[Ask] Kuliah Teologi

Syalom guys…

mau nanya untuk kuliah teologi daerah jakarta-tangerang yang bagus dan punya jadwal malam, dimana ya?

*bukan niad mau promosi… d closed kalo memang ga bole :ashamed0004:

saya menemukan kampus yang menyediakan jasa distance learning guys.
minta sarannya donk kalo kuliah teologi by distance learning itu kira2 gimana ya?
apakah tanpa interaksi langsung dengan dosen berdampak banyak dalam hal ini?

*berasa kalo distance learning mending nongkrong dan berbagi ilmu d FK aja dhe… :char12:

Mau teologi model apa: karismatik/injili/reformed/liberal/atau yang lain?

Injili: hubungi STT Iman Kebayoran Baru, STT Amanat Agung Greenville Jakarta Barat.
Reformed: teologia anak buah Stephen Tong di Warung Buncit/Sunter Agung Podomoro.
SAAT Central Park Tanjung Duren.

Pilihan lain: Teologia kepemimpinan & Filsafat Jaffray Jatinegara Timur.

Karismatik: Gedung karismatik segitiga emas Senin Jakarta Pusat.
I3 Batu Malang Jawa Timur untuk kuliah jarak jauh ada di beberapa tempat.

Belajar teologia: tidak terlalu sulit, kalau sudah salah pemahaman teologianya sulit diperbaiki bakal jadi nabi palsu.

Ada yg dlm bentuk modul CD & Diktat) dikirm ke rumah, lemngkap dgn soal2 latihan yg dikirm balik utk dinilai.
Bisa juga dlm bentuk Elearning, lsg berinteraksi lewat internet
GBU

thanks buat masukannya ! saya lebih prefer ke karismatik. yang saya khawatirkan kualitas dari e-learning tidak se-oke dari onsite learning. ada yang pengalaman e-learning? mungkin bisa share? thanks!

Coba lihat INFO STT - Ibadat & Penginjilan - ForumKristen.com
GBU

Pessan saya : Jangan di STT liberal… Itu sangat berbahaya…

hmm… maksudnya liberal?

LIBERAL = BEBAS

Bebas tafsir, bebas mengobrak-abrik, bebas agar orang TIDAK MEMPERCAYAI pengajaran ALKITAB.
Mau tahu teologi Liberal dan ajaran lulusannya:

  1. yang diajarkan dengan yang dilakukan bertolak belakang seperti yang dicatat di dalam Alkitab = orang FARISI.

  2. tidak punya kuasa ROHANI, mati, dan orang yang diajarkannya juga pasti mati ROHANI.

  3. tidak ada pertobatan sejati.

  4. perokok, pemabuk. tanpa rokok dan tanpa alkohol tidak dapat berbicara tentang Alkitab.

  5. untuk kondisi gereja tua, rohaniwan termasuk orang yang dituakan TETAP mempercayai kepercayaan nenek moyang leluhur: menaruh sesajen, dupa, dan segala macam perdukunan. Lokasi kekristenan sudah berakar lama sejak zaman kolonial …

  6. Tidak percaya : lihat dan saksikan sendiri. Alkitab mencatat: dari buahnya akan diketahui siapa orang itu.

Matius 7:16-23
16 Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?
17 Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.
18 Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik.
19 Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api.
20 Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.
21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.
22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"

TEOLOGI PENGANUT BAHASA ROH

Yang perlu dikaji ulang:

  1. Bahasa roh yang bertentangan dengan catatan ALKITAB.

1 Korintus 14:19, 26-28
19 Tetapi dalam pertemuan Jemaat aku lebih suka mengucapkan lima kata yang dapat dimengerti untuk mengajar orang lain juga, dari pada beribu-ribu kata dengan bahasa roh.

26 Jadi bagaimana sekarang, saudara-saudara? Bilamana kamu berkumpul, hendaklah tiap-tiap orang mempersembahkan sesuatu: yang seorang mazmur, yang lain pengajaran, atau penyataan Allah, atau karunia bahasa roh, atau karunia untuk menafsirkan bahasa roh, tetapi semuanya itu harus dipergunakan untuk membangun.
27 Jika ada yang berkata-kata dengan bahasa roh, biarlah dua atau sebanyak-banyaknya tiga orang, seorang demi seorang, dan harus ada seorang lain untuk menafsirkannya.
28 Jika tidak ada orang yang dapat menafsirkannya, hendaklah mereka berdiam diri dalam pertemuan Jemaat dan hanya boleh berkata-kata kepada dirinya sendiri dan kepada Allah.

Perhatikan baik-baik ayat 27 “dua atau sebanyak-banyaknya tiga orang, seorang demi seorang, dan harus ada seorang lain untuk menafsirkannya”

PRAKTIK bahasa roh dalam pertemuan ibadah: semua aliran gereja yang menganut ajaran bahasa roh MELANGGAR AJARAN ALKITAB INI.
Dalam ibadah lebih dari tiga orang, jadi kacau-balau.
Lebih hebat dan heboh, bahasa roh dapat mengikuti orang lain.

kekacauan dan penipuan lainnya: setelah kacau-balau, kemudian ada manifestasi berjatuhan ke lantai, lebih seru lagi, ada bisikan jatuh/rebah ke sebelah kanan/kiri karena ada pendampingnya.

Inilah praktik penipuan Kristen di mana-mana gaya ajaran bahasa roh.
Mari simak, selidiki, dan cermati. praktik penipuan Kristen ini.

Ada lagi praktik perdukunan Kristen dan pemberhalaan dari pengajaran MINYAK URAPAN. Penyesatan.

Bila tertarik pengungkapan pratik penyesatan dan penipuan ini, dapat membaca buku yang sudah beredar dikemukakan oleh DR. Stephen Tong secara lugas, tegas, tidak pandang muka, terkuaklah sudah.

Yang percaya Yesus SALAH SATU jalan keselamatan, bukan SATU-SATUNYA jalan keselamatan. Mereka sangat terbuka dengan macam-macam ajaran non Kristen bahkan Budha. Mereka ga percaya Alkitab sebagai satu-satunya standar kebenaran… Parahnya ada seorang yang ingin jadi Pdt sekolah di sekolah theologi liberal akhirnya menjadi bikuni hindu… Hati-hati lah sama sekolah theologi seperti itu…

dari komentar saudara dinamikawp, saya jadi tertarik untuk mendalami lebih lagi dan membandingkan firman Tuhan di dalam alkitab dengan ajaran atau tata ibadah yang ada di gereja saya.
ada topik yang mendukung d FK ini ?

Ykoo, sungguh… saya jadi merasa sedih melihat semua ini. Sangat banyak kesesatan yang ada sekarang ini, saya jadi waswas untuk memilih skola teologi mana yang akan saya jadikan ajang untuk mendalami alkitab.
i dun wan an ASTRAY way or school !
begitu juuga gereja.

Intinya kalo sekolah theologi yang anda tuju mengajarkan Yesus bukan satu-satunya jalan keselamatan langsung get out dari sekolah tersebut… Itu sangat berbahaya…

Benul, berarti itu pertanda anda sudah nyasar masuk pesantren :mad0261: hentikeun saat itu jg ataw penyesalan dikandung badan :char12:

thanks buat masukannya. masih lagi mempertimbangkan apakah benar-benar bisa mendapatkan something valuable dari program belajar e-learning.

Belajar Teologia Metode Jarak Jauh, istilah Perguruan Tinggi Negeri = Universitas Terbuka.

Pertanyaan yang perlu dicermati dan dicamkan dengan saksama:

  1. eLerning/metode belajar jarak jauh/tanpa tatap muka langsung ini akan sangat berguna bila sudah punya dasar ilmu yang cukup kuat. Anggap saja, sudah belajar tiga tahun, ternyata karena kesibukan dan hal lainya maka metode jarak jauh ini menutupi kekurangan/keterbatasan itu.
    Bila belum punya dasar ilmu yang cukup kuat dan stabil, metode ini menghasilkan PRESTASI NIHIL.
    Khusus suasana mutu pendidikan di Indonesia yang belum menunjukkan hasil yang maksimal, sekalipun ada beberapa pendidikan yang diselenggarakan oleh swasta dengan biaya yang cukup lumayan - mutu terjamin.

  2. Pembelajaran Metode Jarak Jauh akan efektif bila pesertanya terbiasa dan sangat disiplin untuk belajar mandiri/senang membaca banyak buku.

  3. Sekolah Teologi = Pendidikan Lanjutan/Tinggi, hanya jurusannya = TEOLOGIA, Theos=God/Allah, Logos=Firman. Teologi= Ilmu yang mempelajari tentang seluk-beluk God/Allah. Teologi Dasar, di antaranya: Go-Man-Sin (Allah-Manusia-Dosa).

  4. Apa motivasi belajar teologia?. Sebatas untuk memperlengkapi diri atau ada niat untuk terjun dalam pelayanan secara penuh waktu alias orang bilang persiapan untuk menjadi HAMBA TUHAN. Bila persiapannya tidak matang, hanya setengah matang maka jadilah HAMBA HANTU. Lihatlah betapa tipisnya perbedaan antara TUHAN dan hantu. Tidaklah heran bila ada orang menyebut dan disebut-sebut Hamba Tuhan, jangan langsung percaya saja, siapa tahu orang itu hamba hantu… mengerihkan bukan.

Alkitab mengingatkan:
dari Ayat yang ditampilkan sebelumnya Matius 7:15-23 (nabi palsu) - pembuat kejahatan, namun tetap dapat melakukan mujizat… astaga … luar biasa bagaimana tidak TERTIPU. ada mujizat (coba amati baik-baik Mat 7:22). Ingat ini dikatakan oleh SIAPA?

1 Yohanes 4:1-6
1 Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.
2 Demikianlah kita mengenal Roh Allah: setiap roh yang mengaku, bahwa YESUS KRISTUS telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah,
3 dan setiap roh, yang tidak mengaku YESUS, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.
4 Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.
5 Mereka berasal dari dunia; sebab itu mereka berbicara tentang hal-hal duniawi dan dunia mendengarkan mereka.
6 Kami berasal dari Allah: barangsiapa mengenal Allah, ia mendengarkan kami; barangsiapa tidak berasal dari Allah, ia tidak mendengarkan kami. Itulah tandanya Roh kebenaran dan roh yang menyesatkan.
7 Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah.

Cermati:

  1. Diperintahkan agar jangan percaya!
    "… janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia (1 Yoh 4:1).

  2. Jangan percaya, tetapi ujilah roh-roh itu. Jadi, bila instruksi untuk menguji termasuk menguji pengajaran yang disampaikan atau yang akan dipelajari.

Catatan penting, bila belajar teologi untuk melayani secara penuh waktu. Tidak ada resep paling ampuh kecuali masuk dan belajar secara penuh waktu di dalam kampus Sekolah Teologia.

Rekomendasi saya untuk Teologia yang benar-benar tahan uji terhadap ajaran Alkitab:

  1. Seminari Alkitab Asia Tenggara Malang.
  2. STT Amanat Agung Greenville Jakarta Barat
  3. STT Iman Kebayoran Baru
  4. Institut Injili Indonesia Batu Jawa Timur
  5. STT Reformed Warung Buncit
  6. Institut Reformed Sunter Agung Podomoro Jakarta Utara

Khusus, nomor satu: dari lulusannya (Alkitab mencatat dari buahnya) dapat dikatakan antara ilmu teologia yang sudah dipelajari dan pelayanan kepada manusia/jemaat diakui sangat baik.

saya tidak memilikki dasar pengetahuan teologia yang kuat. jadi down >.<
kesimpulannya, lebih baik jgn mengambil e-learning? :frowning: