), jelas bahwa yang dipikirkan teman anda itu adalah perkara2 duniawi, bukan perkara sorgawi. Perlu pemahaman yang lanjut tentang makna Kekristenan yang benar sehingga bisa menjawab pertanyaan sobat tersebut.
Salam…Gbu

Penyakit - Penyakit Akibat Seks Bebas

Macam2 penyakit kelamin diantaranya:
GONORRHEA & CHLAMYDIA

  • Pada pria, penyakit ini menyebabkan keluarnya cairan dari kemaluan pria.
  • Buang air kecil dapat terasa sakit. Gejala-gejala ini dapat terasa berat atau tidak terasa sama sekali.
  • Gejala-gejala gonorrhea pada wanita biasanya sangat ringan atau tidak terasa sama sekali, tetapi kalau tidak diobati penyakit ini dapat menjadi parah dan menyebabkan kemandulan.

HERPES

  • Disebabkan oleh virus, dapat diobati tetapi tidak dapat disembuhkan.
  • Virus menetap dalam tubuh dan dapat timbul lagi sesuatu saat, dan kadang-kadang sering.

INFEKSI JAMUR

  • Menyebabkan kegatalan berwarna merah di bawah kulit pria yang tidak disunat.
  • Pada wanita akan ke luar cairan putih kental yang menyebabkan rasa gatal.

SYPHILIS

  • Luka terlihat seperti lubang pada kulit dengan tepi yang lebih tinggi. Pada umumnya tidak terasa sakit.
  • Luka akan hilang setelah beberapa minggu, tetapi virus akan menetap pada tubuh dan penyakit dapat muncul berupa lecet-lecet pada seluruh tubuh Lecet-lecet ini akan hilang juga, dan virus akan menyerang bagiantubuh lain.

VAGINISTIS

  • Infeksi pada vagina yang biasanya menyebabkan keluarnya. cairan dari vagina yang berbau dan menimbulkan ketidak nyaman.

BISUL PADA ALAT KELAMIN

  • Dapat berakibat serius pada wanita karena dapat menyebabkan kanker cervix.
  • Bisul pada kelamin ini dapat disembuhkan, wanita harus menjalankan pap smear setiap kali berganti pasangan intim.

APAKAH INI YANG NAMANYA BERBUAT BAIK??

karena orang atheis tidak memiliki hukum agama maka yg jadi patokan adalah apakah perbuatannya merugikan orang lain atau tidak(bahkan orang atheis tidak kenal istilah dosa karena tidak bertuhan).sedangkan dlm ajaran Kristen jangankan main cewe,cuma memiliki pikiran kotor saja(biarpun tidak berbuat) sudah dianggap berzinah lho.

Mas River,
Ada benar-nya juga teman anda itu…
Surga, Neraka, Pahala, Dosa, beribadah, beriman dll… sebenarnya kan adalah Derivat dari Konsep Perbuatan BAIK (dan Perbuatan yg BENAR)
Simbol2 diatas memang diciptakan untuk MEMPERMUDAH Aksesibilitas Manusia untuk dapat mencapai Hakikat dari Konsep Perbuatan Baik itu tadi kan…

Yg poin kedua:
Main perempuan = tidak merugikan orang lain…
kalau yg ini saya gak setuju…
Pasti ada implikasi dari SEMUA TINDAKAN kita terhadap Orang lain, diri sendiri & lingkungan kita…

Misal: kalau udah berkeluarga & main perempuan:

  • Eksklusifitas hubungan 1 suami & 1 istri jadi memudar
  • harusnya dia juga membolehkan dong Istrinya / Pacarnya Main Laki-laki
    (& harusnya dia juga konsisten bahwa main laki juga sama Tidak Merugikan org lain juga)
  • Atau kalau dia punya anak Perempuan: harus konsisten juga:
    (Harus boleh kan kalau anak cewe-nya dijadikan mainan laki-laki lain… Kan tidak dirugikan kan? menurut dia?)

gitu lah kira-kira mas…
biar gak kepanjangan…ntar ngantuk…

Salam,