Baptisan Roh Kudus?

halo teman" FK,
saya mau bertanya nih sesuai topiknya…
saya sudah 10 bulan menjadi Kristen, tapi belum mengalami baptisan Roh Kudus itu…
ada yang bisa membantu menjelaskan pengertian kepada saya?

thanks :happy0062:

apakah anda sudah dibaptis…???

belum bro~

Bro tony32,
Baptisan ROH KUDUS itu terjadi saat seseorg percaya dan menerima YESUS sbg Tuhan dan Juruselamat.
Hal ini banyak dibahas dalam buku2 teologia.
Ketika seseoprg percaya maka dia mengalami kelahiran baru rohnya, coba lihat yg dikatakan dm Injil Yohanes .
Yohanes
1:12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;
1:13 orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah

Yohanes 1:33 Dan aku pun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan ROH KUDUS.

baptisan Roh Kudus ini yg menjadikan setiap org percaya menjadi anak2 Allah (Yoh.1:12), dan melahirkan kembali secara roh, dr roh yg akan binasa menjadi yg tdk akan binasa (Yoh.1:13), dan hal ini hanya dpt dilakukan oleh Tuhan YESUS (Yoh.1:33)

Berbahasa roh/lidah itu hanyalah salah satu karunia ROH KUDUS, dan tdk semua org akan berbahasa lidah.
baptisan ROH KUDUS tdk ada keharusan utk berbahasa lidan, jadi jangan sedih, yg penting anda sdh mengaku YESUS sbg Tuhan dan Juruselamat, berarti anda sdh dilahirkan kembali dan anda sdh dibaptis dgn ROH KUDUS (ini yg mengubahkan/melahirkan kembali roh org yg percaya).
Mungkin anda terpengaruh oleh adanya pemahaman yg salah bahwa Baptisan ROH KUDUS harus ditandai dgn berbahasa Roh. pemahamn yg salah ini membuat org berlomba2 utk berbahasa Roh, walau lebih banyak yg meniru2.
Demikian bro tony32,GBU

Bro tony numpang senyum di threadnya yahhh, :coolsmiley: :coolsmiley:

Pertanyaan TS :

ditanya sama bro ibamagi (mungkin semacam pertanyaan pembuka)

dijawab oleh br tony

mungkin semacam baptis kerinduan,
lanjuuutt,

Baptisan Air itu tdk mempengaruhi keselamatan seseorg, hanya merupakan proklamasi/pengakuan didepan jemaat/umum bahwa seseorg telah menerima Yesus.
Baptisan Air harus dilakukan setelah seseorg bertobat dan menerima Yesus, adalah kesalahan besar bila menganggap Baptisan Air sbg awal perobatan.
Baptisan Roh Kudus diterima seseorg yg bertobat dan menerima Yesus, baptisan ini yg dilakukan sendiri oleh Tuhan Yesus, yg mengubahkan status seseorg yg semula binasa menjadi tdk akan binasa, ini yg disebut kelahiran baru/dilahirkan kembali.

bro pa_ul mw nanya yah, jadi status seseorang yang sudah menerima Tuhan Yesus tapi belum dibaptis/dipermandkan itu gimana dalam masa peralihannya, apakah sudah bisa disebut kristen bro??

aneh juga lihat pernyataan kamu bro

bahwa seoang yang lahir baru otomatis dibabtis Roh Kudus
dan alasan yang kamu sebutkan dengan ayat2 diatas tidak berhubungan terutama yoh 1:12 tsb

jd kamu mendefenisikan kuasa disitu = babtisan Roh Kudus

trus selama 10 bulan bergereja dimanakahhh…???

Bro CalvinFabian,
memang utk menjadi kristen seseorg harus menerima Tuhan Yesus, shg dia menjadi pengikut/murid Kristus.
Baptisan Air itu hanyalah pengakuan percaya org yg sdh menerima Kristus di depan jemaat, sbg pengakuan percaya di depan manusia bahwa ybs sdh menjadi kristen.
Dalam masa peralihan itu ybs sdh menjadi pengikut Kristus/sdh kristen, cuma memang utk urusan administrasi manusia lbh melihat bukti tertulis spt surat baptisan.
Jadi Ketika seseorg sdh menerima Krsistus (walau blm dibaptis), dia sdh memiliki kuasa karena ada Roh Kudus di dlm kehidupannya, dia sdh dpt menjadi saksi Kristus utk menyampaikan kesaksian2 hidupnya, dia bisa berdoa utk org lain.
Demikian bro CalvinFabian, GBU

Bro murukh murhing,
coba baca lagi dgn hati2:
Yoh.1:12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;
1:13 orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah

ayat 12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah > ini menunjuk kpd org yg menerima Kristus akan diberi kuasa sbg anak2 Allah.
ayat 13 orang-orang yang diperanakkan bukan dari darah atau dari daging, bukan pula secara jasmani oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah >menunjuk org yg menerima Kristus dlm ayat 12 itu diperanakan/dilahirkan kembali, bkn kelahiran biasa dr darah dan daging, tapi dari Allah, ini artinya hanya rohnya yg dilahirkan kembali oleh Tuhan Yesus. Pd tahap ini Roh Kudus yg mengubahkan rohnya menjadi baru, ini adalah peristiwa Baptisan Roh Kudus, yg menjadikannya manusia baru.

mudah2an cukup jelas bro murukh murhing, GBU

ya itulah yang kubilang aneh bro

karena langsung ambil kesimpulan dari yoh 1:12 itu adalah babtisan Roh Kudus

ya klo sdh gt pengertiannya ya mau diapain lagi :slight_smile:
tinggal adu ngotot sj jadinya…ya sudalah bro… :slight_smile:

hmm, saya sudah menetap di 1 gereja di kota saya bro… hehehe… *perlu sebut merk ya? hmm

oh jadi itu salah satu karunia aja ya??

kalau yang saya warnai merah itu, bisa kasih pengertian yang lebih lagi?
thanks =)

bro murukh murhing,
anda sdh diberi penjelasan malah bilang aneh, ya sdh nikmati saja ketidak mengertian anda.
GBU

Betul bro tony32,
karunia Roh Kudus itu gak bisa dipaksakan, akan diberikan Tuhan sesuai dgn kebutuhan kita.

yg penting anda sdh mengaku YESUS sbg Tuhan dan Juruselamat, berarti anda sdh dilahirkan kembali dan anda sdh dibaptis dgn ROH KUDUS (ini yg mengubahkan/melahirkan kembali roh org yg percaya).
Ini artinya walaupun anda blm mengikuti baptisan air, tetapi anda sudah beroleh keselamatan, di mata Tuhan anda sdh menjadi salah satu anak-Nya. Anda sdh mengalami kelahiran baru, artinya anda sdh memenuhi apa yg dikatakan oleh Tuhan Yesus dlm Yoh. Yohanes 3:3 Yesus menjawab, kata-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.”
Walaupun begitu, jangan menunda2 waktu, segera persiapkan diri utk mengikuti baptisan air, krn ini merupakan pengakuan di depan manusia/jemaat bahwa anda sdh menjadi milik Yesus.
GBU bro tony32

ya tidak apa2 tidak disebutkan juga… saya hanya memastikan denom anda dan benar mengikuti tradisi gerja anda atau tidak… takutnya jadi banyak perdebatan kaya teman2 yang lain jadinya… beda aliran beda pengertian heheheh… ntar bila saya ikut berpendapat jadi tambah runyam nih hehehhe…

ooohh…
saya juga baru tau ternyata tiap denominasi itu beda pengertian to… hehehe :tongue:

betul bro tony32,
tapi saya coba mengartikannya sesuai dgn Alkitab, bukan doktrin ttt, dgn bantuan buku2 teologi,
bukan berdasarkan denom saya.
GBU

ouw iya rasanya bro perna membaca topik saya di kesaksian “message of a messenger”… bila bro kebetulan membaca lagi mungkin bro akan membaca bagian Baptisan ROH… tunggu saja waktunya… ^^