Bagaimana Caranya? Tolong berikan komentar Anda!

Guys, :azn: saya tahu kita sebagai orang yang percaya pada Yesus Kristus dan telah menerimaNya sebagai juru selamat kita, kita juga dituntut untuk mengabarkan berita baik bukan?, agar orang lain mau percaya dan menerima Tuhan Yesus sebagai juru selamat mereka. :angel:

CERITA
…Beberapa hari yang lalu saya dan 3 orang teman saya makan bersama di salah satu restaurant @CentralPark ;D . Terus terang, sebelum makan saya selalu berdoa, akan tetapi tidak dengan mata tertutup, hanya berdoa di dalam hati. 2 orang teman saya beragama Buddha, dan satu lagi yang cewek beragama kristen. Sewaktu mau makan saya melihat teman - teman saya yang beragama Buddha berdoa dengan mata tertutup dan di dalam hati. Jujur, saya merasa malu, guys.

PERTANYAAN ?
Apakah berdoa itu perlu menutup mata :huh: ? Guys saya sayang dengan teman - teman saya :happy0062:, bahkan orang lain yang mungkin pernah menyakiti saya :ashamed0004:, saya hanya berharap mereka dapat menerima Tuhan Yesus sebagai juru selamat mereka :’(

Bro Seda yang Terkasih

seperti Tuhan Yesus ajarkan di Matius
6:5
"Dan apabila kamu berdoa, janganlah berdoa seperti orang munafik. Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri dalam rumah-rumah ibadat dan pada tikungan-tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.

6:6
Tetapi jika engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.

6:7
Lagipula dalam doamu itu janganlah kamu bertele-tele seperti kebiasaan orang yang tidak mengenal Allah. Mereka menyangka bahwa karena banyaknya kata-kata doanya akan dikabulkan.

6:8
Jadi janganlah kamu seperti mereka, karena Bapamu mengetahui apa yang kamu perlukan, sebelum kamu minta kepada-Nya.

Doa adalah Komunikasi anda dengan Allah Bapa sehingga lakukanlah dengan hati dan tulus dan jangan munafik untuk dilihat orang…kalau anda merasa yakin sudah berdoa dalam hati anda ya berarti anda sudah berdoa …kenapa takut tidak dikatakan temen anda bahwa anda tidak berdoa,kalau temen anda mau doanya dilihat orang ya terserah mereka yang penting kan tidak munafik seperti yang diajarkan Tuhan Yesus

Mungkin Temen anda tidak malu juga berdoa menutup mata dan dilihat oleh temen ya itu sesuai keyakinan mereka,terus apa yang anda yakini? apa Tuhan Yesus mengajarkan harus tutup mata atau terbuka?

Saya punya saran buat anda‚Ķ‚ÄėLihat situasinya‚Äô kalau anda sudah diluar dan ramai dengan orang2 dan keadaanya tidak memungkinkan anda tutup mata dan mendesak anda untuk berdoa ya dalam hati aja anda berdoa‚Ķkalau dirumah ya usahakan fokus dengan menutup mata

Ingat… berdoalah yang benar

semoga bermanfaat

Tuhan Yesus Berkati amien.

Dear Vertamen, saya sangat menghargai jawaban yang Anda berikan, thanks, GBU :afro:

doa adalah bentuk komunikasi dengan TUHAN… karena TUHAN adalah roh… maka anda juga harus berkomunikasi dalam roh… roh itu bersemayam di dalam hati… ketika anda berbicara pada TUHAN di dalam hati/melalui hati anda… itu adalah doa… jika ada seseorang melakukan hal tertentu di dalam doa… seperti menutup mata, melipat tangan, menunduk, mengangkat tangan… itu dilakukan agar mereka lebih nyaman atau lebih fokus dalam berdoa… itu sah2 saja dilakukan…

Semoga bermanfaat…
TUHAN YESUS memberkati…

Saya pikir harus dibedakan antara doa dengan mengucap syukur.
Doa adalah relasi kita dengan Tuhan, dan itu dilakukan secara pribadi, sebaiknya di tempat yang tertutup.
Doa sebelum atau sesudah makan, sebenarnya lebih bersifat mengucap syukur. Boleh dilakukan dengan mata terbuka atau pun tertutup. Terserah anda mau melakukan dengan cara yang mana.

Perihal menunjukkan identitas kita sebagai seorang Kristen di muka umum, sekiranya tidak ada hambatan, sebaiknya ditunjukkan.

koq anda malu yah?

‚Äújujur saya malu guys‚ÄĚ

malu karena anda tatap tatapan dengan orang lain ato?

@dude dia tu malu karna dia gak tutup mata waktu berdoa, sedangkan kawannya tu nutup mata…

@seda tutup mata waktu berdoa tu supaya kamu bisa konsentrasi, liat aj buktina kamu mala liatin orang kan?? Gak fokus am doamu…
Gimanapun cara kamu berdoa, gak masalah selama itu sopan n ngormatin Tuhan…
Dulu aq juga malu bersikap doa didepan orang banyak…karna gak mau dikirain munafik,sok baik, n etc
Smpe ad yg kesaksian dia damai jiwana dijaman skarang masih ad anak2 yang mau berdoa dengan sikap doa… Tu la kepolosan seorang anak2
Niat kamu aj koq… Tuhan Yesus nilai dari hati… Aq smpe skrang slalu berdoa dengan posisi yang kayak anak2 berdoa lipat tangan tutup mata, uda kebiasaan walaupun didpan orang banyak… Bukan mau sok2an tapi karna tu identitasq ,kebiasaanq n kesaksianq, puji Tuhan emang sikapku tu jadi kesaksian, saudara2q mulai kenal Yesus jadina… Gak butuh upah2an kita ni hidup , berkat, karunia semua semata2 pemberian Tuhan… Mulaila dari hati kamu, n slalu doakan nama temen kamu tu :wink: aq yakin mrka akan diselamatkan… Muliakanla namaNya selalu God bless, bersikaplah doa seperti kamu bersikap didepan Bapamu n nyamannya hatimu…udah ad roh kudus dalam hatimu yang akan membantu.

klo menurut aq nih ya…
berdoa ga harus selalu tutup mata,
ada saatnya kita berdoa dg menutup mata agar kita bisa fokus ma Tuhan,
tp ada saat2 kita berdoa dg mata terbuka…
klo misal sedang berkendara & kita mau berdoa,
lantas kita menutup mata kan jadinya yg ada kita malah nabrak…

yg penting dalam kita berdoa, jangan ada pikiran supaya di lihat orang lain,
supaya orang lain menganggap ‚Äúwah si seda ini rohani ya, tiap mau makan selalu berdoa‚ÄĚ
biar hanya Tuhan dan diri kita aja yg tau kita berdoa/ga…

buat org2 di sekeliling bro seda yg belum mengenal Tuhan,
tugas bro seda untuk terus berdoa buat mereka…

smoga berkenan :slight_smile: