bagaimana nasib umat protestan,yg dikit di suatu daerah,tapi banyak alirannya?

saya teringat ketika membaca berita tentang penutupan gereja, banyak respon nya. salah satu yg paling teringat di pikiran saya daalah ungkapan yang menyatakan,bahwa salah satu alasan sulitnya izin buat gerjea kristen adalah terlalu banyak alirannya. Sehingga ,ketika di suatu daerah ada orang yg dari aliran yg beda,dia nggak akan mau beribadah di gereja y beda aliran/denominasinya.hal ini membuat jumlah gereja semakin banyak melewati jumlah umatnya.sehingga semua tempat dijadikan tempat ibadah,termasuk rumah penduduk,dan melanggar aturan

nah saya bingung. Kalau dipikir pikir ,bener juga. misal di suatu daerah , ada 10 orang krsten. 4 orang katolik ,1 pantekosta,1advent, 1 babtis,1 protestan,2 yahudi. lalu bagaimana cara buat gereja nya?

banyak aliran gk ada hubungannya dengan izin bangun gedung gereja. Itu cuma cari-cari alasan aja.

klo cuma 1 - 10 org ngapain bangun gedung gereja, ya udah di rumah aja ganti2an dengan yg lain.

sejatinya rumah memang tempat ibadah, klo bukan tempat ibadah berarti tempat kejahatan lah.

org pengajian itu juga bagi muslim kan ibadah, terus rumah mereka yg jadi tempat ibadah itu gmn ?

berdoa pribadi, baca Alkitab sendiri itu juga ibadah, masa rumah gk boleh jd tempat beribadah… konyol

Jumlah penduduk Indonesia tahun 1980 adalah 150 juta jiwa. Sekarang, 2014 jumlah penduduk 240 juta jiwa. Ada penambahan penduduk 60% dalam waktu 30 tahun. Artinya juga Kekristenan bertambah 60% dari tahun 1980. Sedangkan kapasitas gereja harusnya bertumbuh ideal 60% dari sebelumnya.

Jika disebuah kota ada 1000 gereja tahun 1980, maka kebutuhan gereja sekarang, tahun 2014 sekitar 1600 gereja. 600 gereja baru dalam sebuah kota tentu terasa sangat sesak mengingat luas kota tidak juga ikut bertambah, walau penduduknya bertambah.

Mengapa gereja, bukan pura atau kelenteng?

Agama yang umatnya rajin datang beribadah satu keluarga lengkap, mulai kakek buyut, engkong, emak, papa, mama, kakak, adik adalah agama Kristen. Agama Islam hanya laki-laki saja yang ke masjid dan itupun tidak semua umat Islam. Hindu juga rajin, tetapi juga hanya laki-laki saja, anak-anak biasa tidak terlibat dan ibu-ibu hanya dalam event besar. Tidak ada ibadah mingguan. Sedangkan Budha dan Konghucu, juga tidak ada kewajiban berkumpul secara tetap tiap-tiap minggu atau hari. Hanya Kristen saja yang dalam ibadah mewajibkan pertemuan tetap dan itu butuh ruang dan tempat, dikunjungi oleh seluruh keluarga secara rutin bahkan bayi dan susternya juga sering kali saya lihat ikut serta hadir. Jelas ada kebutuhan tempat duduk ekstra. Bertambahnya penduduk secara alami akan melahirkan kebutuhan kursi dan itu hanya bisa dilakukan dengan membuka ruang baru untuk kursi baru. Jika ruang tidak lagi mencukupi maka harus membuka lahan baru untuk dijadikan ruang pertemuan yang disebut orang gereja baru. Ini logikanya orang sehat, sedangkan orang sakit, logikanya sering kita dengar dengan tudingan miring, mulai kristenisasi, sampai banyak aliran berebut jemaat.

Gereja baru adalah soal pesatnya pertumbuhan penduduk, sama seperti kebutuhan perumahan, kenapa tidak ada yang ribut soal pendirian rumah-rumah baru yang sangat banyak?

Referensi:
http://www.bps.go.id/tab_sub/view.php?tabel=1&id_subyek=12
http://bersatulahdalamgerejakatolik.blogspot.com/2013/03/jusuf-kalla-izin-membangun-gereja-bukan.html

apa anda yakin kalau semua orang kristen pasti bawa keluarganya ke gereja?

btw bagaimana dengan konsep, mendengar kotbah pendeta,tidak puas, lalu membangun gereja baru?(hal ini dikeluhkan oleh sebagian katolik juga)

kalau saya lihat di yahoo answer,ada yg bilang spt itu.katanya jumlah gereja kristen sudah mencukupi. hanya saja karena banyak aliran, maka ada yg gak cocok aliran gak sudi beribadah di gereja tsb. akhirnya membangun gereja sendiri
banyak sekali serangan yg diberikan kepada kristen justru menggunakan hal yang sebenarnya menyerang kristen…

gereja itu apa ? apa definisi gereja ? gereja adalah persekutuan orang2 yg percaya TUHAN YESUS JURUSELAMAT . manusia jasmani butuh tempat untuk bersekutu . manusia rohani tidak terbatas tempat untuk bersekutu . gereja jasmani butuh tempat untuk bersekutu . gereja rohani tidak terbatas tempat untuk bersekutu . manusia jasmani bersekutu di gereja jasmani . manusia rohani bersekutu di gereja rohani . apa itu manusia jasmani ? apa itu manusia rohani ? apa itu gereja jasmani ? apa itu gereja rohani ?

Bermodalkan ribut di Yahoo Answers, dan forum-forum anda bertanya tentang pembukaan gereja baru…

Bagaimana dengan gereja anda? Gereja saya beribadah sudah kesekian kalinya melakukan pemekaran dan akhirnya membuka gereja baru (cabang dalam kota) dibeberapa tempat. Alasannya bangku sudah tidak cukup lagi, entah dari mana banyak orang Kristen barunya…

Bicara gereja teman juga mengalami hal yang sama, gerejanya buka cabang di daerah lain, karena sudah tidak muat lagi dan sudah di maksimalkan lahan tidak cukup, jadi ideal buka cabang di tempat lain (satu kota juga).

Bagaimana dengan gereja anda sendiri? Ketinggalan panen besarkah? Banyak orang bertobat lho, banyak orang yang memeluk Jalan Tuhan di Indonesia dan biasanya dari saksi mata satu orang jadi Kristen, satu keluarga akan ikut melihat kebesaran Allah dan mereka juga akan menjadi pengikut Yesus.

Di gereja saya, dan gereja teman saya, kalau ke gereja itu satu keluarga, memang ada anak remaja dan pemuda yang berangkat sendiri atau sama teman-temannya, tetapi jelas di gereja mereka sekeluarga kumpul (walau tidak harus duduk bersebelahan). Itu tradisi kekristenan om.

pertanyaan saya ini bukan dari yahoo answer. dari situs lain, saya tidak ingat. yg saya ingat,waktu itu ada komentar pak yusuf kalla tentang penutupan gereja.pak yusuf kala bilang muslim terpaksa mendirikan mushola,sementara kristen enak, ditoleransi dengan liburnya hari minggu. di thread yg sama, ada yg bilang soal banyaknya aliran itu. nah setelah 2 tahun,baru saya ingat,jadi saya tanya lagi di sini.

pertanyaan ini pertama kali dari saya.saya tidak tahu kalau orang lain tanya juga,yg jelas,kalau saya,ini baru pertama.jadi kalau anda lihat pertanyaaan serupa,itu bukan dari saya.

gerja saya sih nggak ada masalah.kalau saya ke gereja, sendirian ,mengingat pandangan agama ibu dan bapak saya yg beda, sehingga mereka merasa tidak perlu ke gereja, sementara saudara saya ke gereja tiap sabtu dengan pacarnya,sekalian pacaran.untuk gerejanya sendiri, mungkin salah satu yg besar dan cukup lama berdiri.

yg saya tanya disini ya statement itu tadi.

apa benar kalau beda aliran,orang protestant males ke gereja aliran lain?

saya cuma mau konfirmasi aja, dari statement tersebut.karena statement tersebut nampaknya cukup sering dijadikan alasan untuk penutupan gereja/penggerebekan

karena menurut orang non kristen,doa bareng di rumah aja dianggep gereja,dan itu ilegal.makanya sering digrebek.

[email protected]

Menurut anda sendiri,kalau boleh jujur, saya bertanya…kepada anda…Apakah sebetulnya Fungsi Gereja itu menurut anda…Broo…??? Jangan dahulu kita menilai orang lain… ( suatu keluarga dllnya ).

Salam GBU…

sudah jangan bawa melenceng lagi. saya sudah cape tiap jadi TS susah banget dapet jawaban

tujuan saya buat pertanyan, agar di kemudian hari ketika ada orang laen pake alibi yg sama, saya bisa bantah. saya juga bisa tahu bagaimana keadaan yg sebenarnya.

52 Maka kata Yesus kepadanya: "Masukkan pedang itu kembali ke dalam sarungnya, sebab barangsiapa menggunakan pedang, akan binasa (diserang) oleh pedang.

Mungkin Firman diatas bisa dijadikan pegangan, ya Bro?

Pinter juga si Bro, dimana mana belajar Jurus Silat ya DIGUNAKAN dimana diperlukan ! :afro: ;D
Kalau gak ada yg NYODOK, lalu kita SIKUT … sendirian, malahan di KETAWAIN orang ya Bro ?!

aku ndak ngerti.apa kamu mau buat trid ku oot lagi…?

masalah ini kadang hanya karena masalah pribadi… ego yang besar dan yang tidak perlu…

yah mereka aja, berkumpul menjadi satu, membelakangkan ego mereka dan doktrin yang malah membuat mereka saling menggigit… mengutamakan ajaran Kasih yang sperti di ajarkan Yesus…

itu mah masalah pribadi, anda tanyalah kepada orang yang anda kenal itu untuk menemukan jawabannya, asal jangan DIA MEMBERI STATEMENT: BAHWA KALAU IA MEMBUNUH ADALAH SUATU PERBUATAN YANG WAJAR dan suatu sumbangsih agar bisa masuk sorga, maka maka akan banyak memberi jawaban akan itu…

oke. kalau gitu kembali ke topik awal. bagaimana tanggapan yg benar?

kan intinya orang orang itu menganggap protestan yang banyak aliran, seakan akan aliran itu adalah agama yg berbeda, karena satu sama lain nggak mau saling ke gereja nya masing masing.akibatnya jumlah gereja cenderung lebih banyak daripada yg diperlukan.

bagaimana menanggapi yg benar,karena menurut saya,selain menyerang protestan, ini bisa memecah belah kristen, karena orang katolik bisa saja mengamini itu. terlebih orang katolik sering mengatai kita protestan adalah kaum yang beli alkitab di toko buku lalu buka gereja.

tenang sajalah, jangan terlibat secara aktif dengan pernyataan baik dari katolik terhadap protestan, atau protestan terhadap protestan, atau muslim terhadapap protestan, atau yang lainnya (dan sebaliknya) yang belum tentu benarnya…

tapi bila anda ingin merasa perlu meresponi secara aktif, yah temukanlah referensi2 yang akurat dan tidak berpihak, kemudian gabungkan kepada Alkitab. Selusuri kalimat dari kalimat pernyataan Ybs, betul atau tidak?

jangan langsung marah… itu hanya ke_sia2_an belaka, selain membuat anda lebih gampang untuk dihinggapi iblis, sehingga mendendam, marah yang besar, benci yang tidak beralasan, dengan kata lain pokoknya benci terhadap apapun dari golongan tersebut diatas yang melakukan penyerangan golongan ataupun pribadi…

Maka kata Rasul:

2Kor 13:5
Ujilah dirimu sendiri, apakah kamu tetap tegak di dalam iman. Selidikilah dirimu! Apakah kamu tidak yakin akan dirimu, bahwa Kristus Yesus ada di dalam diri kamu? Sebab jika tidak demikian, kamu tidak tahan uji.

tau gitu napa ga bersatu saja? kan alkitabnya sama plek! sama2 berprinsip solascriptura… lagian katanya yang penting yesusnya! apalagi coba alasan rasional untuk ngga bersatu??? bersatu kita teguh bercerai kita runtuh.

saya sih nggak marah.ndak pernah saya jawab itu,karena memang saya nggak tahu yg benar seperti apa.

makanya saya tanya disini,maksud saya, saya ingin tahu kenyataan sebenarnya. sukur sukur kalau saya mampu menjawab,kalaupun ga bisa menjawab ga apa apa.yg penting saya bisa tahu. toh sehebat apapun saya jawab kalau dari sononya udah fanatik ya percuma aja.

Saran saya, belajarlah dari sejarah Gereja bro cheese. Belajar juga dari tulisan para Bapa Gereja, dari hasil-hasil konsili dlsb.
Jangan hanya buka Alkitab kemudian “menanti Roh Kudus berbicara” kepada anda. Hampir di semua kasus, cara tersebut malah menambah jumlah kelahiran denominasi baru.

bagus sekali mengetahui bila anda tidak marah, betul sekali, bila karena fanatik, kaidah sebuah benda yang dilempar keatas, akan jatuh kebumi. Jika sudah fanatik, kaidah itu tidak sama sekali berlaku…

yang penting justifikasi persepsi dan asumsi yang dikategorikan sebagai hal yang benar, dan sangat gencar pabila ia pikir golongannya telah dizolimi… walau hanya menunjukkan yang salah…