bagaimana caranya supaya kita yakin bahwa kita yg beriman sudah diselamatkan?

1.bagaimana caranya supaya kita yakin bahwa kita yg beriman sudah diselamatkan?(supaya tidak ada kekuatiran)

Iman yang taat dan setia kepada Tuhan Yesus Kristus.

2.bagaimana caranya supaya kita yakin bahwa kita sudah dihapus semua dosa kita oleh darah Yesus?(supaya tahu bahwa kita sudah diampuni,dibersihkan,dan dihapuskan segala dosa kita)
+saat jatuh lagi dalam dosa,apa disini perlu pertobatan lagi?

3.bagaimana caranya supaya kita gak takut dalam menghadapi hidup ini,dan melangkah dengan pasti?

tlg tunjukan FT yang berdasarkan Tuhan Yesus Kristus.

jawaban pertanyaan no 2 : Purgatory ( api penyucian )

jawaban pertanyaan no 3 : Iman , yakin Yesus selalu beserta dan menyertai kita dalam setiap langkah…

Firmannya : Engkau senantiasa menopang aku dengan tanganMu, hingga memutih rambutku Engkau selalu besertaku & tidak pernah meninggalkan aku.

Api penyucian? Maaf, ajaran siapa nih? Saya setuju dengan iman, tapi iman tanpa perbuatan hakikatnya mati, klo cuma modal iman terus anda tidak takut dan melangkah dengan pasti maka orang di luar Yesus lebih banyak yg beriman nih, mereka lebih sukses dn melangkah dengan pasti, kecuali soal rasa takut, saya rasa semua orang pnya rasa itu.

Tuhan beserta… ;D

4:18 “Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku
4:19 untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang.”

8:34 Kata Yesus kepada mereka: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang berbuat dosa, adalah hamba dosa.

2.bagaimana caranya supaya kita yakin bahwa kita sudah dihapus semua dosa kita oleh darah Yesus?(supaya tahu bahwa kita sudah diampuni,dibersihkan,dan dihapuskan segala dosa kita) +saat jatuh lagi dalam dosa,apa disini perlu pertobatan lagi?

CARANYA:
Saudara sudah memaafkan semua orang yg bersalah pada anda, dan YAKIN SIAP PASTI utk memaafkan siapapun yg bersalah pada anda kedepannya ?

6:9 Karena itu berdoalah demikian: Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu,
6:10 datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.

6:12 dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami;
6:13 dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. (Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin.)

6:14 Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga.
6:15 Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."

Jika saudara sudah yakin akan memaafkan siapapun dahulu, sekarang, hingga ajal… maka anda cukup PERCAYA pada sabda Sang Tuhan Yesus Kristus diatas.

bukan ketakutan itu alias roh ketakutan bukan berasal dari Allah?

jadi orang yang mengajarkan Firman Tuhan terus menjadikan orang yg diajari itu menjadi takut dan kuatir,apakah itu pengajaran Firman Tuhan yang benar??? Firman Tuhan diberitahukan dengan kasih dan kesabaran dan membuat orang yang mendengarnya memperoleh pengharapan didalam Kristus,hingga orang itu boleh semakin dekat lagi denganNya dengan rasa damai dan tentram?lalu gimana klo orang dekat dengan Tuhan tapi dipenuhi ketakutan,dan kekuatiran,apa ini juga berasal dari Allah?

gold,katolik ya? yg no 1 jawabannya apa?

apa yang dimaksud dalam 4:19 pembebasan orang orang tawanan…dalam konteks penyelamatan kekal?

bagaimana caranya memaafkan orang sepenuhnya?supaya kita tahu benar benar sudah maafin orang.

apa dari hati paling dalam ada rasa udah maafin itu orang ,dan lupain kesalahan orang itu,dan hidup damai dengan orang itu,tidak mau bermusuhan, ← apa ini yang dimaksud memaafkan sepenuhnya?berarti udah maafin dong…,apa maafnya ini sah di mata Allah,takutnya maafnya ini belom sempurna atau bener2 blom seutuhnya.lalu gimana memaafkan yang seutuhnya klo yg diatas belum termasuk?supaya kita tahu bahwa Allah sudah maafin kita dan kita juga sudah melakukan FirmanNya untuk memaafkan sesama kita .

IMHO: ayat figural…
4:19 untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang."
Orang2 tawanan = Orang2/budak dibawah Kuasa NAFSU
Orang2 buta = Orang2/budak dibawah Man Fleshy Mind dlm menafsirkan Alkitab. (TERMASUK SAYA SOMETIME)
Orang2 tertindas = Orang2/budak yg tertindas Hawa NAFSU kedagingannya dan berpikir Hukum Torah adalah suatu KEKANGAN… bukan suatu JALAN MENUJU HIDUP.

That’s why, kehidupan Tuhan Yesus didunia menggenapi Torah/Firtu menjadi teladan bagi umat manusia… bahwa penderitaan KEDAGINGAN kita tidak ada apa2nya dibanding Sang Tuhan Yesus Kristus… bahwa Dialah JALAN KESELAMATAN… Dialah JALAN bagi kita masuk kedalam kerajaan surga dibumi dan dilangit.
“Kerajaan surga dibumi” = is WITHIN OUR HEART.
Benar2 kita rasakan tanpa sedikitpun KERAGUAN (bukan berdasar KE-PEDE-AN belaka) apabila kita benar2 MAMPU menguasai NAFSU KEDAGINGAN… yg tentunya itu semua atas karunia Allah lewat Roh Kudus dalam nama TUHAN Yesus Kristus…

15:14 Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.
15:15 Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.

15:18 "Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu.
15:19 Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu.

Sehingga, sekaligus menjawab pertanyaan saudara no.3 di posting awal:
IMHO, jika kita tanpa diri(bukan lagi DAGING) melainkan roh seperti Tuhan Yesus Kristus… apalagi yg mesti ditakuti ? apalagi yg mesti diragui ?

bagaimana caranya memaafkan orang sepenuhnya?supaya kita tahu benar benar sudah maafin orang.

apa dari hati paling dalam ada rasa udah maafin itu orang ,dan lupain kesalahan orang itu,dan hidup damai dengan orang itu,tidak mau bermusuhan, ← apa ini yang dimaksud memaafkan sepenuhnya?berarti udah maafin dong…,apa maafnya ini sah di mata Allah,takutnya maafnya ini belom sempurna atau bener2 blom seutuhnya.lalu gimana memaafkan yang seutuhnya klo yg diatas belum termasuk?supaya kita tahu bahwa Allah sudah maafin kita dan kita juga sudah melakukan FirmanNya untuk memaafkan sesama kita .

IMHO, CMIIW:
16:27 Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya.

Jika dari hati saudara paling dalam ada rasa udah maafin itu orang ,dan lupain kesalahan orang itu,dan hidup damai dengan orang itu,tidak mau bermusuhan… begitu pula DIA akan memperlakukan saudara kelak.
Jika dari hati saudara paling dalam ada rasa udah maafin itu orang, namun tidak mau lupain kesalahan itu orang… begitu pula DIA akan memperlakukan saudara kelak.

CARA memaafkan orang sepenuhnya… bisa kita hayati dari pengalaman hidup Tuhan Yesus Kristus dlm memaafkan orang lain… bahkan orang2 yg menyalibkan Dia pun, Dia mintakan ampunan kepada BAPA.

Namun, tergantung juga pada pemahaman masing2 dlm menghayati Guru sekaligus Tuhan sekaligus ANAK TUNGGAL ALLAH kita yaitu Tuhan Yesus Kristus.

Sehingga, apa yg menurut sy sebagai “memaafkan yg terbaik” belum tentu terbaik bagi anda.
So… sambil berdoa, semoga ROH KUDUS membimbing saudara dlm menentukan sikap terhadap mereka yg bersalah pada anda.

ok aku paham sekali,Thx

dunia membenci anak anak Tuhan,apa yang dunia benci dari anak2 Tuhan???

  1. Ukuran seseorang beriman/tidak, tdk mudah dilihat dr luar, sebab ini tdk berhubungan dg penampilan atau ritual yg telah atau sedang dilakukan ( babtis air, perjamuan kudus, doa puasa dll ), tdk pula berdasarkan perbuatan.
    Seseorang dikatakan beriman adl ketentuan Allah (karunia ), dan kalau Allah menyatakan seseorang beriman mk sudah tdk ada lagi manusia yg bisa membantahnya, dan org tsb pasti selamat, bagaimana kita tahu bhw kita dikaruniai iman Kristus?:
    Kita bisa belajar dr :
    Mt13:23 Yang ditaburkan di tanah yang baik ialah orang yang mendengar firman itu dan mengerti, dan karena itu ia berbuah, ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat."
    Pada perikop ini " tentang seorang penabur " di jelaskan bahwa ketika firman itu ditaburkan , tdk semuanya menghasilkan buah , hanya yg jatuh ke tanah yg subur saja ( milikNya yg dikaruniai iman ), disini kita belajar membedakan antara yg subur dg yg tdk (tanah keras/tepi jalan, tanah berbatu, tanah bersemak duri ) perbedaannya adalah pada mengerti, dan tdk mengerti, kriteria ini adl yg paling mudah unt kita lihat pada diri kita masing2.
    Kalau kita mengerti bagaimana rencana penyelamatan manusia oleh Allah sendiri, mk ini adl konfirmasi bhw kita beriman.
    Kalau kita mengerti unt apa Allah berikan hk taurat, ini juga konfirmasi bhw kita beriman.
    Kalau kita mengerti mengapa Allah menciptakan manusia dlm keadaan mulia (segambar dan serupa Allah), ttp disana juga Allah tempatkan ular(gmbr iblis ), dan pohon pengetahuan yg baik dan yg jahat , ini juga konfirmasi bhw kita beriman… dst konfirmasi2 yg lain.

Sebab di
Yes6:10 Buatlah hati bangsa ini keras dan buatlah telinganya berat mendengar dan buatlah matanya melekat tertutup, supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik dan menjadi sembuh."
Firman Tuhan di yes6:10 itu, menjelaskan bhw org dg upayanyasendiri tdk bakalan mengerti ttg firman Tuhan, hanya Karunia saja yg membawanya unt mengerti.

Iman yang taat dan setia kepada Tuhan Yesus Kristus.
Ini keniscayaan krn Iman itu adl karuniaNya sendiri.
  1. Kalau kita adl milikNya yg telah dinyatakanNya sbg beriman Kristus/ milikNya yg telah menang, tentu semua dosa kita baik yg lalu , sekarang dan yang akan datang telah ditanggungNya ( tdk lagi diperhitungkan thd kita di waktu penghakiman ).
    Why2:11 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, ia tidak akan menderita apa-apa oleh kematian yang kedua."

Why3:5 Barangsiapa menang, ia akan dikenakan pakaian putih yang demikian; Aku tidak akan menghapus namanya dari kitab kehidupan, melainkan Aku akan mengaku namanya di hadapan Bapa-Ku dan di hadapan para malaikat-Nya.

Why7:14 Maka kataku kepadanya: “Tuanku, tuan mengetahuinya.” Lalu ia berkata kepadaku: "Mereka ini adalah orang-orang yang keluar dari kesusahan yang besar; dan mereka telah mencuci jubah mereka dan membuatnya putih di dalam darah Anak Domba.

Sekalipun org telah Allah nyatakan selamat/menang, tdk berarti dia menjadi steril dr dosa ( daging memang lemah ), ttp ada bedanya , ada perasaan pertentangan yg besar didalam hatinya ketika ia jatuh dlm dosa itu , dan oleh pertentangan itu dia secepatnya membereskan( tdk mengulang, minta maaf dan mengakui), krn Kristus yg ada dalam hatinya tdk akan mau tinggal dalam bait yg kotor.
Disini tdk diperlukan ritual apapun sbg tanda tobat, hanya doa minta ampun kpd Allah itu cukup.

  1. Ketika kita yakin hidup kita telah dijaminNya ( kematian kedua tdk berkuasa lagi, tdk akandihapus nama kita dr kitab kehidupan ) mk tdk ada lagi yg perlu di kawatirkan.Gby

Gbu too,Thx penjelasannya,Amin!

1,2,3 Kalau buat saya solusinya ngobrol aja ke Tuhan dengan sejujurnya.

Ngobrol kayak bagaimana?

  1. Tuhan aku masih takut/khawatir apa aku sudah di selamatkan dan ditebus. Bagaimana caranya Tuhan biar aku tidak kawatir dan bisa yakin. Tolong kuatkan imanku. (Kurang lebih seperti itu)
  2. hampir sama dengan no 1 dengan pertanyaan tentang dosa.
  3. Buat aku mengalami pengalaman pribadi dengan Tuhan, sehingga bukan dari kata orang aku mengenal Engkau. Aku percaya kalau aku mengenal-Mu pribadi maka imanku akan berkembang.

3 contoh di atas bukan untuk dihapalkan, mau ditiru boleh. Juga bukan cuman untuk di baca, Karena kalau cuman dibaca tidak ada efeknya buat hidupmu, tapi dipraktekin saja.

Minta jaminan Tuhan…setiap kali kekuatiran itu muncul.
misal ardilin mulai ragu akan keselamatan bilang ke Tuhan : Tuhan jamin aku di lembah penentuan
saat aku harus memilih condongkan hatiku untuk tetap memilih Engkau
Aku minta jaminan keselamatan .

Setelah doa … jangan pikir2 lagi… selamat ngga ya? selamat ngga ya ?

krn keselamatan itu bukan berdasar pada pikiran atau perasaan ttp iman :smiley:

2.bagaimana caranya supaya kita yakin bahwa kita sudah dihapus semua dosa kita oleh darah Yesus?(supaya tahu bahwa kita sudah diampuni,dibersihkan,dan dihapuskan segala dosa kita) +saat jatuh lagi dalam dosa,apa disini perlu pertobatan lagi?

ya dengan iman :smiley:
jatuh bangun lagi minta anugerah Tuhan
jatuh lagi … bangun lagi… minta anugerah Tuhan …

kalo mau : doa seperti ini :
Tuhan paksa aku supaya rencanaMU jadi dlm segenap hidupku …

resikonya : memang klo kita minta dipaksa Tuhan … klo ngga nurut … ya babak bundas (gepeng):smiley:

kalo nurut … ya enak :smiley: next level bersama Tuhan

3.bagaimana caranya supaya kita gak takut dalam menghadapi hidup ini,dan melangkah dengan pasti?

tlg tunjukan FT yang berdasarkan Tuhan Yesus Kristus.

Hidup atau mati dlm Kristus adl keuntungan :smiley:
Tuhan tak pernah janji ikut Dia …senang terus … ttp kadang Dia ijinkan menderita … ya dinikmati saja penderitaan itu
jangan takut… akan kehilang nyawa … sbb klo takut nyawanya malah hilang beneran :slight_smile:

Joh 16:33 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia."

Php 1:21 Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.

Mt 16:25 Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya.

FT nya ga apal hehehe… :slight_smile:
intinya kita bisa merasakan kasih Tuhan, dan itulah keselamatan… :slight_smile:
kl masih ada kebimbangan dan kekhawatiran, itu artinya kita belum menerima kasih karunia Tuhan :slight_smile:

Yang penting FT itu dijalankan bro abey, bukan hanya diapalin, kalau cuma diapalin ya jadi ahli Theologi yang cuma bisa posting ayat-ayat Alkitab, di FK sepertinya ada kok yang jenis begini… ;D

thx,kawan kawan seiman atas penjelasannya,Jesus love us! :slight_smile:

top bro… :slight_smile:
tp FT juga bukan buat nyalahin dan nyindir org lho bro hehe :slight_smile:

Katakan itu kepada rekan-rekan Protestan yang suka ribut sama Katholik, jangan cuma sama saya loh… :slight_smile:

ga akan pernah berdamai kalau seperti ini terus hehe…
Kristus Raja Damai, anak2nya harus berdamai juga… hehehe :slight_smile:

God bless

Salah satu jasa / manfaat keberadaan Alkitab adalah di dunia Pendidikan lho…

Coba bro bayangkan…
buku setebel gaban gitu…
kalo diulak-ulik bolak balik, banding kanan banding kiri…

coba…
bisa berapa juta / milyar TOPIK skripsi, thesis, desertasi, jurnal, dll…
yang bisa dihasilkan dari buku itu?

Bisa jadi modal meluluskan berapa juta sarjana, master, doktor, profesor, mahaguru, suhu dll…
efek domino-nya… berapa uang sekolah yang bisa didapat…

coba…
siapa yang bilang alkitab itu tidak bermanfaat…
iya gak bro… ehehehe…

sorry… just intermezzo…

intinya saya setuju bahwa Output / yield dari Iman adalah Implemetasi dalam Kehidupan Nyata.
N.B… gak mau pake istilah “Perbuatan” ah… entar panjang lagi… ehehe…