Baptis yang benar itu bagaimana?

Matius 3:13Maka datanglah YESUS dari Galilea ke Yordan kepada Yohanes untuk dibaptis olehnya.3:14Tetapi Yohanes mencegah Dia, katanya: "Akulah yang perlu dibaptis oleh-Mu, dan Engkau yang datang kepadaku?"3:15Lalu YESUS menjawab, kata-Nya kepadanya: “Biarlah hal itu terjadi, karena demikianlah sepatutnya kita menggenapkan seluruh kehendak Allah.” Dan Yohanespun menuruti-Nya.3:16Sesudah dibaptis, YESUS segera keluar dari air dan pada waktu itu juga langit terbuka dan Ia melihat Roh Allah seperti burung merpati turun ke atas-Nya,3:17lalu terdengarlah suara dari sorga yang mengatakan: “Inilah Anak-Ku yang Kukasihi, kepada-Nyalah Aku berkenan.”

Tolong di jelaskan tentang Matius 3:13-17 ini cara baptis yang benar itu bagaimana?

Apakah sesuai dengan cara YESUS dibaptis?

Atau cara lain juga benar?

Karena ada pendeta (tidak menyebut namanya)yang katakan bahwa baptisan yang benar adalah baptisan sesuai YESUS di baptis?

Bila tertarik membaca topik saya tentang baptisan ROH

selamat membaca… ^^

@SKYHAWK, apa sebenarnya tujuan anda ini?
Saya gak tau anda ini nguber setoran, biar banyak POST ato gimana, yg jelas anda ini termasuk orang yg tidak bertanggung jawab!!! 2 threadmu yg terbaru, topiknya sama dengan topik sebelumnya “Baptisan anak kecil”. Kenapa tdk muncul di thread “Baptisan anak kecil”???
Lempar batu sembunyi tangan ya???
Dan beberapa threadmu saya lihat hanya dilempar begitu aja, tanpa ada reply dari anda.
Jadilah seorang Kristen (jika anda memang seorang Kristen) yg bertanggung jawab.

@Moderator… sorry saya OOT.
Salam.

Babtisan yang benar ???
Dalam nama bapa dan putra dan Rohkudus Amen.

GBU

Menurut pengamatan saya dalam Matius 3:13-17, kalau benar baptisan haru sesuai dengan cara Yesus dibaptisan, tentu ayat ini hanya menjelaskan bahwa Yesus di Baptis dan tidak menjelaskan secara mendatail bagaimana cara-cara Yesus di Baptis.

  1. Ada yang mengatakan Yesus di Baptis selam, karena adanya frase “keluar dari air” Mat.3:16, namun ada beberapa alasan yang tidak masuk akal bahwa keluar dari air memang berarti sebelumnya di dalam air tetapi di dalam air tidak berarti sebelumnya diselamkan/ ditenggelamkan.

2.Letak sungai Yordan agak rendah dan bisa saja setelah di Baptis Yesus lalu keluar dari air dalam artian meninggalkan air itu.

Jika memang dapat di pastikan bahwa Yohanes membaptis dengan baptis selam, ini tidak memberikan banyak bukti berkenaan dengan 2 pokok alasan diatas.

I like This point :afro: :afro:

Coba lihat ayat2 berikut:
Roma 6
6:4 Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.

Kolose 2
2:12 karena dengan Dia kamu dikuburkan dalam baptisan, dan di dalam Dia kamu turut dibangkitkan juga oleh kepercayaanmu kepada kerja kuasa Allah, yang telah membangkitkan Dia dari orang mati.

Baptis > Kata baptis berasal dari kata “baptizo” dalam bahasa Yunani, yang sebenarnya “ berasal dari kata dasar “bapto”, dengan mendapatkan sisipan dua huruf yaitu “iz” ditengahnya sehingga menjadi “baptizo”. Sebuah kata kerja Yunani apabila mendapat sisipan “iz” seperti itu, maka kata kerja itu mendapatkan makna kausatif, yang artinya mengandung arti menyebabkan adanya atau terjadinya sesuatu. Dengan demikian kata “baptizo” itu mempunyai arti “mencelupkan sesuatu ke dalam suatu cairan kemudian mengeluarkannya kembali”, sedangkan dalam konkordansi Alkitab Dr. Strong, arti yang terutama dari “bapto” adalah “meliputi seluruhnya dengan cairan”, artinya mencelupkan .
Baptis mempunyai arti diselamkan, sejalan dgn ayat2 di atas > dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian.

Keluar dari air > dibangkitkan (sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru.)

GBU all.

yang jelas essensi ILAHI yang digunakan adalah…ALLAH TRITUNGGAL… :coolsmiley: :coolsmiley:
BAPA, ANAK, ROH KUDUS
dan dengan AIR tentunya…Mau percik atau Selam…it’s ok…karena tidak ada dalam alkitab HARUS SELAM…^^ :happy0025: :happy0025: :happy0025:

sungai yordan cukup dalam, sehingga dapat menenggelamkan SELURUH tubuh manusia

pada masa kini, banyak yg masih melakukan babtisan selam di sungai yordan

Btw, kalau babtisan percik, cukup siapkan seember air - (10 liter), sudah dapat membatis 100 orang. Tidak perlu mencari sungai yordan yang dapat menenggelamkan tubuh manusia.

masih ingat peristiwa sida sida etiopia yang minta dibabtis ?

sida sida itu dlm perjalanan, tentulah membawa perbekalan air. Cukup diambil sedirkit air (50 cc air) untuk melakukan babtisan percik. Tetapi, sida sida itu mencari tempat yang banyak airnya. Pertanyaannya, mengapa mencari tempat yg banyak airnya untuk melakukan babtisan ? Kalau babtisan percik, sida sida ini tidak perlu mencari air yg banyak, karena sida sida itu memiliki cukup air di persediannya di keretanya

Kisah Para Rasul 8

Yang terpenting itu menerima babtisan yang sesungguhnya yaitu 'dibabtis dalam kematianNYA(roma6:3) ’

Babtisan air tidak menyelamatkan sama sekali

Untuk melengkapi pemahaman kita yang benar tentang Baptisan, perlu juga untuk meneliti beberapa kasus baptisan dalam Perjanjian Baru untuk lebih mempermantap pandangan dan pemahaman kita tentang cara baptisan air yang sesungguhnya.

Silakan klik dibawa bersama Pdt Esra Alfred Soru.

thread yang membahas topik ini sudah sering dibuka

tolong TS lebih selektif dalam membuat topik dan ingat jangan malas untu MENGGUNAKAN menu

cari

dipojok kanan atas