Baptis

Shalom :slight_smile:

mau tanya nih, silakan member FK memberi tanggapan

misalnya, saya menginjil di tempat terpencil, di pedalaman atau di pulau yang penghuninya cuman 5 KK, yang akses ketempat lain jauh dan sangat sulit.

kemudian disana orang yang saya Injil terima Yesus
pertanyaan :

  1. bolehkah saya membaptis–saya bukan pendeta/pastor–?

  2. seandainya saya tidak membaptis dia, apakah dia bisa membaptis diri sendiri dan istri --bila punya–?

  3. apabila dia punya anak–setelah saya pergi, bila saya sudah membatisnya–, bolehkah dia membaptis anaknya sendiri?

pertanyaan tambahan :
4. siapa yang membaptis Yohanes Pembaptis?

  1. bagaimana dengan Adam, Nuh, Abraham, Lot, Ishak, Yakub dll yang tidak dibaptis --ataukah ada–?

itu dulu.

  1. Boleh.
  2. Baptis diri sendiri saya tak tau caranya.
  3. Boleh.
  4. Ga tau.
  5. Maksudnya pertanyaan ini?

1-3 > ga mgkn bro krn anda harus diakuin dlu sebagaimana wlopun paulus sudah dibaptis Kristus tetep aja
biar afdhol melapor jg ke 12 rasul sebelum nya ;D ;D ;D
klo pndpt sy pribadi, bisa saja bro — namun mustahil terjadi kejadian bgtu dmana kita yg belum pny
kemampuan cukup bs mengajak orang lain menjadi pengikut Kristus. Jd pengandaian yg aneh

4 > setahu saya Yohanes Pembaptis sampai besar nya ama orang tua nya yang merupakan salah satu
imam yaitu Zakharia , nah silahkan simpulkan siapa yg baptis Yohanes Pembaptis. Kuncinya
Apakah baptis air itu ada sebelum atau sesudah Yohanes Pembaptis??? he7 :char11: :char11: :char11:

5 > tergantung baptisan mana yg anda mksd???
setahu saya ada dua bro, baptisan air dan baptisan Roh.
dan bilamana udah Baptisan Roh sepertinya baptisan Air gak lebih tinggi dr Baptisan Roh klo kita tidak
khilaf mengatakan baptisan Roh yg terutama. Nah klo secara iman dan perandaian saya, Iman Percaya yg
dijadikan menjadi Kebenaran bagi orang Percaya mnrt saya adalah suatu bentuk Pengakuan Baptisan Roh
.
Salah satu karunia orang yg mendapat Baptisan Roh yaitu berbicara kpd Pencipta-Nya, Mukjizat
dan tentu saja Nubuat. Yang ngaku dapat Baptisan Roh tp tidak ada tanda2 yg mengikuti berarti
patut dipertanyakan. :happy0062: :happy0062: :happy0062:

Suatu SITUASI dan KONDISI yg sejak AWAL si TS menyuguhkan Pertanyaan2 dibawah ini …
kemudian disana orang yang saya Injil terima Yesus

pertanyaan : 1. bolehkah saya membaptis--saya bukan pendeta/pastor--?
Bagaimana TS memahami ayat ini ...... *) Yang mengaku dalam hatinya dan mengatakan dengan mulutnya bahwa Yesus (Allah Juruselamat) itu adalah TUHAN dan Penebusnya ? *) [b]Hanya [u]oleh[/u][/b] Roh Kudus maka seseorang dapat mengatakan bahwa Allah telah datang dalam ujud manusia Yesus dan mengakui-Nya sebagai Tuhan ! *) Bukankah Tujuan Achir dan INTI dari suatu Pembaptisan adalah si Yang Terbaptis mendapat [b][u]Curahan[/u] Roh Kudus [/b]agar menetap didalam Singgasana hatinya ...... yg akan menjadi [b]Pendamping, Guru Agung, SAKSI dan METERAI Sorgawi [/b]bahwa ia telah dicatat namanya di [b]Kitab Kehidupan Anak Domba[/b] di [b]Sorga[/b] !
2. seandainya saya tidak membaptis dia, apakah dia bisa membaptis diri sendiri dan istri --bila punya--?
  1. apabila dia punya anak–setelah saya pergi, bila saya sudah membatisnya–, bolehkah dia membaptis anaknya sendiri?

Ajarkan tentang Pemahaman 2 *) diatas dan bila dia MEMAHAMI dan MENGERTI itu semua , bukankah Roh Kudus sudah berada didalam hatinya !
Karena Tuhan Allah sendiri yg menyatakan :
Yeremia 31 :
33 … Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka (Roh-Ku akan Ku taruh dalam Hati dan batin mereka); maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku.
34 Dan tidak usah lagi orang mengajar sesamanya atau mengajar saudaranya dengan mengatakan: Kenallah TUHAN! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku, demikianlah firman TUHAN, sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka."

Allah kita ini Allah yg tidak KAKU dan Dia adalah Tuhan yg memeriksa HATI, bukan Tata Ibadah !
Continuing …

Continued …

pertanyaan tambahan : 4. siapa yang membaptis Yohanes Pembaptis?
Pernah BACA ayat ini ? Lukas 1 : 35 Jawab malaikat itu kepadanya: "[b]Roh Kudus[/b] akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah. 36 Dan sesungguhnya, Elisabet, sanakmu itu, [b][u]iapun[/u][/b] sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya dan inilah bulan yang keenam bagi dia, yang disebut mandul itu. 37 Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil." 38 Kata Maria: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu." Lalu malaikat itu meninggalkan dia.

39 Beberapa waktu kemudian berangkatlah Maria dan langsung berjalan ke pegunungan menuju sebuah kota di Yehuda. 40 Di situ ia masuk ke rumah Zakharia dan memberi salam kepada Elisabet. 41 Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabetpun penuh dengan Roh Kudus, 444 Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku (yg sudah penuh dengan Roh Kudus,) melonjak kegirangan. 45 Dan berbahagialah ia, yang telah percaya, sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan, akan terlaksana."

Jadi Yohanes Pembaptis mendapat Baptisan Roh yg dilakukan oleh Allah Sendiri … Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil." maka Bayi Yohanes Pembaptis itu juga menerima … “Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau” … bukankah Alkitab mencatat sbb :
Lukas 3 :
4 seperti ada tertulis dalam kitab nubuat-nubuat Yesaya: Ada suara yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya.

5 Setiap lembah akan ditimbun dan setiap gunung dan bukit akan menjadi rata, yang berliku-liku akan diluruskan, yang berlekuk-lekuk akan diratakan,

6 dan semua orang akan melihat keselamatan yang dari Tuhan."

Matius 3 :
3 Sesungguhnya dialah yang dimaksudkan nabi Yesaya ketika ia berkata: “Ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya.”

Markus 1 :
2 Seperti ada tertulis dalam kitab nabi Yesaya: “Lihatlah, Aku (Allah) menyuruh utusan-Ku (Yohanes Pembaptis) mendahului Engkau (Yesus ), ia akan mempersiapkan jalan bagi-Mu (Yesus);

3 ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya”,
ITU ayat2 yg menjelaskan bagaimana Allah sendiri yg menaruh Roh Kudus pada Bayi Yohanes Pembaptis sebagai persiapan melakukan Perintah-Nya untuk … mendahului Engkau (Yesus ), ia akan mempersiapkan jalan bagi-Mu (Yesus);

5. bagaimana dengan Adam, Nuh, Abraham, Lot, Ishak, Yakub dll yang tidak dibaptis --ataukah ada--?
Semua yg disebut diatas menerima Baptisan Roh Kudus oleh Yesus sendiri SAAT mengunjungi dan membuka mereka dari[b] [u]Penjara[/u] Maut [/b]lalu bangkit ber sama2 Kristus pada Kebangkitan-Nya ! 1 Petrus 3 : 18 Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh, 19 dan [b]di dalam Roh itu juga[/b] Ia pergi memberitakan [b]Injil (Berita Pembebasan dan membaptis mereka dengan Roh Kudus) [/b]kepada roh-roh yang [b]di dalam[u] penjara[/u],[/b] Pada saat mereka Bangkit, mereka disebut [b]"orang2 Kudus"[/b] ..... Matius 27 : 51 Dan lihatlah, tabir Bait Suci terbelah dua dari atas sampai ke bawah dan terjadilah gempa bumi, dan bukit-bukit batu terbelah, 52 dan kuburan-kuburan terbuka dan banyak[b] orang kudus[/b] yang telah meninggal [b][u]bangkit[/u][/b]. 53 Dan sesudah kebangkitan Yesus, merekapun keluar dari kubur, lalu masuk ke kota kudus dan menampakkan diri kepada banyak orang
itu dulu.
Ditunggu "yg lainnya", Bro !

Jadi Tugas Penginjil adalah agar orang yg di Injil inya sampai mampu menyatakan dengan mulutnya dan mengakui dengan hatinya bahwa Yesus, Allah Juruselamat itu, adalah TUHAN dan Juruselamat bagi “nya” !
PASTI Allah sendiri yg akan membaptisnya dan Roh Kudus juga TURUN dalam dirinya … ITU lah MAKNA dan TUJUAN Pembaptisan, bukan ?

Boleh saja, itu sesuai dgn perintah Tuhan Yesus di Injil Matius 28:19
Namun utk saat ini ada kendalanya kalau satu saat org tsb memerlukan surat baptisan utk pengurusan akte2 lainnya. Jadi ada baiknya dirujuk ke gereja terdekat saja.

Baptis diri sendiri gak ada perintahnya, jadi gak bisa dan gak boleh.
Baptis istri kendalanya sama spt di atas.

Boleh saja, tapi kendalanya spt di atas.

Baptisan air mulai sejak Yohanes Pembaptis,
Yohanes diperintahkan Tuhan utk membaptis org2 yg mau bertobat
jadi IMO Yohanes sendiri gak dibaptis.

Baptisan Air hanya dikenal di PB, sejak Yohanes Pembaptis.

Jangan lupa ya, HARUS BABTIS SELAM

kalau cuman di perciki air, tidak sah !

tanya Tuhan …apakah Tuhan berkenan klo saya baptiskan orang ini ?
kalo Tuhan jawab berkenan : babtis aja … :smiley:
klo katakan tidak berkenan ya jangan di baptis… :smiley:

kalo Tuhan gak jawab2,
tunggu sampe ketemu Tuhan ;D

klo Tuhan jawab… jangan ya jangan… mungkin Dia ngga mau pake sodara dan sy untuk membaptis orang itu… ttp ada orng lain yang mau Tuhan pake untuk membaptis orang itu…

krn itu stp pelayanan mesti tanya Tuhan… krn Dia Tuannya … jangan smp melayani ttp ternyata Tuannya ngga berkenan

wah ini kelas pelayan ngeroh tingkat tinggi :happy0062:

bukan kelas tinggi… tpp kelas belajar mengerti hatiNYA TUHAN… mencari perkenanan Tuhan

to the point. Thanks

kan ada tuh yang mengatakan harus dibaptis pake air, kalo tidak maka tidak masuk sorga.

apakah mereka juga dibaptis air ? bila tidak bagaimana nasib mereka menurut ajaran “harus baptis” itu ?

Salam

kok pesimis dengan kemampuan?

apakah maksud sodara, harus pendeta yang menginjil dan membaptis?

jadi, baptisan air tidak terlalu penting ?

Thanks udah mampir om :tongue:

jadi Baptisan air itu tidak terlalu penting?

jadi menurut sodara, akte baptisan itu penting ?

Salam

lalu apa pendapat sodara, bila ada yang mengatakan baptisan air (selam maupun percik) itu tidak terlalu penting.

Salam

bagaimana cara mengetahui Tuhan berkenan atau tidak ?

apakah harus ada "suara audioable/audioble/audible (<— tulisannya gimana sih :ashamed0004:) " ?

bila tidak ada, apakah bisa disimpulkan “tidak berkenan” ?

Salam

kalo hidup tanpa sosialisasi di hutan > tdk penting
kalo hidup bersosialisasi, ada hukum yg mengikat > penting, utk bikin akte pernikahan dst

Baptisan yang dimaksud tentunya baptisan sebagai tanda menjadi pengikut Kristus. Upacara baptisan berasal dari tradisi pembasuhan/penyucian Yahudi yang disebut Tvilah. Ritual ini dilakukan di dalam suatu sumber air alami atau di dalam kolam/bak yang disebut mikvah. Dalam Taurat, seseorang diharuskan membasuh seluruh tubuhnya setelah mengalami “kenajisan”, misalnya setelah melakukan hubungan seks, atau setelah menyentuh bangkai. Ritual tersebut kemudian diterapkan bagi orang non Yahudi yang ingin masuk agama Yahudi (disebut sebagai proselit).
Pada gilirannya, upacara penyucian tersebut menjadi ritual penting bagi seseorang yang ingin menjadi murid Kristus.

Jawaban saya:

  1. Boleh.
  2. Upacara baptisan aslinya adalah seseorang yang hendak dibaptis membenamkan diri sendiri ke dalam air disaksikan oleh seseorang yang punya reputasi baik sebagai orang percaya. Jadi tidak bisa sendirian.
  3. Pada hakekatnya kalau dia sudah menjadi orang percaya dan dibaptis tentunya boleh.
    4 dan 5 tidak relevan untuk baptisan dalam Kristus.