bagaimana caranya bergaul dengan non-believers?

Bagaimana kita bergaul dengan non-believer?
What should we do when people in our group are gossiping?
How to not be influenced by them?
(When I am with believers, I can be passionate and when I am with nonbelievers, I am full of doubt, I even doubt the existence of God.

Masakan garam bisa menjadi tawar?
:smiley:

Belajarlah dari mereka, dan bertukar pikiranlah dengan mereka. Tapi jangan menjadi seperti mereka.

1 Korintus 9:20
Demikianlah bagi orang Yahudi aku menjadi seperti orang Yahudi, supaya aku memenangkan orang-orang Yahudi. Bagi orang-orang yang hidup di bawah hukum Taurat aku menjadi seperti orang yang hidup di bawah hukum Taurat, sekalipun aku sendiri tidak hidup di bawah hukum Taurat, supaya aku dapat memenangkan mereka yang hidup di bawah hukum Taurat.

MUNGKIN, cara rasul paulus di atas bisa dipraktekkan. Tapi PLEASE hati-hati menafsirkannya supaya jangan sampe kebablasan.

Jadi kalau org bergosip, maka ikut jadi pengosip?
(Jk)
Jujurnya, aku malah yg mulai bergosip dan lebih parah lagi, aku tau Tuhan ga suka org bergosip.

Jangan dipikirin, disiplinkan diri untuk tdk bergosip dan cari aktivitas bermanfaat.

Tapi bergosip emang asik koq.
Saya yang gak suka bergosip aja kadang nyesel, “kenapa ya saya tidak dilahirkan luwes bergosip?”

  1. How we having fellowship with non believer ? First, dont arguing/ debating with them if u are not ready.
    When they sick, u visit them than praying with the name of Jesus. When they feel so lonely, accompany
    them. So they see that god never leave them like u never leave her/ him. Show your hospitality, kindness,
    etc
  2. You just quiet. No comment at all. How not to be influenced ? You must keep your mind and your heart.
    No, Jesus and word of god i refuse it.
  3. i am interested with your statement “When I am with believers, I can be passionate and when I am with
    nonbelievers, I am full of doubt, I even doubt the existence of God.” Have you read First Corinthians
    chapter 15 verse 33 ? Be careful with your lingkungan bergaulmu. Pilihlah pergaulan yang membuatmu
    closer and closer with HIM, more encourage, and off course, more positive for your mind.

Wah, kudu ati-ati tuh, masbro. Ntar jadinya bukan TRUE WORSHIPPERS tapi TRUE GOSSIPPERS!

TRUE GOSSIPPERS : Gossip in speed but not in truth.

However, believe it or not, gossip itu memerlukan skill lho bro…
Suwer…

gosip memang memerlukan lidah yang LONCER (ONANI LIDAH)

Ok. Thanks jawabannya
BTW, aku bingung bagaimana buat ga terpengaruh sama keluarga sendiri (ortu, adik2)?
I am quiet confused as what mom and dad told me to do may not be according to the bible.
And what the bible said may not be allowed by my parents

Kamu pasti tau kan Firman Tuhan itu ya dan amin, i mean, emang benar pasti terjadi jika kita percaya dan mau untuk menerima setiap perkataan Tuhan. Tp gimana kalo bertentangan dengan orangtua? coba deh tanya sebaliknya, gimana kalo orangtua bertentangan dengan Tuhan?
Sebenernya setiap manusia pasti udah tau mana hal yang baik dan engga. Itu alami dari pertama kali kita diciptakan. Tapi…roh memang penurut tetapi daging LEMAH. Banyak orang sekarang semakin aneh2 didunia ini, karena mereka “hanya” hidup didalam daging, tapi roh diabaikan. Hidup lewat roh pasti kamu bakal tau jalan mana yang bener.

gaperlu jadi pembangkang atau anak durhaka kok. Tetep hormati orang tua dan lakukan apa yang orangtua katakan, TAPI dengan tujuan menyeleraskannya dengan Firman Tuhan. Jadi orangtua kamu bisa melihat Tuhan melalui kamu :afro:

emang ortu agama apa?

Mama = islam karena lahir di keluarga islam (sangat2 liberal. Nikah sama non-islam)
Papa = agnostik (percaya Tuhan ada)

Kenapa mereka menolak untuk mengikuti apa yang dituliskan dlm bible ?

  1. Karena mereka punya benteng pemikiran bahwa Kristen tu sesat, dan logika2 manusia lainnya. So, u
    musti rajin2 doa hancurkan benteng2 pemikiran itu. The weapons we use
    in our fight are not made by humans. Rather, they are powerful weapons from God. With them we
    destroy people’s defenses, that is, their arguments 2Kor 10:4 versi God Words for all the Nations
  2. Karena mereka belum pernah mengalami perjumpaan pribadi dengan Yesus. So, berdoa juga agar mereka
    mengalami perjumpaan pribadi dengan Kristus. Well, your family problem is a chance to announce HIM as
    the savior for them.

So what you should to do ?

  1. Ignore anything they said about HIM. You must keep HIS PROMISE and your faith.
  2. Pray, pray, and pray bila perlu fasting for them.
  3. Be the salt and light in your family.

Wah, bagus dong.
Tidak ada masalah bagi mereka bahwa anda jadi Kristen kan?
Saya juga dulu sempat agnostik koq.

Lebih baik jika seseorang jadi atheis, atau agnostik, atau apa aja lah sebelum jadi Kristen, ketimbang jadi Kristen duluan baru belakangan nyadar bahwa dia tidak tahu apa-apa tentang kekristenan, malah akhirnya jadi atheis, dll.

2Pe 1:5 Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan,
2Pe 1:6 dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan,
2Pe 1:7 dan kepada kesalehan kasih akan saudara-saudara, dan kepada kasih akan saudara-saudara kasih akan semua orang.

Makanya, susah jadi Kristen kalo cuman modal Alkitab doang.
Jadi Kristen WAJIB hukumnya belajar sejarah.
Ingat JAS MERAH nya Bung Karno.
Tanpa berpegang kepada sejarah, kekristenan hanya akan bernasib sama dengan sekte-sekte gnostik yang hanya bertahan selama beberapa ratus atau bahkan puluhan tahun saja.
Tanpa belajar sejarah, akan sangat mudah bagi anda untuk dibuat bingung oleh para non-believers.

Bergaul biasa saja,
tapi ttp pertahankan iman dan perbuatan yang sesuai dengan firman Tuhan
tmen2 saya agama lain smua and saya justru lebih akbrab dengan mereka di kampus ketimbang yg kristen

Tuhan mau kita jadi terang di tempat yang gelap lohh
bukan jadi terang di tempat yeng terang (sia-sia)

saya setuju dengan bro Rodgerick…
lihat sisi positifnya…
suatu hati mereka bisa berubah…

semangatt

Manusia tidak bisa lepas dari bergosip itu fakta, yg penting kadarnya blm sampai kepada fitnah. Saya rasa anda bisa pilah2 sendiri mana kawan2 yg baik atau tidak, dan jangan segan untuk berkata tidak dan menyingkir bila dirasa pergaulan itu buruk.

1 Kor 15:33 Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.