Bagaimana pandangan kristiani untuk prajurit yang diutus negara dimedan perang?

Sesuai judul diatas saya sering memikirkan bagaimana dengan prajurit yang diutus dimedan perang dimana dia pasti akan saling membunuh? Kalau dilihat dari alkitab pun Tuhan berulang kali memerintahkan orang atau umat pilihannya untuk membunuh, padahal jelas salah 1 hukum perintah Allah ditulis “dilarang membunuh” , jadi dosakah prajurit baik yg diutus negara berperang atau bangsa israel yg maju berperang atas perintah Alllah? Sebelumnya trimaksih,k

Lukas 19 :
27 Akan tetapi semua seteruku ini, yang tidak suka aku menjadi rajanya, bawalah mereka ke mari dan bunuhlah mereka di depan mataku."

Dibalik PERINTAH-Nya itu ada ALASAN-Nya yg Sis KUDU harus pahami !
Pernah sis tahu buat apa NERAKA diciptakan ? Bukankah untuk Pembunuhan Kekal yg ber ulang2 ?! :mad0261:

Firman keenam dari “Sepuluh Firman” (Keluaran 20:1-17) adalah “Jangan membunuh” (ayat 13). Bahasa Ibrani aslinya adalah לֹא תִּרְצָח (lo tirsah). Asal katanya tirsah ini adalah retzach yang berarti membunuh. Akan tetapi kata ini tidak diaplikasikan untuk tindakan mematikan orang dalam peperangan, hukuman mati, atau bela diri.

Jadi dengan perkataan lain … tindakan mematikan orang dalam peperangan, hukuman mati, atau bela diri … ITU diperbolehkan, ya Sis ?

Bagaimana kalau negara berperang dan diadakan wajib militer? Apakah kita orang percaya boleh ikut berperang?
Ada tiga pandangan:

  • Aktivisme: sebagai warga negara wajib tunduk pada Pemerintah (Roma 13:1-4)
  • Pasifisme: apapun alasannya, orang Kristen tidak boleh melawan orang yang berbuat jahat (Matius 5:39)
  • Selektivisme: tergantung motivasi perangnya. Kalau untuk melindungi rakyat maka perang dapat dibenarkan, seperti Abraham yang maju berperang (Kejadian 14), tapi kalau alasannya untuk menindas negara lain, maka ditolak saja.

Kejadian 9:6
Siapa yang menumpahkan darah manusia, darahnya akan tertumpah oleh manusia, sebab Allah membuat manusia itu menurut gambar-Nya

Lewat perkataan Allah kepada Nuh, nenek moyang kita setelah air bah, manusia diperintahkan untuk menghukum mati orang yang membunuh sesamanya.

Roma 13:4
Karena pemerintah adalah hamba Allah untuk kebaikanmu. Tetapi jika engkau berbuat jahat, takutlah akan dia, karena tidak percuma pemerintah menyandang pedang. Pemerintah adalah hamba Allah untuk membalaskan murka Allah atas mereka yang berbuat jahat.

Dengan demikian, seseorang yang menjadi alat negara (polisi, tentara, dsb) berwenang melakukan kekerasan atas nama negara terhadap orang yang berbuat jahat. Karena dengan demikian mereka melakukan kehendak Allah.

Kalau boleh saya tahu, anda sendiri termasuk yang pandangan mana?trims

jaman dulu ada perang salib, perang abraham, perang daud, de el el kan ?

ya jalan aje…
tapi ‘tuluslah seperti merpati, cerdiklah seperti ular’… jadi selagi masih memungkinkan… jalan diplomasi dengan pihak lawan di medan perang itu; gunain taktik.

atawa kalahkan musuh tanpa setetes darah; cuman gunain siasat perang aje dengan pertolongan ROH KUDUS.

referensi ayat:

Mat. 22:21 Jawab mereka: “Gambar dan tulisan Kaisar.” Lalu kata Yesus kepada mereka: “Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah.”

REPOT nya sis, bila pemerintahnya TIRANI … apakah seseorang yang menjadi alat negara (polisi, tentara, dsb) berwenang melakukan kekerasan atas nama negara terhadap orang yang menentang TIRANI nya. … Masih disebut …Karena dengan demikian mereka melakukan kehendak Allah ???
Berapa banyak Lawan Politik yg Hilang tanpa tahu rimbanya didalam suatu Pemerintahan yg Otoriter dan Tirani … Negara kita pernah mengalami HAL ITU di Era yg barusan lewat sebelum Era Reformasi ini, bukan ?

Kalau Pemerintahan Anti Kristus di Wahyu 13… apakah juga sesuai dengan Ayat 1 diatas … padahal Allah malah menaungi Para Domba di Masa Anti Kristus di Padang Gurun dalam Kemah Allah !

Terus… Jadi menurut saudara/i membunuh boleh saja asal disuruh negara atau Tuhan meskipun melanggar hukumNya sendiri? Saya malah bingung :cheesy:

Maka nya Sis Gabrielle jawab aja DULU deh “Buat APA kah NERAKA Tuhan ciptakan ?”
Entar nemu degh jawabannya … dalam Jawaban yg sis Gabrielle akan berikan itu !
Saya Tunggu ya sis ! :coolsmiley: :happy0062: :wink: :azn: