Baptis untuk yg Dewasa , Harus Katekumen ? Harus / Tidak

Banyak dari denom Protestan , mem Baptis orang tanpa Katekumen / pembelajaran dahulu…

Apakah di BENAR kan ?

Yang benar yang mana sih. ?

Apa cuma :
kamu mau jadi Kristen : Jawab : Ya langsung saja Baptis… Apakah begitu

sebetul nya bisa langsung baptis asal hati kita udah siap, dan sungguh sungguh sama Tuhan Yesus :slight_smile:
tapi kebanyakan harus melewati pembelajaran dulu supaya kita betul betul paham dengan ajaran Tuhan Yesus
kalo menurut pendapat saya sih gitu ;D

di Alkitab harus diajarkan dulu…yang aku tahu

boleh minta ayat nya? sorry bukan nya ngeraguin, tapi cuma mau tau aja :slight_smile:
soal nya orang orang yang di baptis Yohanes pembaptis aja langsung di baptis ga pake belajar dulu

Shalom,

Mengenai belajar, diajar, mendengar sebelum dibaptis ada di dalam Alkitab. Itu bisa kita baca dalam berbagai peristiwa baptisan dalam Alkitab. Memang perlu waktu Bro untuk membacanya. Tidak semua peristiwa itu menyinggung mengenai belajar dan diajar.

Berikut daftar berbagai peristiwa baptisan dalam Alkitab.

  1. Baptisan orang banyak oleh Yohanes (Mat 3:15)
  2. Baptisan YESUS oleh Yohanes (Mat 3:15)
  3. Baptisan orang banyak di Ainon oleh Yohanes (Mat 3:23)
  4. Baptisan 3.000 jiwa di Yerusalem oleh para rasul (Kis 2:41)
  5. Baptisan orang Samaria (Kis 8:12)
  6. Baptisan kpl perbendaharaan Etopia di perjalanan oleh Filipus (Kis 8:26-38)
  7. Baptisan Saulus oleh Ananias (Kis 9:18)
  8. Baptisan Kornelius dan kawan-kawan (Kis 10:48)
  9. Baptisan Lidia di Filipi oleh Paulus (Kis 16:14-15)
  10. Baptisan kepala penjara oleh Paulus (Kis 16:31-33)
  11. Baptisan dua belas murid oleh Paulus (Kis 19:1-6).
  12. Baptisan Krispus oleh Palulus (Kis 18:8)
  13. Baptisan keluarga Stefanus oleh Paulus (1 Kor 1:16)

Selain dalam nas tentang peristiwa baptisan, dalam perintah mengenai baptisan, ada juga mengenai diajar (Mat 28:19,20).

Juga di dalam Mrk 16:16 juga dikatakan bahwa yang dibapatis adalah yang percaya. Mengenai percaya, Roma 10 berkata begini:

“Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan. Tetapi bagaimana mereka dapat berseru kepada-Nya, jika mereka tidak percaya kepada Dia? Bagaimana mereka dapat percaya kepada Dia, jika mereka tidak mendengar tentang Dia. Bagaimana mereka mendengar tentang Dia, jika tidak ada yang memberitakan-Nya? Dan bagaimana mereka dapat memberitakan-Nya, jika mereka tidak diutus? Seperti ada tertulis: “Betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik!” Tetapi tidak semua orang telah menerima kabar baik itu. Yesaya sendiri berkata: “Tuhan, siapakah yang percaya kepada pemberitaan kami?” Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman KRISTUS. Tetapi aku bertanya: Adakah mereka tidak mendengarnya? Memang mereka telah mendengarnya: “Suara mereka sampai ke seluruh dunia, dan perkataan mereka sampai ke ujung bumi.”

Demikian, semoga bermanfaat.

Salam, JBU, Jericho, J.

di ajarin koq. walau singkat… ada pembelajaran singkat sebelum di baptis minggu depannya… itu yang di lakukan gereja gw :wink:

jadi benar2 paham dulu, biar kagak asal ikutan… klo asal ikutan, nanti kedepannya dia baru tau ARTI PENTING baptisan… jadi menyesal deh kenapa dulu dia ikut2an baptis :smiley:

Nih yang aku alami :
Seorang teman sudah menikah dan mempunyai seorang anak. Karena mereka belum diberkati dan ingin punya surat nikah, maka lewat perantaraan seseorang , kedua orang tersebut suami-istri dibaptis dahulu untuk menerima pemberkatan pernikahan. Tanpa pembelajaran dahulu. Setelah selesai semua itu suami istri kagak ke gereja. Lucu deh…diperalat…

NB:di Protestan lho … ntar dikira di Katholik…

Babtisan zaman sekarang cuma tanda anggauta suatu denom

GBU

Yah, sebaiknya tahu arti Baptisan itu.
Bagaimana bisa tahu kalau tidak diajarkan !

Dalam keadaan darurat, artinya sudah tidak ada waktu lagi, bisa langsung dibaptis kalau memang orang sudah mengharap dan merindukan.

Maka di gereja katolik, ada yang namanya Baptis Rindu, artinya: sekalipun orang yang sudah mau mati tsb. belum sempat dibaptis air, akan tetapi karena dia sudah merindukan akan Yesus, maka dia dianggap sudah menerima Baptisan.