[ASK] bukti2 kuat yg bs kita gunakan ketika didebat?

Shalom, sebelumnya jika anda akan mereply thread saya menggunakan emosi atau fanatisme dan pikiran sempit, sebaiknya urungkan saja niat anda. Karena yang saya cari adalah orang yang berpikiran luas, bijaksana, kritis, dan berwawasan. So please leave out your emotion.

Begini. saya adalah wanita Kristen sejak kecil. Saat ini sy berusia 22 tahun. Mantan pacar saya adalah orang islam, dari dia saya banyak mendengar bantahan2 dia tentang iman Kristen. Dia berusaha mendebat saya (mungkin dgn tujuan agar sy mau pindah agama dan menikah dgnnya karena cinta kami sudah sangat larut sekali perasaannya). Sekarang kami sudah putus, namun rasa keingintahuan saya mengenai kebenaran dari debat-debat kami masih ada sampai sekarang. Menurut saya, memang Kristen tidak cukup kuat untuk didebat, terlalu ringkih. Harus ada penjelasan historis dan bukti-bukti yang kuat bukan sekedar pemutar-balikan cara penafsiran ayat saja.

Saya membuka pertanyaan ini utk dijawab siapa saja, namun sebenarnya saya lebih expect untuk dijawab oleh para teolog /pendeta/ peneliti teologi Kristen. Tapi siapa saja yang ingin berdiskusi, silahkan.Saya tidak tau tentang teologia, saya tidak pernah sekolah pendeta, dan keluarga saya tidak ada yang jadi pendeta, kemudian pendeta saya di gereja hanya bisa menjelaskan secara standart dan dengan nada bahasa fanatisme, Oleh karena itu saya tidak puas.

Ok jadi begini, saya cinta iman Kristen , Kristen sangat indah dan saya percaya dengan Ketuhanan Yesus namun bagaimana kita menggapi bantahan-bantahan berikut ini:

  1. Adanya argumentasi bahwa injil yang sekarang isinya tidak murni sebab menurut perkiraan para ahli sejarah, kitab Injil yang masih asli (belum diikuti campur tangan para pendeta), masih ada hingga 325 M. Setelah tahun 325 M, kitab ini mulai dinodai oleh Raja Konstantin Roma pada Persidangan Nicea .  Jadi Islam berpendapat injil terlah terkontaminasi politik pada jaman Raja Konstantin. Lalu bagaimana cara kita membuktikan bahwa Injil yang sekarang itu masih murni? Jujur2an, tdak sedikit orang Kristen yang terdiam ketika didebat seperti ini bukan? Bagaimana kita harus menjawab pertanyaan ini?

  2. Di dalam injil tertulis bahwa Yesus berdoa kepada Bapa beberapa kali Luk 23:46, (Yoh 10:29), dan Yesus juga mengajarkan Doa Bapa kami Matius 6:9-13 . Islam berkata :”kalau Yesus Tuhan, kenapa dia berdoa dan menyebut Bapa seolah2 bicara dengan orang lain, bukan dirinya sendiri”.  Jujur saya , argumen mereka Islam ini memang kuat kan?

  3. Jika Kristen membuktikan Ketuhanan Yesus dengan ayat (Yoh 10:30) “Aku dan Bapa adalah satu”, Islam bisa membantah begini “maksudnya itu adalah kesatuan hati, karena dia adalah nabi”.  jujur lagi, argumen ini memang sulit untuk dibantah kan?

Banyak poin debat yang sebenarnya saya ingin tanyakan namun dari semuanya, 3 poin di atas lah yang menurut saya paling “ringkih” alias rapuh untuk bisa dijawab. Kemudian Ttidak terbatas pada 3 poin itu saja ,jika anda mau menambahkan argumen-argumen atau bukti bukti apa yang kuat yang bisa digunakan ketika debat Islam vs Kristen, tolong ditulis dan dijelaskan…

Jesus bless u and me.

dari pertanyaan ke-2 dan ke-3 itu membuktikan mengenai trinity.

Pertanyaan-pertanyaan di atas sudah sering disampaikan dan banyak penjelasannya. Langsung saya beri referensi di tiap poin ya :slight_smile:

http://www.sarapanpagi.org/benarkah-konsili-nicea-untuk-menghancurkan-injil-yang-asli-vt991.html
http://www.sarapanpagi.org/konsili-nicea-vt990.html
http://www.sarapanpagi.org/gelar-tuhan-dari-keputusan-konsili-nicea-vt3161.html

http://www.sarapanpagi.org/45-argumen-allah-bukan-yesus-vt3297-20.html

http://www.sarapanpagi.org/aku-dan-bapa-adalah-satu-vt733.html

Ini ada ayat yang kuat, membuktikan bahwa Yesus adalah Allah

Semoga bermanfaat :slight_smile:

Salam

@nicenice: Untuk pertanyaan no 1 saya ada pertanyaan untuk kamu
Apakah Fiman Allah dalam agama Kristen?

Dear NiceNice,

saya tertarik dengan beberapa pertanyaan anda, dan saya akan coba menjawabnya. bukan untuk sebagai bahan aduan namun sebagai dasar pengetahuan buat anda saja.
memang benar, kebanyakan dari kita hanya menggunakan tafsiran semata, bahkan mengatakan bahwa tafisran itu melebihi dari bukti otentik yang ada.

NiceNice: “Adanya argumentasi bahwa injil yang sekarang isinya tidak murni sebab menurut perkiraan para ahli sejarah, kitab Injil yang masih asli (belum diikuti campur tangan para pendeta), masih ada hingga 325 M. Setelah tahun 325 M, kitab ini mulai dinodai oleh Raja Konstantin Roma pada Persidangan Nicea . à Jadi Islam berpendapat injil terlah terkontaminasi politik pada jaman Raja Konstantin. Lalu bagaimana cara kita membuktikan bahwa Injil yang sekarang itu masih murni? Jujur2an, tdak sedikit orang Kristen yang terdiam ketika didebat seperti ini bukan? Bagaimana kita harus menjawab pertanyaan ini?”

pada point ini kita harus menerima secara objektif, bagaimana kalau sista memberikan bukti otentik dari keterangan pertanyaan diatas?
ada dimanakah Injil yang asli?
saya bertanya-tanya, apakah Constantine pernah menyiksa orang Kristen pada masanya?, untuk menjawab hal ini kita perlu melihat beberapa sumber yang cukup: http://en.wikipedia.org/wiki/Constantine_the_Great#Early_life
dan http://www.newadvent.org/fathers/25023.htm
dan apakah benar bahwa Kitab Suci sudah terkontaminasi unsur politik?
tentu kita harus memikirkan bagaimana dengan Bapa-bapa Gereja yang hadir dalam konsili tersebut? ini yang menjadi dasar bahwa mereka adalah saksi hidup. lihat: http://id.wikipedia.org/wiki/Konsili_Nicea_I
untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas silahkan bekali diri anda dengan pengetahuan sejarah Kanonisasi Kitab Suci.
beberapa referensi:
http://katolisitas.org/7545/apakah-semua-kitab-suci-dilenyapkan-di-masa-kaisar-konstantin-lalu-diubah
http://katolisitas.org/3499/kebenaran-kitab-suci#comment-10358
http://katolisitas.org/737/perkenalan-dengan-kitab-suci-bagian-ke-2

NiceNice: "Di dalam injil tertulis bahwa Yesus berdoa kepada Bapa beberapa kali Luk 23:46, (Yoh 10:29), dan Yesus juga mengajarkan Doa Bapa kami Matius 6:9-13 . Islam berkata :”kalau Yesus Tuhan, kenapa dia berdoa dan menyebut Bapa seolah2 bicara dengan orang lain, bukan dirinya sendiri”. à Jujur saya , argumen mereka Islam ini memang kuat kan?
"

silahkan baca: http://katolisitas.org/2506/yesus-sungguh-allah-sungguh-manusia
disitu disertakan bukti dari Kitab Suci dan dari Bapa-bapa Gereja.

NiceNice: “Jika Kristen membuktikan Ketuhanan Yesus dengan ayat (Yoh 10:30) “Aku dan Bapa adalah satu”, Islam bisa membantah begini “maksudnya itu adalah kesatuan hati, karena dia adalah nabi”. à jujur lagi, argumen ini memang sulit untuk dibantah kan?”

Bagaimana dengan Pernyataan Rasul Tomas: "Tomas menjawab Dia:“Ya Tuhanku dan Allahku!”. Yoh 20:28
apakah ini suatu hanya suatu ekspresi kaget…?
kalau itu Ekspresi kaget dari Rasul Tomas, mengapa Tuhan Yesus tidak memarahi dia (Rasul Tomas)? padahal jika memang tidak, mengapa Tuhan Yesus menerima pernyataan itu!
tambahan silahkan baca:

semoga membantu,
Salam.

Saya rasa kok dijawab dengan santai aja sih mbak…

  1. ALKITAB dan SEMUA KITAB SUCI SEMUA AGAMA itu memang BUKAN DOKUMEN HISTORIS yang secara Arkeologis Akurat, melainkan adalah suatu GUIDANCE HIDUP MANUSIA.

  2. Oleh karenanya tidak ada relevansi-nya antara ke-akuratan Arkeologis Historis suatu Literatur Non-historis dengan Value yang dikandung-nya…

  3. SEMUA (saya ulangi… SEMUA) kitab suci itu TIDAK ADA YANG BISA DIBUKTIKAN ASLI secara ARKEOLOGIS…

gak usah jauh-jauh… dari 3 kelompok rumpun monoteisme abrahamik aja:

a. Yudaisme:

  • Emang bisa dibuktikan bahwa benar-benar JARI TUHAN yg menulis di dua loh batu? emang DNA sequence-nya Tuhan apa?
  • Emang bisa dibuktikan bahwa ADAM dan HAWA adalah benar-benar HOMO SAPIENS PERTAMA dan SATU-SATUNYA pada jaman itu? emang fosilnya dimana?

b. Kekristenan:

  • Emang bisa dibuktikan bahwa Maria itu dihamili oleh Tuhan?
  • Udah pernah di cek DNA Yusuf, Maria & di compare dgn DNA Yesus dari kain kafan (kalo bener itu kainnya Yesus)
  • Emang bisa dipastikan yang ASLI ALKITAB itu yg mana? dan apakah yang keluar dari tangan Markus, Matius dll itu PASTI 100% akurat scr historis? emangnya mereka Historian & sudah me-riset sebelum nulis-nulis di papirus? Emang yg nulis mereka sendiri? bukan juru tulisnya?

c. Keislaman:

  • Emang sudah bisa dibuktikan bahwa Alkuran itu ASLI? dari mana? Bukti Historis arkeologis-nya mana bahwa memang Tuhan menurunkan langsung pada saat nuzurul quran? udah ketemu fosil-nya?
  • Emang di alkuran yg paling asli sudah ditemukan sidik jari tuhan yg menurunkan itu?
  • Emang berapa saksi yg bisa diverifikasi yang ikut menyaksikan turunnya alkuran itu?
    atau jangan-jangan spt Musa juga, yg ngumpet 40 hari di sinai (&gak ada orang lain), tahu-tahu bilang ada batu yg ditulis oleh jari Tuhan?
  • bgm bisa memverifikasi ke-ASLI-an nya?

d. dan semua kitab suci agama apapun, pasti TIDAK VERIFIABLE dan memang TIDAK DIBUAT sebagai DOKUMEN HISTORIS, sehingga memastikan referensi-nya sudah sahih secara saintifik…

biasa aja ah…
namanya juga orang usaha… ehehe…
pasti kecap nomer satu ah…

Anda menganggap alkitab sama dengan kitab suci lain ?
Kitab suci bisa dibuktikan hanya oleh standar moralitas dan klaim penulisnya.
Alkitab adalah firman Allah juga harus dibuktikan :
1)Standar moralitas yg tinggi,
2)Klaim bahwa secara langsung atau tidak langsung tulisan-tulisan itu diilhamkan Allah (2 Timotius 3:16,2 Petrus 1:21,Ibrani 4:12)
3)Nubuat-nubuatan yg dipenuhi (Mikha 5:1;Mat 2:1-6;Yes 53:1-12;Mat 16:21,Mat 26:28,dan Mrk 14:24;Yesaya 53:7;Mat 27:14;Mrk 14:60-61 ;Yesaya 53:9 ;Mat 27:38-39 ;Bilangan 9:12 dan Mazmur 34:21;Yohanes 1:29 dan Yoh 19:32-37 )
Kesimpulan : Alkitab adalah firman Tuhan yang tertulis,tetapi kitab suci lain gagal memenuhi 3 kriteria khusus ini.

waduh mas…
seingat saya, TS membuka trhead krn dipertanyakan oleh oknum yg beragama lain, dalam rangka jualan agama-nya tsb…

nah, kalau anda menjawab dgn cara spt ini…
apa bedanya anda dengan orang beragama lain yang sedang berjualan agama-nya itu?

gak akan selesai atuh…
debat salesman vs salesman… kapan beresnya…
dua-duanya NGECAP dilawan NGECAP… ehehe…

Iya bermanfaat Mod, trims.

bagi saya sih mudah saja… untukmu agamamu untuku agamaku… ^^ sebab mau dijawab sebenarnnya juga percuma… karena mereka mengukur alkitab dari cara pandang kitab mereka… dan kitapun demikian… jika begitu debat apapun tidak akan pernah ada habisnya… ^^

Ada sebuah buku yang ditulis oleh Robert Morey yang berjudul “The Islamic Invasion”, disana dijelaskan tentang adanya tuduhan kaum pengikut Muhammad yang menuduh Alkitab yang kita miliki sekarang sebagai palsu.

Pada awalnya Muhammad bermaksud menarik simpati kaum Yahudi dan Nasrani dengan mengatakan bahwa Allah SWT yang disembahnya adalah sama dengan YHWH yang disembah orang Yahudi dan Nasrani. Namun kemudian, ternyata apa yang ditulis Alquran tentang Allah SWT berbeda dengan YHWH yang dituliskan Alkitab.
Jika Allah SWT itu adalah YHWH, maka seharusnya Alquran sejalan dengan Alkitab, namun kenyataanya Alquran tidak sejalan dengan Alkitab. Untuk mengatasi hal ini, tidak ada jalan lain selain menuduh bahwa Alkitab yang ada sekarang sudah dipalsukan (tanpa mampu membuktikan dimana yang asli).

Berdasarkan kronologi penulisan Alkitab, tidaklah mungkin Alkitab kita dipalsukan.
Alkitab kita ditulis selama kurang lebih 1800 tahun oleh puluhan penulis yang hidup berbeda jaman.
Pada jaman Tuhan Yesus hidup, telah terkumpul 3 kumpulan kitab (kitab Taurat, kitab para nabi, dan kitab syair) yang kita kenal sekarang menjadi satu kumpulan sebagai Perjanjian Lama. Tuhan Yesus selalu mengajar dengan menggunakan kitab-kitab tersebut.
Perkataan “ada tertulis” dalam kitab-kitab Injil (Matius, Markus, Lukas, Yohanes) adalah merujuk pada kitab-kitab Perjanjian Lama. Pada jaman itu telah ada ribuan salinan kitab yang terdapat pada setiap sinagoge dan juga di Bait Allah, sehingga jika bias dipalsukan bukan saja Tuhan Yesus sendiri yang telah tertipu, namun juga bagaimana caranya jika telah ada ribuan salinan ?

Perjanjian Baru ditulis setelah jaman Tuhan Yesus, karena itu isi Perjanjian Baru diuji oleh Perjanjian Lama. (Wahyu yang baru diuji oleh wahyu yang lama yang telah diyakini kebenarannya, bukan sebaliknya, kaum muslimin sering berargumen bahwa yang baru menyempurnakan yang lama. Adakah wahyu Tuhan perlu disempurnakan ?)

Demikian juga seharusnya Alquran yang hadir belakangan isinya seharusnya diuji olej Alkitab yang lebih dahulu ada, bukan sebaliknya.

point 2 dan 3 tidaklah sulit untuk menjawabnya jika kita mengerti konsep Trinitas.

Kl menurut yang saya tahu, pemimpin muslim (nabi Muhammad SAW) sempat mempelajari injil yang sesat sehingga ajarannya mirip dengan golongan bidaah yang tidak percaya bahwa Yesus adalah Allah. Jadi kl didebat oleh muslim ya pasti beda karena mereka dari ajaran Injil yg sesat. Sedangkan injil aslinya sudah dikumpulkan sejak tahun 200 masehi oleh murid para rasul seperti Polycarpus dll, sedangkan konsili nicea itu hanya memilih kitab2 yang diyakini ditulis dengan keterilhaman Roh kudus.

Mengenai sejarah ajaran Kristen, justru sangat kuat karena kurang lebih ada 15000 kitab yang menulis mengenai ajaran Kristen.

Maaf, jika anda mau berdebat dengan orang Muslim, anda2 gak bakal bisa menjawabnya ! kecuali anda mau sungguh membaca dan meneliti dengan serius dan bawa dalam dia, barulah anda dengan sangat mudah berdebat dengan mereka. Kalau tidak anda akan bungkam oleh mereka.

Tahu gak anda, sekarang mereka sangat mahir menggunakan kita suci kita untuk berdebat dengan kita ?

Belajar salah satu cara terbaik dari Rasul Paulus di Kis17:16-34 terutama ay22 (memuji), ay 23 ( menyelidiki mesbah = kitab zaman sekarang ) baru Rasul menemukan rahasia mereka sama kalau kita sungguh menyelidiki kitab mereka baru tahu apakah Alkitab Torat s/d Injil asli atau tidak dan siapa yg bertanggung jawab hilangnya Kitab torat s.d Injil, mereka akan bungkam ! ini pengalaman saya terhadap mereka.

Semoga berkenan bagi yg merindukan ber PI terhadap penganut agama tersebut. GBU.

To: NiceNice

Hindari debat. Jika ada orang yang mengajak anda debat tentang iman anda, sebenarnya ia sedang berusaha memperdaya anda.

1Korintus 2:4-5
Baik perkataanku maupun pemberitaanku tidak kusampaikan dengan kata-kata hikmat yang meyakinkan, tetapi dengan keyakinan akan kekuatan Roh, supaya iman kamu jangan bergantung pada hikmat manusia, tetapi pada kekuatan Allah.

Firman Tuhan diberikan kepada manusia untuk ditaati bukan untuk diperdebatkan. Demikian juga iman kita. Kita memiliki iman bukan karena kita telah mengerti atau karena semuanya telah jelas dan gamblang secara logis, matematis dan struktural. Tidak kita menerima iman karena anugrah bukan karena presentasi logika sebuah agama.

Markus 16:20
Merekapun pergilah memberitakan Injil ke segala penjuru, dan Tuhan turut bekerja dan meneguhkan firman itu dengan tanda-tanda yang menyertainya.

Kebenaran Allah dinyatakan bukan dengan hikmat manusia tetapi dengan tanda-tanda dan mujizat yang diadakanNya untuk meneguhkan sebuah kesaksian atau kebenaran Firman Tuhan. Sejak gereja lahir sampai hari ini mujizat selalu menyertai dan tanda-tanda kehadiranNya ada diantara kita. Karena itu disebutkan 1 Korintus 2:6-7 bahwa hikmat Allah tersebut tersembunyi. Artinya tidak semua orang akan memperoleh anugrah untuk mengerti dan percaya akan Kebenaran. Selanjutnya 1 Korintus 2:12-14 menjelaskan bahwa hanya mereka yang memiliki Roh Allah sajalah yang dapat memahami, orang dunia tidak akan pernah dapat paham walau kita telah berbusa-busa dalam menjelaskan iman kita.

Pada akhir kata, kita semua mengaminkan Matius 16:16-16, Maka jawab Simon Petrus: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!” Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.

Jadi hentikan perdebatan, anda benar-benar diperdayanya jika anda berfikir dapat melogikakan atau menjelaskan dengan hikmat manusia anugrah Allah yang sangat besar tersebut.

Tentang tiga pertanyaan anda. Itu bukan barang baru. Tetapi saya mau sampaikan hal yang menarik yang dapat anda renungkan tanpa menjadikan bahan perdebatan baru atau bahan sanggahan.

  1. Mengapa mereka menyebut dipalsukan? Karena didalam Alkitab tidak menjelaskan tentang Muhammad nabi mereka seperti yang ditulis kitab suci mereka.

  2. Mengapa Yesus sebagai Tuhan dan Anak Allah yang mereka perdebatkan? Karena keselamatan berpusat pada Yesus, dengan menolakNya sebagai Tuhan dan Kristus, kita telah melepas keselamatan kita walau status tetap beragama. Itu tujuan dari segala usaha debat dan argumen dalam membelokan anda dari keselamatan oleh iman didalam Kristus.

  3. Mengapa jaman Konstantine? Sebab pada masa itu surat-surat dikumpulkan dan dikanonisasi. Belajar dari keraguan dalam hati terkecil mereka, bahwa sejarah kitab suci mereka banyak diliputi kabut politik dan kepentingan penguasa. Dalam pelajaran islamologi secara jujur, sebenarnya Al Quran itu ada beberapa versi yang berbeda (bukan beda terjemahan bahasa atau dialek seperti Alkitab) dan ada kabut tebal yang menghubungkan sejarah keaslian kitab suci mereka dari masa-masa gelap politik kerajaan (khalifah) Islam sampai jaman Utsmaniyah di Turki. Quran tertua yang ada didunia saat ini dan yang dipakai adalah versi jaman Utsmaniyah Turki. Jika ada temuan lain dianggap palsu dan diklaim dilakukan oleh musuh. belum lagi tentang Hadist sangat berperan membentuk pola pikir dan tafsir islam bermunculan pada masa-masa perang untuk memberikan moralitas pada pasukan dan rakyat. Karena itu jangan heran semakin dipelajari semakin penuh emosi, kebencian, kemarahan, dan luapan hasrat untuk berperang. Siapa saja akan dianggap mereka musuh jika tidak sejalan atau tidak mendukungnya. Atmosfir ini tercipta pada jaman-jaman penuh kabut politik masa lampau. Sisa-sisa yang kita rasakan saat ini adalah konflik Sunni dan Syiah diseluruh dunia, bukan sekedar konflik aliran, tetapi peperangan berdarah.

Dari sanalah maka ide Alkitab dipalsukan jaman Konstantine terbentuk, seakan Islam telah ada pada masa itu dan Alkitab sengaja dipalsukan untuk menghambatnya. Seakan sama seperti mereka Alkitab dimanfaatkan untuk tujuan-tujuan politik dan perebutan kekuasaan.

Pada saat anda dituduh dan didebat, fokus anda hanya pada membela diri mempertahankan argumen, tetapi lengah atau lolos memperhatikan kekurangan dan kelemahan lawan. Seperti anda memiliki selumbar, tetapi sejatinya penuduh memiliki balik yang besar dimatanya. Seperti orang dicubit-cubit, kita berkelit menghindari cubitan, sambil berusaha memegang tangannya. Tetapi sebenarnya jika kita dorong ia jatuh dan berhenti mencubit. Anak kasar lebih memilih memukul wajahnya dari pada befokus untuk berkelit dari cubitan.

Hindari berdebat ?

orang yang suka melawan pada anda, lalu anda menghindar ?

Firman Tuhan tidak mengajarkan kita demikian, melainkan dengan tegas mengajarkan kita :
2Tim2:
24. sedangkan seorang hamba Tuhan tidak bisa bertengkar, tetapi harus ramah terhadap semua orang. Ia harus cakap mengajar, sabar

  1. dan dengan lemah lembut dapat menuntun orang yang suka melawan, sebab mungkin Tuhan memberikan kesempatan kepada mereka untuk bertobat dan memimpin mereka sehingga mereka mengenal kebenaran,

2Kor10:4
Senjata-senjata yang kami gunakan di dalam perjuangan kami bukannya senjata dunia ini, tetapi senjata-senjata Allah yang berkuasa. Dengan senjata-senjata itu :
a. kami menghancurkan pertahanan-pertahanan;
b. kami menangkis perdebatan-perdebatan
c. Mendobrak benteng-benteng kesombongan yang dibangun untuk menentang pengetahuan tentang Allah.
d. Kami menawan pikiran orang-orang dan membuat mereka takluk kepada Kristus.

Tulisan Robert Morey yang berjudul “The Islamic Invasion” dalam pandangan saya bukan referensi yang baik.
Tidak semua buku “anti Islam” yang kelihatannya “membela Kristen”, itu baik dibaca oleh orang2 Kristen.

Reff:
http://www.sarapanpagi.org/buku-the-islamic-invasion-vt1151.html

http://www.sarapanpagi.org/facts-about-robert-a-morey-vt958.html#p2752

Kalau pengen menjawab tuduhan-tuduhan “Alkitab dipalsukan”, bisa baca ulasan2nya di

http://www.sarapanpagi.org/alkitab-itu-palsu-korup-rekayasa-yg-asli-sdh-hilang-vt580.html

dan lihat juga artikel2 di: http://www.sarapanpagi.org/alkitab-itu-palsu-vf89.html
Ada banyak sekali ulasan2 disana (tanpa perlu membaca “referensi buruk dari Robert Morey”)

@SarapanPagi yg saya hormat dalam Tuhan Yesus,

Masalah debat dengan orang2 Muslim yg paling baik dan ramah adalah melalui kitab mereka dgn penjelasan & pertanyaaan :

a. Apakah Kitab Torat s/d Injil di zamannya nabi mereka asli atau palsu.
b. Kalau Torat s/d Injil palsu siapa yg bertanggung jawab atas hilangnya kitab tersebut ?
c. Bisakah mereka membuktikan nabinya adalah nabi ?

Dari ke 3 pertanyaan akan membuka takbir keseluruhannya, kalau tidak, sulit mendapatkan titik temu, ini saya sdh sering berdiskusi pada orang2 / hamba Tuhan yg sangat memiliki beban. Fakta achirnya mereka mengaku memang sulit utk yakinkan mereka dengan penjelasan2 tentang kitab kita asli dengan berbagai cara.

Salah satu masukan cara berPI dgn mereka, silahkan baca dan teliti di Kis17:22-23 dan mohon selidiki dengan cermat.

=============================================================

2Petr3:9b karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.

1Tim2:3 Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah, Juruselamat kita yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperolh pengetahuan akan kebenaran

Ini sekedar masukan tambahan pada anda. GBU.