Bagaimana tata cara puasa yg benar utk org kristen

:cheesy: :cheesy: sbg anak Tuhan kita tentu tahu,Inti dari puasa org kristen adalah DOA.
bisakah dishare tt bagaimana puasa org kristen, tatacara (brp lama harus puasanya, boleh minum air putih tidak,ada puasa daniel, puasa ester, puasa nehemia, puasa yesaya)?.
Sy merasa alangkah baiknya , kalau kita bisa menggabungkan sikap hati yg benar dgn tatacara yg benar juga.
thank’s :angel: :angel: :angel:

Betul inti dari puasa itu doa :afro:
jadi berdoa saja gak usah ingat sdh berapa lama, jadinya doa & puasa
jadi puasa itu sbg akibat dari doa yg terus menerus.
IMO, gak perlu pakai pola Daniel, Ester dsb
btw, kenapa sih disebut puasa Daniel? padahal Daniel itu gak puasa lho,
cuma gak mau makan santapan raja yg dinilainya tdk sehat & berlebihan
Bagaimana kalau org2 yg seharinya memang gak makan daging, gak minum anggur? puasa Daniel nya gimana?
GBU

Saya kurang sependapat.

Puasa ya puasa, doa ya doa. Tetapi puasa biasanya dibarengi dengan doa.
Puasa adalah penyangkalan diri. Melalui puasa kedagingan kita dimatikan, sebaliknya Tuhan ditinggikan.

GBU

Ambigu, membingungkan yg nanya :slight_smile:

Bingung bro? Saya jelaskan nih…doa ya doa, puasa ya puasa, biasanya puasa itu ada doanya…tapi kalau doa belum tentu ada puasanya.

Simple kan? Kalau masih bingung ya maklum aja bro, keterbatasan beliau menjelaskan mungkin… ;D

[quote="pa_ul post:4, topic:181397"] [b]Ambigu, membingungkan yg nanya [/b]:) [/quote] [quote="Rennati post:5, topic:181397"] Bingung bro? Saya jelaskan nih...[b]doa ya doa, puasa ya puasa,[/b] [b]biasanya puasa itu ada doanya.[/b]..tapi kalau doa belum tentu ada puasanya.

Simple kan? Kalau masih bingung ya maklum aja bro, keterbatasan beliau menjelaskan mungkin… ;D
[/quote]

[b]Dua kalimat itu yg ambigu & rancu[/b] semua juga tahu kalo doa itu pasti berdoa gak puasa tapi puasa ya puasa, tapi biasanya ada doanya? secara keseluruhan sangat rancu & membingungkan

Gak ambigu.
Inti dari puasa adalah penyangkalan diri, sedangkan inti dari doa adalah hubungan dengan Allah. Keduanya sering digabungkan, seperti halnya roti ama selai. Roti bukan selai, dan selai bukan roti tetapi keduanya sering dikonsumsi bersamaan.

GBU

apa sih yang ingin di dapatkan dari puasa…??? hati2lah dengan tujuan…

Tergantung iman kamu…
Agama A karena ingin mendapat pahala, agama B karena mau menjadi sakti, kepercayaan C karena ingin dapat kekayaan… dll

Kalau kamu Kristen, kamu berpuasa bukan karena ingin mendapat sesuatu tapi karena mau memberi sesuatu sebab dasarnya adalah BERBELARASA dengan penderitaan Kristus…

Berpuasa yang benar caranya banyak yang penting suatu BELARASA dengan penderitaan Kristus - suatu pertobatan dan pembaharuan hidup… Semoga kamu bisa berpuasa dan berpantang dengan baik, doakan aku yang masih belajar…
Tuhan memberkati

Puasa, menyangkal diri dan menjadikan diri kita semakin kecil agar Allah semakin ditinggikan… :slight_smile:

rasanya yang TUHAN inginkan dari kita adalah melakukan apa yang DIA lakukan selama di bumi… itulah jalan, itulah kebenaran, itulah hidup…yang terpenting bukanlah belarasa penderitaan… karena penderitaan itu adalah paket yang harus diterima jika mengikut TUHAN… namun belas kasih kita pada sesama… itulah yang terpenting yang TUHAN ingin kita lakukan… KASIH itulah yang terutama… mengenai hal berpuasa… janganlah kita lakukan untuk mendapatkan sesuatu… namun lakukanlah karena TUHAN…

[i]Im 16:31 Hari itu harus menjadi sabat, hari perhentian penuh, bagimu dan kamu harus merendahkan diri dengan berpuasa. Itulah suatu ketetapan untuk selama-lamanya.

Im 23:32 Itu harus menjadi suatu sabat, hari perhentian penuh bagimu, dan kamu harus merendahkan diri dengan berpuasa. Mulai pada malam tanggal sembilan bulan itu, dari matahari terbenam sampai matahari terbenam, kamu harus merayakan sabatmu.[/i]

Jadi dari jam 6 sore hari, makan terakhir, sampe maghrib keesokan harinya, hendaklah tidak makan dan tidak minum. Itu kalo kuat ya. Umat tetangga aja puasa cuman 14 jam, ini puasa Yahudi 24 jam. Kalo gak kuat ya ikutan aturan umat tetangga aja dulu.

Yang penting niatnya. Soalnya kalo gak niat,

Im 23:29 Karena setiap orang yang pada hari itu tidak merendahkan diri dengan berpuasa, haruslah dilenyapkan dari antara orang-orang sebangsanya.

:slight_smile:

Bagus sekali komentar kamu, lakukanlah…
Tuhan memberkati

sip setuju banget saya…