Ask - Meditasi

Salam Sejahtera semuanya teman2,

saya ingin bertanya, didalam pemahaman kekristenan yang benar,
apakah meditasi pernafasan (untuk kesehatan dan ketenangan) yang rencana saya akan ikutin selama 1 (satu minggu) tersebut diperbolehkan didalam Firman Tuhan

-Jika ya minta bantuan beri alasannya.

-Jika tidak minta bantuan beri alasannya>

Jikalau ada postingan yang pro dan kontra TS mengharapkan tidak ada saling menyalahkan, tujuan maksud TS membuat thread ini semata untuk pengetahuan KeKristenan.

GBU

Salam sejahtera , kalau menurut saya, meditasi itu cenderung kepada kegiatan psikologis, dimana kita hanya menenangkan otak, dan tidak berkaitan dengan kegiatan spiritual sama sekali, karena ketika anda melakukan meditasi, anda hanya akan berhubungan dengan gelombang otak anda, yang para peneliti dan para ahli psikologi’pun sudah mempelajarinya… Meditasi bukanlah merupakan doa atau penyembahan kepada yang selain Tuhan… Dulu memang saya juga salah paham mengenai meditasi, ada yang bilang bahwa ketika bermeditasi, kita bersatu dengan roh2 jahat yang melayang2 di udara, tetapi setelah saya cari tau lagi, ternyata itu cuma keslahpahaman. Mungkin karena banyak orang ketahui, kalau meditasi itu dipakai umat Hindu atau budha untuk memperdalam ilmu atau berdoa atau sebagainya, tetapi faktanya, istilah meditasi itu sendiri sebenarnya adalah kegiatan fisiologis yang digunakan untuk menenangkan otak secara kimiawi, otak manusia itu terdiri dari banyak sel, ketika kita mulai tidur, gelombang otak secara kimiawi akan menjadi lebih pelan, ketika kita tidur lelap, gelombang otak menjadi datar, begitupun ketika kita meditasi, kita hanyalah mengistirahatkan otak dan membuatnya relax… itu saja, tidak ada kaitannya dengan masalah spiritual, kecuali kalau tujuannya memperdalam ilmu… Semoga bermanfaat. GBU

Lain ladang lain lalang.

Tiap pelajaran meditasi memiliki pendekatan yang berbeda-beda sesuai dengan siapa yang mengajarkannya.

Meditasi adalah sebuah aktivitas spiritual yang umum, seperti sebuah air, bentuknya ditentukan oleh wadahnya.

Anda hendak seminggu bermeditasi ria dalam rangka apa dan untuk apa? Siapa yang mengajarkan dan belajar dari mana pendekatan spiritual yang dilakukannya. Itu lebih penting dari pembahasan meditasinya.

Wadahnya itu sesuai dengan Firman Tuhan atau tidak itu lebih penting dari pada airnya boleh atau tidak.

Ceritakan tentang wadahnya disini, kita bicarakan tentang wadah yang dibawa dalam meditasi anda.

Banyak orang terjebak dalam kata “meditasi” sehingga fokusnya pada boleh atau tidak bermeditasi, padahal Alkitab juga menyebutkan tentang aktivitas meditasi (dengan bahasa yang lain). Tetapi memahami meditasi tanpa mengerti wadahnya sangatlah berbahaya, sebab beberapa meditasi merupakan jalan untuk menerima sesuatu yang bersifat spiritual masuk dalam tubuh, beberapa percaya itu bukan dari Yahweh. Meditasi juga dapat menjadi sarana untuk membentuk pola pikir dan membuang iman yang anda miliki dengan keyakinan baru yang biasanya disertai kata-kata “universal” agar menimpulkan persepsi diatas agama. Banyak hal yang diselubungkan yang masuk lewat meditasi tanpa kita sadari sebab fokus kita adalah pada meditasinya padahal meditasi itu seperti air, sebuah aktivitas netral tetapi disugukan dalam cawan yang beracun.

Tahukah anda bahwa banyak kematian orang besar jaman sejarah kerajaan karena racun yang dioleskan pada cawannya bukan yang ditaruh pada cairan minumannya?

Meditasi, tenaga dalam, prana, reiki, kebatinan dsb dilarang oleh ajaran Yesus.

Resikonya anda bisa kerasukan roh lain ketika mengosongkan diri atau menggunakan kekuatan magis dari alam lain. Bisa gila total atau gila separuh.

Lain halnya dengan Gereja Katolik yang memang mengajarkan hal2 demikian.

Pilihan ada di tangan anda.

ada rujukan mengenai tulisanmu ini?
.
kl ada tlg di-share!
.
jgn cm main fitnah y bro!!!

pada saat “pengosongan diri itu, membuka celah bagi roh” lain untuk masuk

Silahkan cari tau dengan bertanya pada pastor paroki dimana anda berada

Bisa juga anda googling sendiri mencari tau mengenai THS - THM

Setelah tahu, tolong cabut tuduhan anda ya

Meditasi dalam arti saat teduh, untuk hubungan yang erat dengan Tuhan adalah baik. Alkitab menulis :

1Pe 4:7 Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa.

Kalau meditasi mengosongkan pikiran, tidak baik. Itu bukan yang diajarkan Yesus. Karena kalau pikiran kita kosong maka spirit yang lain akan masuk dan menguasai.

Mat 12:44 Lalu ia berkata: Aku akan kembali ke rumah yang telah kutinggalkan itu. Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu kosong, bersih tersapu dan rapih teratur.
Mat 12:45 Lalu ia keluar dan mengajak tujuh roh lain yang lebih jahat dari padanya dan mereka masuk dan berdiam di situ. Maka akhirnya keadaan orang itu lebih buruk dari pada keadaannya semula. Demikian juga akan berlaku atas angkatan yang jahat ini.

GBU

lho? ???
anda kan yg bilang kalo gereja katolik mengajarkan spt yg tertulis di bwh ini.???
.
kasih dasar tulisan yg jelas dong, kalo cm asal tulis, ya fitnah namanya…

kalo jesuit punya maksud :
gereja katolik mengajarkan “mengosongkan pikiran” dgn tulisannya :

saya kurang setuju dngan pernyataan bahwa ketika meditasi, roh2 jahat dapat masuk karena pikiran kita kosong… Menurut saya, ketika meditasi itu, keadaan fisik seseorang hampir sama ketika mereka hampir tertidur, ketika seseorang mengantuk dan mulai tertidur, kurang lebih seperti itulah kondisi orang bermeditasi… mereka hanya memaksakan otak mereka untuk berada di kedalaman yang sama ketika mereka sebelum tertidur… Kalau meditasi itu tidak dibenarkan, lalu bagaimana dengan “tidur”?

Makanya saya menasihati anda mencari tau dulu di pastor paroki daerah anda, apakah GK mengajarkan tenaga dalam dan sejenisnya.

Anda sudah googling belum mengenai perguruan pencak silat tenaga dalam Gereja Katolik, yaitu THS dan THM?

saya tau kok dan saya jg pernah ikut, tlg kasih rujukan dasar tulisanmu :

soalnya selama sy ikut, tidak ada ajaran “mengosongkan pikiran” spt yg km tulis.
.
oya, bahasnya ga usah melalui personal message ya…
.
km itu sok tau soal katolik, mending saya ngaku kl katolik, kl km denom aj g jelas, fitnahnya ngawur abis…

Variasi teknik2 tenaga dalam itu kan banyak bro? kalau anda pernah ikut tenaga dalam, kenapa kok kemudian kamu bertanya: “ada rujukan mengenai tulisanmu ini?”, jgn cm main fitnah y bro!!!, lho? ???
anda kan yg bilang kalo gereja katolik mengajarkan spt yg tertulis di bwh ini.???"

Hati-hati loh bro, mungkin kamu sudah kemasukan banyak roh nggak bener sampai mengerti yang kamu baca saja tidak bisa.

Setidaknya kamu sudah bersaksi kalau pernah ikut perguruan tenaga dalam Gereja Katolik.

Mengosongkan pikiran adalah lain dengan tidur, atau ngantuk…
Bukankah untuk ngantuk tidak perlu latihan ? Untuk meditasi mengosongkan pikiran perlu latihan, konsentrasi penuh, kadang disertai dengan bantuan instruksi tertentu.

GBU

pada saat anda mengosongkan “diri” itu, keadaan diri anda kosong. . . .
dan disaat kosong membuka celah kepada kuasa kegelapan untuk masuk dan berdiam

alkitab mengatakan :

1Kor 3:16 Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?

nah klo anda mengosongkan diri, anda menolak ROH ALLAH yg berdiam dalam dirimu.

klo tempatnya kosong, maka akan masuk :

Mat 12 : 44 Lalu ia berkata: Aku akan kembali ke rumah yang telah kutinggalkan itu. Maka pergilah ia dan mendapati rumah itu kosong, bersih tersapu dan rapi teratur.
45 Lalu ia keluar dan mengajak tujuh roh lain yang lebih jahat dari padanya dan mereka masuk dan berdiam di situ. Maka akhirnya keadaan orang itu lebih buruk dari pada keadaannya semula. Demikian juga akan berlaku atas angkatan yang jahat ini."

Di GK tidak ada perguruan tenaga dalam!
.
ini fitnahan km sy insert lg :

kamu pernah ikut ato cm googling aja? kl km dpt info cm dr googling ya saya maklum deh…
lha pengetahuanmu cm sebatas baca dan copas??.
ato jangan jangan km dulu pernah ikut tapi jadi gila separuh akibat kamu tidak mengikuti langkah2 yg diajarkan?
.
sepertinya km yg sdh “kerasukan roh SIMON MAGUS”, jadi km merasa perlu untuk memperjuangkan SIMON MAGUS?

soalnya tiap kali ditanya denom kok ngeles terus??

Kalau gak salah dulu saya pernah punya teman-teman yang latihan tenaga dalam yang diasuh oleh lembaga Katolik. Kalau latihan pernafasan suka doa ‘salam Maria’ .

GBU

[b]Pro 2:6 Sebab YAHWEH memberi hikmat, dari mulut-Nya datang pengetahuan dan pengertian.
Pro 2:7 Dia menyuarakan hikmat bagi orang-orang yang tulus, menjadi perisai bagi orang-orang yang berjalan dalam kejujuran,
Pro 2:8 untuk menjaga jalan keadilan, dan Dia melindungi jalan orang-orang kudus-Nya.
Pro 2:9 Maka engkau akan mengerti kebenaran, keadilan, dan kejujuran, bahkan setiap jalan yang baik.
Pro 2:10 Ketika hikmat masuk ke dalam hatimu dan pengetahuan menyenangkan jiwamu;
Pro 2:11 kebijaksanaan akan memelihara engkau, pengertian akan menjaga engkau,
Pro 2:12 untuk membebaskan engkau dari jalan yang jahat; dari orang yang mengucapkan kata-kata yang menentang;
Pro 2:13 dari mereka yang meninggalkan jalan ketulusan, dan menempuh jalan kegelapan;
Pro 2:14 yang bersukacita melakukan yang jahat; mereka bergembira dalam penentangan yang fasik,
Pro 2:15 yang jalannya bengkok, dan jejaknya berliku-liku.

Php 2:1 Selanjutnya, sekalipun di dalam Kristus ada nasihat, sekalipun ada penghiburan kasih, sekalipun ada persekutuan Roh, sekalipun ada belas kasihan dan kemurahan;
Php 2:2 penuhkanlah sukacitaku bahwa kamu dapat memikirkan hal yang sama, dengan menerapkan kasih yang sama, sambil memikirkan satu hal yang sejiwa,

Joh 14:27 Aku meninggalkan damai sejahtera bagimu, Aku memberikan damai sejahtera-Ku kepadamu. Bukan seperti yang dunia berikan, Aku memberikannya kepadamu. Jangan biarkan hatimu digelisahkan, dan jangan biarkan dia takut.

Gal 3:1 Hai orang-orang Galatia yang bodoh, siapakah yang telah memesona kamu sehingga tidak meyakini kebenaran yang di depan mata mereka YESUS Kristus telah dituliskan sebelumnya untuk disalibkan di antara kamu.
Gal 3:2 Hanya ini yang ingin aku pelajari dari kamu, apakah kamu telah menerima Roh atas dasar perbuatan-perbuatan torat atau atas dasar pemberitaan iman?
Gal 3:3 Demikian bodohkah kamu? Setelah memulai dalam Roh, apakah sekarang kamu akhiri dalam daging?
Gal 3:4 Apakah kamu telah begitu banyak menderita dengan sia-sia, apakah memang sia-sia?
Gal 3:5 Selanjutnya, Dia yang mengalirkan Roh kepada kamu dan mengerjakan mukjizat di antara kamu, apakah atas dasar perbuatan-perbuatan torat atau atas dasar pemberitaan iman?

Psa 119:102 Aku tidak berpaling dari hukum-hukum-Mu; karena Engkau telah mengajariku.
Psa 119:103 Betapa manis firman-Mu bagi langit-langit mulutku! Lebih daripada madu pada mulutku!

Peace,[/b]

Dari ayat2 di atas, apakah anugerah pemberian dari Tuhan belum cukup?
Atau kekurangan anugerah?
Heb 12:14 Kejarlah perdamaian dengan semua orang, dan kekudusan, yang tanpa itu tidak seorang pun akan melihat Tuhan.
Heb 12:15 Sambil memerhatikan agar jangan ada seorang pun yang kurang akan anugerah Elohim, supaya jangan ada satu pun akar kepahitan yang tumbuh, dan banyak orang dapat dicemari olehnya.

Sehingga mencari sumber lain, selain Tuhan??

Shalom,

Tenaga dalam yang diajarkan Gereja Katolik tentu diberitahukan pada pengikutnya berasal dari Tuhan.