[Ask] Non Kristen dan Kristen ?

pro Mod,

Mohon penjelasan yg termasuk Non Kristen dan yg termasuk Kristen itu apa saja ?. mohon disebutkan.
Bolehkah anggota Non Kristen mengomentari atau memberikan bantahan atas suatu topik di forum khusus Kristen ?.

terimakasih.

Member non-Kristen hanya boleh berdiskusi di “Pertanyaan Dari Member Non-Kristen” dan “Technical Support”. Yang kedapatan posting di board selain itu, akan langsung diban (tidak ada toleransi untuk ini). Untuk itu, baca setiap Forum rules umum dan peraturan khusus board, jika ingin tinggal lama disini.

Memang non-Kristen atau Kristen tidak jelas disini. Ada juga member Kristen yang ikut forum cuma ingin “test” iman sesamanya. Member seperti ini hanya boleh berdiskusi di Forum Terbuka bersama member-member non-Kristen lainnya. Untuk itu, yang mengambil keputusan adalah FK Team sendiri. Setiap member akan direview setiap postingan-postingannya. Jika postingan-postingannya di board kristen lain akan membawa dampak negatif bagi member-member Kristen lain yang sedang belajar, member tersebut akan langsung diban.

Contoh case:

Member A (non-Kristen/beragama lain): mengaku Kristen, aktif posting di board-board Kristen sambil membantah Ketuhanan Yesus. Result: Banned. Tingkat Keseringan: Sangat sering
Member B (Atheist/non-Kristen): aktif posting di board-board Kristen dengan jawaban-jawaban yang misleading. Result: Banned. Tingkat Keseringan: Sedang
Member C (Kristen): aktif posting di board-board Kristen, tanya-tanya pertanyaan untuk test iman sesamanya, mengangkat topik-topik seperti kontradiksi alkitab. Result: Banned. Tingkat Keseringan: Ada, beberapa / jarang.

Untuk member A, B, dan C, tidak ada yang salah dengan diskusi-diskusi / topik yang diangkat (memakai bahasa yang sopan, dan menghargai member lain), tetapi tempat diskusi seharusnya adalah Forum Terbuka.

Sekali lagi, FK Team review setiap postingan member dalam mengambil keputusan dan keptusan mutlak ada di FK Team. Kami tidak tanya-tanya setiap member agamanya / tidak pertimbangkan pengakuannya mengenai agamanya. Silahkan jujur dengan diri sendiri.

Pro Bro Adi / Moderator,

Terimakasih atas penjelasan dan informasinya.
Jika masih boleh bertanya, ada bbrp jawaban atas pertanyaan yg masih samar utk saya, jika sekiranya mungkin, mohon agar Kriteria mana yg Non Kristen disebutkan saja secara jelas.

contoh.

Non Kristen :

Muslim; Budha; Hindu; Kepercayaan kepada Tuhan YME dll

Kristen :

Bethany; Kemah Daud; Kemah Abraham; GKJ; Pasundan; Navigator dll.

mungkin akan lebih mudah mengkategorikan Non Kristen, karena pastinya lebih sedikit jumlahnya, misalnya Oneness; Khatolik; SSY; Adventist; Mormon dll dimasukan kategori mana ?

Jika mrk dikategorikan sbg Non Kristen, mk masukan itu Kedalam Kriteria Non Kristen, kemudian utk Kristen bisa disebut dgn "selain yg dikategorikan sbg Non Kristen, mk akan dikategorikan sbg Kristen.

Mengenai perbedaan pendapat dan pemahaman, tentunya hal ini tidak bisa dihindari, dari contoh yg diberikan perbantahan mengenai “Ketuhanan Yesus”, dari bbrp topik dan pembahasannya, saya perhatikan hampir di semua topik (termasuk topik2 yg saya tulis) terjadi perbantahan / perdebatan, apakah mengenai keberadaan Tuhan, Manifestasinya, ataupun topik2 lain yg menyangkut Alkitab, baik di board khusus maupun board terbuka.

Apakah tidak lebih baik, jika perbedaan pengertian thd suatu topik tetap dibiarkan berjalan, sepanjang hal tersebut tidak menjurus kpd hal2 negatif, misalnya mengarah kpd SARA. tentunya peran moderator sebagai penengah sangat berperan utk menjembatani diskusi yg dianggap perlu utk di interupsi dan diarahkan kembali, sehingga tidak perlu pem-ban-an thd anggota kecuali anggota tsb tidak memiliki itikad baik dan tetap membandel setelah diberikan peringatan melalui PM, dgn demikian akan terlihat para pengasuh forum lebih bijak dlm menerapkan aturan sesuai dgn prinsip Alkitab yg berlaku, krn para pengasuh tentunya cukup paham mengenai prinsip Alkitab dibandingkan dgn anggota Non Kristen pada umumnya.

Mengenai anggota yg sedang mengetest kadar iman seseorg, menurut saya biarkan saja, toh iman seseorang bukan ditentukan oleh orang lain.

Mengenai diskusi kontradiksi Alkitab, menurut saya itu cukup baik, utk proses pembelajaran, shg memungkinkan anggota kristen memiliki wawasan yg lebih luas ttg keotentikan sebuah Kitab suci.

satu lagi yg blm jelas, yaitu mengenai : Apakah anggota yg Non Kristen, boleh memberikan tanggapan atas suatu topik yg berada di forum khusus kristen ?, jika tidak, Apakah boleh anggota Non Kristen membuat topik dgn judul yg sama dgn topik di forum khusus ?. mengingat akan terjadi duplikasi topik di dua ruang.

Demikian semoga saran dan kritik saya tidak meyalahi aturan forum.

terimakasih.

GBU.

Semua saran yang Follower berikan sudah pernah diterapkan kurang lebih tahun pertama forum ini berjalan. Tetapi semuanya cuma menimbulkan kekacauan dan juga kompain dari member-member lain. Untuk itu, kami putuskan untuk membuat kategori baru Forum Terbuka bagi para member non-Kristen ataupun Kristen yang ingin membantah ajaran Kristen (test).

Member non-Kristen yang berdiskusi disini seharusnya berterima kasih karena sudah disiapkan tempat bagi mereka untuk berdiskusi. Jarang ada forum agama tertentu yang memberikan satu board bagi agama lain untuk berdiskusi juga. Untuk itu, yang kami minta hanyalah ikuti peraturan forum dan diskusi hanya ditempat itu. Tetapi jika satu peraturan itu susah sekali dipenuhi, silahkan cari forum lain.

Tugas moderator dan admin disini memang menjembatani diskusi, tetapi jangan lupa, kami juga punya visi dan misi tersendiri. Ada tujuan, kenapa website ini mengambil nama Forum Kristen. Jika ingin diskusi secara bebas tanmpa hambatan, ada banyak forum-forum diskusi bebas lainnya di internet. Salah satu tujuan utama forum ini, adalah bagi para umat Kristen yang ada dimana saja untuk saling berdiskusi dan menguatkan satu sama lain dalam iman kepada Tuhan Yesus Kristus. Jika ada member yang bertujuan menghambat ini, maka kami juga akan mengambil tindakan.

Seperti yang saya bilang diatas, kami tidak tanya-tanya agama member disini / tidak mengambil keputusan berdasarkan pengakuan mengenai agamanya. Yang kami lihat adalah hasil postingannya. Jadi, misalnya, dalam postingan-postingannya dia aktif menentang Yesus adalah Tuhan, dia sudah masuk dalam list kami. Ketika member itu posting di board Kristen lain, dia akan segera diban.

Mengenai member non-Kristen yang ingin membantah suatu topik di board Kristen, silahkan dibuat topik baru di Forum Terbuka. Tidak perlu takut double post, selama belum ada topik yang sama dalam Forum Terbuka tersebut.

Mengenai kontradiski alkitab ataupun yang lagi testing, semuanya memang sah sah saja, selama diskusinya di Forum Terbuka.

Memang untuk hal ini kami bertindak sangat keras. Tetapi itulah cara main disini. Setiap forum punya aturan main sendiri-sendiri. Jika tidak senang dengan aturan main disini, seperti yang saya bilang, masih banyak forum-forum lain di internet.