[ASK] CANON PIXMA iP2770

Salam,

pacar saya baru beli printer CANON PIXMA iP2770
biar tinta nya lebih hemat biayanya baik nya menggunakan refill isi ulang yang suntik atau beli tinta non orisinil ya ?
klo dari segi kualitas print dan ketahanan printer nya bagus yg mana ya ?

  • saya kurang suka sistem infus, karena dari pengalaman jadi sering mengalami masalah printer nya

GBU

maksudnya tinta = cartridge ??

wac kurang tahu juga ya bro cakka…
yg bagus yang mana ya… :ashamed0004:

mungkin pake yg tinta orisinil kali yah…? :ashamed0004:

Saya gak pernah sama sekali tuc pake infus…
takutnya bocor… tintanya tumpah kemana2…

@oliver
ya benar :slight_smile:
kan ada yg non orisinil tinta sudah di dalam catridge nya
klo yg refill hanya isi tinta nya saja (cair) berupa suntik

thanks

Kalau untuk penggunaan mencetak teks, tinta suntik tertentu sudah cukup kualitasnya (memang ada merek2 yang hasilnya tidak bagus, mengembang). Nah kalau untuk cetak foto mungkin tidak semua tinta suntik yang memenuhi standar.

Perlu dipahami bahwa cartridge non original itu adalah hasil rekondisi cartridge yang diisi lagi tintanya (pengisian dengan alat vakum, sehingga tidak perlu melubangi cartridge), jadi tintanya pun bukan tinta ori.

Asalkan bisa menemukan tinta yang bagus, cara suntik sebenarnya sudah mencukupi kalau untuk keprluan umum seperti printing teks.

Masalah sebenarnya adalah pada cartridge, terutama cartridge warna, yang sering ngadat, salah satu/salah dua warna tidak keluar, walaupun dah dibersihkan dg cartridge cleaner pun gak bisa.

Kesimpulannya, untuk yang hitam, lebih ekonomis suntik sendiri, kalo yang untuk warna bolehlah beli cartridge rekondisi.

@oliver
thanks untuk bantuan dan penjelasan nya…

ada beberapa pertanyaan lagi :

  1. agar catridge bisa disuntik, harus beli catridge baru atau catridge yg sudah ada di modifikasi ? biayanya berkisar berapa ya ?

  2. cara menonaktifkan tinta warna bagaimana ya ?

  1. Menyuntik Cartridge bisa pada cartridge baru yang sudah habis tintanya, atau cartridge rekondisi. asalkan kondisi head masih bisa digunakan untuk printing.
    Ongkosnya sebatas beli tinta aja. harga rata-rata tinta untuk 100 ml 25 - 30 rb. (untuk gambaran, 1 kali suntik sekitar 6 ml)

merek menyesuaikan yang ada di toko, bisa dicoba mana yang paling bagus (biasanya lebih mahal lebih bagus :D)

  1. Cartridge warna yang salah satu warna atau lebih tidak keluar, supaya tidak ngeprint bisa disetting waktu ngeprint dengan 2 cara :

cara pertama : di printing preferences (Tab Main) print dengan setting Grayscale Printing. Maka yang keluar hanya tinta hitam. semua warna lain (merah dsb) akan diprint dengan warna hitam dengan tingkat ketebalan/ gradasi kehitaman sesuai gradasi warna ybs, misalnya warna biru muda tipis akan diprint mirip warna abu-abu, Warna merah menyala akan diprint mendekati hitam.

cara kedua : mendisable cartridge warna. di menu Printing Preferences (Tab Maintenance), Pilih Ink Cartridge Sttings, disitu pilih Black Only.

Note : Dipergunakan atau tidak KEDUA cartridge harus terpasang.

Paparan diatas menggunakan setting menu untuk Canon iP 1980, tetapi saya kira iP 2770 pengaturan menunya hampir sama.

@oliver
untuk menyuntik catridge baru yg sudah habis tinta nya apakah ada celah nya ya untuk menyuntikan tinta refill nya ? atau harus buat sendiri ?

thanks

buat sendiri … kertas label penutup cartridge kalau gesek ada cekungan dibawahnya … nah di tempat cekungan itulah dilubangi.

bisa pake jarum/paku thumb bawaan dari tinta (kalau tinta dataprint suntik ada disertakan paku) atau bisa dari besi kecil seukuran jarum suntik yang dipanasi dulu …

gambar bisa dilihat di :

http://www.docstoc.com/docs/28332580/Cara-Mengisi-Tinta-Catridge-Printer-Canon-IP

@oliver
thanks, saya cek dulu ke petunjuknya

GBU