Badai Matahari 2012 Setara 100 Bom Hidrogen?

VIVAnews - Setelah 10 tahun ‘terlelap’ dalam tidur panjangnya, Matahari bangun. Bangkitnya Sang Surya membuat para astronom bersiaga penuh.

Minggu ini, beberapa media Amerika Serikat (AS) memberitakan, Badan Antariksa AS, NASA memperingatkan ‘tsunami Matahari’ yang menciptakan fenomena aurora – saat suar Matahari memukul perisai Bumi awal Agustus lalu, hanya permulaan.

Itu hanya awal dari badai Matahari masif yang berpotensi merusak jaringan listrik dan satelit di seluruh planet Bumi.


http://upload.kapanlagi.com/images/pv/thumb/20100826153022_20081223_072053_matahari_4c76261e831dc-t.jpg


http://upload.kapanlagi.com/images/pv/thumb/20100826153022_615831_4c76261e8a70d-t.jpg

NASA telah menangkis semua pemberitaan itu dengan mengatakan, hal itu bisa terjadi ‘dalam waktu 100 tahun atau hanya 100 hari’. Namun astronom Australia mengatakan, komunitas ilmuwan luar angkasa bertaruh badai Matahari bisa datang lebih cepat.

Meski mengeluarkan bantahan, NASA telah mengawasi aktivitas badai di Matahari sejak 2006. Dan berita yang beredar di AS menyebut badai matahari bisa terjadi di tahun bencana yang ‘diramalkan’ Hollywood – 2012.

Kilas balik ke belakang, badai Matahari pada 1859 dan 1921 menyebabkan kekacauan, badai itu memutus jaringan telegram dalam skala yang masif. Dan, badai 2012 diduga lebih berefek negatif.

“Konsensus umum di kalangan para astronom, badai Matahari pada 2012 atau 2013 akan jadi yang terburuk dalam 100 tahun terakhir,” kata dosen astronomi dan kolumnis, Dave Reneke, seperti dimuat laman News.com.au, 25 Agustus 2010.

Peringatan khususnya ditujukan untuk maskapai penerbangan, perusahaan telekomunikasi, dan siapapun yang tergantung pada sistem GPS modern.

“Bahkan bisa memutus rangkaian listrik dan ‘memukul’ satelit yang mengorbit, seperti yang terjadi tahun ini,” tambah Reneke.

Namun, ilmuwan tak begitu peduli apakah badai Matahari berikutnya terburuk dalam sejarah, ataukah separah badai 1859.

Yang jadi sumber kegelisahan adalah fakta bahwa masyarakat kita sangat tergantung dengan teknologi. Meski tak ada yang bisa memprediksikan efek badai Matahari 2012-2013 dalam masyarakat digital.

Sementara itu, Dr Richard Fisher, Direktur Divisi Heliophysics NASA, mengatakan, pukulan badai super seperti ‘sengatan’ yang bisa menyebabkan bencana bagi kesehatan dunia, layanan darurat, bahkan keamanan nasional – jika tak ada tindakan pencegahan yang diambil.

Dan Amerika jadi kampiun. Awal tahun ini AS menyelenggarakan latihan Boulder, Colorado, untuk memetakan apa yang mungkin terjadi jika bumi itu dipukul dengan badai seintens badai 1859 dan 1921.

NASA menyatakan, sesuai laporan National Academy of Sciences, jika badai yang sama dengan 1859 terjadi hari ini, kerugian diperkirakan sebesar $1 sampai $2 triliun. Perlu 10 tahun untuk pemulihan.

Saat badai Matahari menerjang, satelit diduga akan seperti berumur 50 tahun, GPS sama sekali tidak berguna. Dan ledakan badai Matahari diduga memiliki energi setara 100 bom hidrogen. Bom hidrogen memiliki kekuatan lebih besar lagi dari bom atom.
Sekadar diketahui, Maret 1954, AS telah mengujicoba bom hidrogen pertama bernama “Bravo” di Atol Bikini, Kepulauan Marshal, Samudera Pasifik. Bravo berkekuatan 10 megaton TNT atau kira-kira 700 kali energi bom atom Little Boy. Alhasil, jutaan ton pasir, batu karang, tumbuhan, dan fauna laut dalam radius 20 mil beterbangan membentuk cendawan raksasa membakar langit. Tiga Atol Bikini, yakni Bokonijien, Aerokojlol, dan Nam, tidak terlihat lagi di atas permukaan air.
“Kami tahu ini datang, tetapi kita tidak tahu seberapa buruk itu akan terjadi,” kata Dr Fisher kepada Reneke dalam edisi terbaru Australasian Science.

“Sistem akan terhenti. Suar Matahari akan mengubah medan magnet di bumi. Itu cepat, seperti petir. Itu efek matahari.”

apapun yg terjadi,yg penting kesiapan kita aja…

mantapps…
seru jg neh…hehe

siap2 sunblok ma genset nih

Berarti nanti berubahnya kutub magnet bumi akan berubah sangat cepat. Begitu letusan Corana Mass Ejection sampai ke bumi, saat itu pula kutub bumi akan berputar. Dan, seperti apa yang ditulis oleh Al Quran kitab suci saudara kita: “Apabila kamu lihat matahari terbit dari ufuk barat, itu berarti kiamat.” Tapi kalau nunggu liat terbitnya matahari, sementara berputarnya kutub bumi terjadinya malem2 waktu kita lagi enak2 tidur gimana coba?

Setelah peristiwa itu, yang akan bertahan hidup (jika ada), bukanlah mereka yang berteknologi tinggi, melainkan mereka yang kuat.
Peradaban manusia (mungkin) akan kembali ke titik nol, di mana hukum rimba berlaku.

Salam.

seru gak ya filmnya…

kalo naya seru nggak gue yakin pasti seru, bahkan lebih seru dari film 2012! Nantikan aja tanggal mainnya, Bro! :scared0015:

smoga…Yesus datang sblm hal itu terjadi… :monkeys40:

semoga aku dah nikah…punya anak dan punya cucu… sekalian deh punya cicit… dst

Tidak ada waktu Bro Freezt, mending sekarang aja paling lambat akhir 2010 married duluan. Perkara nanti dapet anak atau nggak, nggak penting. Yang penting kawin dulu sebelum gunung2 pada meletus. Gunung sinabung itu awalnya gunung tidur lho, sekarang meletus!! Jangan2 kawah raksasa dibawah Toba memang bener2 mau meletus!

ahhhh… jangan donk… aku mau menggendong anakku dan cucu serta cicitku…

haha… nanti meridnya di surga aja bro freezt…hehe

ya cepetan aja merit n hubungi fotografernya…

Siapa yang tahu juga?..tapi prediksi bisa salah…

haha… bisaan aja deh…yuk jgn malu hubungi gw…wkwk. kyknya anda tertarik bgt ama fotografernya ne…hehe

biasa… bg thegreat dah kebelet nikah…

Gue setuju ama steavan, meridnya disurga aja, sekarang pacaran. tapi kalo salah satu terangkat waktu rapture tapi satunya nggak, gimana coba?

Lho kok jadi membicarakan merid-permeridan? :smiley:

siap2 bro… lebih cepat lebih baik…