Baptisan anak kecil

Apakah baptisan anak kecil itu salah? keluarga saya dari gereja tertentu mengatakan bahwa anak kecil bukan dibaptis tapi diserahkan karena mereka belum mengerti Firmaa Tuhan.

Mohon penjelasan?

Ya sebaiknya diserahkan kepada Tuhan.

GBU

@Skyhawk, baptis anak kecil adalah tidak salah. Malah sangat benar…
Membaptis anak bayi adalah alkitabiah, sedang menyerahkan anak sebagai ganti baptis tidak alkitabiah.

Kalau anak diserahkan pada Tuhan tidak Alkitabiah, ya diserahkan pada setan saja.

Sis Dya, wah…wah…wah… jgn sepotong-sepotong nyomotnya. Yg saya tulis adalah “menyerahkan anak pada Tuhan sebagai ganti baptis tidak alkitabiah”.
Ato mungkin sis ada penjelasan tentang “menyerahkan anak pada Tuhan” ini? Monggo, kita diskusikan.

Ya, gantian ya mas, sekarang giliran saya duluan. Ayat tentang membawa/menyerahkan anak pada Tuhan Yesus.

Mat_19:13 Lalu orang membawa anak-anak kecil kepada Yesus, supaya Ia meletakkan tangan-Nya atas mereka dan mendoakan mereka; akan tetapi murid-murid-Nya memarahi orang-orang itu.
Mat_19:14 Tetapi Yesus berkata: “Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga.”

Sekarang giliran mas ini mencontohkan ayat tentang baptisan anak kecil :slight_smile:

Apakah penyerahan anak ada upacara ritualnya ??

GBU

Setahu saya tidak ada. :slight_smile:

jadi dierahkan di rumah masing masing dan dilaksanakan dirumah masing masing dan didoakan oleh orang tua masing masing tanpa sengaja mengundang kerabat lainnya ?

GBU

Mengundang kerabat bukan ritual, bukan… :wink:
Kalau suka ngundang ya undang, kalau kagak mau ya gak usah. Tapi karena pada dasarnya manusia bersifat sosial maka biasanya kerabatnya diundang.

Apakah ada pendeta atau hamba tuhan yang sengaja di undang ?
atau dilakukan di Gereja jadi ga usah ngundang karena sudah ada disitu ??

GBU

kan untuk penyerahan itu didoakan oleh hamba Tuhan… Kecuali bapak/ibunya adalah hamba Tuhan ya didoakan sendiri untuk penyerahan.
Ya memang biasanya dilakukan di gereja jadi kagak ngundang-ngundang datang sendiri hihihi…

Bro kawanbaik gak nongol lagi nih…payah… :char11:

Thx mbak Dya atas replynya…
Sesuai dg TS yg kita diskusikan adalah ttg BAPTIS anak.
Yg mbak Dya kemukakan yaitu merujuk Mat 19:13-14, bukanlah BAPTIS. Dapat kita lihat dalam satu perikop (Alkitab [LAI]):
Yesus memberkati anak-anak
19:13 Lalu orang membawa anak-anak kecil kepada Yesus, supaya Ia meletakkan tangan-Nya atas mereka dan mendoakan mereka; akan tetapi murid-murid-Nya memarahi orang-orang itu.
19:14 Tetapi Yesus berkata: “Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga.”
19:15 Lalu Ia meletakkan tangan-Nya atas mereka dan kemudian Ia berangkat dari situ.
Judul perikop adalah “Yesus memberkati anak-anak”. Dan orang2 yg membawa anak-anak itu kepada Yesus menginginkan agar Yesus “meletakkan tangan-Nya atas mereka dan mendoakan mereka”.
Dengan demikian, Yesus tidak memBAPTIS anak-anak itu, tetapi memberkati. Maka saya tulis diawal bahwa menyerahkan anak pada Tuhan sebagai ganti BAPTIS adalah tidak alkitabiah".
Dan mbak Dya pasti tau kan… Yesus sendiri pun diBAPTIS (Matius 3:16-17), tidak diserahkan.
Dan, amanat dari Yesus yg kita kenal sebagai AMANAT AGUNG, Mat 28:19-20:
28:19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
28:20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman."
Yesus mengamanatkan pada murid-muridNya (langsung), dan murid-muridNya (langsung) melaksanakan dan mengajarkannya pada generasi berikutnya, hingga pada generasi kita sekarang ini hingga ke generasi ke depan lagi, hingga akhir zaman.

Demikian yg saya pahami.
Salam.

Wah sorry mas Joy4jc, saya termasuk golongan yg financialnya kembang kempis, cuma mampu bayar warnet 1-2jam saja, itu pun kalo lg lowong ojekan. Hehehe… Tp udah saya reply tuh yg dr mbak Dya.

Salam.

Ritual terselubung atuh gitu mah :wink:
GBU

Menurut saya dasar ini sangatlah lemah karena ini adalah bagian Alkitab yang bersifat deskripsi (hanya menggambarkan apa yang terjadi) bukan didaktis (yang bersifat pola/norma/hukum yang harus diikuti). Ayat itu hanya menceriterakan bahwa Yesus memberkati anak-anak tapi itu bukan suatu perintah untk dilaksanakan sebagai sebuah upacara yang resmi.

Tentang baptisan anak-anak, ini mempunyai dasarnya dalam COVENANT THEOLOGY (perjanjian antara Allah dan Abraham). Tanda perjanjian Allah dan braham adalah tanda SUNAT. Dengan sunat, seorang anak dimasukkan ke dalam perjanjian antara Allah dan Abraham. Sekarang perhatikan Roma. 4:11 Dan tanda sunat itu diterimanya sebagai meterai kebenaran berdasarkan iman yang ditunjukkannya, sebelum ia bersunat. Demikianlah ia dapat menjadi bapa semua orang percaya yang tak bersunat, supaya kebenaran diperhitungkan kepada mereka,

Jadi sunat adalah meterai kbenaran BERDASARKAN IMAN.Yang anehnya anak yang harus di sunat adalah yang harus berumur 8 hari yang sama sekali belum bisa beriman dari dirinya sendiri.

Apakah karena itu kita mau menolak untuk DISUNAT? ingat menolaknya sama dengan melawan perintah Allah.

Dalam PB, ordinasi sunat diganti dengan BAPTISAN.

Kolose 2:11-12 Dalam Dia kamu telah disunat, bukan dengan sunat yang dilakukan oleh manusia, tetapi dengan sunat Kristus, yang terdiri dari penanggalan akan tubuh yang berdosa, karena dengan Dia kamu dikuburkan dalam baptisan, dan di dalam Dia kamu turut dibangkitkan juga oleh kepercayaanmu kepada kerja kuasa Allah, yang telah membangkitkan Dia dari orang mati.

Jika dalam ordinasi sunat, anak kecil yang belum bisa beriman dari diri sendiri HARUS disunat, maka dalam baptisan, anak kecil dari orang tua yang percaya HARUS dibaptis sekalipun belum bisa beriman dari diri sendiri. Jadi argumentasi untuk baptisan anak saya kira jauh lebih KUAT dari praktek penyerahan ANAK.

Orang-orang membawa anak-anak datang pada YESUS. . YESUS TIDAK membaptis anak-anak itu. Maka YESUS tidak Alkitabiah ? :smiley:

Yang dibaptis di atas adalah orang dewasa bukan ? Bukan anak bayi.
Tergantung anak itu umur berapa duilu, sudah bertobat dan menjadi murid YESUS atyau belum. Perintah YESUS adalah : Jadikanlah semua bangsa muridKu, dan … apa … ? Yang dibaptis/diselam adalah murid siapa, jelas di situ bukan…

Jadi bukan anak-anak bayi.

GBU

Kagak atuhh … :tongue:

GBU

Apakah baptisan anak kecil itu salah? keluarga saya dari gereja tertentu mengatakan bahwa anak kecil bukan dibaptis tapi diserahkan karena mereka belum mengerti Firmaa Tuhan.

Mohon penjelasan?

Lebih Baik penyerahan, sedangkan bahwa Baptis itu sebagai tanda pertobatan. dan pertobatan ialah pilihan. sedangkan anak kecil belum begitu mengerti tentang pertobatan, atau mereka belum mengetahui apa yang benar, dan apa yang salah.