Bagaimana kalau seorg Protestan berpacaran lalu menikah dgn seorg katolik?

Sudah ada banyak kasus dimana orang Protestan menikah dgn orang katolik, dan biasanya mereka (katolik) memberi alasan bahwa Protestan dan katolik sama?

Menurut Bro yang sudah berpengalaman gimana yeah?

Ga pengalaman sih, tapi ada beberapa kenalan yang menikah antara Protestan dan Katolik. Yang saya pelajari dari kehidupan rumah tangga mereka ?

  1. Mereka sudah ga hobi dan ga suka ama debat Khatolik vs Protestan. Udah cukup repot dengan bekerja dan urus anak.

  2. Mengenai anak mereka, biasanya mereka sepakat mengenai Gereja Katolik/Protestan mana yang bisa memberikan dasar iman yang benar kepada anak mereka dengan benar, dengan serius dan dengan manajemen yang baik.

setuju dgn mas scholar…
saya ada bbrp kenalan…
dan rata-rata mereka sudah GAK NGURUSIN hal-hal AWANG-AWANG yang cuma ngabisin waktu dan makin lama makin gak mutu…

Masalah NYATA & SEHARI-HARI aja udah banyak… ehehe…
masih diskusi Mana yg Masuk SURGA mana yg ENGGAK tiap malem?
bisa malah gak jadi punya anak tuh… ehehe…
tiap kali mau melaksanakan firman tuhan yg disebut bersenggama, malah cari ayatnya dulu… ehehe…
keburu lemes deh… ehehe…

Ya kalau nikah beda agama ya harus siap debat siang malam, kalau sudah sepakat untuk tidak mempermasalahkan keyakinan ya sudah, buat apa dipermasalahkan, toh intinya sudah satu daging. Kalau mau debat terus-terusan harusnya sebelum menikah, kalau sudah menikah cape sendiri.

Saya setuju sama anda, ini bicara cinta, bukan bicara doktrin.

Salam… :smiley:

Klo menurut saya sih itu alasan yang dibuat-buat kita sering membaca alur diskusi khatolik sama protestan begitu banyak perbedaaan mereka sering mengatakan sama-sama percaya Yesus, saya kira karena mungkin sudah terlanjur menikah saja…Pikirkan ini, jika Protestan dan khatolik itu sama, lalu mengapa agamanya berbeda?

GKI dan Kharismatik berbeda tetapi sama-sama Protestan. GKS dan GBI berbeda tetapi sama-sama Protestan.

Tetapi Prostestan dan Khatolik itu dua agama berbeda. Jikalau perbedaannya tidak mendasar maka saya kira agamanya tidak akan beda.

Kita dan khatolik itu sama dalam beberapa pokok kepercayaan seperti doktrin Allah, doktrin Kristus dan beberapa doktrin yang lain tetapi berbeda atau lebih tepat bertentangan dalam lebih banyak doktrin terutama doktrin keselamatan.

Jadi sangat jelas kita tidak mungkin pungkiri ini bahwa khatolik dan kita Prostestan itu berbeda iman katolik, kira-kira ada yang mengakui tidak hal ini?

Karena berbeda iman maka bagi saya klo seorang khatolik menikah dengan protestan maka itu adalah pernikahan tak seiman.

itulah yang disatu sisi cukup menyedihkan bro…

masakan kalau dua orang manusia (homo sapiens) saling tertarik dan jatuh cinta,
hanya gara-gara perbedaan memeluk kepercayaan tertentu, akhirnya MENJADI GARA-GARA dan JADI BIANG KEROK yang menghalangi kedua insan yang jatuh cinta itu untuk membina hidup bersama??

what a foolish thing and so unfair kan ya?

Masa sih TUHAN yang maha adil & maha bijaksana itu SEPICIK ITU??

jangan-jangan itu cuma hasil DUGA-DUGA dan KIRA-KIRA manusia-manusia dari hasil BACA_BACA kitab suci masing-masing aja…

plus, kalo konsultasi ke pemuka agama… ya jelas lah… mereka kan punya kepentingan duniawi agar organisasinya survive & grow…

mana mau sih kehilangan anggota nya…

quite foolish and unfair for me too, bro Cadang…

Akan lebih ngeri kalau kharismatik dan GKI bisa ga jadi nikah karena berbeda doktrin… itu lebih gile lagi x ya ?

Katolik dan Protestan itu 2 agama yang berbeda. Memang ada beberap kesamaan antara keduanya seperti doktrin Tritunggal, bisa dibilang sama persis. Namun bisa menjadi agama yang berbeda karena hal-hal mendasar keduanya berbeda. Katolik menekankan keselamatan karena iman + “sesuatu”, sedangkan Protestan menekankan keselamatan HANYA karena iman (sola fide). Juga beberapa hal seperti mariologi, pope infallibility, kitab-kitab apokrifa, dll.
Bukan cuma Katolik yang memiliki banyak kesamaan, Islam pun memiliki banyak kesamaan seperti pengakuan adam sebagai manusia pertama bahkan hingga Yesus, walaupun tidak mengakui keilahian-Nya, tapi kesamaan-kesamaan ini tidak membuat iman keduanya sama.
Jadi Katolik dan Protestan menikah sama saja dengan menikah dengan orang berbeda iman, dan jika ditanya boleh / tidak, jawabannya ya jelas tidak boleh. Saya pikir sudah ada trit yang membahas pernikahan beda agama.
Tapi menurut saya kalau sebatas pacaran sih sah-sah aja, namun tidak direkomendasikan.

Totally agreed. Kalau mao debat, ya debat sampe mampus dulu ketika pacaran, atau bahkan waktu PDKT. Daripada debatnya ketika udah nikah…

bagi saya begini aja… jika pasangan itu aja bisa bersatu… berarti mereka bisa memahami perbedaan… dan berarti juga tidak masalah dengan agama masing2 bukan…??^^ maksudnya jangankan beda agama… beda pemahaman aja dengan denominasi yang sama… jika mau mengulik2 perbedaan… ya pasti ada… lalu mengapa yang berbeda agama saja bisa damai…??? dan mengapa justru antara kristen dan katolik bisa ribut yahh…??? hati2 dengan ego… sebab itu adalah santapan iblis…

menurut saya perbedaan agama tidak menjadi masalah yg penting ada yg kita yakini sbg tuntunan hidup,klopun kita menikah berbeda agama,suatu saat rumah tangga kita ada masalah apakah Pastor/Pendeta itu mau memberi solusi?

Sebenarnya ndak masalah kq asal dasar percayanya sama… mgkn justru akan saling mengisi kekurangan masing2. Lagian Tuhan Yesus gak pernah dtg untuk membentuk suatu agama :wink:

apa yang “diprotes” oleh martin luther kala itu memang pas bagi kita-kita yang menjadi umat protestant saat ini :wink: yang berat menurut saya diantaranya adalah devosi maria, krn kita memang tidak berdoa pada bunda maria.
tapi kembali ke Tokoh Utama protestan & katolik yaitu Tuhan Yesus (Dialah Sang Nahkoda bahtera rumah tangga bagi prostestan+katolik tsb) :afro:, saya setuju niy dgn f1tzz…

hal pernikahan “beda gereja” (istilah di katolik) ini pun juga menjadi diskusi dikalangan mereka.
Namun yang terjadi saat ini gereja katolik dan protestan, sudah ada kebijakan tentang nikah beda gereja, khususnya antara katolik dgn gereja-gereja protestan anggota PGI tanpa harus ada yang pindah / baptis ulang… Sah secara “Aturan Gerejawi” dan sah secara hukum negara (Surat Nikah Catatan Sipil Negara terbit).

Just info (maaf kalo melebar / repost) dalam perkembangannya katolik juga sdh modern dalam iringan musik pujian, pernah diajak teman yang katolik utk acara puji-pujian di katedral, ternyata tidak berupa gregorian style namun ibadah kharismatik dengan liturgi+musik+lagu persis di gereja kristen kharismatik lainnya. Artinya, kita semua bertujuan sama yaitu memuliakan Nama Yesus.

So… Keep The Faith to Lord Jesus, The One and Only… :happy0025: