[ask] gimana lepas dari dosa

gimana nih lepas dari dosa seksual khususnya manstrubasi?

mohon bantuannya ya…soalnya trus jatuh sama dosa ini terus menerus

Kalau diamputasi aja gimana :ashamed0004:

GBU

Berhentilah berkayal !!!

Manusia memiliki kemampuan untuk berimajinasi, mengkayalkan sesuatu, mulai dari kecil mengkayalkan menjadi sosok super hero, remaja mengkayalkan jadi idola atau jadi orang kaya atau kadang juga suka menjadi super hero. Pemuda dan dewasa kayalannya lain lagi.

Birahi seseorang dapat bangkit saat ia menerima rangsangan, bagi cowo rangsangan terjadi saat ia melihat (baik secara langsung, menciptakan sendiri visual didalam benaknya atau mengulang rekam memori visual yang pernah dilihat atau dibayangkan) sesuatu yang erotis sedangkan bagi cewe rangsangan terjadi saat ia mengambarkan situasi (lahir dari melihat, membaca, dan mendengar atau mengalami) dalam benaknya yang erotis. Saat rangsangan itu datang, maka akan membuat hormon meningkat yang merespon seluruh tubuh sehingga tidak dapat lagi dikuasai dan akhirnya jatuh dalam dosa.

Bagi sebagian orang, berdosa itu dianggapnya saat ia melakukan sesuatu perbuatan, tetapi Alkitab menyatakan bahwa dosa itu dimulai dari sebuah pikiran hati (Allah dapat membedakan pikiran dan pertimbangan, Ibrani 4:12).

Matius 5:28 (TB)
Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.

Karena itu jika rangsangan itu mulai datang didalam pikiran anda, jangan hati anda meresponnya dan menyatakan suka dan meneruskannya sehingga anda terjebak dalam birahi dan akhirnya masturbasi dan kelamaan akhirnya juga mencari wanita penjaja seks komersial atau mencari teman wanita yang bebas bergaul.

Tutup mata, telinga dan mulut anda dengan segala topik percabulan, dengan segala macam hal yang erotis, itu langkah awal yang baik. Selanjutnya berhentilah berkayal apapun itu kayalannya (tidak harus menjurus ke erostisme) sebab setiap saat akan berbelok sesuai dengan tipu daya Iblis.

Berikut ayat yang harus kamu ingat:

Amsal 22:3 (TB)
Kalau orang bijak melihat malapetaka, bersembunyilah ia, tetapi orang yang tak berpengalaman berjalan terus, lalu kena celaka.

Kalau sudah tahu hal itu akan membangkitkan birahi anda, maka menghindarlah, jauhilah, bersembunyilah dari semua yang membawa dampak dosa. Sebab kita masih hidup dalam daging dan lemah terhadap gejolak hawa nafsu, jadi lupakan anda bisa menjadi strongman yang dapat berdiri tegak ditengah badai cabul.

Nasihat Firman Tuhan, bukan kita dijanjijkan kebal dengan godaan dan hawa nafsu, tetapi kita diperintahkan untuk mematikannya, sehingga saat kita menjumpai sesuatu yang membangkitkan hawa nafsu daging, larilah dari semua itu.

2 Korintus 6:17 (TB)
Sebab itu: Keluarlah kamu dari antara mereka, dan pisahkanlah dirimu dari mereka, Firman Tuhan, dan janganlah menjamah apa yang najis, maka Aku akan menerima kamu.

Buang semua materi porno yang anda punya, baik berbentuk file, kepingan, gambar, majalah atau apapun juga. Jangan bersahabat dengan orang-orang cabul, sebab anda akan terbiasa dengan percabulan dan semakin sulit melepaskan diri, seperti yang dikatakan Amsal 22:4-5, “supaya engkau jangan menjadi biasa dengan tingkah lakunya dan memasang jerat bagi dirimu sendiri.”

Penutup bacalah nasihat ini;

3 Tetapi percabulan dan rupa-rupa kecemaran atau keserakahan disebut saja pun jangan di antara kamu, sebagaimana sepatutnya bagi orang-orang kudus. 4 Demikian juga perkataan yang kotor, yang kosong atau yang sembrono – karena hal-hal ini tidak pantas – tetapi sebaliknya ucapkanlah syukur. 5 Karena ingatlah ini baik-baik: tidak ada orang sundal, orang cemar atau orang serakah, artinya penyembah berhala, yang mendapat bagian di dalam Kerajaan Kristus dan Allah. 6 Janganlah kamu disesatkan orang dengan kata-kata yang hampa, karena hal-hal yang demikian mendatangkan murka Allah atas orang-orang durhaka. 7 Sebab itu janganlah kamu berkawan dengan mereka.

Sungguh ini pertanyaan yang bagus sekali dan tampaknya sobat memang sangat pengen keluar dari dosa tersebut. Jelas bahwa dosa seksual khususnya masturbasi adalah suatu bentuk dari keterikatan,dan keterikatan ini harus dilepaskan, saat kita telah lepas dari dosa ini maka kita menang dan iblis dipermalukan. Hampir 70% pria melakukan dosa ini, tetapi perlu disadari saat kita sudah tidak melakukannya lagi maka jangan pernah lagi untuk masuk kedalamnya.
Hal yang saya sebutkan tersebut mungkin tidak bersifat alkitabiah, tetapi setidaknya bisa dipertimbangkan:

  1. Sibukkan diri sobat dengan hal2 bersifat rohani, misalnya ikuti kebaktian2, ikuti organisasi gerejawi yang tentu akan membangun kita,
  2. Hindari melihat buku porno, film porno, dll yang sifatnya membangkitkan gairah seksual sobat.
  3. Perbanyak olahraga, ternyata terbukti banyak olahraga membuang pikiran2 negatif dari otak kita.
  4. Banyak baca alkitab dan jangan biarkan diri sobat kosong sehingga pikiran sobat akan kembali kepada dosa tersebut.
  5. Berdoalah senantiasa, dimanapun sobat berada, jika saat tertentu tidak bisa dihindari, maka berdoalah minta pimpinan Tuhan agar sobat tidak terjebak lagi.
  6. Hindari berhayal. Jangan biarkan pikiran sobat bekerja dengan menghayal. Tetapi coba untuk melihat kenyataan dan berhayallah positif, misalnya hayalkan anda berkumpul bersama keluarga, jalan2 bersama keluarga atau yang lain yang sifatnya tidak menghayal jorok.
    Demikian…

thanks ya buat semua saran dan masukannya :afro:
mohon doanya teman2 semua
GBU

siapp sob…kita dukungg dalam doaa… :happy0025:

kalau may melakukan dosa masturbasi bilang sama Tuhan Yesus
Tuhan, aku pengin masturbasi, dan dan lakukan saja :slight_smile:

Kalau kepengin lagi, sebelum melakukan lapor lagi ke Tuhan , setiap mau melalukan lapor ke Tuhan

nanti suatu saat bogasi akan malu sendiri dan berhenti karena ada mata Tuhan yang melihat bogasi

kalau mengetahui efek buruk/negatif dari masturbasi terhadap kesehatan tubuh maupun mental, kira2 bisa membantu gak yah untuk “mempertimbangkan” sebelum melakukannya lagi…

shallom bro…

caranya ya dari kesadaran dan kontrol diri yg kuat bro…
biarpun semua “supported media” sdh dibuang, tapi “obyek” yg hidup tuh msh berkeliaran di depan mata.

mungkin ini sedikit saran aj ya. …

  • kalo pas ada satu visual yg “indah” yg anda temui wkt di mall, jalan, gereja(mungkin? ?), sekolah, dll, anda usahakan untuk langsung “mengucap syukur” pada Tuhan karena Dia telah menciptakan “keindahan” itu. dan itu adalah salah satu karyaNya yg ajaib! yang adalah bukan sebagai “obyek” untuk pemuas keinginan saja.

ada tambahan dikit :

- bila seorang cowok sering “self service” wkt mudanya, biasanya pada wkt awal2 menikah kebanyakan akan mengalami gejala “ED”.
gitu. … :wink:

Gbu!

Seharusnya secara logika saja sudah bisa diambil kesimpulan tuh…tapi namanya keinginan “daging” ya begitu, kalo ga dibereskan tetap muncul lagi…muncul lagi…

boleh tuh bro…