bagaimana caranya mengampuni

apakh mengampuni itu susah atau gampang ?

Gampang kalo dilakukan bersama dengan TUHAN :coolsmiley:

Mengampuni itu gampang kalau sudah
benar-benar mengalami namanya pengampunan dari Tuhan Yesus.

gampang,

ampunilah.

gampang" ssh

gampang kl u ijinkan Tuhan tuk memulihkan hati u yg terluka

ssh na butuh wkt tuk lupakan rs skt yg di alami

gampang atau susah tergantung hati si manusia.

kalo dia emang tau diri, maka dia akan mudah memaafkan sesamanya
tapi kalo dia gak bisa mengampuni.,… berarti dia gak tau diri… karna Tuhan aja udah mau mengampuni dia,
masa dia yang cuma manusia biasa gak mau mengampuni sesamanya??..

jadi kalo mau jadi manusia yang benar… harus gampang mengampuni

susah, tapi kudu

ehmmm… harus bisa mengampuni !

GAMPANG, cuma satu : MELUPAKAN
baca di : https://forumkristen.com/index.php?topic=7974.0 :happy0025:

apa salahnya kita bilang Maaf duluan…
maka smua akan lancar…

Gw udah coba menyapa orang yg membenci gw
Bahkan gw yang minta maaf meskipun gw gak ngerasa salah
Eh malah tuh orang ngerasa kaya yg paling bener aja
Males banget deh

Asal punya kerendahan hati pasti mudah. Yang penting kita da mnt maap n memaafkan trus g ngungkit2 lagi alias serahin aja biar Tuhan yang turun tenang pasti beres. Kalo masih kepikiran terus jangan berharap bisa tenang meskipun diri situ sendiri da ‘bilang’ sudah maapin. Karena sama aja laen d mulut/pikiran laen di ati

itu da resiko,

hrap maklum ja,
jgn jd mles.

toh, kan km yg dapat “upah” dari-NYA.
bukan dia.

gampang kalau mempunyai waktu panjang buat melupakan.

kalo hanya melupakan bukan berarti dia udah memaafkan

karna melupakan hanya masalah memori
tapi masalah memaafkan itu masalah hati

bersihkan hatimu.

gampanglah…tapi itu semua sebenarnya tergantung sama kamu sih…kalo kamu masih dendam sama org itu, pasti kamu gak bakal ngampunin orang itu…tapi kalo kamu udah ikhlaskan kesalahan orang itu, pasti kamu udah lebih mudah mengampuni orang itu

pikirin kembali semua dosa2 yg telah dilakukan, trus pikirkan kalo Tuhan mau mengampuni semua dosa kita. trus, bandingkan dosa orang yg mau kita ampuni dengan dosa2 kita, masa dosa yg kecil yg orang lain aja gk mau diampuni?

datengin orangnya bilang “maafin gw”

selesai… whuwhwuhwuhw

susah atau gampang? yang pasti HARUS…