Bagaimana menurutmu dengan kasus ini?

Syalom teman-teman,
Saya ingin mengajukan pertanyaan kepada teman-teman.

  1. Bagaimana menurut teman-teman dengan hubungan beda umur?
  2. Bagaimana menurut teman-teman dengan hubungan beda suku?
  3. Bagaimana menurut teman-teman dengan hubungan beda jarak?

Apakah menurut teman-teman ini dapat menjadi masalah dalam menjalankan hubungan?

  1. Bagaimana menurut teman-teman dengan hubungan beda umur?
    beda usia berap tahun? 1 tahun atau 20 tahun?

  2. Bagaimana menurut teman-teman dengan hubungan beda suku?
    gak ada larangan, selama keduanya saling menerima perbedaan & khususnya dari orang tua dan keluarga pasangan tersebut

  3. Bagaimana menurut teman-teman dengan hubungan beda jarak?
    wah ini repotnya…banyak tantangannya tuh, kecuali imannya benar2 kuat alias tahan uji.

  1. ok
  2. boleh
  3. jangan…

kalau saya :

  1. gak masalah, asal tidak lebih atau tidak kurang dari 5 tahun,
  2. gak masalah, asal masih nyambung, tapi lebih memilih yang satu etnis/suku
  3. gak masalah, asal masih selama pacaran, kalau udah married, ogah, :smiley: :smiley:

kalau menjadi masalah : ya tentunya tergantung tiap pasangan, kalau saya pribadi menjadi masalah kalau seperti kriteria diatas.

:smiley: :smiley:

kasus-kasus tadi sebenarnya tidak akan menjadi sebuah masalah yang besar dalam suatu relationship, apabila ada saling menghargai di antara kedua belah pihak yg sedang menjalankan hubungan tersebut.

  1. Beda umur ? Ini tergantung kepada berapa jarak usia pasangan tersebut. Memang kalau dibahas dari segi psikologi beda umur suatu pasangan tidak boleh terlalu dekat jarak usianya, atau terlalu jauh. Karena dikhawatirkan akan ada keegoisan dari masing2 pasangan. Tetapi, menurut saya itu kembali lagi kepada kepribadian pasangan tersebut. Bagaimana sikap mereka dalam menyikapi jarak usia tersebut. Sehingga mereka menemukan titik temu permasalahan2 dalam menghadapi perbedaan usia mereka. Hubungan seseorang yg memiliki usia yg sederajat juga masih menemukan banyak masalah.

  2. Beda suku ? Jadikan perbedaan dalam kebudayaan dari masing2 suku itu sebuah kekayaan yang tak ternilai. Karena setiap suku memiliki ciri khas yg berbeda dan menarik. Untuk itu masing-masing pasangan harus memiliki sikap menghargai hadirnya pluralisme dalam hubungan mereka.

  3. Beda Jarak ? LDR itu sebenarnya bisa diatasi dengan menanamkan cinta yang diikuti dengan rasa kepercayaan sebagai media tanamnya, disirami dengan kejujuran dan diberi pupuk mineral sikap mau untuk mengerti dan dimengerti. Nah, kalau sudah melakukan hal2 tersebut, LDR akan memberi makna yang luar biasa, seperti pengorbanan waktu dan uang, serta kerinduan mendalam yang jarang dirasakan oleh pasangan jarak dekat atau SDR (Short Distance Relationship) :afro:

  1. Beda umur ya memang harus, cowo lebih tua dari cewe 5 tahunan
  2. Bagus, karena bisa menghasilkan keturunan lebih baik daripada satu suku yang justru akan membuat keturunan kurang bagus
  3. Ga masalah, selama masih bisa komunikasi dan saling percaya serta setia

Itu tidak menjadi masalah, yang penting saling setia sampai mati…

Masalah akan selalu ada sebab dua keluarga sedang dipertemukan untuk disatukan, dua kebiasaan tentu tidak mudah dan akan ada banyak gesekan. Gesekan dengan tambahan perbedaan umur, suku dan jarak akan semakin keras dan curam dibandingkan dengan umur yang ideal (isteri lebih muda), suku yang sama (budaya yang sama jelasnya) dan tanpa jarak (alias tinggal satu kota kalau belum nikah, kalau sudah nikah tinggal satu rumah).

Kembali kepada masing-masing peribadi yang unik, gesekan perbedaan umur dapat diminimkan dengan pengertian dan kesadaran demikian juga dengan perbedaan suku dapat dikecilkan dengan memahami dan menerima satu sama lainnya. Sehingga dalam perjalanan selanjutnya hal ini dapat seakan bukan gesekan lagi. Masing-masing pribadi berbeda dalam menyikapi prosesnya. Anda menikah bukan hanya dengan calon saja, tetapi juga anda akan menjadi bagian keluarganya dan juga sebaliknya pasangan anda juga akan menjadi bagian keluarga anda, perbedaan umur dan suku juga harus diterima oleh seluruh keluarga kedua belah pihak untuk meminimkan gesekan tersebut.

Sebenarnya semua adalah proses, proses menuju kedewasaan, sedangkan Alkitab tidak membatasi perbedaan usia dan malah menyalahkan jika kita rasis membedakan suku dan keturunan mereka yang telah didalam Tuhan.

Tentang perbedaan jarak, 1 Korintus 7:5 mengatakan dimiikian, “Janganlah kamu saling menjauhi, kecuali dengan persetujuan bersama untuk sementara waktu, supaya kamu mendapat kesempatan untuk berdoa. Sesudah itu hendaklah kamu kembali hidup bersama-sama, supaya Iblis jangan menggodai kamu, karena kamu tidak tahan bertarak.” Tidak dianjurkan hubungan beda jarak, dan jika masih nekat saja, bukankah Firman Tuhan akan digenapkan pada pasangan beda jarak; keributan, selingkuh dan perceraian sedang mengincar.

Pimpinan…

Kalo menurut hasil survey dan penelitian ilmiah kumis perbedaan umur dan suku biasanya menyebabkan kita perlu lebih banyak mengkonsumsi suplemen kesehatan dan anti penuaan dini. Karena ke 2 hal ini sering menyebabkan kita dar-ting, alias darah tinggi karena sering ga nyambung baik yg tersirat maupun tersurat. Misal:

  1. kalo kita senengnya dengar SNSD atau SUJU sedang pacar kita senangnya dengar chrisye, dan lebih parah lagi Obie Mesakh ( tuhkan mulai ga kenal ).
  2. Kalo yg muda senangnya kirim SMS, yg tuaan senangnya kirim kartu pos…

Kalo dalam pacarana ada perbedaaan Jarak. bisa dipastikan cinta kita berat diongkos! biaya transport bakal bengkak, buat apel ke pacar ( wakuncar ) atau buat pergi ke toko dekat rumah beli pulsa. ato buat ke Warnet!

JAdi mending cari yg semuanya ga beda2 terlalu jauh deh.

silahkan ditangapi , teruatam yg udah pengalaman…heu hehehe