bagaimana cara memaafkan

Saya kristen satu-satunya di keluarga.
Saya ngerti kalau sebagai anak Tuhan, kita janganlah dendam dan jadi pemaaf juga pengasih.
Namun, orang tua (mama) sering curhat sama saya. Mama bukanlah kristen, jadi aku rasa adalah normal buat mama tidak menyukai orang lain.
Keluarga besar ku dari papa memang tidak akrab dengan keluarga ku, mama pernah bilang kalau keluarga papa nganggap pribumi sebagai mata duitan.
Aku ingin memaafkan sepupu dan paman serta tante ku juga para pegawai di toko ku namun setiap saat mama curhat, aku malah benci lagi.
Dan saat ini aku merasa mama ku nambahin beban aja.
I want to forgive, I want to be good listener, I respect my mom.
Contoh:

  1. Aku ngucapin selamat ultah ke sepupu, dan komen kasih salam ke sepupu yg lain.
    Mama bilang ga perlu, karena ga terlalu dekat dan mereka org nya begitu.
    Mama bilang sepupu ku ngegampangin aja, ambil barang dari toko ku seenaknya yang mahal dan cuma bilang yang itu disaat papa ga ada
  2. Aku ga mau marah dan ambil pusinh lagi masalah pegawai di toko. Namun ketika mama bilang pegawai pada tidak datang, rasanya emosi lagi.
    Anyway, how should I respond to mama.
    Masalah lain kayanya aku berusaha membuat mama ku senang deh.

SaltLight, kamu sudah coba bantu mengatasi persoalan yang dihadapi mamamu atau diskusi bagaimana cara terbaik. Misalnya, pegawai tidak datang, apa penyebabnya, apa tindakan yang harus diambil, dsb, begitu juga bila ada yang mengambil barang, harus ditulis, dilaporkan, dst. Kalau komentar mamamu agar nggak usah kasih selamat, diskusikan saja bahwa kamu rasa itu perbuatan yang benar, dan apa tanggapan mamamu, mungkin malah mamamu yang akan terpengaruh oleh pikiran positifmu, bukan sebaliknya, ya nggak?

Setiap orang, pasti punya prinsip ‘ketika kamu berbuat baik, saya pun akan berbuat baik.’ Sayangnya, mamamu gak mendapatkan perlakuan seperti itu. Ketika sepupumu/ pegawai seniormu ambil barang seenaknya, ya… kamu ajarin mamamu supaya berbuat tegas. Bagaimanapun itu barang dagangan… Jangan mentang2 punya sodara ato udah senior lantas maen ambil seenaknya. Klo tegas, orang pun akan mikir dua kali untuk mempermainkan.

  1. About saying hepi birthday… Mamamu lagi sakit hati, makanya dia ngomong kayak gitu. Tapi, klo mo ngucapin ya… sebaiknya jangan yang suka ngambil barang dulu aja… Jelasin, itu enggak ada hubungannya ama barang dagangan, tapi semata2 karena semangat persodaraan. Tokh, nggak ada salahnya bersodara ?! Right ?! :azn:
  2. becoz your mother lagi bitterness, so u must cover yourself with doa. Kebaskan semua kepahitan mamamu. Biar enggak transfer ke kamu… Mama marah, kamu ikutan marah. So, u must tolak itu smua. Ajarin mama buat hentikan masalahnya. Enggak diem ajah. So, kmu enggak kudu denger masalah mulu. Tuhan Yesus menyertai !!