[b]Mission possible[/b]

( misi yang bisa dilakukan )

Visi dan misi dalam kehidupan sebetulnya bisa dilakukan siapa saja asal orang tersebut mau merenungkan arti hidup dan tujuan hidupnya secara serius !

Seseorang yang memilik Visi dan rancangan masa depan ia sedang membangun masa depan yang penuh pengharapan sebaliknya seseorang yang tidak punya visi dan rancangan akan masa depannya ia sedang merencanakan ketidak pastian / kegagalan akan masa depan hidupnya !

Sebagai anak Tuhan , kita bisa membuat visi dan misi dengan kekuatan dan pikiran kita sendiri atau nasehat seseorang yang besar , tetapi seharusnya selaras dengan pikiran dan rencana Tuhan sehingga ada kepastian untuk mengalami keberhasilan dimasa depan !

Nasehat Tuhan

Yesaya 55 : 8 ˝ Sebab Rancangan-Ku bukanlah rancanganmu , dan jalanmu bukanlah jalan-Ku , demikanlah Firman Tuhan . ˝ Yermia 29 : 11 ˝ Sebab Aku ini mengetahui rancangan – rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu , demikanlah Firman Tuhan , yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan , untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan . ˝

Kebenaran Firman Tuhan yang tertulis dalam Yesaya maupun Yermia ini jelas memberi petunjuk bagaimana bisa « Meraih masa depan yang penuh pengharapan « Apabila kita mau menyelaraskan visi hidup kita selaras Visi dari Tuhan yang akan membawa kita kepada masa depan penuh pengharapan dan damai sejahtera bukan penderitaan dan kecelakaan !

˝ Seorang bisa menjadi pemimpin kalau ia mau dipimpin ˝

Kata bijak tersebut juga memberi penjelasan bagaimana kita bisa menjadi seorang ˝ Pemimpin ˝ yang memiliki visi dan misi dimasa depan , Apabila kita mau dipimpin Tuhan yang membawa kita « Kesuksesan « bukan kegagalan !

Berbicara tentang ˝ Kepemimpinan ˝ kita bisa belajar dari Tuhan Yesus yang sempurna , Oleh sebab itu kita harus tahu pembentukan untuk menjadi Pemimpin harus dimulai saat remaja , bagaimana Tuhan Yesus membangun hubungan dengan manusia ;

• bijaksana , dalam menghadapi berbagai macam orang jangan disamakan ( bukan kuper / kurang pergaulan )

• sabar , menghadapi kedegilan / kekerasan hati dari bangsa Israel , pergaulan membuat kita dilatih menghadapi teman yang berbeda pendapat .

• bisa mempengaruhi orang lain ( positif ) , kitapun bisa belajar bagaimana mempengaruhi teman yang rusak pergaulannya dipengaruhi jadi baik .

• Tuhan Yesus berkorban sampai mati , kita bisa berkorban , waktu , perhatian , tenaga bagi orang lain agar mereka bisa mengenal Tuhan Yesus secara pribadi .

Mari saat memasuki kehidupan ditahun 2010 ini , kita mau mengevaluasi diri , apakah selama ini kita hidup dalam rancangan dan pimpinan Tuhan ? Kalau ya maka masa depan sukses sedang menunggu didepan mata kita !

Hidup menurut rancangan sendiri / semau gue ! maka masa depan suram sedang menunggu , Firman Tuhan mengatakan ;

Amsal 14 : 12 mengatakan ; ˝ Ada jalan yang disangka orang lurus , tetapi ujungnya menuju maut . ˝

Kalau kita menjalani hidup selama ini tanpa pimpinan Tuhan atau nasehat orang tua , ( sebagai orang yang dipercayai Tuhan miliki pusaka-Nya ) , sebaliknya hidup menuruti kemauan sendiri atau nasehat teman-teman , maka tanpa kita sadari ujungnya adalah menuju maut !

Apakah selama ini kita hidup menurut jalan Tuhan atau semau gue !?

• Mau mendengar nasehat orang tua , guru untuk masalah mencari ilmu sebagai bekal masa depan ? atau sekolah tidak niat . ( ogah-ogahan ) kalau ya ! ini menunjukkan dirinya tidak punya visi dan misi dalam hidupnya ! hidup hanya seperti robot tidak punya inisiatif sama sekali tetapi tergantung orang lain yang mengendalikan !

• Mau mendengar nasehat Tuhan lewat kotbah yang selama ini didengar ? sehingga menghasilkan manusia ciptaan baru , yang lama berlalu dan sifat dan karakter baru muncul dalam hidup kita . 2 Korintus 5 : 17 .

Gereja mendorong Jemaat untuk terlibat dalam pelayanan dengan tujuan supaya Jemaat bisa mengalami perjumpaan pribadi dengan Tuhan . Apakah kita yang sudah terlibat dalam pelayanan sudah mengalami perjumpaan dengan Tuhan ?

Atau selama ini melayani hanya sebagai tugas saja ?

Gereja mendorong dan memberi kepercayan Jemaat untuk mengadakan kegiatan dengan membuat progam – progam kegiatan agar Jemaat tumbuh dewasa dan matang pribadinya . Apakah selama ini membuat progam kegiatan asal buat saja tanpa ada sasaran apakah membawa dampak pertumbuhan rohani dan kematangan pribadi yang mengikutinya atau tidak tidak peduli .

• Apakah kita tunduk kepada otoritas pimpinan selama ini ? yang sesungguhnya bertujuan mengajar untuk rendah hati , menanggalkan sifat egoisme , disiplin mengikuti latihan – latihan , melayani sesama antar jemput teman , peduli dan memperhatikan satu dengan yang lainnya , bertanggung jawab atas tugas yang dibebankan , semua itu adalah untuk membangun karakter sebagai pemimpin dimasa depan !

• Apakah mendengar nasehat Tuhan , orang tua , guru , mengenai rambu-rambu dalam pergaulan dengan lawan jenisnya yaitu ;

a. Hubungan dengan lawan jenis sebetulnya bukan karena trend atau mengikuti perasaan cintanya saja ( eros ) tetapi memang ada masanya yaiu ;

• fase auto erotis ( anak-anak yang egois hanya memikirkan diri sendiri )
• fase homo erotis ( masa ingin mencari sahabat )
• fase hetero erotis ( fase ingin dikasihi dan mengasihi oleh lawan jenis )

Masa fase hetero erotis kalau tanpa tujuan yang jelas dan berpikir luas ( karena hanya mengikuti emosinya ) akhirnya bisa mencelakakan dirinya sendiri dan lawan jenisnya sehingga mereka mendapat predikat bekas / lungsuran !

b. Hubungan yang sehat dengan lawan jenis adalah berteman , bersahabat , dari situlah bisa menilai dan melihat pribadinya masing-masing , sebab pasangan hidup sesungguhnya yang terpenting adalah pribadinya , jadi disaat berteman dan bersahabat ;

• disitulah kita bisa menawarkan pribadi yang bisa dihargai orang lain bukan hanya kekayaan atau fisik yang ditonjolkan ( cantiknya / gantengnya )
• disitulah kita sedang belajar kepemimpinan yang bisa menerima , mengatasi , mempengaruhi orang lain dengan berbagai macam jenis karakternya sampai jadi baik . ( sama seperti kita belajar menawarkan barang ke orang lain sampai jadi tertarik untuk membeli )

c. Berteman dan bersahabat sangat penting untuk membangun kepribadian kita dimasa depan sehingga bisa bersosialisasi dengan berbagai macam karakter manusia , hal tersebut sangat berguna ketika kita hidup ditengah masyarakat umum .

d. Melalui pergaulan yang sehat kita bisa belajar mengendalikan egoisme kita dan bisa belajar sifat dan karakter orang lain , dari tidak bisa menerima sifat orang lain jadi maklum , hal ini sangat berguna nanti dimasa depan kita .

e. Pasangan hidup bisa dicari setelah selesai sekolah , sudah mapan bisa cari uang sehingga memiliki masa depan yang jelas untuk membangun sebuah rumah tangga .

Atau sebaliknya kita tidak mau mendengar saran yang baik dalam pergaulan , sebaliknya lebih senang mengikuti gaya dunia yaitu hidup semau gue / tidak boleh ada yang mendikte dan mengatur hidupku , mengikuti paham free love free sex / pergaulan bebas ! masa depan suram ( madesu ) sedang menunggu dimasa depan !

Kalau kita mau jujur banyak hal yang masih belum beres dalam jalan hidup yang akan membawa dampak sangat merugikan kelak ( penyesalan ) dan kita perlu tahu sejarah perjalanan hidup tidak bisa diulang kembali semua menjadi terlambat itulah sebabnya ,

Tahun baru ini perlu evaluasi diri dan membuat visi dan misi baru dalam hidup ? apakah kita tetap hidup semau gue atau mengambil keputusan untuk hidup sesuai dengan Visi Allah lewat kebenaran Firman Tuhan yang kita dengar dan yang kita baca ! amin .