bagaimana caranya masuk katolik?

sya muslim 22 thn d bandung, dr SD sampe SMA skul d skulahan yayasan katolik.
jadi sya lbh pham ttg agma katolik dr pda agma sya sndri.
sya minat sekali untuk masuk katolik,
tapi bagaimana caranya? tdk ad yg bisa membantu dan membimbing sya.
sya hrus kmna?
berkonsultasi dgn siapa?
kalo sya k greja kira2 pada wktu kpn sya bsa berkonsultasi dgn romo ny?
mksh y? :wink:


saya tidak tahu apk anda benar2 muslim ? atau sekedar mengaku muslim, kelihatannya anda kurang banyak mempelajari ajaran muslim, saran saya perdalam ilmunya dan anda akan tahu lebih banyak.

saya tidak dalam kapasitas melarang keputusan anda, karena itu adl hak anda, saya hanya menyarankan janganlah menjadi MURTAD.

keputusan sya sdh ykin.

Damai bagimu Fect.

Ditinjau dari politik, Anda sudah dewasa, karena harusnya sudah punya KTP, dan dalam pemilihan umum, Anda sudah punya hak suara. Ditinjau dari biologis, mengingat Anda bersekolah di persekolahan Katolik (tentu kalau itu persekolahan SLB, rasanya, pasti Anda informasikan), saya yakin Anda sudah dewasa, karena alat reproduksi Anda sewajarnya sudah berfungsi sebagaimana harusnya. Ditinjau dari keperdataan, Anda sudah dewasa karena sudah berusia diatas 21 tahun.

Namun, saya tidak dapat memastikan apakah Anda sudah dewasa dalam hal mental dan ekonomi, dalam arti, tingkat ketergantungan Anda kepada Orang Tua. Bila secara mental, mengingat Anda sudah selesai SMA, kayaknya saya cenderung mengatakan bahwa Anda “sudah dewasa”. Dari sudut ekonomi, mengingat usia Anda yang 22 tahun, besar kemungkinan Anda masih “menetek” kepada Orang Tua.

Dari informasi itu semua, menyikapi keinginan Anda yang ingin menganut Katolik, saya ingin usulkan begini. Apapun dan bagaimanapun kondisi Anda saat ini, tidak dapat dilepaskan dari peran Orang Tua (saya menganggap segala sesuatunya normal, bahwa Anda bukan dari suatu panti asuhan yang tidak mengetahui asal-usulnya). Karena itu, sebaiknya Anda konsultasikan lebih dahulu dengan Orang Tua Anda tentang keinginan Anda itu.

Kalau tidak salah, TIDAK SEMUA ORANG TUA MUSLIM BERPANDANGAN MODERAT TERKAIT DENGAN AGAMA. Sementara, menurut iman Kristen, Orang Tua itu dipandang sebagai Tuhan Yang Kelihatan bagi seorang anak. Karena itu, maka Anda harus menginformasikan keinginan Anda kepada Orang Tua, untuk mengetahui sikap mereka. Untung-untung kalau sikap mereka seirama dengan keinginan Anda. Kalau bertentangan, wuaahh… jika Anda tanpa tedeng aling-aling langsung mewujudkan keinginan Anda berpindah kiblat, akan terjadi keretakan keluarga. Keretakan keluarga itu tidak diinginkan Katolik.

Jika restu Orang Tua, atau setidaknya kenetralan Orang Tua sudah ketahuan, maka Anda datangi saja paroki terdekat kepada daerah domisili Anda, cari Ketua Dewan Paroki, atau kalau stasi maka cari pengurus stasi, utarakan niat Anda. Kepada Anda akan diberitahukan syarat-syarat apa saja yang harus Anda penuhi, untuk dapat diinisiasi sebagai warga Katolik. Yang pasti, Anda harus menjalani Katekisasi.

Itu usul dari saya. Diterima syukur, ndak diterima ndakapa-apa.

Damai, damai, damai.

apakah ada alasan lain selain karena kurang memahami ajaran islam ?

sejauh mana anda memahami ajaran katolik ? terus terang pengakuan pemahaman katolik anda justru diragukan, shg anda meminta bantuan dan bimbingan dari katolik.

[quote author=malachite link=topic=42858.msg648990#msg648990 date=1334893346]
apakah ada alasan lain selain karena kurang memahami ajaran islam ?

sejauh mana anda memahami ajaran katolik ? terus terang pengakuan pemahaman katolik anda justru diragukan, shg anda meminta bantuan dan bimbingan dari katolik.
[/quo

sya hafal doa rosario bhkan sat sya ikut berdoa sya mndpatkan ktenangan.
ibu sya sj katolik tp beliau tdk prnh mau mngjarkan nya kpd sya.
sya hrus mncri tahunya sndri. sya ingin meminta bimbingan berupa bagaimana sya mengutarakan niat sya d dpan pastur n sya pada waktu kpan pastur ad wktu untuk mendengarkaN niat sya in.

sya hafal doa rosario bhkan sat sya ikut berdoa sya mndpatkan ktenangan.
ibu sya sj katolik tp beliau tdk prnh mau mngjarkan nya kpd sya.
sya hrus mncri tahunya sndri. sya ingin meminta bimbingan berupa bagaimana sya mengutarakan niat sya d dpan pastur n sya pada waktu kpan pastur ad wktu untuk mendengarkaN niat sya in.

nah jelas sudah, anda sebenarnya tidak memahami katolik spt yg anda kira, pelajarilah ajaran pertamamu, jika itu bukan panggilanmu, kamu juga hrs tetap memahami ajaran yg akan kamu anut, jangan hanya ikut2an karena desakan2 tertentu.

sma skli tdk ad pksaan. sya d pksa ikut ayah sya sbgai muslim. keinginan sya in sjak sya msh SMP. maav, ap kh anda katolik? klo tdk ad yg mndukung n mengarahkan niat sya in, lbh baik sya lngsung dtng k paroki sja. trma ksh.

malachite bukan kristen dan bukan katolik

kamu tanya keparoki terdekat [kamu tinggal], hubungi romo paroki dan kalo sudah daftar ikut katekumen setelah itu kamu akan menjadi bagian dalam keluarga katolik [kristen]… :slight_smile:

Betul, datang aja ke paroki terdekat. Atau klo ragu minta antar sm temen katolik aja. Daftar ikut katekumen. Terus ikut kursus katekumen selama 3-4 bulan, jadwalnya negotiable tergantung miss perfect bisanya kapan. Klo saya, 2 kali seminggu, cuma 1.5 jam sehari. Rame2 sama temen2 katekumen yg lain. Gak perlu mengucapkan syahadat katolik dalam tahap ini.

Setelah selesai katekumen baru bs meneriima sakramen permandian. Tahap ini miss perfect sdh bs dikatakan katolik. Ikuti aja tahap2nya, gak ribet, cm perlu waktu aja.

napa pada bertengkarsih…
klpun ada yg ingin masuk keagama katolik itu pilihan dia,kt sebagai orang kristen harus sling megasihi satu sm lain… :afro: