bahasa Roh

Apakah bahasa Roh bisa di pelajari?
mengapa ada ajaran/ Gereja yg mengklaim bisa berbahasa Roh?
mohon jawabannya. Thanks.

Sudah dibahas di pembahasan ajaran Kristen : 1 Korintus 12 dan 14, serta membedakan bahasa roh asli dan palsu.

Salam

Sebenar nya bahasa Roh itu bisa di pelajari…
yg penting tujuan nya…
Cuma cara nya saja yg berbeda…

Kursus bahasa rohnya di mana bro?

Salam

belajar mengenai bahasa roh mungkin bisa (sejarahnya, cara menerimanya). tapi, belajar mengartikannya, belajar mengucapkannya, gak dech… karena murni kuasa Roh Kudus,

Rasanya banyak kristen sudah berpikir pragmatis juga… ga salah kalao isinya cuma berantem dan sok bener…

Coba kalo jawab jangan pragmatis… coba berikan definisi dari akarnya baru jawab… jangan asal…

Mohon jawab… apa itu Roh Kudus? saya gunakan kata ‘apa’ supaya netral… dari sana baru berikan jawaban yang jelas dan benar dari definisi itu… tentang bahasa roh…

Kan sudah dijawab dalam ujian Pak Satya di sana…^0^
Hanya saja, belum ada kesimpulan “benar/salah” dari Pak Satya sebagai dosen penguji…^0^

Salam

Hehehe kalo ga salah itu tema soal baptisan… di bagian ini secara khusus Roh Kudus… so biar ga jlimet ya saya kasih satu pertanyaan pendahuluan sebelum masuk dalam praktikum…
;D

Roh Kudus adalah oknum / pribadi ketiga dari Allah yang Esa yang dinyatakan di dalam Alkitab.

Salam

Dari situ coba… kalau ada pertanyaan ini:

Apa jawabnya?

Tentu tidak dapat mempelajari bahasa roh…^0^
Jika bisa mempelajari bahasa roh, tentunya menafsirkan bahasa roh pun juga bisa dipelajari…^0^
Tapi nyatanya tidak bisa…^0^

Karena bahasa roh adalah “karunia” / “pemberian”, bentuk dari manisfestasi kuasa Roh Kudus sendiri, demikian pula karunia2 Roh yang lain…^0^

Kenapa ada gereja yang mengklaim bisa berbahasa roh? Saya tidak tahu, yang pasti adalah tujuan dari karunia2 Roh dan perihal penggunaan karunia tersebut dalam gereja tersebut, tidak sesuai dengan Alkitab…^0^

Salam

Bahasa roh adalah untuk menyembah Tuhan, yaitu penyembahan yang benar, MENYEMBAH DALAM ROH DAN KEBENARAN, penyembahan yang diajarkan oleh Tuhan Yesus, agar kita semakin kudus dan layak masuk dalam TUBUH KRISTUS.

[i]Yohanes 4 : 23 - 24
4:23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.

4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."[/i]

ada aturan main dalam alkitab, dan Paulus banyak melarang penggunaan bahasa roh dengan sembarangan, apalgi dihadapan orang yang belum percaya.

[i]1Kor. 14:27 Jika ada yang berkata-kata dengan bahasa roh, biarlah dua atau sebanyak-banyaknya tiga orang, seorang demi seorang, dan harus ada seorang lain untuk menafsirkannya.

14:28 Jika tidak ada orang yang dapat menafsirkannya, hendaklah mereka berdiam diri dalam pertemuan Jemaat dan hanya boleh berkata-kata kepada dirinya sendiri dan kepada Allah.[/i]
:slight_smile:

Hubungan persekutuan dengan Tuhan yang adalah Roh, selalu dengan roh…^0^
Bukan berarti menyembah dalam roh adalah menyembah dengan berbahasa roh…^0^

I Korintus 10
10:20 Bukan! Apa yang kumaksudkan ialah, bahwa persembahan mereka adalah persembahan kepada roh-roh jahat, bukan kepada Allah. Dan aku tidak mau, bahwa kamu bersekutu dengan roh-roh jahat.

Apakah persekutuan dengan roh-roh jahat adalah persekutuan dengan menggunakan bahasa roh? Tentu tidak bukan…^0^

Salam

waduh kalo bisa dipelajari bisa berabe bro. Kalo menurut sy sih bahasa roh itu karunia.

jadi pengen tau nih, bisa kursus dimana ya? dapat ijazah ga? siapa tau ntar diterima jadi penerjemah Tuhan. wkwkwkwkw…

4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran."

Bahasa roh itu menjadi suatu keharusan. KEHARUSAN disini bukan berarti diharuskan oleh GEREJA, tetapi diharuskan oleh KITA SENDIRI karena KITA PERCAYA FIRMAN TUHAN, atau karena kita percaya apa manfaatnya berbahasa roh. :slight_smile:

Bgaimana kalau yang dibrikan oleh Tuhan hnya berbahasa roh saja, tanpa dibarengi karunia untuk menafsirkannya? Itu kan kewenangan Tuhan sendiri?

1Kor. 14:28 Jika tidak ada orang yang dapat menafsirkannya, hendaklah mereka berdiam diri dalam pertemuan Jemaat dan hanya boleh berkata-kata kepada dirinya sendiri dan kepada Allah.
:slight_smile:

Di situlah letak salahnya…^0^
Ayat2 tersebut tidak membahas tentang bahasa roh namun membahas menyembah Allah yang Roh dengan roh dan kebenaran…Artinya jelas bahwa Allah yang Roh tidak dibatasi dengan tempat (bukan di gunung dan bukan juga di Yerusalem)…^0^

Yohanes
4:19 Kata perempuan itu kepada-Nya: “Tuhan, nyata sekarang padaku, bahwa Engkau seorang nabi.
4:20 Nenek moyang kami menyembah di atas gunung ini, tetapi kamu katakan, bahwa Yerusalemlah tempat orang menyembah.”
4:21 Kata YESUS kepadanya: “Percayalah kepada-Ku, hai perempuan, saatnya akan tiba, bahwa kamu akan menyembah Bapa bukan di gunung ini dan bukan juga di Yerusalem.
4:22 Kamu menyembah apa yang tidak kamu kenal, kami menyembah apa yang kami kenal, sebab keselamatan datang dari bangsa Yahudi.
4:23 Tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa penyembah-penyembah benar akan menyembah Bapa dalam roh dan kebenaran; sebab Bapa menghendaki penyembah-penyembah demikian.
4:24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.”
4:25 Jawab perempuan itu kepada-Nya: “Aku tahu, bahwa Mesias akan datang, yang disebut juga KRISTUS; apabila Ia datang, Ia akan memberitakan segala sesuatu kepada kami.”
4:26 Kata YESUS kepadanya: “Akulah Dia, yang sedang berkata-kata dengan engkau.”

Salam

1Kor. 14:28 Jika tidak ada orang yang dapat menafsirkannya, hendaklah mereka berdiam diri dalam pertemuan Jemaat dan hanya boleh berkata-kata kepada dirinya sendiri dan kepada Allah.

1Kor. 14:28 Jika tidak ada orang yang dapat menafsirkannya, hendaklah mereka berdiam diri dalam pertemuan Jemaat dan hanya boleh berkata-kata kepada dirinya sendiri dan kepada Allah.

Yup,tuk Inilah, perlu dibuat ibadah Khusus :

Disana kita bebas menyembah setelah mendengarkan Firman Tuhan, sehingga dalam doa penyembahan itu, kami masing-masing hanya berkata-kata kepada dirinya sendiri dan kepada Allah.

:slight_smile:

Sebenarnya tidak berbeda antara berbahasa roh dalam hati dengan berbahasa sehari2 dalam hati…^0^

Konteks Yohanes 4:23 adalah “tempat untuk menyembah”…^0^

Jika penyembahan merupakan bentuk kasih kita kepada Tuhan maka sebaiknya, memakai totalitas diri kita untuk menyembah…^0^

Markus 12
12:30 Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu.

Salam

mkasihh ats prtisipsi dari sodara @Santo:slight_smile:

sory …qu ingin mngulas lagi tnntang KEHARUSAN BERBAHASA ROH yg brusan qu post

sebenarnya, soal keharusan itu, penjelasannya begini.

Pada prinsipnya menurut ajaran alkitab Perjanjian Baru, TIDAK ADA SATUPUN KEHARUSAN, apa saja, tidak ada.

Kenapa?

Karena kita orang merdeka.;D

Lalu kenapa saya katakan harus?, karena saya sudah tahu apa itu bahasa roh, saya sudah tahu untuk apa, dan saya sudah merasakannya dalam berbagai manifestasi, ya saya merasa bahwa BAHASA ROH itu harus saya miliki. Harus???, ya, harus saya gumulkan terus, seandainya Tuhan mencabutnya, agar dikembalikan. Saya pernah kehilangan bahasa roh.

Hal inilah juga prinsip kebanyakan orang di gereja qu.

Karena alkitablah yang mengatakan bahwa bahasa roh itu penting untuk menyembah dalam roh dan kebenaran atau untuk berdoa dalam Roh Kudus, maka orang-orang di gereja saya, yang belum mendapat karunia itu, tetap BERTEKAD, menantikan Tuhan berkaria, Harus dapat, harus bergumul, sampai Tuhan memberi. Itulah artinya HARUS

:slight_smile: