Baptisan Api ??

Bro & Sis ada yang bisa menjelaskan mengenai Baptisan oleh api :mad0261: ??

Matius 3:11 Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan [b]api[/b].

hih… panas. hati-hati nanti kebakar lho bro…
;D

Nah, kalau yang ini pasti penganut baptis literal tidak akan membahasnya dengan menjabarkan arti kata dan tindakan yang harus tepat sesuai dengan arti katanya. Dalam hal ini pasti semuanya setuju bahwa baptis api di sini adalah simbolik, tidak bakalan ada yang mati-matian memperjuangkan untuk menenggelamkan seseorang kedalam api, kecuali baptis air; bah dengan banyak BAH di belakangnya!!!

Matius 3:11
Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.

Persiapan Yohanes pembaptis dalam pelaksanaan pembaptisan simbolik akan segera memberikan jalan bagi terjadinya baptisan yang efektip dalam Roh Kudus dan api yang akan dilaksanakan oleh Yesus. Yohanes pembaptis melihat ke depan, kepada pelaksanaan penyucian oleh baptisan Roh Kudus yang diberitakan melalui para nabi akan terjadi di zaman mesianik.

Pemberian Roh Kudus:
Yesaya 32:15
Sampai dicurahkan kepada kita Roh dari atas: Maka padang gurun akan menjadi kebun buah-buahan, dan kebun buah-buahan itu akan dianggap hutan.
Yesaya 44:3
Sebab Aku akan mencurahkan air ke atas tanah yang haus, dan hujan lebat ke atas tempat yang kering. Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas keturunanmu, dan berkat-Ku ke atas anak cucumu.
Yehezkiel 36:26-27
26 Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. 27 Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.
Yehezkiel 39:29
Aku tidak lagi menyembunyikan wajah-Ku terhadap mereka, kalau Aku mencurahkan Roh-Ku ke atas kaum Israel, demikianlah firman Tuhan ALLAH."
Yoel 2:28-29
28 "Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan. 29 Juga ke atas hamba-hambamu laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu.

Yang akan memurnikan:
Yesaya 1:25
Aku akan bertindak terhadap engkau: Aku akan memurnikan perakmu dengan garam soda, dan akan menyingkirkan segala timah dari padanya.
Yesaya 4:4
apabila TUHAN telah membersihkan kekotoran puteri Sion dan menghapuskan segala noda darah Yerusalem dari tengah-tengahnya dengan roh yang mengadili dan yang membakar.
Zakaria 13:9
Aku akan menaruh yang sepertiga itu dalam api dan akan memurnikan mereka seperti orang memurnikan perak. Aku akan menguji mereka, seperti orang menguji emas. Mereka akan memanggil nama-Ku, dan Aku akan menjawab mereka. Aku akan berkata: Mereka adalah umat-Ku, dan mereka akan menjawab: TUHAN adalah Allahku!"

Supaya kita jadi kudus:
1Kor. 1:30
Tetapi oleh Dia kamu berada dalam Kristus Yesus, yang oleh Allah telah menjadi hikmat bagi kita. Ia membenarkan dan menguduskan dan menebus kita.

Dan tak bercacat cela di hari kedatangan-Nya:
1Tes. 5:23
Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

Dari ayat-ayat di atas, dapatlah disimpulkan bahwa api yang dimaksudkan dalam Matius 3:11 tersebut, menunjuk kepada penyucian seseorang oleh karena Roh Kudus yang akan dicurahkan dan diam di dalam orang percaya, sebagai jaminan yang kekal.
2Kor. 1:22
memeteraikan tanda milik-Nya atas kita dan yang memberikan Roh Kudus di dalam hati kita sebagai jaminan dari semua yang telah disediakan untuk kita.
2Kor. 5:5
Tetapi Allahlah yang justru mempersiapkan kita untuk hal itu dan yang mengaruniakan Roh, kepada kita sebagai jaminan segala sesuatu yang telah disediakan bagi kita.
Yohanes pembaptis menyatakan bahwa pembersihan/pentahiran yang sesungguhnya, hal ini kontras dengan tindakan baptis secara lahirian; dan penyucian yang sesungguhnya ini, hanya bisa dilakukan oleh Tuhan sendiri atas inisiatip dari TUHAN sendiri maka kita peroleh penyucian dalam nama-Nya.

Kesimpulan
Api adalah simbol dari penyucian yang dikerjakan oleh Tuhan, yang terjadi ketika seseorang percaya kepada-Nya, dan dengan demikian menerima Roh Kudus-Nya, sehingga kita disebut kudus di hadapan tahta-Nya.

Demikian, semoga dapat memberkati
GBU

yang dibold setuju… selebihnya gimana ya?

Menurut konteksnya, api disini bukanlah api dalam Kis. 2-3, yang berhubungan dengan roh kudus, tetapi api yang sama dengan yang disebutkan dalam ay. 10 dan 12, api dalam telaga api (Why. 20 :15), tempat orang yang tidak percaya mengalami kebinasaan kekal.

Lihat konteks dari mana? Bisa tolang uraikan lebih rinci konteks Yohanes pembaptis sewaktu mengatakan hal tersebut? Bukankah konteksnya adalah baptisan? Saya tidak sependapat dengan Anda; sorry.

Selebihnya memangnya kenapa?

1Kor 3:12-15
Entahkah orang membangun di atas dasar ini dengan emas, perak, batu permata, kayu, rumput kering atau jerami,
sekali kelak pekerjaan masing-masing orang akan nampak. Karena hari Tuhan akan menyatakannya, sebab ia akan nampak dengan api dan bagaimana pekerjaan masing-masing orang akan diuji oleh api itu.
Jika pekerjaan yang dibangun seseorang tahan uji, ia akan mendapat upah.
Jika pekerjaannya terbakar, ia akan menderita kerugian, tetapi ia sendiri akan diselamatkan, tetapi seperti dari dalam api

1Pet 1:7
Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu–yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api–sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.

Kudus itu syarat yang hanya bisa didapat di dalam Kristus, dan upah adalah syarat dari mentaati dan melakukan perintah-perintah-Nya, serta Roh Kudus-lah yang akan menuntun setiap orang kepada setiap kebenaran.

Yoh. 16:13
Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

Sebelum pencurahan Roh Kudus, para Rasul adalah pengecut yang hanya mengekor kepada Yesus; tetapi setelah pencurahan Roh Kudus, mereka bertahan dikikis bahkan sampai mati!

  1. Baca ayat2 sebelumnya dan sesudahnya (ay.10 dan 12), dan ini berhubungan dengan ay. 11. (ini yang dimaksud dengan konteks)
3:7 Tetapi waktu ia melihat banyak orang Farisi dan orang Saduki datang untuk dibaptis, berkatalah ia kepada mereka: "Hai kamu keturunan ular beludak. Siapakah yang mengatakan kepada kamu, bahwa kamu dapat melarikan diri dari murka yang akan datang? 3:8 Jadi hasilkanlah buah yang sesuai dengan pertobatan. 3:9 Dan janganlah mengira, bahwa kamu dapat berkata dalam hatimu: Abraham adalah bapa kami! Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini! [b]3:10 Kapak sudah tersedia pada akar pohon dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api. 3:11 Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api. 3:12 Alat penampi sudah ditangan-Nya. Ia akan membersihkan tempat pengirikan-Nya dan mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung, tetapi debu jerami itu akan dibakar-Nya dalam api yang tidak terpadamkan."[/b]
  1. Jadi yang dimaksud konteks disini adalah keterkaitan ayat ini dengan ayat2 sebelum dan sesudahnya.
    IMO (*sambil lirik2 contekan dikit), jadi dalam perkataan Yohanes pada orang Farisi dan orang Saduki disini terdapat 3 macam baptisan: baptisan dalam air, baptisan dalam Roh dan baptisan dalam api.
    Baptisan air yang dilakukan oleh Yohanes memperkenalkan Kerajaan Surga kepada orang.
    Baptisan Roh yang dilakukan oleh Tuhan Yesus, mewujudkan dan mendirikan Kerajaan Surga pada hari Pentakosta dan akan terus berlangsung sampai pada akhir zaman.
    Baptisan api yang dilakukan oleh Tuhan pada takhta putih besar (Why 20 :11-15) dengan menaruh orang tidak percaya ke dalam telaga api.

  2. Sudah jelas.

Tidak usah jauh-jauh tarik ayatnya bro, perikop itu memang berisi lebih dari satu permasalahan, yaitu umat TUHAN dan bukan. Perhatikan kata-kata yang ini saja dulu:
Mat. 3:11
Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, …Yohanes pembaptis berbicara kepada orang-orang yang memiliki anugrah iman, kemudian ia melanjutkan dengan:
Mat. 3:11
… , tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku… . Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.
Kamu dalam penggalan yang kedua, adalah kamu yang sama yang dimaksudkan dalam penggalan ayat pertama, yaitu mereka yang telah beriman. Dengan demikian api dalam ayat ini lebih tepat apabila merujuk kepada:
Yang akan memurnikan:
Yesaya 1:25

Aku akan bertindak terhadap engkau: Aku akan memurnikan perakmu dengan garam soda, dan akan menyingkirkan segala timah dari padanya.
Yesaya 4:4
apabila TUHAN telah membersihkan kekotoran puteri Sion dan menghapuskan segala noda darah Yerusalem dari tengah-tengahnya dengan roh yang mengadili dan yang membakar.
Zakaria 13:9
Aku akan menaruh yang sepertiga itu dalam api dan akan memurnikan mereka seperti orang memurnikan perak. Aku akan menguji mereka, seperti orang menguji emas. Mereka akan memanggil nama-Ku, dan Aku akan menjawab mereka. Aku akan berkata: Mereka adalah umat-Ku, dan mereka akan menjawab: TUHAN adalah Allahku!"
Masak orang beriman masuk penghukuman?

Referensi saya adalah R.T. France dalam Matthew

Btw, saya sependapat dengan pernyataan Anda yang ini: :afro:

Anda bisa ikut bergabung dengan rekan-rekan di sini:
https://forumkristen.com/index.php?topic=125.0

GBU

Wow nice explanation :afro:
Thanks , ku baca2 dulu :slight_smile:

Yang menguduskan itu Roh Kudus apa Api ta?

Apa itu peran Roh Kudus, apa itu peran Api?

Ata apakah keduanya adalah interchangeable?

Loh napa mesti bicara simbolik?

Perhatikan baik-baik :

Yohanes membaptis dengan : Air

Dan stetement Yohanes ttg Yesus adalah

Dia [Yesus] akan membaptis kamu dengan : Roh dan Api

Ingat, yang membaptis itu Yesus lho, bukan kita [manusia]

Jadi ndak perlu dipsuingkan apakah Roh dan Api itu simbolik apa bukan.

Lah kalo Tuhan sendiri yang baptis dengan Api, emang Tuhan mau buat babi guling eh kambing [domba] guling?

Kalao Tuhan saja sanggup selamatkan Sadrakh Mesakh dan Abednego, masa Tuhan ndak sanggup selamatkan domba nya yang di baptis dengan Api?

Lagian ini berbicara api fisik apa api roh sih?

Bukankah Allah itu Api yang menghanguskan?

Toh domba2Nya tidak hangus ketika datang mendekatiNya dalam kekudusan.

Salam

Ha … ha … ha … . Gua udah tebak, pasti bro moe bakal sewot ne. Sorry bro, itu emang ada unsur sengaja buat mancing u. Ok, back to the topic, “api” di dalam ayat tersebut adalah proses kelanjuatan dari karya Roh Kudus yang menyucikan kita; ayat-ayat referensi sudah saya berikan di atas. Nah, sekarang giliran “eyang” bagi-bagi ilmunya; n tolong disajikan seindah topik2 lain dari Anda.

Ojo sewot ngono toh bro …
GBUs ;D

Cakka, udah banyak yang order design web-nya? Semoga laris maniw ya.
GBU

walah…sewotnya dimana broer :stuck_out_tongue:

eyang lebih suka kongkow2 dipadepokan saja :smiley:

Numpang nonton.

bayar…!!

Ow… jadi kurang lebih kesimpulan nya Baptisan api itu adalah sebuah pemurnian iman kita begitu ? :slight_smile:

@Kasih
Aku lagi tangani kerjaan primary aku yang sebagai staff remote developer , jadi beberapa project ku tolak :smiley: karena gak enak juga klo gak terhandle dan gak bisa berikan yang terbaik … hihihi… dilihat dari nominal sih sayang juga :smiley: tapi ya setia dalam hal kecil dulu :D… sekarang sih lagi fokus ke situs pribadi ku … lagi kembangin page Christian nya dan untuk sementara situs www.mediakristen.net ku pending karena gak terhandle :smiley: ( maaf jadi curhat personal :smiley: )

GBU