Bagaimana anda yakin telah dipilih Tuhan untuk selamat?

Rekan-rekan FK-ers, setelah mengikuti diskusi di thread predestinasi, yang umumnya dari sudut pandang Tuhan yang tentu saja mengetahui orang2 pilihannya.

Maka timbul pertanyaan dari sisi manusia, bagaimana kita yakin adalah orang pilihan yang pasti selamat.

[ol]- Apa ciri-ciri orang pilihan? Bagaimana dapat yakin sebagai orang pilihan?

  • Apakah kalau ada kebimbangan sedikit saja tentang keselamatan kita (walaupun tidak berbuat dosa, menuruti perintah Tuhan, dsb), artinya kita bukan orang pilihan?

  • Apakah kalau kita sudah yakin seyakin2nya tentang keselamatan kita (tidak berbuat dosa, menuruti perintah Tuhan, dsb), artinya kita sudah aman/termasuk orang pilihan?

  • Bagaimana membedakan orang pilihan palsu (berasa selamat) dengan orang pilihan yang sebenarnya?[/ol]

Mohon pencerahannya, terutama dari sis Rita, Bro Petra, Bro Tian, Bro Ryukorea, Bro Soter, Bro Royce, dll

rekan2 yang lain juga boleh kasih jawaban-nya …

Thx & GBU

Salah satu jawaban dari bro shipiroz

ohh pindah kesini

ya udah, saya tunggu penjelasan dari pengikutnya.

Salam Damai.

Thanks Threadnya Bro Fery.
Ikutan memantau dan belajar.

GBU
:slight_smile:

percaya, menerima Yesus sebagai Tuhan dan juru selamat secara pribadi, ^^

Salam Damai Bro Exia.

Sekalian dijawab pertanyaan dari Bro Fery_y
Maka timbul pertanyaan dari sisi manusia, bagaimana kita yakin adalah orang pilihan yang pasti selamat.

  1. Apa ciri-ciri orang pilihan? Bagaimana dapat yakin sebagai orang pilihan?
  2. Apakah kalau ada kebimbangan sedikit saja tentang keselamatan kita (walaupun tidak berbuat dosa, menuruti perintah Tuhan, dsb), artinya kita bukan orang pilihan?
  3. Apakah kalau kita sudah yakin seyakin2nya tentang keselamatan kita (tidak berbuat dosa, menuruti perintah Tuhan, dsb), artinya kita sudah aman/termasuk orang pilihan?
  4. Bagaimana membedakan orang pilihan palsu (berasa selamat) dengan orang pilihan yang sebenarnya?

GBU
:slight_smile:

waduh…
1.percaya pada Yesus…menerima Dia sebagai Tuhan secara pribadi yang kelihatan dari buah yang orang itu hasilkan…
ada kan buah2 roh ^^…
karena tidak mungkin buah yang berasal dari pohon yang baik menghasilkan buah yang tidak baik…
walau bukan berarti “jadi superman” dan tidak bisa jatuh… tapi dia akan bangkit dan tidak akan tergeletak…

2.buat saya pribadi pasti kadang ada kebimbangan… itu wajar… cuma kita akan menemuka lagi "kekuatan " yang dari Roh Tuhan dalam diri kita^^…

3.Kalau percaya … ya pasti dong…^^. masalahnya kita harus menjaga" hati" kita tu kan tiap hari tiap saat… saya tidak yakin ada yang 100% bisa mulus lus… tapi orang yang “bangkit” dan tidak menolak-Nya keselamatan itu ada buat dia

4.waduh,… dari buahnya kali ya^^

Sippp, thx bro exia buat comment-nya …

Karena di konsep predestinasi, yang sudah sudah dipilih oleh Tuhan pasti selamat sampai akhir, maka perlu ada pengecekan apakah kita termasuk orang yang dipilih atau bukan.

kalau sudah yakin dipilih kan aman sampai akhir :slight_smile: walaupun suka jatuh, bangun, jatuh, jatuh, jatuh, jatuh … akhirnya pasti bangun, dan selamat

kalau contoh buah2nya itu spt apa ya ??

kalau ada yg aktif penginjilan, tapi sombong dan arogan itu contoh buah yang mana ya ?

ya asal tetap kitanya tetap pegang teguh iman dan mau berubah ^^

Contoh buah yg di ambil dr pohon yg tidak baik,bukan kah begitu bro @Exia

5:19 Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu,
5:20 penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah,
5:21 kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu–seperti yang telah kubuat dahulu–bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.
Gal. 5:22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,

Karena TUHAN yang memilih, maka Tuhan yang tahu persis.
Oleh karena itu hanya ciri2 “LUAR” yang dapat kita ajukan, dan ini pun tidak bersifat MENENTUKAN :

a. Pengikut Kristus [orang Kristen yang percaya Allah Trinitas]
b. hidupnya memperlihatkan ciri dasar mengasihi dengan tulus, mentaati tata hidup Kristiani, menghormati kekudusan hidup
c. selebihnya tidak ada bedanya dengan manusia duniawi

Efesus
2:8 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, 2:9 itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.
2:10 Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

Saya percaya ayah mengasihi saya, karena dari perbuatan ayah, dari kata-kata beliau, dari tatapan matanya, dari caranya, bagaimana ia membanting tulang mencari nafkah, menyekolahkan kami, dll. Dan suatu waktu saya menemukan dan membaca tulisan beliau di dalam kumpulan buah pemikiran ayah, dan ternyata disitu sangat banyak tulisan ayah yang dituangkan mengenai rencana-rencananya, prestasi-prestasinya, laporan keuangannya, dan proyeksi ke depannya, semua tercantum mengenai perbuatan yang lalu, saat ini dan akan datang mengenai bagaimana ayah mengatur segala sesuatu untuk kebaikan saya dan sodara-sodara saya. Bahkan disitu ditulis bagaimana ayah menghajar kami bertiga ketika kami mengobrak-abrik tempat tidur dan membuat ibu menangis. kami di setrap, dihukum, bahkan sempat dihajar. namun disitu saya membaca bagaimana ayah menjadi sangat menyesal, dan ia sedih. tetapi di dalam ketegaran hatinya, ayah terus mencintai.

belum pernah ayah sejauh ini berbohong, atau melalaikan suatu yang penting. meskipun permintaan adik saya untuk sebuah sepeda yang ia janjikan nanti diberikannya setelah hampir 2 tahun, saya sadar, bahwa ekonomi kami saat itu lagi sulit, dan tabungan ayah habis untuk mencukupi kebutuhan dasar ketika situasi penghasilan belum baik. bahkan saya melihat bagaimana sepatu ayah saat itu sering harus disemir, dan saya melihat telapak sepatunya dijahit oleh tukang sol yang lewat.

dan saya juga melihat sebuah catatan hutang yang cukup besar dengan cicilan yang “menggigit” untuk waktu yang panjang, dengan notes “Petra masuk Fakultas: ayah berdoa engkau menjadi sarjana yang berguna”

hal yang sama saya jumpai pada ibu.

saya mengerti hal ini setelah saya sendiri beranjak dewasa. dan mata saya kemudian berair, meski saya ini anak lelaki dewasa.

dan dengan semua itu, saya semakin tumbuh dalam keyakinan yang sederhana tetapi dengan sangat baik dikonfirmasi oleh kedua orang tua itu, bahwa mereka bener-bener mencintai kami bertiga anaknya.

Kini ayah tekah dipanggil Tuhan Allah, dan tidak ada sedetik pun dari hidupku ini kehilangan keyakinan dan konfirmasi bahwa ayah saya benar-benar telah mencintai kami sekeluarga dengan cinta yang besar.

Tuhan ALLAH yang saya kasihi dalam Tuhan Yesus, dan dalam kuasa Roh Kudus, lebih dari ayah saya dalam segala hal. Terhadap ayah yang manusia biasa saya telah cukup memiliki keyakinan, maka kepada ALLAH di dalam Tuhan Yesus, saya tidak hanya yakin TETAPI SAYA MENYEMBAHNYA SEBAGAI TUHAN.

sekali saya membaca tulisan ALLAH, dan sekali saya mendapatkan konfirmasiNYA, dan banyak hal lagi … saya hanya bisa tenang dan bersyukur. Dan bukan hanya sekali, tetapi selalu terus … :slight_smile:

kebimbangan adalah sebuah sikap psikologis dalam kelemahan. kebimbangan menyiratkan grafik yang rendah dari hati dan jiwa. kebimbangan tidak identik dengan keyakinan, karena meski saya bimbang dalam banyak hal, tetapi saya yakin Tuhan menolong. oleh karena itu kebimbangan merupakan bagian yang penting dari proses pertumbuhan iman.
saya bimbang tentang bagaimana menyelesaikan sekolah ditengah keadaan ekponomi yang lemah, akal saya tidak menemukan solusi, tetapi jiwa saya dan keluarga kami berharap pada Tuhan yang tidak pernah saya lihat. dan seperti Raja Daud berkata “belum pernah kulihat keturunan orang benar meminta-minta roti”

kebimbangan saya mengingatkan kelemahan manusiawi dan keberdosaan saya, tetapi iman mengingatkan mengenai keberadaan God’s Providence yang kontinu.

kebimbangan menjadi teman penguji, tetapi pada akhirnya IMAN lah yang menuntun saya kepada Sumber Kehidupan :

Rasul Yohanes menulis :
10:24 Maka orang-orang Yahudi mengelilingi Dia dan berkata kepada-Nya: “Berapa lama lagi Engkau membiarkan kami hidup dalam kebimbangan? Jikalau Engkau Mesias, katakanlah terus terang kepada kami.”
10:25 Yesus menjawab mereka: "Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya; pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku, itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku,
10:26 tetapi kamu tidak percaya, karena kamu tidak termasuk domba-domba-Ku.
10:27 Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku,
10:28 dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.

HANYA DENGAN IMAN LAH SAYA PERCAYA BAHWA SAYA INI DOMBA KEPUNYAAN TUHAN YESUS :slight_smile:

KEAMANAN KITA DALAM KESELAMATAN bersandar pada KETEKUNAN dan KESETIAAN ALLAH, hal mana hanya dapat saya ketahui ketika dengan sederhana saya MEMPERCAYAI ALLAH.

Seperti kata-kata John Calvin, bapa Reformasi Kristen “satu-satunya keamanan bagi keselamatan saya adalah PREDESTINASI ALLAH yang sudah dilakukanNYA sejak kekal terhadap jiwaku yang malang ini …”

bagaimana John Calvin tahu itu ??? ini ada lagunya di Kidung Jemaat nomornya saya lupa :

Ku heran Allah mau membri rahmatNYA padaku,
dan Kristus sudi menebus yang hina bagai ku
Namun kutahu yang kupercaya
dan aku yakin kan kuasaNYA
IA menjaga yang kutaruhkan
hingga akhirnya kelak …

lagu kidung yang sangat indah tentang keyakinan seorang Kristen sederhana akan RAHMAT ALLAH, keyakinan yang bertumpu secara kuat dan dalam HANYA DI DALAM IMAN AKAN RAHMAT DAN ANUGERAH ALLAH DALAM YESUS !!!

mas bro fery_y :

ada ssebuah falsafah yang sederhana dari seorang kawan baik saya :

MEMAHAMI ADALAH MEMAAFKAN !!!

orang Kristen tidak perlu mencari perbandingan atau membedakan, karena semua dunia ini telah jatuh di dalam kutuk dosa …

tetapi karena Anugerah Tuhan Yesus, maka ada keselamatan yang sedang melanda dunia …

Maka : MARI KITA MENGASIHI SEMUA ORANG YANG KITA TEMUI DI MANAPUN BERADA, siapa tahu anda adalah orang yang DIPAKAI ALLAH UNTUK MELAYANI ORANG YANG DIPILIH DAN DIPANGGIL OLEH ALLAH TUHAN KITA YESUS KRISTUS

semoga cerita biasa-biasa saja ini berguna meskipun sedikit aja …

:slight_smile:

salam - Petra9

  1. Ciri2 org pilihan scr fisik tidak ada bedanya dg org pd umumnya.
    Dapat yakin sbg org pilihan umumnya melewati batas waktu yang ckp lama, suatu saat dia sendiri merasa heran mengapa dia bisa percaya bhw FT benar2 kebenaran, padahal scr jasmaniah Injil pasti dianggap konyol , juga ktk dia jatuh dalam dosa tak dinyana ada saja yang bekerja menarik dia kembali ( mirip Yunus, ikanpun bisa digunakanNya unt menelannya), dari kehendak / keinginan menjadi tdk terbelenggu hal2 yg jasmaniah, dari semua ini dan masih banyak lagi bisa meneguhkan kita bhw kita umat pilihanNya sbb tidak mungkin ada org yang bisa datang atau percaya kpdNya kalau tdk ditarik oleh Allah sendiri.

  2. Bimbang diawal2 bisa terjadi, lewat pembelajaranNya menjadi tdk lagi, jth dlm dosa bisa terjadi ttp setiap jatuh terasa ada suatu pertentangan yg membuat kita tidak sejahtera shg pasti sgr ingin dibereskannya ( tdk berkubang ).

  3. Yakin, tdk hanya dimulut ttp lbh pada perbuatan.
    Aman? tentu saja tdk gegabah demikian sbb: FirmanNya " barang siapa bertelinga hendaklah mendengar" , juga diperingatkannya " ada yang dicoret dr kitab kehidupan ", peperangan rohani akan berlangsung sampai kita meninggal dunia, atau keburu diangkat.

4 Selamat Sejati : Roh kita bersama2 dg Roh Kristus memerintah daging kita, keinginan daging kita sudah dipatahkan, menyampaikan Injil selalu tanpa ada target2 pribadi ( Allah harus semakin mulia, kita sbg pemberita akan semakin kecil ).

Selamat palsu : umumnya di akhir zaman ini membawa Injil pekerjaan( bkn Injil kasih karunia ), kehendaknya ( daging ) semakin dominan , semua Injilnya diarahkan unt kemuliaannya sendiri ( semakin mulia/besar ), pada akhirnya secara halus akan membawa org kpd belenggu jasmaniah dan penyembahan berhala.

@Bro Petra,

Thanks banyak buat sharing-nya, :afro:

karena latar belakang saya kharismatik, jadi sudah tertanam bahwa bagaimana kondisi saya di akhir kehidupan saya (apakah kudus dan berkenan pada Tuhan, atau sedang berdosa baik sengaja maupun tidak dan belum memohon ampun) akan menentukan kekekalan saya.

Point-nya adalah kalau saya sudah menyadari bahwa Tuhan telah memilih saya dari semula, maka kekhawatiran di atas tentu tidak terlalu dipikirkan lagi, benar begitu bro?

Tuhan pasti akan menjaga saya sampai akhir, karena kalau ada dosa yg dilakukan (misal tiba2 marah karena satu hal, dan blm sempat minta ampun tiba2 langsung dipanggil Tuhan) namun karena Tuhan telah memilih saya dari semula, maka akan tetap selamat.

Apakah kalau saya beriman dan yakin bahwa Yesus adalah Tuhan dan menerima-Nya sebagai Juruselamat pribadi saya maka saya orang pilihan bro?

GBU

Alkitab berkata bahwa anda masuk sorga BUKAN BERDASARKAN “KONDISI ANDA” … tetapi HANYA OLEH ANUGERAH TUHAN YESUS !!!

Alkitab tidak mengajarkan bahwa keselamatan kita AKIBAT STANDING POSITION AKHIR manusia, dalam istilah anda “bersih” atau “berdosa” pada saat terakhir …

satu-satunya yang menyelamatkan kita adalah KARENA ALLAH BAPA MENGASIHI SEJAK KEKAL, TUHAn YESUS menebus orang-orang yang dikasihi Allah Bapa, dan Roh Kudus memelihara jiwanya sampai kekal …

BAPA —> memilih engkau (fery)
YESUS —> menebus engkau (fery) dengan darahNYA
ROH KUDUS —> memelihara jiwamu (fery) selamat sampai kekal

apakah my bro fery berpikir bahwa ada kuasa yang DAPAT MEMUTUSKAN RANTAI KUDUS DARI KEHENDAK ALLAH TERSEBUT ???

tidak ada my bro :slight_smile:

coba selidiki Kitab Suci …

[color=blue]
mungkin pertama anda ingin percaya, lalu bro mentaati, lalu bro menemukan diri bimbang, lalu bro menjadi yakin lagi, dan setelah terus menerus mendengar Firman Tuhan, lalu menjadi kuat. dan akhirnya iman menjadi teguh. dan timbul kesadaran akan hadirnya iman, dan ketundukkan yang tidak pura2 kepada kuasa kedaulatan Allah, lalu timbul kesadaran SIAPA ALLAH …

ups …

sekarang anda sadar bahwa yang PALING PENTING adalah ALLAH, dalam Tuhan Yesus dan kehadiran Allah Roh Kudus

selamat … anda telah menang !!! :slight_smile:

dengan terjadi switching in your mind : DIRI SENDIRI ----------------> TUHAN ALLAH

maka welcome my friend, anda telah mengerti sekarang … :slight_smile:

sehingga perhatian anda tidak dibutakan lagi oleh tipuan mengenai saya harus begini, saya harus begitu, saya harus melakukan ini itu, dll … tetapi anda fokus sekarang pada : YA TUHAN YESUS, HAMBA BERSYUKUR, JANGAN KEHENDAKKU YANG JADI, JADILAH KEHENDAKMU DI BUMI SEPERTI DI SURGA :afro:

CHRISTOCENTRIS ----> Yesus Kristus menjadi sentral anda, bukan diri anda lagi :slight_smile:

my bro, anda telah terbelenggu begitu lamanya dengan TAURAT KEBENARAN DIRI itu, coba renungkan lagi sabda kudus Tuhan kita Yesus Kristus :

Matius 11:28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

my bro, Ahli2 Taurat telah memberikan beban luar biasa kepada orang Yahudi yaitu BEBAN MENGERJAKAN TAURAT AGAR DISELAMATKAN … tetapi Tuhan Yesus berkata IA akan memberikan kelegaan …

apa kelegaan yang Tuhan Yesus berikan ??? yaitu ANDA SELAMAT KARENA IA (YESUS) MENGASIHI ANDA … thats it … so simple … TIDAK ADA TAURAT :slight_smile:

my bro fery … coba resapi dialog antara Tuhan Yesus dan rasul Petrus ini :

Matius
16:15 Lalu Yesus bertanya kepada mereka: “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?”
16:16 Maka jawab Simon Petrus: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!”
16:17 Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga.
16:18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.

===
kesanggupan manusia untuk mengenali bahwa Yesus Kristus adalah Mesias, Anak Allah datang dari Allah, yaitu Allah Bapa yang menyatakan itu.

Jadi sekali lagi KESANGGUPAN ANDA BERIMAN KEPADA YESUS hanya bisa terjadi TATKALA ALLAH BAPA MEMILIH ENGKAU UNTUK MENJADI PERCAYA KEPADA TUHAN KITA YESUS …

jadi ketika my bro fery MEMILIKI IMAN AKAN KETUHANAN YESUS, maka saat itu sudah timbul keyakinan yang besar bahwa ALLAH TELAH MEMILIH ANDA UNTUK MENGETAHUI ITU … dan ini sudah merupakan modal yang sangta besar bahwa anda orang yang kepada siapa ALLAH BAPA menyatakan kemuliaan diriNYA, yaitu diri ANAKNYA TUHAN YESUS KRISTUS …

jadi yakinlah sekarang my bro … jangan lagi tidak percaya :slight_smile:

salam - Petra9

Bro petra, saya sebuah kesaksian yg nyata

suatu hari teman saya datang ke rumah
tengah2 ngobrol, ada tlp masuk ke hp teman saya
dia bicara cukup lama, sekitar 15 menit.

yah saya gak mau tanya masalah apa …

pas 31 des, temen saya mengajak saya ke grjnya
acara tahun baru
ok dah saya ikut.

temen sy satu aliran dgn petra

habis acara kebaktian, temen saya ketemu dgn seorang temannya, sesama pelayanan di sana, rupanya

dia ngobrol di sebuah ruangan, berdua.
lamaaaaa sekali
sampai 1 jam lebih, saya di tinggal gitu aja di luar ruangan itu.
sudah tengah malam, mau pulang, eehh dianya asik aja ngobrol berdua

waktu pulang temen saya (si A) cerita :

temennya itu (sebut si X) , yg sesama pelayanan, minta dia untuk menghadiri suatu upacara
upacara yg serius, yakni si A diminta menjadi saksi
saksi kalau si X mau menjadi mualaf.

pacarnya si X, orang sebrang… mau married.

and, selanjutnya, saya tidak mau ikut campur lagi.

ternyata orang pilihan, juga siap2 mualaf toh

hati2 loh bro petra.

Kalau mau jadi mualaf, ya bukan orang pilihan… Ckckckck… Keselamatan ditukar oleh CINTA pada cewek(yang fana)! Bukan main… G****Knya!

16:27 “Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya.”
20:12 Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.
20:13 Maka laut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan maut dan kerajaan maut menyerahkan orang-orang mati yang ada di dalamnya, dan mereka dihakimi masing-masing menurut perbuatannya.
20:14 Lalu maut dan kerajaan maut itu dilemparkanlah ke dalam lautan api. Itulah kematian yang kedua: lautan api.
20:15 Dan setiap orang yang tidak ditemukan namanya tertulis di dalam kitab kehidupan itu, ia dilemparkan ke dalam lautan api itu.

coba selidiki Kitab Suci ....
Sudah ;D ;D ;D
Matius 16:15 Lalu YESUS bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?" 16:16 Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!" 16:17 Kata YESUS kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. 16:18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.

===
kesanggupan manusia untuk mengenali bahwa YESUS KRISTUS adalah Mesias, Anak Allah datang dari Allah, yaitu Allah Bapa yang menyatakan itu.


Freewill Petrus menerima bisikan dari ROH KUDUS bahwa YESUS KRISTUS adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!

Sama seperti Maria mengatakan:

Aku ini hamba TUHAN, terjadilah padaku menurut perkataanmu :slight_smile: