BANTAHAN KETUHANAN ROH KUDUS

BANTAHAN ALKITAB TENTANG KETUHANAN ROH KUDUS !!!

Beberapa keterangan Alkitab dalam Kitab Yohanes menyebut konsep “Roh Kebenaran”. Interpretasi Kristen tradisional menyamakan “Roh Kebenaran” ini dengan “Roh Kudus”. Berikut petikan YOHANES:

14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
14:17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.
15:26. Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.
16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

Keterangan2 Alkitab di atas dengan jelas mengaitkan Roh Kebenaran dengan penyampaian wahyu/pesan dan ilham dari Allah, dan dijelaskan bahwa Roh Kebenaran “tidak akan berkata2 dari diri-Nya sendiri, tetapi akan mengatakan segala sesuatu yang didengar-Nya” dari Allah. Dengan kata lain, ayat2 dari Yohanes ini dengan jelas mengisyaratkan bahwa Roh Kebenaran, Roh Kudus, tunduk kepada Allah, dan bukan mitra yang sejajar dengan-Nya. Ini berarti bahwa Roh Kebenaran “tidak akan berkata2 dari diri-Nya sendiri, tetapi akan mengatakan segala sesuatu yang didengar-Nya” dari Allah. Dijelaskan juga dalam ayat Yohanes di atas, bahwa “dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia”. Ini berarti bahwa Roh Kebenaran tersebut adalah makhluk ghaib yang hanya bisa dilihat oleh orang2 tertentu pilihan Allah.

Roh Kebenaran melaksanakan tugas yang sama, menyampaikan wahyu/pesan, dengan Malaikat Gabriel. Oleh karenanya, diisyaratkan bahwa Gabriel adalah Roh Kebenaran, dan bahwa Roh Kebenaran adalah Roh Kudus. Jika Gabriel adalah penyampai wahyu, dan jika Roh Kudus adalah Roh Kebenaran, maka Gabriel adalah Roh Kudus.

Adapun maksud dari frasa “ia akan bersaksi tentang aku” dalam Yohanes 15:26 di atas adalah bahwa Roh Kebenaran/Roh Kudus/malaikat Gabriel akan memberikan wahyu kepada Yesus dan kepada Nabi Muhammad tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pengutusan Yesus untuk Bani Israel.

Identifikasi Roh Kudus/malaikat Gabriel dengan jelas bisa dilihat dalam Alkitab hanya dengan mengontraskan dua ayat dalam MATIUS dengan LUKAS yang masing2 membahas penyampai pesan/berita gembira dari Allah kepada Maria. Dalam ayat Matius, Gabriel diidentifikasi dengan gelarnya, Roh Kudus, sebagai penyampai berita gembira kepada Maria. Dalam ayat Lukas, Gabriel diidentifikasi dengan namanya sebagai penyampai berita gembira kepada Maria. Berikut petikan MATIUS dan LUKAS:

MATIUS 1:18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.

LUKAS 1:26-27 Dalam bulan yang keenam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret, kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria.

Lebih jelas, identifikasi tersebut dapat dilihat dalam Al-Qur’an dengan mengontraskan tiga ayat yang masing2 membahas penyampai wahyu dari Allah kepada Nabi Muhammad. Dalam ayat pertama, Gabriel diidentifikasi dengan namanya sebagai penyampai wahyu kepada Nabi Muhammad. Dalam ayat kedua, Gabriel diidentifikasi dengan gelarnya, Roh Kudus, sebagai penyampai wahyu kepada Nabi Muhammad. Dan dalam ayat ketiga, Gabriel diidentifikasi dengan julukannya, Roh Kebenaran, sebagai penyampai wahyu kepada Nabi Muhammad. Berikut petikan Al-Qur’an:

[QS. 2:97. Katakanlah: Barang siapa yang menjadi musuh Gabriel, maka Gabriel itu telah menurunkannya (Al Qur’an) ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman.]

[QS. 16:102. Katakanlah: “Roh Kudus (Gabriel) menurunkan Al Qur’an itu dari Tuhanmu dengan benar, untuk meneguhkan (hati) orang-orang yang telah beriman, dan menjadi petunjuk serta kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)”.]

[QS. 26:192-193. Dan sesungguhnya Al Qur’an ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam, dia dibawa turun oleh Roh Kebenaran (Gabriel),]

Ringkasnya, Gabriel tidak lain adalah Roh Kudus. Sementara agama Kristen telah meninggikan derajat Gabriel, dengan gelar Roh Kudus, hingga memiliki hubungan kemitraan dengan Penciptanya, Allah, dalam konsep ketuhanan tritunggal. Islam meneguhkan kembali keesaan Allah yang secara tegas menentang segala bentuk ideologi politeistik, dan tetap melihat Gabriel atau Roh Kudus hanya sebagai malaikat Allah yang menyampaikan pesan2-Nya kepada umat manusia.

Lebih jauh, injil2 kanonik sendiri secara implisit telah membantah ketuhanan Roh Kudus:

LUKAS:

1:41 Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabetpun penuh dengan Roh Kudus,
1:67. Dan Zakharia, ayahnya, penuh dengan Roh Kudus, lalu bernubuat, katanya:
2:25. Adalah di Yerusalem seorang bernama Simeon. Ia seorang yang benar dan saleh yang menantikan penghiburan bagi Israel. Roh Kudus ada di atasnya,

YOHANES:

20:22 Dan sesudah berkata demikian, Ia (Yesus) mengembusi mereka dan berkata: "Terimalah Roh Kudus.

MARKUS (lihat QS. 2:97 di atas):

3:29 Tetapi apabila seorang menghujat Roh Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa kekal."
3:30 Ia (Yesus) berkata demikian karena mereka katakan bahwa Ia kerasukan roh jahat.

Bahkan, Yohanes Pembaptis memiliki keistimewaan tersendiri berkaitan dengan Roh Kudus ini:

LUKAS:

1:15 Sebab ia (Yohanes Pembaptis) akan besar di hadapan Tuhan dan ia tidak akan minum anggur atau minuman keras dan ia akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari rahim ibunya;

Dijelaskan dalam ayat Lukas di atas, bahwa Yohanes Pembaptis akan dipenuhi oleh Roh Kudus “mulai dari rahim ibunya”. Kita justru kasihan kepada Yesus yang harus menunggu selama 30 tahun untuk menerima Roh Kudus, yaitu ketika selesai dibaptis oleh Yohanes Pembaptis (Lihat: Matius 3:16-17, Markus 1:10-11, Lukas 3:21-22, dan Yohanes 1:32).

TS menyamakan Roh Kebenaran dg Gabriel dan mnyangkal ke-Tuhan-an Roh Kudus.

Dsini saya hanya bahas antara Roh Kudus dg Gabriel.

Luk 1:26-38
Dalam bulan yang keenam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret,
kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria.
Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria, ia berkata: “Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau.”
Maria terkejut mendengar perkataan itu, lalu bertanya di dalam hatinya, apakah arti salam itu.
Kata malaikat itu kepadanya: “Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah.
Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.
Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya,
dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan.”
Kata Maria kepada malaikat itu: “Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?”
Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah.
Dan sesungguhnya, Elisabet, sanakmu itu, iapun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya dan inilah bulan yang keenam bagi dia, yang disebut mandul itu.
Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil."
Kata Maria: “Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu.” Lalu malaikat itu meninggalkan dia.

Dari ayat ini jelas sudah bahwa Roh Kudus bukanlah Gabriel.

Bagaimana bisa Malaikat jadi Roh Kudus?
Sedangkan TS percaya bahwa malaikat diciptakan dari cahaya?

Paham gak dia dengan agamanya sendiri ya?

HA…HA… YESUS ITU SUDAH MENERIMA ROH KUDUS SEJAK MARIA BUNDANYA MENGANDUNG BRO…GAK ADA MASALAH AMA JOHANES TUCH.

SOAL ROH DALAM BENTUK MERPATI ITU ADALAH SEBAGAI PENOBATAN, PENGAKUAN, PENEGUHAN, WISUDA, PELANTIKAN, PERESMIAN, INAUGURASI DARI BAPANYA BAHWA INILAH SATU-SATUNYA ANAKNYA YANG DIKENANNYA.

ha…ha
gw setuju ama lo bro…
gw rasa dia blom ngerti apa yang di ungkapkan,
ilmu nya masih cetek…
makanya belajar dulu sana


http://dl7.glitter-graphics.net/pub/1247/1247597fock0mc4kl.jpg

Edited by Ik3

Demi kenyamanan bersama dlm berposting harap perhatikan perkataan dlm berposting.

Thx for the attention

GBU
FK TEAM

rekan-rekan… tidak sepantasnya kita menghina orang yang bertanya atau mempertanyakan iman kita.

Tuhan Yesus tidak pernah mempermalukan dan menghina orang Yahudi atau orang-orang lain yang ditemuinya. Dia menyatakan kebenaran dalam ketulusan. Lebih baik bila rekan-rekan tidak hendak menjawab, jangan berkomentar.

Jawaban saya untuk pertanyaan rekan qqtama:

ketika kita hendak menafsirkan satu bagian Alkitab, kita tidak hanya memperhatikan kata yang digunakan. Aspek budaya menjadi salah satu perhatikan karena bahasa itu berkembang.

ada kesan ketertundukan Roh kepada Allah, hal ini perlu dipahami dengan memperhatikan sifat Allah itu sendiri.

Namun hal yang perlu dicermati adalah dengan gaya bahasa yang anda gunakan untuk bertanya akan membawa pada pengertian yang bergeser di mana nantinya akan berbicara Allah itu tiga… dan ini bukan keyakinan Kristen. karena itu hal dasar yang harus diperhatikan adalah Ia adalah jamak yang tunggal. dari sana baru kita akan bisa memahami mengapa Roh Kudus adalah Allah.

TS nya main kick and run… mana nich tanggapannya…
Masa cuma copy paste pertanyaan terus nggak di tanggapi… >__<

Waduh bener nih :huh:
Coba kepada TS PM saya dtgg :mad0261:
Lu orang mau dakwah apa rusuh???

[b]Member Non-Kristen hanya boleh berdiskusi di Forum Terbuka, mohon dilaporkan apabila menemukan postingan/member seperti Theologi,

Thx buat kerjasamanya.

GBU

NB : Member Banned[/b]

maaf lancang…
kalo boleh nanya … siapa yang lebih tinggi antara Bapa, Allah, dan Roh Kudus … kalo setara, apa bedanya dengan Brahmana, Siwa, dan Wisnu… kan sama2 TriMurti …

Tidak ada yang lebih tinggi dan lebih rendah, karena Merekaadalah satu, satu Oknum, namun 3 Pribadi, namun juga terpisah dan mengerjakan semuanya dengan Pola dankinerja yang saling melengkapi, Pribadi yang unik memang dan sulit dimengerti, hanya kalau kita mengalami sendiri karya ke Tritunggaln Allah tsb, maka kita bisa membedakannya.

Mereka satu, mereka bekerja dengan 3 kepribadian yang saling melengkapi, tidak ada pertentangan krn mereka satu, Tunggal.

Topik menarik …

Allah yang benar dan Hidup adalah Allah yang tidak terbatas,Allah yang melampaui segala sesuatu,Allah Yang Esa, Allah yang tidak ada bandingnya,Allah yang tidak ada tandinganya,Allah yang tidak ada Sandingan nya,Allah yang tidak ada Batasan nya,Dan kesemua Sifat dan Hakikat serta Dzat yang tidak terbatas dari kekal sampai kekal dalam segala Hal ini Hanya ada dalam diri Allah yang menyatakan diri sebagai Allah Tritunggal.Dan Sungguh Interaksi Dan Hubungan antara ke-3 Pribadi Allah Tritunggal ini tidak akan pernah terselami.Sungguh Benar,Biarlah Hal hal yang tersembunyi dan Rahasia Tetap Hanya menjadi Bagian dari Tuhan Allah kita untuk selama lama nya

Ulangan 29:29

(Hal-hal yang tersembunyi ialah bagi TUHAN,Allah kita,tetapi hal-hal yang dinyatakan ialah bagi kita dan bagi anak-anak kita sampai selama-lamanya, supaya kita melakukan segala perkataan hukum Taurat ini.)

GBU

Bapa, Anak dan Roh Kudus hanya memiliki satu nama yang ajaib: Yesus Krsitus…

Tri murti??? :wink:

Penjelasan lanjutan tentang topik ini bisa dilihat di

BUKTI BUKTI KEILAHIAN ROH KUDUS
http://www.sarapanpagi.org/bukti-bukti-keilahian-roh-kudus-vt101.html

Topik saya kunci karena tidak ada inisiatif untuk diskusi lanjutan dan topik sudah terjawab.
Terima kasih untuk semua member yang telah berpartisipasi. Sampai jumpa di topik menarik lainnya.

Tuhan YESUS memberkati.