Bagaimana caranya menghadapi lawan bicara yg tidak nyambung ???

Kalau ada yg punya cara jitu menghadapi orang seperti ini, tolong di share deh.

Sayang sekali forum bagus begini dikotori oleh lawan bicara yg agak kurang levelnya.

Terima kasih.

paling sedikit ada dua jenis lawan diskusi yg harus diketahui

Pertama:

Galak mencaci maki.
Secara psikologis ini melambangkan ketidakberdayaannya untuk berdebat atau menghadapi argumen seseorang. Sehingga muncul mekanisme pertahanan psikologis agar dirinya tetap merasa berarti dihadapan lawan diskusi. Yaitu dengan cara menghujat sisi personal seseorang. Dalam hidup nyata sehari-hari inilah tipologi preman jalanan. Kalah bicara dengan Otak maka lari dengan menggunakan OTOT.

Kedua:

Banyak berkotbah, nasehat dan mengutip Kitab Suci
Ini melambangkan yang bersangkutan tidak punya pemahaman. Tetapi hanya bisa mengutip dan menghafal nasehat-nasehat klise. Sebenarnya yang bersangkutan tidak berdaya menghadapi lawan diskusi. Tapi dia menempuh cara bertahan defensif. Yaitu berpayung pada nama-nama tokoh besar, para pendeta, Kitab Suci dan sejenisnya, untuk dijadikan tameng dari ketidakberdayannya. Sehingga dia, menurut perasaannya tampak menjadi hebat, berwawasan, dan lebih-lebih merasa dirinya lebih mulia, arif dan suci dihadapan lawan diskusi.

untuk menghadapinya dicuekin saja…ga usah dibalas…krn tidak ada gunanya…ibarat mutiara dikasih ke binatang akan diinjak-injak…jd ga perlu ngoto dengan orang seperti ini…di cuekin dan dianggap ga ada…beress

salam
www.depan.org

Shalom Bro JPIII,
Dengarkan St hendak bicara hehehe :smiley: just Kidding, Kan pertanyaan Bro adalah “Bagaimana caranya menghadapi lawan bicara yg tidak nyambung ???”

  1. Mungkin lawan bicara Bolot :smiley: ya beliin Hearing Aid hahaha.
  2. Mungkin Frekquensi bicaranya beda :mad0261: ya beliin SWR biar di Tunning .
  3. Kalau masih nggak Nyambung Juga ya belikan Connector Pipe hahaha ;D biar Connect !
    Susah ternyata berkomunikasi itu ya Bro… padahal masih pakai bahasa yang sama ( Indonesia ) jadi kebayang gimana waktu peristiwa menara Babel hehehe :cheesy: Bicara pada kagak Nyambung hahaha ;D

Udah lah Bro biar FK jadi lebih KRISTIANI mending buat Thread yang membangun / bermanfaat pengetahuan rohani / yang lain seperti yg Bruce mulai :afro: CUEKin yang menjelek-jelekan KATOLIK … kalau dagangan nggak ada yang beli pasti akan tenggelam ( contoh Bro Repento jualan Thread semua ANTI Per10an toh ahirnya tenggelam Bro …) Rekan 2 Katolik kita masih bisa bicara yang lain yang lebih bermafaat dari pada terjebak menjadi FPK ( Front Pembela Katolik) ntar malah jadi sama dgn FPI. :cheesy:

Rekan2 Katolik nggak bisa terima apa yg dibilang Apples/Maxim ya udah cuekin aja ( kalau kalian percaya itu FITNAH maka pegang ini Matius 5:11 Berbahagialah kamu, jika karena Aku kamu dicela dan dianiaya dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat.)
Juga Buat Apples / Maxim kalau yang diberitahu nggak mau terima ya udah nggak usah NGOTOT yang penting anda sudah sampaikan kebenaran itu :happy0025: ( Markus 6:11 Dan kalau ada suatu tempat yang tidak mau menerima kamu dan kalau mereka tidak mau mendengarkan kamu, keluarlah dari situ dan kebaskanlah debu yang di kakimu sebagai peringatan bagi mereka.")
ciptakan FK yang lebih bermanfaat buat seluruh umat KRISTEN.

Ingat Bro N Sis kita di PAnggung DUNIA nich bukan di RT sebelah …jadilah SAKSI KRISTUS yang :afro:
Semoga tidak disalah artikan ( Orang Kristen kalau diingatin suka pada sensi hehehe :smiley: )
GBU

@bro St Santo,…

Betul juga kata-kata embah susanto.

Tapi mbah… orang2 seperti itu kadang berpikir : kalau tidak ditanggapi artinya tidak bisa jawab

sedangkan kalau ditanggapi, ngga nyambungnya bukan kepalang…

serba susah memang…

~~

@bro Depan,

Setuju dengan kata-kata-mu.

Saya rasa semua pernah melakukan itu (ad hominem/personal attack) terhadap lawan …

Yang perlu diperhatikan : ad hominem tidak masalah, asal point lawan bicara di tanggapi dengan baik.

serba susah…

Memang ibarat seperti radio : kalau mau nyambung frekuensinya harus sama.

Ha ha ha ha

ini kelihatannya pertanyaan orang yang pandai bercermin pada dirinya sendiri

kunjungi website : www.narsis.com :smiley:

diskusi itu bukan tentang isi kepala seseorang saja, tetapi orang lain juga … dan pikiran sendiri sama berharganya dengan milik orang lain , meskipun faktanya berbeda pendapat. makanya rasa menghargai itu penting, bukannya blum apa-apa sudah merasa intelektual atau hebat sendiri …

kalo begitu mah, kunjung aja website di atas … hehehe

ihhhh kabuuurrrrrrr ah

Saya : “Petra/petros adalah sama, ahli bahasa Yunani yg mengatakan begitu”
Lawan: “Banyak burung di udara…”

Saya: “Ya saya hargai pendapat anda”

Diskusi begini yg kamu maksud, bro petra ???

Apanya yg mau di hargai…? nyambung saja belum…

Simple :

“Sing waras ngalah”

Gw juga pernah diskusi ama tetangga seberang, tapi dia ngotot. Ya udah Gw mundur aja. Gak bakalan ada selesainya kalo dibales. Maksudnya diskusi murni jadi adu pedang.

Cuek aje.

Saya setuju dengan cara pengabaian. Pengabaian bukan berarti mengakui kebenaran, karena pembaca bukan satu dua orang, tetapi seperti kata post di atas adalah sedunia selama orang itu bisa berbahasa Indonesia. Maka biarlah orang bodoh memamerkan kebodohannya, dan jadi tertawaan dunia.

Sering saya ibaratkan, di depan rumah kita ada orang kurang waras yang ngomel sendiri, kalau kita dengarkan dan tanggapi, maka jadi jelaslah siapa yang termasuk kurang waras. Maka, abaikan saja, mau ngoceh sehari semalam nonstop, mau copas berhalaman tanpa arti, mau hujat kiri kanan atas bawah, cuekin saja. Karena percuma anda bicara dan menjelaskan hal yang berharga kepada orang yang kurang waras.

Di Alkitab ada tertulis :

Mat 10:14 Dan apabila seorang tidak menerima kamu dan tidak mendengar perkataanmu, keluarlah dan tinggalkanlah rumah atau kota itu dan kebaskanlah debunya dari kakimu.

Mat 7:6 “Jangan kamu memberikan barang yang kudus kepada anjing dan jangan kamu melemparkan mutiaramu kepada babi, supaya jangan diinjak-injaknya dengan kakinya, lalu ia berbalik mengoyak kamu.”

Jadi tanpa bermaksud menghewankan manusia (member lain), sudah jelas di Alkitab tertulis bahwa mereka tak lebih dari hewan yang menginjak mutiara. Sayang waktu dan bandwidth, bro.

Syalom