batas batas pergaulan Kristen

teman2 kita tau sendiri bahwa pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik
jadi kita sudah seharusnya menghindari pergaulan yang buruk itu

nah…
pertanyaan nya ini
bagaimana pergaulan buruk itu?
dan batas batas pergaulan orang orang percaya itu sampai mana?

sangat diharapkan replynya
thanks

Gbu

Mudah-mudahan ayat ini bisa membantu.

1Korintus 10:14 Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, jauhilah penyembahan berhala!

1Korintus 5:9. Dalam suratku telah kutuliskan kepadamu, supaya kamu jangan bergaul dengan orang-orang cabul. 5:10 Yang aku maksudkan bukanlah dengan semua orang cabul pada umumnya dari dunia ini atau dengan semua orang kikir dan penipu atau dengan semua penyembah berhala, karena jika demikian kamu harus meninggalkan dunia ini. 5:11 Tetapi yang kutuliskan kepada kamu ialah, supaya kamu jangan bergaul dengan orang, yang sekalipun menyebut dirinya saudara, adalah orang cabul, kikir, penyembah berhala, pemfitnah, pemabuk atau penipu; dengan orang yang demikian janganlah kamu sekali-kali makan bersama-sama.

2Timotius 3:2 Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama, 3:3 tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik, 3:4 suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah. 3:5 Secara lahiriah mereka menjalankan ibadah mereka, tetapi pada hakekatnya mereka memungkiri kekuatannya. Jauhilah mereka itu!

Salam.

@han wijaya
Dah dijawab diatas
Tapi saya coba tambahkan dikit.

  • duduk dalam kumpulan pencemooh
  • menyetujui kejahatan

Tapi jaman sekarang agak sulit ya menghindari seperti itu, karena kalau menghindari semua karakter itu bisa bisa menghindari semua orang.
Nah disinilah kita perlu jeli terhadap ayat ini:
Roma 1:32 Sebab walaupun mereka mengetahui tuntutan-tuntutan hukum Allah, yaitu bahwa setiap orang yang melakukan hal-hal demikian, patut dihukum mati, mereka bukan saja melakukannya sendiri, tetapi mereka juga setuju dengan mereka yang melakukannya.

Tolong baca roma 1 lebih lengkap…

kalau begitu bagaimana cara orang percaya bergaul?

Matius 22
22:37 Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.

Matius 22
22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

GBU