Bagaimana cara bergaul yang baik ?

shalom teman-teman,

Begini temen" …
Tentang pergaulan dikantor dan gereja dan komunitas.

Untuk pergaulan aku dikomunitas sangatlah baik banget, terdapat orang" yang membangun, berkarakter yang baik dll.
Itu tidak bermasalah.

Untuk pergaulan di gereja, ada yang membangun ada yang tidak, ada yang berkarakter yang baik ada yang tidak. Jadi sekarang aku lebih mempunyai komunitas tersendiri (orang yang membangun dan berkarakter baik) didalam gereja, lebih memisahkan diri terhadap yang lain (orang-orang yang tidak membangun dan tidak berkarakter baik).
Apakah itu hal yang benar ?
Seharusnyakan komunitas dalam gereja harus bersatu.

Untuk pergaulan di kantor, sangatlah buruk, terdapat orang" yang suka menjatuhkan, selalu ngomong jorok baik pria mapun wanita, intinya negatif semua.
Dalam lingkungan seperti itu, jika aku bersama-sama dengan mereka, aku lebih banyak diam dan tersenyum, dan ga ngerti harus ngomong apa, sedangkan yang mereka bahas selalu hal-hal yang negatif, kedoyanan mereka.
Apakah yang harus aku lakukan ?
Harus memisahkan diri terhadap mereka atau bergabung ama mereka tapi selalu diam dan tersenyum ^^ atau apa ?

kalau karakter yang tidak membangun itu membuat willy ikut rubuh… ngga terbangun .tinggalkan
ttp kalo karakter mereka ngga mempengaruhi willi …gabung aja…
justru di situ pakai kesempatan buat mereka yang berkarakter tidak baik… untuk tergarami oleh karakter willy yang baik…

So… jadilah terang di tempat yang gelap … spy sinarmu bercahaya…

Seharusnyakan komunitas dalam gereja harus bersatu.

Untuk pergaulan di kantor, sangatlah buruk, terdapat orang" yang suka menjatuhkan, selalu ngomong jorok baik pria mapun wanita, intinya negatif semua.
Dalam lingkungan seperti itu, jika aku bersama-sama dengan mereka, aku lebih banyak diam dan tersenyum, dan ga ngerti harus ngomong apa, sedangkan yang mereka bahas selalu hal-hal yang negatif, kedoyanan mereka.
Apakah yang harus aku lakukan ?
Harus memisahkan diri terhadap mereka atau bergabung ama mereka tapi selalu diam dan tersenyum ^^ atau apa ?

sama … yah… baik di gereja maupun di kantor… saya rasa sama…
sikap nya sama dengan saran di atas

@willytrisno
kebiasaan buruk gampang bgt nularnya, kalau kebiasaan baik susah buat di adaptasi.

Di kantor sy juga ada yang seperti itu. Maksudnya suka gosipin orang. Awalnya saya juga bingung sama seperti Anda. Jadi ya saya cuma menghindar aja kalau lagi gosipin. Tapi ya lama2 mereka juga suka nanya pendapat saya ttg gosip tsb. Awalnya saya cuma bilang gag bisa berkomentar, tapi lama2 ya malah ke bawa2.

Akhirnya sadar juga tnyata sy udah kebawa2 (sadar gag sadar). Makanya kalau di tanya pendapat lagi seperti itu saya akan berpendapat dengan keras, saya berusaha tidak mengahkimi atau ikut nambah gosip tapi coba menjawab sesuai alkitab. Nah tapi kalau kamu lakuin itu, ya mank jadi kaya beda sndiri gt. Bisa jadi malah gag di senengin sama yang lain. Itu mah pilihan.

Pilihan lainnya ya, saya cari teman lain aja di kantor, masa semua orang lainnya di kantor sama semua :stuck_out_tongue:

jadilah terang diantara gelap.
saya rasa dengan ungkapan itu semua jelas :slight_smile: