Bagikan kebaikan

Bagikan kebaikan

Membagikan kebaikan berbicara , Kebaikan–kebaikan yang sebetulnya sudah ada didalam hidup kita Yang sudah lahir Baru ( buah roh Galatia 5 : 22-23 ) potensi hidup jadi berkat sudah ada didalam hidup kita ( karena Kehidupan Kristus ada dalam kita Zoe ), membagikan kebaikan bisa berbentuk ; waktu , tenaga , pikiran , perhatian , nasehat bimbingan dan uang yang bisa dibagikan kepada orang lain yang betul-betul membutuhkan , Inilah salah satu bentuk hidup jadi berkat , jadi garam dan terang dunia .

Kebaikan yang dibagikan adalah sebuah “ Keputusan “ yang membawa dampak dalam hidupnya yaitu ; “ Berkat dan kasih setia Tuhan “ dilimpahkan dalam hidupnya secara luas baik secara Rohani dalam Urapan dan karunia-karunia Roh lainnya ( bagi yang melayani ) maupun secara Jasmani dalam bentuk kesehatan , keuangan dan keluarganya .

Ibrani 11 : 31
Kitab Ibrani ini memberi kesaksian tentang pahlawan–pahlawan Iman dan salah satunya yang ditulis dalam pasal 11 ini adalah , Rahab mantan perempuan sundal ( pelacur ) kita akan mempelajari bagaimana kisah hidupnya sehingga masuk dalam golongan pahlawan Iman ,
Rahab dikatagorikan Tuhan sebagai pahlawan , karena ;

• “ Iman percaya Tuhannya bangsa Israel “ Bisa menyelamatkan hidupnya dari pemusnahan , bukti keyakinan Iman percayanya diwujudkan dengan memberitahukan ( bersaksi ) kepada keluarganya untuk berlindung dalam rumahnya agar tidak ikut dimusnahkan .

• “ Keputusan “ untuk melakukan kebaikan dengan menyembunyikan 2 orang pengintai yang diutus Yosua sehingga menyelamatkan 2 orang pengintai tersebut dari pembunuhan . ( Rahab menunjukkan kebaikannya juga dengan memberi bekal kepada kedua pengintai tersebut karena 2 orang pengintai tersebut harus bersembunyi digunung selama beberapa hari . )

Tindakan iman dan kebaikan yang dilakukan inilah yang membuat nama Rahab dicatat sebagai salah satu deretan nama pahlawan dalam Ibrani ps 11 ini .Dan Rahab beserta keluarganya diselamatkan dari pemusnahan .

Tindakan Iman Rahab tersebut bukan hanya menyelamatkan 2 orang pengintai itu saja tetapi juga seluruh kaum keluarganya , jumlah bisa lebih dari sepuluh orang ! ( Alkitab tidak mencatat berapa jumlahnya Yosua 2 : 8-13 ) kita bisa membayangkan tidak mudah bagi Rahab saat berbicara kepada keluarga besarnya “ Tentang keselamatan “ Allahnya bangsa Israel dan berlindung dalam rumahnya supaya tidak mengalami pemusnahan , Jadi saat menyampaikan berita kepada keluarganya pasti melewati diskusi , perdebatan dan resiko dihianati dari antara sanak keluarganya untuk dilaporkan .

Akhirnya dampak Iman percayanya Kepada Tuhan dan melakukan tindakan menolong 2 orang pengintai yang diutus Yosua , Rahab mendapat “ Kasih setia dan kehormatan sebagai pahlawan iman “ baik bagi dirinya maupun berkat keselamatan bagi seluruh kaum keluarganya .

Dari kisah tersebut kita bisa belajar “ Iman yang diwujudkan untuk berbuat baik “ ternyata dikatagorikan Tuhan sebagai pahlawan .

  1. Rahab awalnya bertindak hanya untuk keselamatan dirinya , karena menyadari hebat-Nya Tuhan yang menyertai bangsa Israel , mendengar perbuatan Tuhan atas bangsa mesir dan bangsa-bangsa yang ditaklukkan Israel . ( Rahab masa itu tidak / belum mendapat Iman kasih karunia Efesus 2 : 8-9 )

  2. Rahab menjadi pahlawan tanpa direncana dan disadari lebih dulu , tetapi karena hatinya yang Percaya kepada Tuhan dan dengan tulus bersaksi kepada keluarga besarnya , sehingga tindakannya membuat Tuhan memberkati hidupnya dan keluarganya .

  3. Tindakannya Rahab dimata Tuhan menjadi pahlawan karena menyembunyikan 2 orang pengintai ikut yang sama artinya memberi kontribusi dalam rencana Tuhan untuk membebaskan dan menduduki tanah perjanjian yang dikuasai 7 bangsa dikanaan yang akan diberikan kepada umat-Nya bangsa Israel .

Untuk melakukan kebaikan karena percaya kepada Tuhan membutuhkan pengorbanan , sama seperti yang dilakukan Rahab bisa dilaporkan dan dihukum mati karena dikatagorikan sebagai penghianat bangsanya , Kebaikan yang kita lakukan bisa disalah mengerti orang lain dikatakan mencari muka , minta dihargai , Tetapi sebetulnya sindiran mereka karena mereka tidak bisa melakukan kebaikan , menjadi iri dan berusaha menjatuhkan dengan menyebarkan berbagai fitnah . Oleh sebab itu berapapun resiko kalau kita melakukan dengan tulus , Tuhan akan menyertai dan melindungi dari kemungkinan yang buruk .

Contoh lain dalam Alkitab tindakan dan perbuatan yang menghasilkan kebaikan bagi dirinya maupun keluarganya ;

• Kaleb , yang memiliki Iman akan kuasa Tuhan , menceritakan dengan jujur isi hatinya mendatangkan penyertaan Tuhan dalam sepanjang perjalanan hidupnya , tubuhnya menjadi kuat dan sehat ( usia 85 th ) dan masa depan yang cerah baik untuk dirinya sendiri maupun keluarganya karena melaporkan sejujurnya keadaan tanah kanaan . Yosua 14 : 7-11 . Tindakan yang jujur dan tulus dalam menyampaikan berita yang menguatkan dan meneguhkan hati bangsanya ( bukan kebohongan atau rekayasa ) mendapat penghargaan dari Tuhan ! ( dikatakan Tuhan jiwanya lain dibandingkan yang 10 orang . Bilangan 14 : 23 )

• Rut , Seorang Moab yang mengasihi dan mempercayai Allahnya mertua , Rut 1 : 16 – 17 memperhatikan kebutuhan hidupnya dan mertuanya dengan menjadi seorang pekerja keras , Rut 2 : 2-12 akhirnya dicatat menjadi salah seorang yang menurunkan Raja besar Daud dan menjadi nenek moyang dari Tuhan Yesus .

• Kornelius , seorang perwira pasukan Italia yang percaya kepada Allah dan telah banyak berbuat baik bagi bangsa Yahudi ( kejadian 12 : 3 ) mendapat kasih karunia Tuhan keselamatan bagi hidupnya maupun keluarga besarnya . sampai malaikatpun diutus untuk memberkati keluarga besarnya . Kisah para Rasul 10 : 1-4 . tanpa disadari tindakan dan perbuatan baiknya kepada bangsa yahudi sama dengan menginvestasikan kebaikan bagi Tuhan .

• Maria , karena rasa syukur atas keselamatan dan pengampunan dosa-dosanya , berusaha berbuat baik kepada Tuhan Yesus dengan membagikan apa yang terbaik dalam hidupnya , mengurapi Tuhan Yesus dengan minyak Narwastu jati , membuat namanya dimuliakan Tuhan , selalu disebut dalam setiap pemberitaan Injil , Yohanes 12 : 1-8 .

Orang-orang di Dunia juga melakukan kebaikan kepada kepentingan masyarakat juga dicatat dalam sejarah dunia sebagai pahlawan ! Florence Nightingale , Helen Keller , Mahatma Gandhi , Albert Einstein , Madame Theresa , Bill Gates . dllnya .

Bpk. Soetanto dari Malang , sudah 126 kali mendonorkan darahnya , dan kalau mati seluruh tubuhnya akan didonorkan , Moto hidupnya ; “ Hidup ini harus berguna kepada sesamanya “ ( kick Andi 25 Pebruari 2011 ) Berita di Amerika satu tubuh ( usia kurang dari 50 th ) bisa bermanfaat bagi 50 orang ( walau 6-12 Jam setelah mati ) steam cell ( tali pusar bayi ) disimpan minus 126 drajat celcius berguna menyembuhkan jaringan tubuh yang mengalami kerusakan !

Lewat kisah Rahab dan tokoh-tokoh dalam Alkitab yang lain , ternyata setiap kita yang beriman ( Lahir baru ) dan melakukan tindakan untuk berbuat baik , ( talenta apa yang ada pada kita ) bagi pekerjaan Tuhan yang ada , kepada sesama Jemaat yang membutuhkan perhatian dan kepedulian kita Dimata Tuhan jadi pahlawan dimata Tuhan .

• Sebagai Guru sekolah minggu , bisa dikenang anak didiknya sampai tua , ini jelas berjasa ( menjadi pahlawan dimata Tuhan ) karena menanamkan benih Firman yang diurapi sehingga membawa dampak dari anak –anak sampai mereka dewasa .

• Sebagai W.L , singer tamborin dan pemain music , pelayanannya mendatangkan hadirat Tuhan sehingga menjamah dan memulihkan jiwa Jemaat yang mendengar pujian yang diurapi ! Pelayan seperti itu akan dihargai Tuhan ( sebagai pahlawan ) .

• Sebagai ketua K.T.B , pelayanannya diurapi membawa pertumbuhan kedewasaan bagi Jemaat yang dilayani sehingga Jemaat Tuhan dibawa makin tumbuh . Hal tersebut dimata Tuhan berjasa ( sebagai pahlawan ) karena membimbing anak-anak-Nya dengan benar !

• Sebagai Gembala sidang , yang mengajarkan ajaran yang sehat dan benar ( Alkitabiah ) dan memberi teladan hidup benar bagi kawanan domba Allah sehingga membawa Jemaat makin mengenal dan lebih dekat dengan Tuhan , dimata Tuhan itu sebagai pahlawan .

• Sebagai pendoa syafaat , yang tulus melayani dan hidupnya benar , sehingga doa-doa yang dipanjatkan bagai dupa yang harum dihadapan hadirat-Nya , menjadi berkat bagi perkembangan dan pertumbuhan Jemaat lewat doa-doanya , dimata Tuhan berjasa ( sebagai pahlawan ) .

• Sebagai Jemaat umum , bersaksi membawa , membimbing jiwa-jiwa baru dalam rumah Tuhan dengan tekun dan sabar , maka dimata Tuhan itu berjasa mengembangkan Kerajaan Allah dimuka bumi ( sebagai pahlawan ) .

• Sebagai anggota keluarga , kita bisa belajar melakukan kebaikan , kepada istri atau suami kita apa yang sudah kita berikan sebagai wujud kebaikan selama ini ? jangan hanya menuntut pasangan kita untuk berbuat kebaikan kepada dirinya sendiri , sedangkan dirinya tidak pernah melakukan kebaikan kepada pasangan hidupnya , jangan sampai terlambat kalau sudah mati baru ditangisi , anak-anak belajar juga berbuat kebaikan dalam keluargamu , membantu kerepotan orang tuamu , coba berpikir apa yang bisa dilakukan dalam rumah dan keluargamu .

Semua yang kita lakukan dengan tulus dan hidup benar menghasilkan buah-buah Roh yang salah satunya adalah berbuat kebaikan kepada sesama dan dalam “ Pelayanan pekerjaan Tuhan “ dalam “ Rumah tangga “ dan “ Sebagai Jemaat “ yang berdampak memuliakan nama Tuhan ( Sampai orang dunia mengatakan ini baru orang Kristen )

Semua kebaikan yang dibagikan kepada Sesama kita , dimata Tuhan sama dengan ikut ambil bagian dalam rencana Tuhan mendewasakan Jemaat , menyelamatkan jiwa-jiwa dan menjangkau mereka yang masih terbelenggu dari dosa dan masalah , membebaskan mereka dari ketidak pastian hidup dan keselamatan jiwa mereka dari hukuman kekal kepada kehidupan kekal dan menyatakan kepada dunia Yesus adalah jawaban masalah manusia baik rohani maupun jasmani !

Mari kita sebagai anak Tuhan yang Dewasa dan sudah lahir baru tunjukan buah-buah Roh Kudus yaitu berbuat kebajikan tidak manja yang hanya minta diperhatikan , dilayani terus , wujudkan kedewasan rohani dengan “ Keputusan “ ikut ambil bagian dalam rencana Tuhan dengan membagikan kebaikan yang memang bisa kita lakukan , semua kita kembalikan bagi kemuliaan nama Tuhan yang sudah membebaskan hidup kita dari murka Allah dan memberi anugrah hidup kekal dalam sorga yang mulai . Amin .