Bagaimana menempatkan iblis pada tempatnya

Sangat menyedihkan ketika ada orang yg sudah menerima Kristus sebagai juru selamatnya kemudian tidak pernah mendapatkan kemenangan dalam hidup mereka didunia. Yesus tidak mengorbankan nyawaNya di kayu salib agar kita terus menderita dan kalah dalam menghadapi cobaan didunia tetapi Tuhan datang kedunia agar kita bisa memiliki hidup dan menikmatinya
Dalam Yohanes 10:10 disebutkan “Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.” Iblis dilain pihak, ingin mencuri, membunuh dan menghancurkan kita dan itu adalah tujuan utamanya. Iblis adalah pembohong, penipu, penghancur, dan penuduh, iblis tidak ingin manusia menikmati apapun dan dia adalah sumber dari segala kejahatan didunia.
Dalam beberapa tahun saya kegereja setiap minggu, saya tidak pernah menyadari bahwa masalah utama dalam hidup saya adalah iblis. Melalui alkitab saya mengetahui bahwa iblis bertentangan dengan Tuhan.
Saya pernah ditipu oleh iblis
Yesus tidak memberikan nyawanya di kayu salib agar kita terus bergumul dengan penderitaan kita sendirian sampai kita masuk surga nanti. Saya sering merasa kalau Tuhan marah kepada saya setiap saya melakukan kesalahan dan saya harus berbuat baik untuk membayar kesalahan saya. Saya merasa bahwa Tuhan tidak berkenan kepada saya apabila saya tidak merasa bersalah. Menyedihkan sekali karena saya merasa bahwa saya selalu melihat ke masa lalu saya. Saya tidak mengenal kebenaran, suka cita, dan tidak bisa bergaul dengan sesama dengan baik. Saya kegereja setiap minggu tapi saya tidak pernah belajar untuk hidup sebagai orang kristen sejati.
Tapi akhirnya saya belajar tentang kebenaran
Bagaimana kebenaran akan membebaskan kita. Lihatlah iblis benar2 nyata dan menentang segala sesuatu dan semua orang yg berpihak pada kebenaran, damai, kasih, suka cita, murah hati dan kebaikan, dengan suara keras iblis akan menghalangi kita untuk bertumbuh dalam kekristenan kita, tapi kita tidak harus mempedulikan iblis melainkan kita harus bisa mengerti strategi2 iblis agar kita bisa hidup dalam kemenangan dan tidak bergumul dalam penderitaan setiap saat. Firman Tuhan adalah senjata yg kuat yg harus kita gunakan untuk menghadapi iblis. Ini menunjukkan bahwa kita didalam Kristus dan kita yg berperang bersama Kristus sudah memiliki kemenangan itu, bukannya harus memperjuangkan kemenangan. Apa yg saya maksudkan adalah kita tidak harus berjuang mendapatkan kemenangan karena kita sudah memilikinya didalam Kristus, dibawah ini adalah beberapa ayat firman Tuhan yg menjelaskan tentang kemenangan:

  1. 1 yohanes 4:4 “Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.”
  2. Roma 8:37 “Tetapi dalam semuanya itu kita lebih dari pada orang-orang yang menang, oleh Dia yang telah mengasihi kita.”
  3. Kolose 1:13 “Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih”
  4. Lukas 10:19 “Sesungguhnya Aku telah memberikan kuasa kepada kamu untuk menginjak ular dan kalajengking dan kuasa untuk menahan kekuatan musuh, sehingga tidak ada yang akan membahayakan kamu.”
    Perlindungan kita adalah firman Tuhan dan kita harus tahu, taat, menggunakan firman Tuhan sebagai pelindung dalam menghadapi iblis ketika iblis berusaha menyerang kita. Kita harus menggunakan kebenaran firman Tuhan untuk menghadapi tipu daya iblis, ingat kebenaran akan membebaskan kita.
    Saya ingin mendorong kalian untuk lebih aktif dalam hidup kekristenan kalian dan jangan menjadi pasif, ketika seseorang tidak melakukan apapun saat itulah iblis akan menyelinap dan berusaha menguasai pikiran dan kehidupan kita. Tapi ketika kita aktif memilih untuk lebih dalam lagi mempelajari firman Tuhan dan memutuskan untuk percaya pada kebenaran firman Tuhan, kita akan terbebas dan bisa hidup berkelimpahan dan berkemenangan didalam Kristus!