Bagaimana cara menghindari gosip dan akibat2nya

Orang yang tidak jujur menyebarkan pertengkaran, dan penggunjing memisahkan sahabat karib (Amsal 16:28), Sebagai Tubuh Kristus, kita tidak harus memulai perkelahian dan memutuskan persahabatan. Sebaliknya, kita harus saling membangun dalam masyarakat dan menunjukkan kasih sayang dan cinta melalui perhatian kita kepada sesama.

Bagaimana Gosip bisa melukai kita
Anda mungkin berpikir bahwa jika Anda mengatakan pada salah satu teman suatu rahasia mengenai teman lain dan mereka berdua tidak saling mengenal maka itu tidak akan menyakiti siapa pun, kan? Salah.
Bergosip membuat Anda terlihat jahat dan tidak dapat dipercaya. Bila Anda tidak dapat menjaga kepercayaan dari mereka yang percaya pada Anda, kemungkinan Anda akan berakhir sebagai orang yang kesepian. Ketika anda mengatakan hal-hal tentang orang lain kepada saya, bagaimana saya tahu bahwa Anda tidak mengatakan kepada orang lain tentang saya?
Selain itu tingkat kecemasan orang yg suka bergosip lebih tinggi karena mereka takut ketahuan telah menggosipkan orang lain. Siapa mengumpat, membuka rahasia, sebab itu janganlah engkau bergaul dengan orang yang bocor mulut. (Amsal 20:19)

Bergosip melukai hati Tuhan
Tuhan sangat mengasihi anak2Nya dan apabila salah satu anakNya digosipkan dan dilukai maka Tuhan akan ikut bersedih karena Tuhan menciptakan manusia sesuai gambarNya. Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka. (Kejadian 1:27)

Bagaimana Menghindari Gossip
Jadi, bagaimana caranya anda bisa menghindari kebiasaan bergosip? Kadang-kadang, menjaga kepercayaan berarti tidak berbagi informasi dengan orang orang disekitar anda. Misalnya kalau ada orang yg curhat kepada kita tentang masalah mereka, kita harus menyimpan informasi tersebut buat kita sendiri dan apalabila kita ingin membagikannya kepada orang lain kita harus meminta ijin kepada orang yg bersangkutan lebih dahulu, kalau orang tersebut tidak setuju maka sebaiknya kita tidak menceritakan rahasia orang tersebut kepada orang lain, dengan begitu kita bisa bertumbuh secara rohani.

Bagus sekali renungan ini. Saya mau meninggalkan gosip.